Apa Saja Manfaat Beli Rumah Dengan Cara Bayar KPR?

Tidak bisa dipungkiri lagi, minat masyarakat untuk membeli rumah semakin meningkat. Harga rumah yang sekarang naik gila-gilaan tidak membendung keinginan masyarakat untuk mendapatkan rumah sendiri. Untuk menyiasati harga yang sangat mahal, biasanya masyarakat memilih rumah yang tidak terlalu besar atau memilih yang agak di pinggiran kota besar. Apalagi sekarang banyak sekali developer rumah yang menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan harga yang sangat menarik.

KPR akan sangat bermanfaat sekali untuk Anda yang baru pertama kali membeli rumah. Untuk Anda yang sekarang masih belum berpikir apa keuntungan dari membeli rumah dengan menggunakan KPR, di dalam artikel kali ini akan dibahas dengan detail bagaimana keuntungannya. Simak di bawah ini!

Anda tidak perlu menyiapkan dana yang sangat besar

Mungkin Anda pernah melihat rumah dengan harga Rp200 juta, Rp500 juta, atau bahkan Rp1 miliar lebih? Kemudian Anda pasti berpikir tentu tidak masuk akal Anda bisa mendapatkan uang sejumlah tersebut dengan waktu yang singkat. Itulah gunanya KPR, Anda tidak perlu menyiapkan dana yang sangat besar untuk melunasi rumah. KPR akan membagi harga rumah dengan cicilan per bulannya setelah dikurangi dengan uang muka.

Walaupun begitu, Anda harus tahu bahwa harga rumah dengan menggunakan KPR sangat berbeda dengan harga rumah jika Anda membeli dengan cara melunasi secara langsung. Biasanya, KPR akan membuat harga rumah naik sekitar 20% hingga 30% tergantung masa cicilan dan besarnya uang muka. Jadi, jika Anda sudah bertemu dengan agen developer, Anda harus mencari tahu bagaimana sistem KPR-nya, berapa lama cicilannya, besar bunga, dan sistem dendanya.

Anda bisa langsung menempati rumah walaupun cicilan belum lunas

Keuntungan kedua adalah Anda bisa langsung menempati rumah walaupun cicilan KPR Anda sedang berjalan atau belum lunas. Bahkan ketika Anda sudah membayar sejumlah uang muka, kemudian aplikasi KPR Anda sudah disetujui oleh bank, Anda bisa langsung menempati rumah tersebut pada cicilan bulan pertama. Ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan KPR, khususnya untuk Anda yang baru saja menikah, sedang merantau dalam jangka waktu yang cukup lama, atau bahkan permanen.

KPR akan menyelamatkan Anda dari kenaikan harga properti

Sebagai informasi, ketika Anda mengajukan KPR, beberapa bank akan menggunakan dua jenis bunga KPR. Pertama adan bunga fixed atau tetap, misalnya selama 2-3 tahun pertama bunga yang harus Anda bayarkan adalah 8%. Lalu, kedua adalah bunga floating atau mengambang, ini adalah jenis bunga yang disesuaikan dengan pasar suku bunga. Jika ekonomi sedang bagus, maka bunga tidak akan terlalu besar, tetapi jika sebaliknya, bunga KPR bisa cukup tinggi.

Nah, walaupun bank Anda menggunakan sistem bunga KPR floating, harga akhir yang ditawarkan masih jauh lebih rendah jika Anda memutuskan untuk membeli rumah 3-4 tahun kemudian. Jadi,

bisa dikatakan bahwa KPR ini sangat menyelamatkan Anda dari kenaikan harga properti yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Anda bisa menggunakan KPR sebagai investasi jangka panjang

Manfaat terakhir dari Anda yang mengajukan KPR adalah Anda bisa menggunakan KPR sebagai investasi jangka panjang. Misalnya, Anda mengajukan KPR dengan waktu cicilan 15 tahun. Katakanlah Anda membeli rumah dengan harga Rp400 juta dan akan lunas tahun 2025. Nantinya, harga rumah Anda yang sudah dilunasi tersebut akan naik hingga 50% bahkan sampai 100%. Jadi, ini bisa menjadi investasi jangka panjang karena Anda akan mendapatkan keuntungan sampai 100% dari harga rumah yang Anda beli di awal.

Artikel ini pertama kali dimuat di CitraRaya Tangerang (Baca: Ini Manfaat Beli Rumah dengan Cara Bayar KPR Untuk Milenial) dan merupakan kerjasama Marumah.com dengan CitraRaya Tangerang.

Temukan rumah di Tangerang dengan harga Rp 584 Juta di Lugano Lake Park, kawasan seluas 200 Ha di CitraRaya Tangerang yang terinspirasi dari danau Lugano di Swiss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *