Tertarik Ambil Promo KPR? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Tertarik Ambil Promo KPR? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Tahun 2018 ini banyak bank menawarkan promo Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan murah ringan di bawah 10%. Sebut saja bank swasta nasional terbesar BCA yang tengah menggelar promo KPR dengan bunga fix and cap 5,61%, ada juga Bank BNI dengan promo bunga tetap 6,75%, dan bank-bank lain yang berlomba memberikan penawaran bunga paling ekonomis.

Anda yang tengah berencana membeli rumah atau merenovasi rumah tahun ini dan berniat memanfaatkan KPR, tentu gembira mendengar banyak penawaran menarik tersebut. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan KPR karena terpikat promo-promo tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

1. Syarat dan ketentuan promo

Tidak ada makan siang gratis. Termasuk perihal promo ini. Bank penyedia KPR biasanya mematok persyaratan tertentu bila nasabah ingin mendapatkan keuntungan dari promo tersebut. Misalnya, ada bank yang memberikan penawaran bunga KPR ringan dengan syarat si nasabah harus menempatkan dana idle hingga 5 kali setoran awal KPR di rekening bank tersebut.

Sebagai contoh, bila Anda mengambil cicilan sebesar Rp 5 juta per bulan, maka Anda harus rela menempatkan dana Anda sebesar Rp 25 juta di rekening bank tersebut untuk dikunci selama periode tertentu.

Ada juga promo yang mematok syarat hanya berlaku untuk pembelian KPR di proyek-proyek tertentu saja. Bila properti yang menjadi incaran Anda ternyata tidak termasuk syarat promo, ya, Anda tentu tidak bisa memaksakan diri memakai promo dari bank tersebut.

Baca juga: Kartu Kredit untuk Kamu yang Gajinya Rp 5 Juta

2. Arah suku bunga

Banyak  orang langsung memilih promo KPR bunga tetap kendati masa berlaku bunga fixed itu sangat singkat yaitu 1-2 tahun saja. Hal itu tidak menjadi soal bila setelah masa bunga tetap berakhir, bunga KPR di pasar landai.

Namun, yang banyak terjadi, setelah periode bunga tetap  berakhir, bunga KPR floating rate langsung melesat bahkan sampai dua kali lipat.

Agar tidak kaget ketika periode bunga tetap berakhir, Anda perlu mendapatkan informasi jelas berapa tingkat bunga mengambang di bank tersebut ketika mengambil KPR.

Dari informasi itu, Anda bisa membuat prediksi sederhana, seberapa tinggi kemungkinan floating rate bank tersebut akan naik.  Mengutip data BI, suku bunga dasar kredit KPR di bank saat ini berkisar 7,22 persen-15,57 persen.

Suku bunga ini dipengaruhi oleh bunga acuan BI, inflasi dan tingkat supply-demand KPR di pasar. Bila tren bunga acuan diprediksi terus melandai di masa mendatang, memilih bunga mengambang bisa jadi lebih menguntungkan.

Baca juga: Pinjaman Online 2018 dari Berbagai Bank

3. Penghitungan cicilan

Sebelum terpikat promo KPR, pastikan kamu sudah mengetahui hitungan bunga KPR yang ditawarkan oleh bank. Bunga KPR di bank pada umumnya memakai hitungan bunga efektif, apakah itu berjenis fixed rate maupun floating rate. Penghitungan bunga efektif berarti, besar bunga dikenakan sesuai posisi saldo utang terakhir.

Dalam KPR, rasio antara bunga dan pokok utang harus berbentuk piramida terbalik. Maksudnya, semakin lama beban bunga akan mengecil seiring pokok utang yang terus berkurang. Pastikan kamu mendapatkan simulasi hitungan cicilan KPR dan bandingkan dengan tawaran KPR dari bank lain dengan skema berbeda.

4. Siapkan antisipasi

Skema bunga tetap KPR menguntungkan dari sisi psikologis, yakni kepastian beban bunga yang ditanggung oleh nasabah. Namun, supaya Anda tidak kaget ketika masa bunga tetap berakhir, usahakan melakukan persiapan dana. Bisa berupa dana darurat yang bisa Anda kumpulkan mulai sekarang.


Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan di produk investasi dengan imbal hasil cukup stabil seperti deposito, reksadana pasar uang atau pendapatan tetap.

Jadi, ketika kelak masa bunga tetap berakhir dan bunga mengambang berlaku, Anda memiliki cadangan dana mencukupi untuk membayar cicilan saat bunga ternyata melonjak tinggi.

Bila yang terjadi sebaliknya yakni bunga mengambang ternyata tidak besar, dana yang sudah Anda kumpulkan dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain. Misalnya, untuk mempercepat pelunasan KPR.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Kiat Investasi Sukuk Ritel SR-010 Agar Untung

Sukri

Pemerintah Indonesia kembali mengeluarkan surat utang sukuk ritel seri SR-010 dengan imbalan 5,9% per tahun. Perhatikan kiat menabung sukuk ritel (sukri) agar peluang investasi ini berbuah keuntungan, bukan kebuntungan.

Mulai 23 Februari 2018, pemerintah  menawarkan sukri, surat utang berbasis syariah yang bisa dimiliki dalam nilai terjangkau mulai Rp 5 juta, seri SR-010. Masa penawaran dimulai 23 Februari hingga 16 Maret 2018.

Selama rentang waktu ini Anda berkesempatan untuk berinvestasi sukuk ritel yang tawarkan pemerintah di agen penjual yang telah ditunjuk pemerintah.

Perlu dicatat, instrumen investasi berjenis syariah ini hanya dijual kepada warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai syarat pembelian.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli di agen penjual tertentu, mengutip situs perbandingan produk keuangan HaloMoney.co.id, Anda perlu mengenali detail sukuk ritel yang akan Anda beli, yakni sukuk ritel seri SR-010, seperti syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan, selaku lembaga negara yang mengeluarkan surat utang ini.

Cara Membeli Sukuk Ritel (Sukri) seri SR-010

Masyarakat yang berminat membeli Sukri seri SR-010 dapat menghubungi/mendatangi 22 Agen Penjual yang telah ditunjuk oleh Pemerintah selama masa penawaran, yaitu:

  1. Citibank N.A., Indonesia
  2. PT. Bank BRISyariah
  3. PT. Bank Central Asia Tbk.
  4. PT. Bank Commonwealth
  5. PT. Bank Danamon Indonesia Tbk.
  6. PT. Bank DBS Indonesia
  7. PT. Bank HSBC Indonesia
  8. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.
  9. PT. Bank Maybank Indonesia Tbk.
  10. PT. Bank Mega Tbk.
  11. PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.
  12. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
  13. PT. Bank OCBC NISP Tbk.
  14. PT. Bank Panin Tbk.
  15. PT. Bank Permata Tbk.
  16. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
  17. PT. Bank Syariah Mandiri
  18. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
  19. PT. CIMB Niaga Tbk.
  20. PT. MNC Sekuritas
  21. PT. Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.
  22. Standard Chartered Bank

Perbandingan Imbalan/Bunga Sukuk Ritel 2018 seri SR-010

Sukuk ritel seri SR-010 menawarkan imbalan atau suku bunga setara 5,9% per tahun atau 0,49% per bulan. Menarikkah imbalan Sukri seri SR-010 ini? Jika dibandingkan dengan suku bunga deposito perbankan, produk keuangan yang sama-sama dijamin pemerintah, suku bunga sukuk ritel seri SR-010 masih cukup kompetitif.

Sebagian besar suku bunga deposito perbankan tenor satu tahun di bawah suku bunga Sukri seri SR-010. Hanya ada beberapa deposito perbankan (DBS Bank, CIMB Niaga, Commonwealth, Panin, ICBC Indonesia) menawarkan suku bunga sekitar 6%-6,5% per tahun atau di atas suku bunga Sukri seri SR-010.

Itu sekadar dari sisi perbandingan bunga.

Dari sisi nilai tabungan, Anda bisa menabung dengan aman dan sentosa dengan jumlah dana yang lebih besar dari deposito. Di deposito, jumlah dana yang dijamin pemerintah hanya sebesar Rp 2 miliar. Sedangkan di Sukri sebesar Rp 5 miliar. Jadi jika Anda ingin danamu yang dijamin pemerintah lebih besar, Anda bisa memindahkan ke Sukri SR-010.

2 Kiat Penting Investasi Sukuk Ritel 

Jika Anda akan menginvestasikan dana ke instrumen Sukri, cobalah memperhatikan dua hal penting ini agar investasimu benar-benar membawa keberkahan (dengan sistem syariah) sekaligus mendapatkan keuntungan. Dua catatan penting tersebut ialah:

  • Sebaiknya memakai dana menganggur dan hingga jatuh tempo

Sebaiknya, Anda menggunakan dana menganggur yang memang Anda peruntukkan untuk investasi. Jangan menggunakan dana yang diproyeksikan akan digunakan dalam jangka pendek. Maklum Anda akan membenamkan danamu selama tiga tahun hingga jatuh tempo.

Jika Anda berinvestasi dengan memakai dana darurat atau tabungan, investasi Anda di Sukuk Ritel tidak maksimal karena Anda akan mengambil dana tersebut sewaktu-waktu.

Akibatnya Anda bisa terkena biaya administrasi dan berisiko menerima harga pokok sukuk yang Anda miliki turun lebih rendah dari harga saat pembelian. Harga pokok sukuk ini tergantung harga pasar obligasi pemerintah yang berlaku saat mencairkan sukuk ritel di agen penjual.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa Syarat Kartu Kredit

  • Memilih agen penjual yang kredibel

Pembelian dan penjualan sukuk ritel akan menggunakan jasa agen penjual. Sehingga sangat penting bagi nasabah untuk memastikan kredibilitas agen penjualan. Selain memiliki layanan yang baik, apakah agen penjual tersebut memberikan nilai tambah atau tidak.

Antara lain rutin memberikan laporan dan data investasi kepada investor. Dan lebih penting lagi, apakah agen penjual itu mengenakan biaya-biaya lain atau tidak, di samping biaya wajib seperti pajak penghasilan atas bunga sukuk ritel.

Selain itu, apakah agen penjual transparan mengumumkan quotasi harga beli (bid price) dan harga jual (offer price) untuk membantu nasabah menjual dan membeli Sukuk Ritel di pasar sekunder, pasar kedua antara agen penjual, calon pembeli dan pemilik Sukuk Ritel yang menjual instrumen investasinya.

Baca juga: Perhatikan Pajak dan Bunga Sukuk Ritel serta Simulasi Hitungannya

Selamat berinvestasi untuk masa depan finansial yang lebih cerah! Bila artikel ini Anda nilai bermanfaat, jangan lupa membaginya kepada kawan, kolega dan kerabat Anda, ya!

Simak lebih banyak tips pengaturan keuangan dan strategi berhemat lebih banyak di blog HaloMoney.co.id. Di situs HaloMoney.co.id, Anda juga bisa membandingkan dan mengajukan produk keuangan seperti kartu kredit dan pinjaman tanpa agunan maunpun pinjaman dengan agunan dari berbagai bank. 


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

7 Rahasia Sukses Mark Zuckerberg si Pendiri Facebook

Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Kesuksesan karir dan finansial yang diraih di usia muda membuat banyak orang ingin mengetahui tips hidup yang biasa diterapkan Mark.

Rupanya, prinsip hidup Mark Zuckerberg yang telah mengantarkannya ke tingkat kesuksesan tertinggi saat ini tidak lah rumit. Secara umum prinsip hidupnya sangat sederhana yang bisa dijalankan oleh setiap orang, termasuk Anda.

Anda pasti sudah tahu ya, siapa Mark Zuckerberg. Pendiri dari social media platform terbesar di dunia, Facebook, dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Memang Zuckerberg bukan orang terkaya nomor satu, setidaknya dia berada di urutan ke-5, data per November 2017.

Berbeda dengan orang terkaya di dunia lainnya, pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya dalam usia yang sangat muda: di bawah 40 tahun! Mark kelahiran 1984 sehingga saat ini masih berusia 33 tahun!

Zuckerberg, meski telah mencapai ketenaran dan kesuksesan di dunia, tidak menghentikannya untuk terus semangat belajar. Itulah salah satu prinsip hidup Zuckerberg yang mengantarkannya ke posisinya saat ini.

Zuckerberg
Zuckerberg

Mau tahu tips hidup lainnya dari Zuckerberg? Simak tips hidup yang sederhana namun tidak semua orang bisa menjalankannya dari Zuckerberg, seperti dikutip UrbanLife.id dari berbagai sumber. Enjoy!

  • Make Reading A Habit

Di tahun 2015, Zuckerberg menantang dirinya sendiri “membaca sebuah buku baru setiap minggu – dengan menekankan pembelajaran tentang ragam kebudayaan, kepercayaan, sejarah, dan teknologi.” Dia melanjutkan bahwa dengan membaca memberi kepenuhan secara intelektual.

Anda bisa mengeksplor sebuah topik dari buku-buku dan membenamkan diri Anda sendiri lebih dari media apapun saat ini. Jika Anda belum menjadi pembaca yang konsisten, sebaiknya Anda memulainya hari ini. Mulailah membaca buku, fiksi atau non-fiksi. Buku apa saja yang menarik minatmu, supaya Anda mulai membaca dan biarkan perjalanan hebatmu dimulai hari ini!

Baca juga: Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan yang Bisa Ajukan Sekarang

  • Learn A New Skill

Salah satu atribut Mark Zuckerberg yang paling dikagumi adalah sikapnya yang selalu ingin belajar, bahkan saat dia sudah menjadi miliuner seperti sekarang. Pendiri Facebook ini mengambil tantangan belajar bahasa Mandarin, dan mengejutkan dunia saat memberikan pidato dengan menggunakan bahasa mandarin dengan lancar dalam acara dengan sebuah grup mahasiswa di Beijing.

Kefasihannya dalam berbahasa Mandarin ini membuat Zuckerberg mampu mempengaruhi kalangan akademi Cina dan komunitas bisnis, termasuk regulator di China.

Anda tidak harus mempelajari bahasa baru untuk menunjang karir atau bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Hal terpenting dari Zuckerberg adalah terus belajar, dan selalu membuka pikiran terhadap hal-hal baru yang belum Andaketahui.

Kemampuan baru apa yang ingin Anda pelajari sekarang?  “Orang yang berhenti belajar menjadi tua, baik di usia dua puluh atau delapan puluh tahun. Orang yang terus belajar tetap awet muda,” kata Mark.

  • Travel to Run, Run to Travel

Mark Zuckerberg terlihat cukup berkomitmen dalam lifestyle yang aktif. Saat dia bepergian ke seluruh dunia, Zuckerberg berusaha untuk bangun pagi, di manapun dia berada, dan mengajak seluruh tim berlari pagi menjelajahi area tersebut.

Menurut Zuckerberg, ”Itu adalah cara yang baik untuk melihat kota sebelum hari menjadi sibuk, dan juga cara yang baik untuk bangun, berenergi dan menghilangkan jet lag,”

Traveling sangat baik buat Anda. Jika Anda menambahkan lari pagi ke dalam rencana perjalanan Anda, perjalanan Anda menjadi lebih bermakna seperti dialami Zuckerberg.

Olahraga akan meningkatkan kesehatan mental Anda, membantumu lebih sehat secara fisik, membangun kepercayaan diri Anda, Anda bisa mendapatkan pengalaman baru, dan memberi Anda kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang di seluruh dunia.

Baca juga: Pinjaman Online 2018 yang Bisa Kamu Bandingkan

  • Share Your Struggles

“Anda merasa penuh harapan saat Anda akan memiliki seorang anak. Anda mulai membayangkan jadi seperti apa mereka nanti dan harapan akan masa depan mereka.  Anda mulai membuat rencana-rencana, lalu kemudian mereka pergi. Itu adalah pengalaman yang kesepian.”

Saat Zuckerberg membagikan berita bahwa istrinya mengalami tiga kali keguguran selama ini dan akhirnya dia hamil kembali di akun facebook pribadinya, pengumuman itu mendapatkan 350.000 likes dalam satu jam setelah dipasang.

Membagikan informasi penting dan pengalaman hidup bisa membuat sebuah perbedaan. Zuckerberg membagikan ceritanya dengan maksud hal itu bisa memberikan orang lain harapan atas apa yang ia rasakan dan mendorong orang lain membagikan pengalaman mereka masing-masing.

Waktu Anda membagikan kesulitan Anda dengan orang lain, sebenarnya Anda sedang membangun hubungan dengan orang lain. Dengan memperlihatkan kerapuhan dan “momen manusiawi” Anda bisa mempererat hubungan Anda dengan teman, keluarga, dan rekan kerja, melampaui jabatan dan kesuksesan Anda, guna berbagi kekuatan dan harapan.

  • Get Out Of Your Comfort Zone

Dengan menonton Mark Zuckerberg berbicara bahasa Mandarin kepada mahasiswa di Cina, itu akan menginspirasi secara pribadi —bukan hanya karena isi pidatonya, tapi pada kenyataan bahwa dia dengan berani berpidato dalam bahasa selain bahasa aslinya dan itu adalah bahasa yang dia pelajari ketika dewasa.

Penelitian ilmiah telah membuktikan, penting sekali bagi seseorang untuk keluar dari zona nyaman. Dengan adanya rasa tidak nyaman, entah itu pilihan atau bukan, itu akan mendorong kita mencapai tujuan-tujuan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Sama seperti balita yang belajar berjalan, Anda akan terguling, jatuh dan merasa tidak nyaman sebelum menemukan kebahagiaan yang Anda rasakan saat berjalan dan berlari. Perasaan tidak nyaman itu tidak bisa dihindari, setiap kali Anda belajar hal yang baru!

  • Give Back To The Society (Make An Impact)

Mahatma Gandhi pernah berkata, ”Cara terbaik untuk menemukan diri Anda sendiri adalah dengan melayani orang lain.” Bagi Mark, berdasarkan sejumlah penelitian yang dia baca, cara paling memuaskan untuk menggunakan uang adalah dengan berinvestasi pada orang lain; tindakan ini membuat individu lebih sehat dan kaya.

Mungkin inilah sebabnya mengapa kebanyakan miliuner dunia berdedikasi mendermakan kekayaan mereka, seperti ditunjukkan Bill Gates (pendiri Microsoft) dan Warren Buffett (Berkshire). Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan sudah berdonasi dengan menyumbangkan saham ke Silicon Valley Community Foundation, senilai US$ 498.000.000 pada 2015. Sebelumnya pada 2012, mereka mendirikan sebuah sekolah yang juga menyediakan layanan kesehatan untuk semua mahasiswa dari lahir sampai lulus.

Baca juga: Kartu Kredit untuk Kamu yang Gajinya Rp 3 juta Sebulan

  • Make Time

Memiliki waktu yang terbatas mungkin menjadi alasan untuk tidak melakukan apapun. Namun CNBC.com memiliki temuan menarik tentang kebiasaan Zuckerberg sehari-hari, yakni menggunakan waktu secara proaktif bukan reaktif.

Intinya adalah membuat waktu, bukan menemukannya. Semuanya tentang prioritas. Jika alasannya adalah bisnis atau pekerjaan Anda sehingga tidak bisa membagi waktu, maka Anda perlu menyusun kembali sistem bisnis Anda, atau bahkan menemukan pelatih bisnis untuk membantumu.

Jangan lupa alasan mengapa Anda ingin sukses – karena Anda ingin memiliki waktu lebih bersama orang terkasih dan melakukan hal yang Anda senangi, bukan karena Anda ingin menghabiskan waktu bekerja lebih banyak dalam sehari.

Semoga cerita sukses dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg menginspirasi Anda untuk meraih kesuksesan finansial.

Gunakan situs perbandingan independen HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kreditkredit tanpa agunan, dan kredit multiguna dengan mengagunkan bukti kepemilikan motor dan mobil. We compare, you save.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Nih, 6 Keuntungan Asuransi Syariah, Cocok untuk Non-Muslim Juga, Lho!

6 Keuntungan Asuransi Syariah, Cocok untuk Non-Muslim Juga Lho!

Asuransi syariah memang lebih dikenal termasuk produk keuangan yang identik dengan dunia muslim. Namun ternyata asuransi ini juga boleh dimanfaatkan oleh non-muslim.

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Taufik Marjuniadi, menyatakan asuransi syariah pada dasarnya terbuka untuk siapa pun. Bahkan dia mengaku banyak kalangan non-muslim yang lebih memilih asuransi jenis ini.

Ada beberapa alasan asuransi syariah lebih dipilih ketimbang yang konvensional. Buat kalangan muslim, jelas salah satu alasannya berkaitan dengan agama.

Namun di luar bidang agama, asuransi ini memiliki beberapa poin plus yang dianggap sangat menarik oleh masyarakat umum. Berikut ini alasan asuransi syariah lebih dipilih:

1. Dana premi asuransi syariah bisa dicairkan

Dana premi yang disetorkan dalam asuransi jenis syariah tidak hangus mesti tidak terjadi klaim. Begitu pun saat nasabah tak bisa meneruskan pembayaran premi.

Bahkan saat premi belum lunas, proteksi masih berlaku. Tinggal dilunasi saja di kemudian hari untuk menaati aturan yang ditentukan.

Duit nasabah pada intinya tidak menjadi milik perusahaan asuransi setelah disetorkan, melainkan tetap dimiliki nasabah. Jadi, bisa diambil kembali. Namun nasabah bisa melakukan tabarru atau menghibahkannya jika berminat.

2. Berprinsip gotong-royong

Sistem kerja asuransi syariah adalah gotong-royong. Antara satu nasabah dan nasabah lain saling membantu dengan perantara perusahaan asuransi.

Artinya, secara otomatis nasabah asuransi syariah bisa membantu sesama. Dana nasabah tertentu bisa digunakan dulu untuk membantu klaim nasabah lain, misalnya. Nantinya nasabah itu juga bisa mendapat bantuan dari yang lain.



3. Lebih terbuka

Asuransi syariah mengedepankan keterbukaan atau transparansi dalam kerja sama dengan nasabah. Transparansi itu antara lain dalam hal:

– Polis: petugas asuransi berkewajiban menjelaskan segamblang mungkin mengenai program asuransi berbasis syariah yang ditawarkan dalam polis. Dengan begitu, diharapkan tak terjadi komplain atau perdebatan dengan nasabah saat kerja sama berjalan.
– Keuntungan: bisnis asuransi yang syariah berlandaskan agama, sehingga semangatnya lebih ke upaya religius. Artinya, bukan melulu profit yang dikejar. Ada aturan-aturan ketat, termasuk transparansi keuntungan yang didapatkan perusahaan, dalam bisnis asuransi ini.

4. Semua harus untung

Prinsip asuransi syariah adalah tak ada yang boleh dirugikan. Karena itulah petugas asuransi akan menjelaskan segala sesuatunya sampai detail agar gak terjadi kesalahpahaman yang menimbulkan pandangan bahwa nasabah dirugikan.

Perusahaan asuransi bakal memastikan bahwa nasabah diuntungkan jika mengikuti asuransi jenis ini. Jika ada yang merasa dirugikan, bisa mempertanyakan sebelum menyetujui polis.

Salah satu hal yang bisa ditanyakan adalah bagaimana pengelolaan dana premi nasabah. Kita boleh kok melihat mekanisme pengelolaannya, termasuk untuk memastikan tak ada ajaran Islam yang diselewengkan.



5. Diawasi Dewan Pengawas Syariah

Ada lembaga pengawas khusus untuk bisnis yang bergerak di sektor syariah ini, yakni Dewan Pengawas Syariah. Jadi, perusahaan asuransi tak bisa semena-mena menentukan program atau mencoba menyalahi aturan.

Dewan Pengawas Syariah akan memastikan semua prinsip syariah ditaati, termasuk soal kehalalan. Jika ditemukan pelanggaran, perusahaan asuransi syariah bisa dikenai sanksi administrasi hingga pencabutan izin operasi.

6. Bersifat universal

Seperti dijelaskan di atas, asuransi syariah bisa diakses oleh siapa pun terlepas dari keyakinannya. Yang penting, mau menaati syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Mungkin akan ada sedikit hambatan dalam hal istilah-istilah yang digunakan. Namun petugas asuransi akan dengan senang hati memberi penjelasan.

Tinggal nasabahnya sendiri, apakah mau mempelajari sistem asuransi syar’i tersebut. Bila sudah berpengalaman dengan asuransi konvensional, mungkin lebih mudah menemukan perbedaannya, terutama kelebihan asuransi syariah.



Enam poin itu setidaknya menjadi alasan asuransi tipe syariah lebih dipilih ketimbang asuransi konvensional. Meski asuransi ini memiliki sederet kelebihan, kita tetap mesti cermat dalam memilih perusahaan yang menawarkan.

Setiap perusahaan memiliki program tersendiri yang mungkin cocok dengan kebutuhan kita, atau mungkin tidak. Tetap harus membandingkan program-program tersebut untuk mendapatkan yang paling pas.

Satu hal yang pasti, perusahaan itu mesti terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia dan Dewan Pengawas Syariah. Sebab, keduanya merupakan lembaga yang bisa membantu jika terjadi masalah antara nasabah dan perusahaan asuransi.

Asuransi syariah adalah pilihan yang pas terutama buat kalangan muslim. Namun perlu ditekankan sekali lagi, para non-muslim pun bisa memilih asuransi ini dengan melihat kelebihan-kelebihan di atas.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.