5 Strategi Finansial yang Perlu Dilakukan Awal 2018

5 Strategi Finansial yang Perlu Dilakukan Awal 2018

HALOMONEY.CO.ID. Tahun 2018 dibuka dengan kabar tentang kenaikan berbagai harga barang. Mulai dari kenaikan beras dan komoditas pangan penting seperti harga ayam potong. Harga bahan bakar minyak (BBM) di pasar dunia juga masih naik sehingga potensial mempengaruhi strategi finansial kita melalui harganya di dalam negeri.

Kondisi ini bisa membuat banyak orang sakit kepala dalam mengatur kecukupan pendapatan. Gaji belum tentu naik, tapi harga-harga kebutuhan seolah tak mau kompromi.

Anda mungkin termasuk yang kesal dengan kondisi yang cukup mengejutkan di awal tahun ini. Namun, berkeluh kesah saja tidak akan menyelesaikan masalah.

Suka tidak suka, Anda harus beradaptasi agar kenaikan harga berbagai kebutuhan itu tidak membuat kondisi keuangan dan strategi finansial di tahun ini jadi berantakan. Bagaimana memulainya? Simak tips keuangan dari HaloMoney.co.id berikut ini :

1. Evaluasi arus kas

Cobalah melihat lagi arus keluar masuk uang di kantong Anda tiga bulan terakhir. Mana kira-kira pos yang bisa Anda tekan atau bila memungkinkan, dihapuskan. Lalu, mana pos pengeluaran yang kerap membengkak dalam strategi finansial kamu.

Pos pengeluaran di luar kebutuhan pokok adalah yang harus pertama kali Anda lihat. Misal, pos pengeluaran untuk hobi dan hiburan, kunjungan ke salon, pengeluaran dining-out, dan lain-lain. Jika tidak terlalu penting dan memboroskan, bisa Anda kurangi atau bahkan dicoret dari daftar pos pengeluaran sehingga Anda bisa menutup pos pengeluaran.

2. Atur strategi

Setelah mendeteksi pos-pos pengeluaran yang bisa Anda tekan, Anda bisa membuat hitungan sederhana dengan asumsi harga saat ini. Misal, biaya bensin dengan asumsi harga BBM lama, alokasi dana sebesar Rp 1 juta per bulan. Bila berkukuh memakai kendaraan pribadi kemana-mana, anggaran Anda berpotensi naik kurang lebih 4% sebesar angka kenaikan BBM saat ini. Anda bisa menimbang beralih memakai kendaraan umum atau mengendarai sepeda motor.

Atau, bisa pula menghapus anggaran untuk perawatan kendaraan. Mencuci mobil atau motor sendiri bisa menghemat paling tidak Rp 50.000. Harga cabai mahal berisiko ikut menaikkan harga makanan. Mengapa tidak mencoba memasak sendiri dan membawa bekal makan siang dari rumah saat bekerja? Lebih hemat dan lebih bersih.

Baca juga: Pinjaman Online Tanpa Syarat Kartu Kredit

3. Atur prioritas keluarga

Tahun ini sebenarnya Anda sudah berencana liburan bersama keluarga ke luar negeri. Anggaran sudah Anda cicil dengan menabung rutin. Di tengah tantangan tahun 2017 yang kemungkinan cukup berat, Anda bisa menimbang untuk melihat lagi rencana liburan itu. Tidak perlu dibatalkan, tapi mungkin perlu dikemas ulang dengan lebih ekonomis.

Prioritaskan rencana pada kebutuhan yang terpenting. Misalnya, meneruskan investasi dana pendidikan anak, menabung untuk dana pensiun, menyelesaikan beban utang, dan lain sebagainya.

4. Cari pendapatan lebih

Bila pergerakan harga sering berlari jauh lebih kencang melampaui kenaikan penghasilan, mungkin tahun ini Anda perlu memasukkan opsi menambah penghasilan dari sumber lain. Caranya, bisa dengan merintis usaha sampingan di samping pekerjaan resmi Anda. Atau, Anda bisa menimbang melamar pekerjaan di tempat baru  yang lebih menjanjikan dari sisi kesejahteraan?

Baca juga: Apply Kartu Kredit Online dari Beberapa Bank

5. Mencari usaha sampingan

Bila tidak pindah kerja, mungkin Anda cukup mencari usaha sampingan yang menguntungkan dan halal sambil bekerja di tempat kerja Anda saat ini. Lakukan pekerjaan sampingan di sela waktu luang usai pulang kerja dan akhir pekan. Saat ini tersedia banyak sekali usaha sampingan yang bisa lakukan sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

Dengan melakukan persiapan dan antisipasi menghadapi tantangan di tahun 2018, kondisi keuangan Anda tahun ini bisa terjaga lebih stabil dan memadai. Selamat berhemat dan menggapai impian finansial Anda tahun 2018.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Cara Membuat Kartu Kredit yang Gratis Tanpa Repot!

Cara Membuat Kartu Kredit Gratis Tanpa Repot!

Anda setuju kan jika kita sebut kartu kredit selalu memberikan banyak penawaran menarik dan  menguntungkan bagi penggunanya? Betul, sepanjang kartu kredit gratis yang Anda pilih tepat sesuai kebutuhan Anda dan Anda benar memperlakukannya, kartu plastik tersebut bisa menguntungkan.

Jangan heran, karena beberapa fasilitasnya, banyak nasabah ingin mendapatkan dan menggunakan layanan kartu kredit gratis.

Ada banyak pilihan jenis kartu kredit gratis yang ditawarkan, sehingga Anda perlu hati-hati memilih kartu kredit gratis yang akan Anda ajukan. Anda harus benar-benar mengetahui kebutuhan Anda dan memilih kartu kredit gratis yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan tersebut.

Apakah untuk belanja bulanan? Kebutuhan perjalanan atau sekadar menikmati beragam promo? Jika Anda ingin menikmati promo yang sering ditawarkan bank penerbit kartu kredit, Anda perlu menyesuaikan kemampuan keuangan Anda dengan kartu kredit dari bank tersebut.

Baca juga: Apply Kartu Kredit Online? Ajukan di Sini

Kartu Kredit Pilihan

Kartu kredit yang masuk dalam kategori kartu kredit yang pantas dipilih karena beberapa kriteria. Pertama, syarat penghasilan yang terjangkau dan sesuai kemampuan Anda. Kedua, memiliki banyak manfaat seperti promo dan diskon. Ketiga, menyediakan poin reward atau airmiles, atau menyediakan keduanya sekaligus.

Semakin terjangkau persyaratannya, kartu kredit itu semakin besar peluangnya untuk dimiliki oleh nasabah. Tak cuma itu, jika kartu tersebut menyediakan banyak promo dan manfaat untuk pemiliknya, kartu kredit tersebut akan semakin bermanfaat dan sangat membantu nasabah untuk bertransaksi.

Baca juga: Kartu Kredit dengan Syarat Penghasilan Rp 3 juta

Apply Kartu Kredit Online

Apply kartu kredit online bisa Anda lakukan di situs bank langsung, maupun di situs pihak ketiga seperti HaloMoney.co.id. Buka situs bank penerbit kartu kredit atau situs pihak ketiga yang Anda percayai.

Ada kelebihan dan kekurangan apply kartu kredit online di situs bank yang perlu Anda ketahui. Kelebihannya Anda bisa langsung apply ke bank penerbit sehingga aplikasimu langsung ditangani bank. Kekurangannya, Anda tidak bisa membandingkan kartu kredit yang Anda ajukan dari berbagai sisi dengan bank lain.

Jika Anda apply kartu kredit online di pihak ketiga seperti HaloMoney Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan kartu kredit tersebut. Anda bisa melihat dari sisi cashback dan point airmiles. Apakah pointnya cukup mahal atau murah.

Selamat memilih kartu kredit terbaik Anda. Gunakan selalu HaloMoney.co.id untuk membandingkan produk keuangan seperti kartu kredit dan pinjaman serta mendapatkan informasi keuangan pribadi.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Biaya Nikah Kurang? Penuhi dengan Pinjaman Pernikahan

Biaya Nikah Kurang? Penuhi dengan Pinjaman Pernikahan

Mengatur biaya nikah membutuhkan kecerdasan finansial tersendiri bagi setiap pasangan. Namun sekarang dengan pinjaman pernikahan, gak perlu repot dan pusing lagi untuk lain mengatur pos biaya akad nikah di gedung maupun di KUA.

Tanpa mempersiapkannya dengan baik dan menjalankan pos biaya dengan disiplin tinggi, rencana pernikahan kamu bisa-bisa akan berantakan di tengah jalan. Akibatnya kamu harus menjalankan hari bahagiamu dengan rasa cemas.

Masalah super penting yang dihadapi setiap pasangan yang akan menikah tak lain adalah biaya pernikahan. Sebagian pasangan memenuhi semua kebutuhan biaya nikah dengan mempersiapkannya dari jauh hari, namun tidak sedikit juga masih memenuhi biaya nikah dengan bantuan orang tua.

Bagaimana dengan pinjaman pernikahan? Kebanyakan penasihat keuangan akan menyuruh kamu tidak mengejar pinjaman perkawinan. Pinjaman pernikahan hanya perlu kamu ajukan sebagai usaha terakhir untuk memenuhi biaya pernikahan yang masih kurang, bukan untuk membiayai semua kebutuhan pernikahan.

Jadi, sebelum kamu mengajukan KTA pernikahan, sebaiknya kamu menyusun rencana konsep pernikahanmu, membuat anggaran biaya pernikahan yang realistis, dan mulai menabung untuk biaya pernikahan jauh-jauh hari bersama pasangan.

Biaya nikah

Besar kecilnya biaya nikah tergantung bagaimana kamu menyusun konsep acara pernikahan. Konsep pernikahan sederhana di rumah tentu akan berbeda biayanya dengan konsep pernikahan di gedung, apalagi jika konsepnya di gedung mewah.

Selain itu, biaya nikah bisa kamu identifikasi dari jenisnya. Setidaknya ada dua jenis: ada biaya nikah yang memang wajib kamu anggarkan, dan ada yang tidak harus kamu siapkan. Berikut ini daftarnya:

  • Mas kawin untuk mempelai wanita. Ini wajib kamu siapkan dan anggarkan.
  • Biaya catering untuk akad nikah dan resepsi. Ini wajib kamu siapkan dan disesuaikan dengan konsep acaranya.
  • Biaya sewa gedung pernikahan untuk akad dan resepsi. Biaya ini tidak harus disiapkan, jika pernikahanmu akan di rumah.
  • Biaya fotografi sebelum dan saat acara. Sepertinya ini perlu, sesuaikan dengan kebutuhanmu.
  • Biaya dekorasi acara resepsi dan akad.
  • Perlengkapan baju untuk mempelai laki-laki dan wanita.

Pinjaman pernikahan adalah langkah terakhir

Sebelum mengajukan pinjaman pernikahan, kamu perlu memastikan konsekuensi keuangan yang akan kamu tanggung bersama setelah menikah. Misalnya, kamu dan pasangan perlu mengerem belanja untuk kebutuhan yang tidak prioritas hingga waktu tertentu demi melunasi cicilan KTA pernikahan.

Kamu juga perlu tahu, saat kamu mau mengajukan pinjaman pernikahan, kamu tidak akan menemukan pinjaman bernama pinjaman pernikahan di bank yang kamu tuju. Yang akan kamu temukan adalah pinjaman bernama pinjaman tanpa agunan atau kredit tanpa agunan (KTA).

Itulah produk pinjaman yang akan kamu gunakan untuk membiayai resepsi pernikahan. Sebab KTA merupakan produk pinjaman tanpa agunan yang bersifat fleksibel, bisa gunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembiayaan usaha hingga untuk pernikahan.

Baca juga: 8 Kiat Menghemat Biaya Nikah Tapi Pernikahanmu Tetap Romantis

Pilihan Pinjaman KTA Pernikahan

Saat ini tersedia banyak jenis pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan bank kepada para orang tua. Namun tidak semua pinjaman tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Guna memudahkan para orang tua maupun pasangan untuk menentukan KTA pernikahan yang paling sesuai dengan kebutahan, HaloMoney.co.id membandingkan belasan produk pinjaman tanpa agunan (KTA) yang bisa digunakan untuk pernikahan.

Berikut ini gambaran produk KTA Pernikahan dari berbagai bank yang bisa kamu bandingkan dan ajukan di situs literasi dan perbandingan finansial HaloMoney.co.id.

  1. Pinjaman Pernikahan dari KEB Hana Bank
  • Bernama KTA Plus Bank KEB Hana
  • Nilai pinjaman maksimal: Rp 200 juta
  • Jangka waktu/tenor pinjaman: hingga tiga tahun.
  • Bunga per bulan: 0,95%, bisa kamu dapatkan jika mengajukan melalui Halomoney.co.id

Sekadar informasi, KTA Plus Bank KEB Hana ini bisa kamu ajukan meskipun kamu tidak memiliki slip gaji dan kartu kredit. Proses pinjaman KTA plus maksimal 14 hari kerja sejak dokumen diterima bank. Produk ini bisa diajukan di HaloMoney.co.id.

  1. Pinjaman Pernikahan BNI Fleksi
  • Nilai pinjaman maksimal: Rp 500 juta
  • Tenor maksimal: lima tahun
  • Bunga bulanan: 1,22% per bulan

KTA BNI Fleksi sebenarnya tidak spesifik didisain untuk kebutuhan biaya pernikahan. Namun dengan fleksibilitasnya, kamu bisa menggunakan KTA BNI Fleksi untuk berbagai kebutuhan, termasuk membiayai pernikahan. Informasi detail dan simulasi pinjamannya klik HaloMoney.co.id.

  1. Pinjaman Pernikahan X-Tra Dana CIMB Niaga
  • Limit pinjaman: Rp 200 juta
  • Tenor maksimal: 4 tahun
  • Bunga: 1,59% per bulan

Syaratnya cukup mudah: penghasilan per bulan minimal Rp 3.000.000. Biaya di muka sebesar 2% dari total pinjaman (dipotong saat pencairan dana pinjaman).

  1. Pinjaman Pernikahan dari KTA Standard Chartered
  • Limit pinjaman hingga Rp 300 juta
  • Tenor pinjaman: maksimal 5 tahun
  • Proses cepat
  • Bunga: 0,95% per bulan

Bank Standard Chartered mengklaim proses kredit ini hanya memproses selama 3 hari kerja sejak aplikasi diterima bank. Syaratnya antara lain, kamu harus memiliki kartu kredit dari bank apapun dan memiliki slip gaji. Pinjaman ini bisa diajukan di HaloMoney.co.id.

Baca juga: Pilihan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

  1. Dana Bantuan Sahabat dari Bank DBS
  • Limit pinjaman: Rp 200 juta
  • Tenor pinjaman: 3 tahun
  • Tanpa perlu punya kartu kredit
  • Bunga: 0,95% per bulan

Selain bunga bulanan, ada biaya lainnya: biaya di muka 1,75% dan biaya administrasi tahun pertama Rp 399.000, dan biaya administrasi tahun kedua Rp 65.000. Proses persetujuan pinjaman KTA Bank DBS cukup singkat, hanya 2 hari kerja setelah aplikasi lengkap diterima bank. Bisa diajukan di HaloMoney.co.id.

Selamat merencanakan hari bahagia bersama pasangan. Gunakan situs perbandingan independen HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit, kredit tanpa agunan, dan kredit multiguna dengan mengagunkan bukti kepemilikan motor dan mobil. We compare, you save.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Mau Kredit Mobil Bekas, Sebaiknya di Leasing atau Dealer?

Mau Kredit Mobil Bekas, Sebaiknya di Leasing atau Dealer?

Mobil bekas masih memiliki pasar dan konsumen tersendiri. Mobil bekas menjadi solusi bagi mereka yang ingin kendraan pribadi dengan harga miring. Yang terpenting tidak kepanasan atau kehujanan di jalan, begitu kata para penggemar mobil bekas.

Seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap mobil bekas, jumlah perusahaan leasing yang membiayai pembelian mobil secara kredit pun menjamur. Sehingga memiliki mobil dengan sistem kredit bukanlah sesuatu yang sulit bagi masyarakat.

Namun, ketika Anda berniat untuk membeli sebuah mobil bekas dari orang yang baru dikenal ataupun melalui dealer, Anda perlu lebih jeli dan cermat dalam melihat kondisi mobilnya.

Biar tidak bingung mau ambil kredit mobil bekas di leasing atau dealer, yuk baca pertimbangan dari HaloMoney.co.id berikut ini!

Kelebihan leasing

Kelebihan kredit mobil bekas di leasing, syarat uang muka lebih fleksibel dan cenderung ringan. Anda sebagai calon pembeli bisa menentukan jumlah uang muka yang akan dibayarkan. Namun sebagai pertimbangan, Anda harus selalu mengingat bahwa semakin kecil uang muka yang Anda bayarkan, maka semakin besar sisa utang kredit yang harus Anda cicil setiap bulan. Ini masih akan ditambah dengan sejumlah bunga atas utang yang menjadi pokok angsuran.

Anda bisa menyesuaikan sendiri masa cicilan atau tenor sesuai dengan kemampuanmu. Namun sebagaimana kita tahu, bahwa semakin lama masa cicilan yang kita ambil, maka akan semakin besar juga jumlah bunga yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Ini juga akan berbanding lurus dengan besarnya nilai utang yang harus Anda lunasi.

Jumlah angsuran bisa disesuaikan dengan kemampuan bayar Anda setiap bulannya. Perlu dicatat, Anda tidak disarankan untuk mengambil jumlah cicilan yang kecil karena semakin kecil jumlah cicilan tiap bulannya, maka akan semakin lama masa pelunasan, semakin besar pula utang bunga yang harus dibayarkan.

Baca juga: Cara Kredit HP dan Laptop Tanpa Harus Punya Kartu Kredit

Kekurangan leasing

Terdapat “selisih harga” yang besar, di mana bila kita menghitung semua pembayaran yang kita lakukan melalui leasing selama masa cicilan, maka nilai total dari keseluruhan bisa mencapai 2 kali lipat dari harga lunas mobil bekas yang kita beli tersebut. Ini terjadi akibat beban bunga atas pinjaman pokok. Ini terjadi akibat kecilnya nilai uang muka yang Anda bayarkan.

Kelebihan dealer

Selisih harga kredit dan harga kontan atau tunai mobil bekas yang mereka tawarkan tidak terlalu jauh. Ini akan sangat berbanding terbalik dengan penawaran yang diberikan oleh leasing.

Anda bisa meminta diskon harga kepada dealer atas harga mobil. Selain itu Anda bisa langsung meminta tambahan perlengkapan mobil seperti sarung jok dan lainnya.

Baca juga: Pilihan Kartu kredit buat Kamu yang Gajinya Rp 3 juta per bulan

Kekurangan dealer

Jumlah uang muka relatif besar dan kurang fleksibel dengan kemampuan konsumen sehingga akan menyulitkan Anda dalam membeli sebuah mobil melalui dealer.

Prosedur dan persyaratan yang cenderung rumit dan lama. Hal ini bisa menjadi kendala buat Anda yang ingin segera memiliki mobil bekas kesayangan Anda.

Selain itu, tidak semua jenis mobil bisa di-kredit melalui dealer karena hanya tipe tertentu saja yang mereka tawarkan.

Begitulah pertimbangan yang perlu Anda perhatikan sebelum kredit mobil bekas di leasing atau dealer. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kreditkredit tanpa agunan, dan kredit dengan agunan dari berbagai lembaga keuangan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Berniat Tarik Tunai Kartu Kredit? Hati-Hati, Perhatikan Aturan Berikut Ini

Berniat Tarik Tunai Kartu Kredit? Hati-Hati, Perhatikan Aturan Berikut Ini

Kartu kredit banyak disebut sebagai kartu sakti karena kartu plastik ini bisa dengan mudah memberikan Anda dana dalam jumlah cukup besar, sesuai limit kartu. Dalam waktu singkat pula seperti tarik tunai uang memakai kartu debit.

Sebutlah Anda memiliki kartu kredit dengan limit Rp 40 juta dan limit tarik tunai Rp 30 juta. Ini berarti, bila suatu saat Anda butuh dana pinjaman mendadak, Anda bisa tinggal memakainya untuk menarik tunai di mesin ATM seperti halnya menarik tunai memakai kartu debit biasa. Ini sama saja Anda mendapatkan pinjaman uang dalam waktu sangat cepat dan tanpa proses berbelit dari bank.

Namun, ingat, di balik semua kemudahan tarik tunai kartu kredit, Anda tetap perlu mengedepankan kehati-hatian agar langkah itu tidak menjadi blunder finansial yang menjadi pangkal masalah keuangan di masa mendatang.

Soalnya, dana yang Anda dapatkan dari transaksi menarik tunai kartu kredit adalah dana pinjaman dari bank yang tidak gratis. Ada bunga atau biaya yang dikenakan sebagaimana jenis kredit bank yang lain.

Maka itu, jangan terburu-buru memakai kartu kredit untuk menarik tunai dana kecuali dalam kondisi yang sangat terpaksa. Kendatipun Anda kini tengah berniat tarik tunai, pastikan Anda memahami dulu beberapa aturan main berikut ini, seperti dikutip situs perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan pinjaman HaloMoney.co.id:

1. Bunga dan biaya

Ada bunga yang harus Anda bayarkan kepada bank untuk fasilitas dana tersebut dan biaya lain penarikan tunai yang dikenakan. Bunga dan biaya itu tergolong cukup mahal. Sebagai informasi, bunga kartu kredit di Indonesia saat ini sekitar 2,25% per bulan atau 27% per tahun.

Sedangkan untuk transaksi menarik tunai selain dikenakan bunga sebesar itu, nasabah juga akan dibebani biaya menarik tunai. Rata-rata tarif tarik tunai kartu kredit yang dikenakan oleh bank saat ini sekitar 4%-6% dari nilai dana yang Anda tarik.

Misalnya, Anda melakukan penarikan tunai kartu kredit senilai Rp 1 juta, maka tagihan yang dikenakan pada Anda adalah Rp 1,06 juta. Atau terkena biaya sekitar Rp 60.000. Bila tagihan tersebut tidak Anda bayar 100% sebelum jatuh tempo, maka bank akan mengenakan bunga sebesar 2,25% per bulan.

2. Batasan nilai tarik tunai

Anda punya kartu kredit dengan limit besar? Jangan keburu senang. Walau kartu kredit Anda memiliki limit belanja dan limit tarik tunai besar, bank biasanya membatasi nilai tarik tunai dari limit yang telah dipatok.

Misalnya, nilai tarik tunai kartu kredit umumnya dibatasi maksimal 70% dari limit tarik tunai yang tertulis. Misalnya, Anda memiliki kartu kredit dengan limit belanja Rp 40 juta dan limit tarik tunai Rp 30 juta. Maka, nilai dana yang bisa Anda tarik tunai kemungkinan hanya Rp 21 juta.

Pembatasan nilai penarikan tunai ini sebenarnya bagus bagi nasabah kartu kredit. Paling tidak Anda terhindar dari moral hazzard memakai kartu kredit untuk tarik tunai dalam jumlah besar. Soalnya, bunganya sangat mahal dan bisa menjadi boomerang finansial di masa mendatang.

Baca juga: Daftar Kartu Kredit Tanpa Iuran Tahunan

3. Hitung kemampuan bayar

Sebelum memutuskan tarik tunai, pastikan dulu apakah Anda memiliki sumber dana yang pasti bisa Anda gunakan untuk melunasi utang kartu kredit? Coba lakukan hitungan terlebih dulu berapa kelak tagihan yang harus Anda bayar. Hitungan biaya transaksi tarik tunai kartu kredit bisa berbeda-beda pada masing-masing penerbit kartu kredit. Ada penerbit kartu kredit yang hanya mengenakan bunga transaksi, ada juga yang menambahnya dengan biaya administrasi.

Padahal bila merujuk pada aturan Bank Indonesia, transaksi tarik tunai tidak boleh dikenakan biaya ganda berupa biaya bunga dan biaya administrasi. Bunga transaksi seharusnya baru dikenakan saat ada tagihan tertunggak.

Gambarannya sebagai berikut: Anda hendak tarik tunai kartu kredit A sebesar Rp 5 juta dengan biaya penarikan 4% dan bunga transaksi tarik tunai 2,25% per bulan. Maka, total transaksi yang harus Anda bayarkan kelak adalah Rp Rp 5,2 juta dengan bunga 2,25% per bulan.

4. Lakukan full payment

Bila Anda membayar tagihan kelak 100%, maka yang harus Anda bayarkan dari transaksi tarik tunai adalah sebesar Rp 5,2 juta saja. Namun, bila Anda membayar minimum payment atau 10%, maka yang Anda bayarkan Cuma Rp 520.000. Sisa utang menjadi Rp 4,68 juta.

Nah, saat siklus tagihan kembali datang, sisa utang tersebut terkena bunga transaksi 2,25% per bulan atau setara Rp 105.330. Sehingga, total tagihan (dengan asumsi tidak ada transaksi baru), menjadi berkisar Rp 4,57 juta.

Cukup mahal, bukan? Maka itu, usahakan untuk menyelesaikan selalu membayar tagihan kartu kredit 100% atau full payment agar terhindar dari bunga yang mahal.

Baca juga: Kredit HP dan Laptop Tanpa Syarat Kartu Kredit

Ingat selalu, Kartu tersebut hanya sebuah fasilitas pembayaran, bukan kartu untuk mendapatkan utang.  Pastikan Anda membayarnya secara penuh agar tidak terbebani hutang kartu kredit. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kreditkredit tanpa agunan, dan kredit dengan agunan dari berbagai lembaga keuangan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

5 Kemalasan Kecil Tapi Berakibat Kerugian Keuangan yang Besar

5 Kemalasan Kecil Tapi Berakibat Kerugian Keuangan yang Besar

Di awal tahun seperti sekarang, Anda sudah mulai mengejar target keuangan dan berhenti dari kemalasan. Apakah ingin menambah penghasilan tambahan, mencari pekerjaan baru, hingga mengatur investasi.

Tapi di sisi lain, Anda perlu mewaspadai hal-hal kecil namun bisa berakibat keuangan yang cukup besar. Hal kecil tersebut bisa saja terjadi akibat rasa kemalasan yang kadang muncul, dan kadang hilang.

Rasa malas sekilas memang manusiawi. Semua manusia kadang punya rasa malas. Malas untuk bangun pagi; malas untuk olah raga; hingga malas untuk sekadar menjawab telpon saat sedang liburan.

Dari sisi keuangan, ternyata rasa malas memiliki konsekuensi yang tidak kecil. Rasa malas bahkan bisa menimbulkan kerugian yang berlipat ganda dari sisi keuangan.

Bayangkan saja, jika Anda malas mengantri di ATM untuk membayar cicilan, lalu cicilanmu melewati jatuh tempo, Anda akan mengalami banyak kerugian. Kerugian paling sederhana, Anda akan terkena denda keterlambatan.  Kerugian lainnya, karena kamu malas membayar cicilan, credit score kamu di bank akan jelek. Akibatnya berikutnya, kamu akan sulit mendapatkan pinjaman dari bank lagi jika suatu saat membutuhkan dana dari bank.

Jadi dari sisi keuangan, betapa banyak kerugian yang akan kamu derita jika kamu malas. Kerugian ini dimulai dari hal-hal kecil. Apa saja? Berikut ini 5 kemalasan kecil tapi bisa mengakibatkan kerugian besar buat kamu:

1. Tidak mencatat tanggal jatuh tempo

Setiap tagihan memiliki tanggal jatuh tempo. Itulah tanggal paling akhir kamu harus membayar cicilan. Di kartu kredit bahkan, sebaiknya kamu membayar cicilan dua hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Malas mencatat tanggal jatuh tempo setiap tagihan akan berakibat sangat buruk bagi keuangan. Catat di buku saku atau di smartphone setiap tagihan, nominal, dan tanggal jatuh tempo. Dengan begini, kamu akan terhindar denda gara-gara hal sepele, yakni lupa mengingat tanggal jatuh tempo cicilan.

Biaya yang muncul akibat hal sepele ini cukup besar. Tagihan internet misalnya: denda keterlambatannya sebesar Rp 30 ribu sebulan. Jika terjadi setiap bulan, dalam setahun kamu terkena denda hingga Rp 360.000. Ini hanya dari satu tagihan. Jika kamu punya 4 tagihan, jumlahnya akan mencapai Rp 1.440.000 per tahun, sebuah biaya yang tidak kecil.

2. Kemalasan Mengisi Uang Elektronik dalam Jumlah Cukup

Malas yang satu ini juga cukup berbahaya dari sisi keuangan. Maklum saat ini setiap mengisi ulang (top up) uang elektronik, nasabah akan terkena biaya sebesar Rp 1.500 (termasuk PPN). Biaya ini antara lain muncul jika kamu mengisi ulang di loket Trans Jakarta.

Dalam sebulan, jika kamu melakukan isi ulang sebanyak 5 kali, karena malas mengisi uang elektronik dengan jumlah yang cukup, kamu akan terkena biaya Rp 10.000. Dalam satu tahun jumlah bisa mencapai Rp 120.000.

Sebab itu, isilah uang elektronikmu, termasuk tiket transportasi publik dengan jumlah yang cukup. Alokasikan untuk kebutuhan transaksi sebulan. Daripada kamu bolak balik mengisi uang elektronikmu dan terkena biaya top up yang cukup besar.


3. Malas Menggunakan Transportasi Umum

Kemalasan yang satu ini juga sangat besar dampaknya bagi kocek kamu. Jika kamu malas memakai transportasi umum, dan memilih kendaraan motor atau mobil pribadi, uang yang harus kamu keluarkan lebih besar. Sebaliknya jika kamu lebih memilih memakai tranportasi umum, kamu akan menghemat hingga jutaan rupiah. Dan jika uang itu dikembangkan dalam instrumen investasi reksadana, bisa berkembangkan menjadi Rp 200 juta dalam sekian tahun.

Baca juga: Inilah Pilihan Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan


4. Malas Membandingkan Sebelum Bertransaksi/Membeli

Sebelum kamu membeli sesuatu, lakukanlah perbandingan lebih dahulu. Dengan melakukan perbandingan, kamu akan tahu, apakah harga yang harus kamu bayar itu mahal, sesuai harga pasar, atau murah. Jika kamu langsung bertransaksi, sementara harganya terbilang mahal, kamu akan mengalami kerugian.

Prinsip ini berlaku untuk banyak hal. Termasuk di bidang keuangan. Jika kamu melakukan perbandingan terhadap kartu kredit atau kredit tanpa agunan yang akan kamu ajukan, akan menghemat hingga Rp 10 juta dengan mendapatkan kartu kredit yang tepat.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit 2018

5. Malas Menyisihkan Tabungan dan Investasi di Awal Bulan

Kemalasan yang satu ini terkesan sepele, tapi konsekuensi juga besar. Kamu selalu menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi setelah pertengahan bulan, bahkan diakhir bulan dari sisa belanja bulanamu. Kamu malas mengubah kebiasaan keuangan ini, sehingga kamu kehilangan emas untuk mengembangkan dana. Jika berlangsung setiap bulan selama sekian tahun, kerugianmu akan semakin besar.

Sebaiknya segera ubah kebiasaan keuanganmu dan mulailah menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi sejak pertama kamu menerima gaji bulanan. Semakin cepat kamu memulai kebiasaan baik ini, semakin besar keuntungan yang akan kamu dapat.

Begitulah, kadang kita harus memulai sesuatu yang besar dari hal-hal yang sepele demi kesehatan keuangan. Gunakan situs perbandingan keuangan independen Halomoney.co.id untuk mendapatkan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) terbaik dari sejumlah bank.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

3 Hal Wajib Dilihat Sebelum Ajukan Kartu Kredit Pilihan

3 Hal Wajib Dilihat Sebelum Apply Kartu Kredit Pilihan - UrbanLife.id

Memiliki kartu kredit memang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Sebelum Anda benar-benar apply kartu kredit, Anda mesti tahu apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam mengajukan kartu kredit.

Itu untuk mengantisipasi agar Anda tidak sekadar tertarik dengan iming-iming cara membuat kartu kredit gratis dari berbagai lembaga keuangan tanpa tahu detailnya.

Satu hal yang pasti harus sudah Anda ketahui ialah apa tujuan dan kebutuhan Anda menggunakan kartu kredit. Apakah untuk membantu Anda bertransaksi belanja bulanan? Atau untuk memfasilitasi Anda untuk membeli tiket wisata dan belanja?

Kebutuhan tersebut harus sesuai dengan tipe kartu kredit yang diajukan. Jika Anda ingin terbentu untuk belanja bulanan di toko grosir dan supermarket, sebaiknya ajukan atau apply kartu kredit belanja groceries yang banyak menawarkan kartu kredit diskon di supermarket atau hypermarket tertentu.

Dan bila ingin kartu kredit yang memudahkan kamu untuk wisata dan belanja, Anda bisa memilih kartu kredit dengan fasilitas airmiles. Pilihlah kartu kredit dengan poin airmiles yang murah sehingga Anda bisa mengumpulkan point airmiles dengan cepat.

Di luar masalah mendasar tadi, Anda perlu mempertimbangkan tiga hal seputar biaya kartu kredit yang akan Anda ajukan, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan pinjaman HaloMoney.co.id.

  • Jumlah iuran tahunan

Saat menggunakan kartu kredit, Anda akan diwajibkan untuk membayar sejumlah iuran tahunan kepada pihak bank penerbit kartu kredit. Jumlah ini bervariasi, tergantung pada jenis kartu dan juga kebijakan yang diterapkan oleh pihak bank penerbit kartu kredit yang kita gunakan. Mulai dari Rp 125.000 per tahun hingga Rp 3 juta per tahun, tergantung jenis kartu yang Anda gunakan. Kartu pertama biasanya memiliki iuran tahunan lebih murah, sedangkan kartu untuk nasabah prioritas lebih mahal hingga Rp 3 juta atau lebih per tahun.

Iuran tahunan ini termasuk dalam komponen biaya yang bersifat tetap di dalam kartu kredit. Sebab itu, pertimbangkan untuk memilih jenis kartu dan bank yang memberikan penawaran terbaik dalam hal ini. Pilihlah bank yang menawarkan keringanan iuran tahunan. Seperti promo bebas iuran tahunan.

Baca juga: Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan, Bandingkan di Sini

  • Besaran suku bunga

Ini juga wajib menjadi pertimbangan, terutama bagi kita yang mungkin akan sering melakukan penunggakan pembayaran pada tagihan. Suku bunga kartu kredit termasuk dalam kategori suku bunga yang tinggi, karena itu sangat penting untuk memilih dan menggunakan bank yang menerapkan suku bunga ringan pada fasilitas kartu kredit yang kita gunakan. Saat ini suku bunga kartu kredit sebesar 2,25% per bulan, berlaku mulai Juli 2017.

  • Berbagai macam biaya kartu kredit

Bank juga akan menerapkan sejumlah biaya di dalam layanan kartu kredit yang kita gunakan, hal ini biasanya akan disesuaikan dengan kebijakan yang digunakan oleh masing-masing bank. Beberapa komponen biaya yang lazim terdapat di dalam kartu kredit antara lain: biaya denda keterlambatan pembayaran, biaya materai, biaya kelebihan pemakaian (over limit), biaya permintaan kenaikan limit, dan biaya lainnya.

Mengingat bank akan menentukan jumlah ini sesuai dengan kebijakan, maka ada baiknya kita memilih bank yang menawarkan berbagai macam biaya tersebut dalam jumlah yang paling ringan (kecil), sehingga kita tidak terbebani dan kesulitan jika sewaktu-waktu harus membayarnya.

Baca juga: Kartu Kredit untuk Anak Milenial dengan Gaji Rp 3 Juta per Bulan

Setelah Anda mendapatkan kartu kredit yang diinginkan, Anda perlu selalu ingat untuk bijak dalam menggunakan kartu kredit. Kartu tersebut hanya sebuah fasilitas pembayaran, bukan kartu untuk mendapatkan utang.

Pastikan Anda membayarnya secara penuh agar tidak terbebani hutang kartu kredit. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan atau apply kartu kreditkredit tanpa agunan, dan kredit dengan agunan dari berbagai lembaga keuangan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

5 Harga Mobil Murah, Bujetnya Gak Lebih dari Rp 100 Juta

Mobil Murah

Punya uang Rp 100 juta buat beli mobil murah sekarang sudah bisa. Ada banyak pilihan harga mobil termurah yang bisa dimiliki dengan bujet minim. Mobil-mobil murah tersebut sering disebut low cost green car atau LCGC.

Nah, buat yang lagi pilih-pilih harga mobil murah, beberapa mobil di bawah ini bisa jadi pilihan. Barangkali saja salah satunya cocok buat kamu miliki tahun ini. Yuk simak!

1. Datsun Go+ Tipe D, mobil murah ramah lingkungan

mobil murah 1
Datsun Go+ Tipe D

Datsun Go+ Tipe D ini bisa jadi pilihan buat yang lagi nyari harga mobil termurah di bawah Rp 100 juta. Tapi jangan anggap enteng dulu. Meski murah, kapasitas mesin mobil ini lumayan besar lho, yakni 1.198 cc.

Dengan mesin tersebut, performa mobil lumayan bertenaga dan juga irit. Sebab bisa menghasilkan power maksimum hingga 50 PS pada putar mesin 5000 RPM. Kendaraan ini juga dilengkapi airbag buat pengemudi dan tujuh tempat duduk.

Harga:
Rp 92,85 juta

Fitur:
– Airbag driver
– Digital tachometer
– 7 Seat capacity
– Side impact beam

Mesin:
– Transmisi: manual 5 kecepatan
– Isi silinder: 1.198 cc
– Tenaga maksimal: 50 PS/5.000 RPM
– Torsi maksimal: 104 NM/5.000 RPM
– Tipe mesin: New HR15DE



2. Karimun Wagon R GA

mobil murah 2
Karimun Wagon

Harga mobil termurah di bawah Rp 100 juta lainnya adalah Karimun Wagon R GA. Mobil ini diklaim irit karena didukung dengan teknologi bahan bakar multi point injection.

Hanya saja, soal sistem keamanan, mobil ini belum dilengkapi airbag. Berbeda dengan adik kandungnya Karimun Wagon R GA Airbag yang udah dilengkapi airbag sebagai keamanan buat pengemudi.

Harga:
Rp 96,4 juta

Fitur:
– Lampu multireflector blue eyes
– Central lock
– Immobilizer
– Power steering
– AC
– 5 seats

Mesin:
– Tipe mesin: D26F 1KR-DE DOCH
– Transmisi: Manual 5 kecepatan
– Kapasitas silinder: 998 cc
– Daya maksimum: 65 PS/6.200 RPM
– Torsi maksimum: 90 NM/3.500 RPM



3. Karimun Wagon R GA Airbag

mobil murah 3
Karimun Wagon R GA Airbag

Banyak mobil yang dikeluarkan pabrikan otomotif dengan harga di bawah Rp 100 juta. Namun, meski tergolong murah, masalah keselamatan pengemudi tetaplah nomor satu. Ini juga yang diperhatikan oleh Karimun Wagon R GA Airbag.

Seperti dikatakan poin sebelumnya, sistem keamanan ini sudah lebih baik dari generasi pendahulunya karena mobil ini sudah dilengkapi airbag. Kalau terjadi benturan, mobil ini mampu meminimalisir terjadinya cedera.

Selain itu, mobil dengan tampilan minimalis ini cocok buat dipakai di jalanan perkotaan. Soal performa, mobil ini juga lumayan bertenaga, lincah, dan irit bahan bakar.

Harga:
Rp 98,4 juta

Fitur:
– Power steering
– AC
– 5 seats
– Airbag
– Central lock
– Immobilizer
– Multireflector blue eyes

Mesin:
– Tipe mesin: D26F 1KR-DE DOCH
– Transmisi: Manual 5 kecepatan
– Kapasitas silinder: 998 cc
– Daya maksimum: 68 PS/6.200 RPM
– Torsi maksimum: 90 NM/3.500 RPM



4. Daihatsu Ayla D MT MI

mobil murah 4
Daihatsu Ayla D MT MI

Jenis mobil murah ini mungkin sangat familiar karena sering wara-wiwi di jalanan. Merek mobil tipe Ayla ini memang diproduksi buat yang pengin punya kendaraan dengan bujet minim.

Dari sekian tipe yang dikeluarkan Ayla, Daihatsu Ayla D MT MI memang cocok bagi yang lagi nyari mobil dengan bujet di bawah Rp 100 juta. Urusan performa, gak usah diragukan deh. Soalnya mobil ini menghasilkan power lumayan.

Sayangnya, untuk Ayla tipe ini belum dilengkapi AC dan power windows. Jadi wajar kalau pengguna bakal sering kegerahan saat pakai mobil ini. Tapi gak apa-apa deh, manfaatin udara dari luar aja ya kan?

Harga:
Rp 84,55 juta

Fitur:
– 1st row seat belt 3P ELR
– Digital fuel indicator
– 1st row sliding seat

Mesin:
– Tipe mesin: D26F 1KR-DE DOCH
– Transmisi: Manual 5 kecepatan
– Kapasitas silinder: 998 cc
– Daya maksimum: 65 PS/6.000 RPM
– Torsi maksimum: 87 NM/3.500 RPM

5. Daihatsu Ayla D Plus M/T

mobil murah 5
Daihatsu Ayla D Plus

Daihatsu Ayla D Plus merupakan generasi berikutnya dari Ayla tipe D. Bedanya, Ayla D Plus sudah dilengkapi AC. Jadi gak usah cemas bakal kegerahan saat mengemudi.

Mobil ini juga udah dilengkapi dengan fitur power window dan sistem audio yang mendukung pemutaran CD, MP3 dan dilengkapi juga dengan 2 buah speaker.

Harga:

Rp 96,75 juta

Fitur:
– Power window
– Audio 1 DIN CD/MP3/AUX 2 speakers
– AC
– 2nd row seat bealt 3P ELR
– 1st row seat bealt 3P ELR
– Digital fuel indicator
– 1st row sliding seat

Mesin:
– Tipe mesin: D26F 1KR-DE DOCH
– Transmisi: Manual 5 kecepatan
– Kapasitas silinder: 998 cc
– Daya maksimum: 65 PS/6.000 RPM
– Torsi maksimum: 87 NM/3.600 RPM

Nah itulah beberapa pilihan harga mobil termurah di bawah Rp 100 juta yang bisa jadi rujukan buat kamu yang mau beli mobil dengan bujet minim.

Tapi ingat ya, harga mobil di atas tentu bisa berubah dan berbeda-beda tergantung lokasi dan daerah di mana mobil-mobil tersebut dijual. Gimana, udah tertarik beli mobil tahun ini?


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Dekorasi Hunian Idaman Gak Harus Keluar Uang Banyak, Intip 8 Trik Hematnya Berikut Ini

Dekorasi Hunian Gak Harus Keluar Uang Banyak, Ini 8 Trik Hematnya

Gak sedikit orang yang malas dekorasi hunian kembali karena alasan gak ada cukup biaya.

Jangan sedih dulu, justru keterbatasan dana harusnya menjadi tantangan sendiri untuk mengasah kreativitas.

Kamu pun gak perlu mengeluarkan uang banyak untuk memiliki hunian yang cantik dan bikin betah lama-lama di rumah.

Bagaimana caranya? Yuk, simak delapan tips hemat dekorasi hunian yang gak bikin kantong jebol berikut ini:

1. Jangan mengikuti tren

Beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang saat dekorasi hunian hingga membuat pengeluarannya meledak adalah terlalu mengikuti tren.

Seperti tahun 2018, tren interior desain yang lagi hits salah satunya adalah terrazzo style atau dekorasi yang menggabungkan elemen batu alam seperti marmer.

Walaupun dapat membuat rumah terlihat lebih cantik, tapi dekor rumah atau apartemen mengikuti tren seperti menggunakan marmer tentu saja dapat menguras isi kantongmu.

Pasalnya salah satu jenis keramik marmer yaitu Bianca Rhino dipatok dengan harga berkisar Rp 2,6 juta tiap meter perseginya.

Bayangkan jika kamu ingin mendekor ruang tamumu yang berukuran 20 meter persegi. Berarti biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 2,6 juta x 20 = Rp 52 juta.

Nah, karena itu kamu bisa mengakalinya dengan bermain bantal hias dan aksesoris. Harganya pun beragam mulai dari Rp 30 ribu yang banyak dijual di online shop.

Gak hanya itu, kamu juga bisa memberikan sentuhan kecil pada pencahayaan lampu, karpet dan tirai dengan memilih warna yang dapat membuat hunianmu terasa berbeda.

2. Mengubah tata letak

Jika selama ini kamu meletakkan sofa secara simetris, kini coba ubah tata letaknya menjadi berlawanan dengan sudut ruangan.

Kamu juga bisa menggeser tempat tidur menjadi agak ke tengah kamar dan tidak melulu harus diletakkan menempel di dinding.

Dengan mengubah tata letak furnitur dan aksesori, maka kamu suasana rumahmu pun akan terlihat berbeda.

Gak perlu keluar uang kan untuk dekorasi hunian?

3. Membeli perlengkapan dekorasi hunian berkualitas

Dalam waktu dua tahun, sofa sudah rusak dan harus segera diganti.

Karena itu, untuk berhemat ke depannya sebaiknya belilah perlengkapan rumah seperti sofa, tempat tidur, lemari, bufet maupun rak buku yang memiliki kualitas bagus.

Meskipun terasa berat di awal, tapi hal itu justru membuatmu lebih hemat lho di masa depan.

Misalnya kamu membeli sofa seharga Rp 3 juta tapi di tahun kedua udah rusak. Kamu akan mengeluarkan uang lagi kan untuk membeli sofa lagi.

Sedangkan kalau kamu membeli sofa yang lebih mahal misalnya Rp 5 juta, tapi awet hingga tahun kelima. Bukannya kamu jadi lebih irit?



4. Manfaatkan barang bekas

Dekorasi hunian kembali menjadi hunian yang cantik dan unik gak harus membeli barang baru kok. Pasalnya kamu bisa memanfaatkan barang bekas di rumah atau apartemenmu dengan kreativitas yang kamu miliki.

Misalnya kamu punya banyak baju gak terpakai di rumah, nah kamu bisa memanfaatkan kancing bajumu itu dengan membuat hiasan pada lampumu yang polos.

Kamu jadi gak perlu keluar uang kan untuk membeli lampu hias yang baru?

5. Pilih funitur yang sesuai dengan luas ruangan

Sebelum membeli furnitur hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah dengan mempertimbangkan luas ruangan.

Jika apartemenmu kecil, jangan beli furnitur yang besar karena hanya akan memakan tempat dan justru membuat ruanganmu terlihat sumpek.

Namun jika hunianmu terasa sesak, singkirkanlah beberapa aksesori yang tidak sesuai dengan gayamu. Dengan begitu, justru kamu bisa menghasilkan uang tambahan dengan menjualnya.



6. Pilih furnitur dan aksesori dengan warna senada

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih furnitur dan aksesori dengan warna senada.

Jika furniturmu berwarna putih, belilah aksesori rumahnya dengan warna sama seperti lampu gantung, bantal hias hingga tirai.

Selain dapat membuat rumahmu terlihat lebih rapi, furnitur dan aksesori warna senada juga dapat memudahkanmu dalam mendekorasi.

7. Gunakan furnitur yang multifungsi

Biar gak keluar uang banyak saat dekorasi hunian, kamu bisa mengakalinya dengan membeli furnitur yang multifungsi.

Misalnya rak buku tiga tingkat, kamu bisa meletakkan lampu hias di atasnya. Jadi kamu gak perlu membeli meja lagi kan untuk meletakkan lampu hias. Hemat banget bukan?



8. Pilih cat atau wallpaper?

Hal ini seringkali menjadi dilema banyak orang. Namun, faktanya menggunakan wallpaper ternyata lebih menghemat biaya hingga 20 persen.

Selain itu, penggunaan wallpaper pada dinding akan membuat rumah atau apartemenmu lebih terlihat cantik, kamu juga bisa dengan mudah menggantinya saat sedang bosan.

Sementara untuk cat dinding, walaupun terkesan murah tapi kamu akan sering mengecat. Gak hanya itu, kamu juga akan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli aksesori untuk membuat hunianmu terlihat lebih cantik.

Nah, itu dia delapan trik dekorasi hunian idaman yang dijamin gak menguras isi kantongmu. Tertarik mencobanya?


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.