Gaji Rp 5 Juta Ingin Punya Rumah Tahun 2018? Begini Caranya

Gaji Rp 5 Juta Ingin Punya Rumah Tahun 2018

Apakah membeli rumah menjadi salah satu resolusi Anda tahun 2018 nanti? Bila iya, selamat mengejar resolusi Anda. Terpikir memiliki rumah sendiri mengindikasikan bahwa Anda hendak naik tingkat menjadi individu yang mapan dan mandiri. Tapi, bagaimana membeli rumah bila gaji saat ini masih Rp 5 juta per bulan? Cukupkah?

Pertanyaan ini wajar bila kita melihat laju perkembangan harga rumah yang tinggi. Di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai gambaran, kenaikan harga properti melaju kencang bak kuda pedati. Hari-hari ini, akan sulit bagi kita menemukan rumah dengan luas tanah, katakan sekitar 100 meter persegi, dengan harga di bawah Rp 500 juta. Terlebih bila lokasinya strategis, berdekatan dengan sarana transportasi publik, atau berada di wilayah yang tengah berkembang pesat.

Harga rumah yang mahal ini menjadi salah satu faktor terbesar mengapa banyak orang akhirnya memilih menunda pembelian rumah. Akhirnya, banyak yang “terjebak” terus mengontrak, indekost atau menumpang tinggal di rumah orangtua atau mertua. Padahal, semakin lama menunda pembelian rumah, niscaya semakin sulit bagi Anda memiliki rumah. 

Maka itu, walau kini mungkin Anda memiliki pendapatan yang masih terbatas, katakanlah Rp 5 juta per bulan, Anda tetap  bisa memiliki rumah sendiri. Dengan perencanaan keuangan yang tepat, pendapatan yang terbatas bukanlah halangan bagi Anda untuk membeli rumah. Begini strateginya, saran dari HaloMoney.co.id:

  1. Hitung kemampuan finansial

Sulit membeli rumah dengan uang tunai, terlebih bila saat ini kemampuan keuangan Anda pas-pasan. Satu-satunya cara adalah memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR). Bank biasanya meloloskan pengajuan KPR bila besar cicilan maksimal sepertiga dari penghasilan rutin Anda. Misalkan, gaji Anda saat ini adalah Rp 5 juta per bulan. Jadi, kemampuan cicilan bulanan Anda maksimal sebesar Rp 1,5 juta per bulan.

Jangan khawatir. Masih banyak tawaran rumah murah yang bisa Anda beli dengan cicilan di bawah Rp 2 juta per bulan. Sejak 2016 lalu, aturan uang muka pembelian rumah juga sudah dilonggarkan. Anda sudah bisa membeli rumah dengan uang muka hanya 15%. Banyak juga proyek perumahan yang ditawarkan dengan uang muka mulai 5% saja. Ada juga yang memberikan pilihan cicilan uang muka.

Akan tetapi, untuk lebih amannya, siapkan kebutuhan uang muka paling tidak 20% dari harga rumah yang Anda incar. Ingat, semakin besar uang muka pembelian rumah, beban cicilan akan lebih ringan. Begitu juga sebaliknya.

  1. Buat perencanaan detail

Setelah mengetahui besar kemampuan cicilan Anda setiap bulan, saatnya fokus menyiapkan kebutuhan uang muka pembelian rumah. Mulailah berhitung. Ambil contoh, rumah yang Anda incar saat ini seharga Rp 200 juta. Maka, besar kebutuhan uang muka KPR adalah 20% x Rp 200 juta = Rp 40 juta. Uang sebesar itu bisa dapat Anda kumpulkan dengan menyisihkan 35% dari penghasilan bulanan sebesar Rp 1,75 juta, selama 24 bulan.

Karena periode pengumpulan dana uang muka terbilang singkat, Anda tidak disarankan memutar uang di produk investasi. Anda bisa membuka tabungan rencana di bank. Produk tabungan rencana memungkinkan Anda rutin menabung selama sekian bulan, sesuai kebutuhan Anda.

Cara lain mengumpulkan kebutuhan uang muka memadai dengan cara cepat adalah mencari pinjaman lunak atau tanpa bunga. Manfaatkan fasilitas pinjaman dari kantor, kerabat, atau keluarga. Memanfaatkan gesek tunai kartu kredit atau kredit tanpa agunan tidaklah disarankan karena kedua produk bank itu bunganya tinggi.

  1. Cari rumah sesuai kemampuan

Semua orang pasti menginginkan bisa memiliki rumah dengan tanah yang luas, bangunan besar, lokasi strategis, dekat dengan fasilitas publik yang memadai. Ada banyak rumah seperti itu. Tapi harganya bisa dipastikan mahal.

Memiliki mimpi bertempat tinggal di rumah  yang ideal, boleh-boleh saja. Tapi, lebih baik realistis saja. Carilah rumah dengan harga yang terjangkau dengan kemampuan kocek Anda saat ini.

Bila Anda memiliki KTP DKI Jakarta, Anda bisa mencoba mengajukan KPR untuk memiliki rusunami berkonsep Transport Oriented Development (TOD), yaitu apartemen yang berdiri satu lingkungan dengan stasiun KRL atau LRT. Misalnya, di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, dan lain sebagainya.

  1. Ketatkan ikat pinggang

Kini, setelah Anda sudah menentukan rumah yang akan dibeli dan menjalankan upaya pengumpulan dana pembelian, penyesuaian gaya hidup pun perlu ditempuh. Ibaratnya, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Semakin banyak yang bisa Anda tabung, semakin cepat pula dana uang muka pembelian rumah terkumpul. Jalankan hidup hemat dan tekan dulu kebutuhan-kebutuhan tersier seperti hang out, wisata kuliner, makan di luar, belanja gadget, dan lain sebagainya.

Jalankan rencana keuangan dengan disiplin agar rumah incaran segera menjadi milik Anda. Jadi, Anda tetap bisa membeli rumah dengan gaji Rp 5 juta. Selamat membeli rumah!

Begitulah trik memiliki rumah seharga ratusan juta rupiah meski gaji Anda masih pas-pasan sebesar Rp 5 juta per bulan. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk mendapatkan tips keuangan pribadi dan perbandingan produk keuangan dan memanfaatkan fasilitas pengajuan.

 


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

5 Jenis Pinjaman Tanpa Bunga, Mau Coba?

5 Jenis Pinjaman Tanpa Bunga, Mau Coba

Namanya pinjaman, umumnya memiliki biaya atawa bunga yang harus dibayar oleh peminjam. Namun sebagian orang berusaha mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Benarkah ada pinjaman tanpa bunga yang  bisa didapatkan konsumen?

Jawabannya ada, tergantung pada siapa Anda meminjam. Sebab, tempat meminjam uang tidak hanya di bank atau lembaga keuangan. Masih banyak tempat-tempat meminjam uang selain bank yang bisa digunakan sebagai tempat meminjam.

Sebab itu Anda perlu mengenali lembaga atau pihak mana saja yang bisa memberikan pinjaman. Selain itu, hal yang tak kalah penting, bagaimana cara mendapatkan pinjaman tanpa bunga dari setiap pihak atau lembaga tersebut.

Dari riset HaloMoney.co.id terhadap karakteristik pinjaman, ada lima pemberi pinjaman tanpa bunga yang bisa menjadi solusi finansial Anda jika membutuhkan dana. Ketiga pemberi pinjaman ini berasal dari lembaga perbankan maupun individu. Yuk kenali satu per satu:

 

 

  • Jasa Pegadaian

Pemberi pinjaman tanpa bunga adalah menggunakan jasa PT. Pegadaian. Sebagai perusahaan milik pemerintah dan institusi gadai paling dikenal, Pegadaian dapat Anda gunakan sebagai tempat Anda peminjaman tanpa bunga. Di pegadaian, sistem yang berlaku adalah sewa modal, bukan bunga. Selain itu, pegadaian hanya memberikan biaya administrasi. Sistem sewa modal ini dihitung setiap 15 hari sebanyak 1,15%. Jika Anda mengembalikan dana kurang dari 15 hari, sewa modalnya semakin rendah.

Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk menutupi kebutuhan keuangan. Nilai pinjaman yang diterima pun bergantung pada nilai taksir dari jaminan yang akan Anda berikan kepada pegadaian.

Beberapa barang jaminan yang dapat digunakan sebagai jaminan di Pegadaian diantaranya adalah  ponsel pintar, alat-alat elektronik, perhiasan emas, hingga kendaraan bermotor. Barang-barang ini nantinya akan digunakan sebagai jaminan serta ditaksir nilainya berdasarkan kualitas. Setelah selesai ditaksir, Anda bisa langsung mendapatkan pinjaman.

Baca Juga : Pinjaman Uang Online Pilihan Bagi Anda yang Membutuhkan

  • Gunakan sistem Syariah

Pernah dengar istilah pinjaman tanpa uang dengan sistem syariah? Misalnya ketika melakukan pinjaman di bank syariah, Anda tidak akan dibebankan biaya bunga saat membayar. Bank syariah  menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Sistem ini disebut juga dengan model akad seperti mudharabah dan musyarakahmurabahahsalam, dan istishna.

Ada juga akad yang terkait dengan kegiatan sewa seperti ijarah, serta gadai yang disebut dengan Rahn atau Qardul Hasan. Cara ini tentunya tepat buat Anda yang mencari pinjaman tanpa bunga untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani.

Memang pinjaman syariah tidak mengenal bunga, namun Anda perlu menghitung besar cicilan dan periode pinjaman. Bagi hasil dari bank sudah masuk dalam cicilan bulanan tersebut. Sebaiknya Anda perlu cermat menghitung antara nilai dana yang Anda dapatkan dengan dana yang harus Anda kembalikan.

Sekarang ini ada begitu banyak lembaga keuangan syariah yang memberikan penawaran produk KTA Syariah ini. Besarnya dana yang dicairkan juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan mereka, bahkan terdapat bank yang memberikan pinjaman di angka ratusan juta. Meskipun sudah jelas tidak memiliki sistem pinjaman tanpa bunga, dengan begitu banyaknya bank yang menawarkan KTA Syariah ini, Anda harus dengan teliti dan hati-hati untuk melakukan pemilihan KTA Syariah sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang diberikan oleh KTA ini.

  • Pinjam uang pada kerabat dan saudara

Sumber lain pinjaman tanpa bunga ialah pinjaman uang teman melalui keluarga terdekat atau kerabat. Pinjaman ini jelas sekali tidak akan membebani Anda untuk membayar bunganya. Apalagi jika saat Anda ingin membangun usaha, Anda masih menyimpan bayang-bayang kegagalan, sehingga tidak jarang fokus untuk mengembangkan bisnis menjadi terganggu.

Supaya aman, Anda bisa meminjam sejumlah dana dari keluarga terdekat yang memiliki modal cukup kuat. Namun setelah mendapatkan sejumlah pinjaman dari keluarga, bukan berarti Anda bisa bersantai-santai mengelola bisnis dan membayar pinjaman tadi. Secara sederhana, Anda bisa membuat sebuah perjanjian tertulis yang telah disepakati tentang awal proses pinjaman dana, kebutuhan apa saja yang akan dilaksanakan. Nah, lebih aman dan mudah bukan? Paling penting dari ini adalah konsistensi dan komitmen dalam mengembalikan serta kepercayaan.

Baca juga: Pinjaman KTA dengan Bunga Kurang 1% per Bulan

  • Fasilitas pinjaman online

Pinjaman online yang sedang marak juga memberikan fasilitas pinjaman mudah. Selain itu, ada pemain pinjaman online yang memberikan pinjaman tanpa bunga. Salah satunya adalah Kredivo. Jika kamu melunasi pinjaman sebelum 30 hari, kamu akan bebas bunga. Hanya saja limit pinjamannya  sangat kecil, hanya Rp 3 juta. Fasilitas ini bisa Anda dapatkan dengan mendaftar akun Kredivo di HaloMoney.co.id.

  • Kartu Kredit

Sebenarnya kartu kredit juga bisa memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga. Syaratnya Anda melunasi pinjamannya sebelum tanggal jatuh tempo. Misalnya, Anda menggunakan kartu kredit sebesar Rp 2 juta untuk belanja bulanan, di per tengahan bulan saat Anda lagi bokek. Setelah gajian, Anda membayar penuh tagihan tersebut. Pelunasan transaksi itu harus dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo agar Anda tidak terkena bunga dan denda. Pilihlah kartu kredit terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Risiko pinjaman tanpa bunga

Selain mengetahui strategi dan tips mendapat pinjaman tanpa bunga, ketahui juga risikonya. Tentu ada risiko kredit yang harus ditanggung kedua belah pihak. Berikut ini adalah gambaran tentang risiko kredit yang HaloMoney.co.id himpun dari berbagai sumber, apabila Anda telah menerima pinjaman tanpa bunga:

  • Risiko kredit yang akan dihadapi pihak pemberi pinjaman

Adakah risiko kredit yang dihadapi peminjam? Siapapun pemberi pinjaman tetap tidak dapat lepas dari kerugian akibat gagal bayar. Secara umum, risiko kredit yang akan dihadapi oleh pihak pemberi pinjaman karena memberi pinjaman tanpa jaminan dan tanpa bunga adalah pemberi pinjaman tersebut bisa mengalami kesulitan keuangan jika penerima pinjaman tidak lancar membayar.

Sebab itu kadang pinjaman tanpa bunga membutuhkan jaminan. Jaminan itu gunanya sebagai proteksi bagi pemberi pinjaman jika di masa depan si peminjam mengalami gagal bayar. Sedangkan jaminan tersebut gunanya agar penerima pinjaman rutin membayar dan bisa mengelola keuangan.

  • Risiko kredit dari sisi peminjam

Risiko kredit juga bisa menimpa peminjam loh. Jika peminjam mengalami gagal bayar, risiko keuangan segera menghantui peminjam. Antara lain catatan kredit peminjam akan tercatat di bank dan Bank Indonesia sebagai peminjam buruk. Bahkan bisa diblacklist sehingga di kemudian hari si peminjam sulit mendapatkan pinjaman lagi. Tentu ini jika Anda meminjam dari perbankan, termasuk perbankan syariah.

Jika Anda meminjam kepada keluarga atau teman, si peminjam akan sulit mendapatkan kepercayaan lagi untuk mendapatkan pinjaman di kemudian hari. Konsekuensi lainnya, Anda bisa berurusan dengan debt collector untuk menyelesaikan pinjaman.

Baca Juga : Cari Pinjaman Kilat Tanpa Jaminan? Bandingkan 4 Bank ini

Risiko lainnya, pinjaman tanpa bunga berpotensi membuat peminjam menjadi sewenang-wenang. Sehingga lalai untuk mengembalikan pinjaman. Sebab itu penting buat Anda untuk memperlakukan pinjaman tersebut sama dengan pinjaman dengan bunga agar Anda disiplin mengembalikan dananya.

  • Risiko kredit dari pihak ketiga

Risiko lainnya ialah Anda terlibat dengan pihak ketiga, tidak hanya antara Anda dengan pemberi pinjaman. Pihak ketiga ini diminta oleh pemberi pinjaman untuk memastikan pengembalian dana yang telah dipinjamkan kepada Anda. Risiko ini bahkan bisa saja terjadi jika Anda meminjam kepada keluarga atau teman karena musyawarah tidak kunjung membawa hasil.

Bila suatu saat nanti salah satu saja di antara mereka yang risiko kreditnya sudah di ambang batas toleransi, maka proyek atau usaha yang dikerjakan pihak ketiga dapat berhenti di tengah jalan dan mereka akan menderita kerugian yang besar pula. Risiko lainnya adalah putusnya kemitraan yang penting dengan pihak pemberi pinjaman.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

3 Cara Cepat Melunasi Utang KPR

3 Cara Cepat Melunasi Utang KPR

Memiliki rumah dengan cara kredit sekarang sudah sangat popular. Sangat jarang konsumen membeli rumah dengan membayar tunai alias cash. Umumnya konsumen membeli dengan kredit, apalagi mereka yang bekerja sebagai karyawan.

Masalahnya, tenor cicilan KPR yang sekarang berlaku umumnya sangat lama. Antara 15 hingga 20 tahun. Bahkan sekarang ada bank yang menawarkan hingga 25 tahun. Bisa-bisa, saat pensiun di usia 55 tahun, cicilan KPR Anda baru lunas.

Sebaiknya Anda sekarang mencari cara agar cepat melunasi utang KPR. Bisakah? Bisa! Jika Anda ingin melunasi KPR dengan cepat, Anda akan menggunakan kombinasi dari beberapa strategi. Mulai dari memiliki tabungan tetap, melakukan pelunasan dipercepat, angsuran ekstra berkala, lalu take over ke bank laiin.

Kunci dari cara cepat melunasi KPR adalah Anda mencari dana yang lebih murah, sekaligus mengumpulkan tabungan untuk mempercepat pelunasan.

Metode pelunasan yang akan dijelaskan di sini sebenarnya adalah metode standard, yaitu mengurangi pokok kredit sehingga berimplikasi pada porsi bunga yang harus kita bayarkan setiap bulan. Nah, agar lebih jelasnya berikut tips dari HaloMoney.co.id.

  • Mengurangi sisa pokok KPR

Poin pertama cara cepat melunasi KPR adalah menerapkan apa yang disebut “Tabungan Tetap”. Metode pelunasan yang akan dipaparkan ini sebenarnya adalah standard, yaitu mengurangi pokok kredit sehingga berimplikasi pada porsi bunga yang harus kita bayarkan setiap bulan.

Beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Caranya ialah menambah simpanan tabunganmu menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR. Tentu saja, ketika menerapkan hal ini Anda harus merelakan beberapa biaya hidup terpotong, semisal makan siang di luar, tabungan, serta investasi.

Bila Anda memiliki penghasilan Rp 9 juta per bulan—di mana sekitar Rp 3 juta digunakan untuk mencicil KPR—Anda memiliki sekitar Rp 6 juta untuk biaya hidup. Ke depan, Anda bisa mengurangi biaya hidup, misalnya menjadi sekitar Rp 4 juta saja per bulan. Dengan demikian, Anda memiliki Rp 2 juta per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR. Jika cara ini diterapkan secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan lebih cepat lunas.

Baca juga: Tips Mengajukan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

  • Pindah ke bank lain

Anda bisa pindah ke bank lain yang menawarkan bunga KPR lebih kecil. Cara ini disebut takeover. Salah satu pilihannya ialah bank syariah. Bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli. Intinya, ketika Anda melakukan take over atau pindah KPR ke Bank Syariah, maka nominal angsuran bulanan Anda menjadi tetap. Dengan memindahkan cicilan KPR Anda ke bank syariah, Anda memperoleh angsuran yang lebih pasti dan lebih ringan.

Anda bisa menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR. Proses take over biasanya dikenai biaya dan Anda juga akan dikenakan penalti sebesar 1% dari sisa pokok.

Baca Juga : 14 Kartu Kredit Bebas Akses Airport Lounge Domestik dan Internasional

  • Kombinasi cara pertama dan kedua

Selain melakukan kedua hal di atas, cara cepat melunasi KPR adalah dengan lakukan kombinasi cara pertama dan kedua. Artinya setelah Anda mengalihkan cicilan ke bank lain, Anda menambah alokasi dana untuk cicilan. Maka Anda akan mendapat keuntungan ganda dengan kombinasi cara tersebut. Rinciannya sebagai berikut:

  1. Angsuran menjadi lebih ringan
  2. Masa kredit lebih cepat
  3. Beban bunga lebih kecil

Sebagai kesimpulan, sebelum Anda mengambil KPR, Anda harus melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Selalu bandingkan produk KPR yang sesuai dengan kemampuan keuangan.
  2. Lakukan langkah-langkah untuk mempercepat pelunasan KPR.

Dengan sejumlah langkah di atas niscaya Anda akan lebih cepat melunasi angsuran KPR. Anda juga bisa konsultasi pada ahli keuangan atau mengunjungi HaloMoney.co.id untuk memahami lebih banyak tentang pengelolaan keuangan pribadi.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Tips Mengajukan Pinjaman KTA Agar Diterima Bank

Tips Mengajukan Pinjaman KTA Agar Diterima Bank

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk bank yang menawarkan pinjaman tanpa  memerlukan agunan atau jaminan.

Tak heran Kredit Tanpa Agunan (KTA) kini menjadi salah satu produk perbankan yang cukup diminati oleh  masyarakat, terutama para pekerja formal dan wiraswasta.

Maklum, selain memiliki syarat yang cukup mudah, penggunaan KTA relatif fleksibel. Anda bisa menggunakannya untuk membuka usaha, biaya pernikahan, renovasi rumah, hingga untuk kebutuhan mendadak seperti pengobatan.

Sepanjang bank menilai Anda layak diberikan pinjaman KTA, Anda dapat menggunakan dananya untuk kebutuhan produktif.

Anda ingin mengajukan KTA? Berikut ini tips dari HaloMoney.co.id agar pengajuan Anda diterima bank.

 

  1. Penuhi semua persyaratan

 

Hal utama yang harus Anda lakukan dalam pengajuan KTA adalah memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan oleh bank. Jadi, syarat pengajuan KTA harus Anda pahami dan lengkapi dengan baik.

 

Yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mengisi seluruh kolom aplikasi pengajuan KTA dengan data diri Anda yang benar, mencantumkan nomor telepon yang valid dan mudah dihubungi, sehingga bank tidak akan kesulitan untuk melakukan verifikasi dan proses pada aplikasi Anda.

 

  1. Cantumkan NPWP

 

Saat Anda mengajukan pinjaman KTA, Anda wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), terutama bila Anda menginginkan sejumlah dana yang cukup besar saat mengajukan KTA. Bank memberikan nilai tambah bagi para pemohon KTA yang memiliki NPWP, dengan demikian pengajuan Anda akan semakin besar kemungkinannya untuk disetujui. Bila ternyata Anda belum memiliki NPWP, ada baiknya Anda mendatangi kantor pajak terdekat dan melakukan pengajuan di sana.

 

  1. Sertakan nomor kartu kredit

 

Saat Anda akan mengajukan pinjaman KTA, maka proses pengajuan tersebut akan lebih mudah jika Anda telah memiliki kartu kredit. Hal ini bisa terjadi karena bank akan dengan mudah bisa melihat dan mempertimbangkan riwayat kredit dan aktivitas perbankan Anda melalui kartu kredit yang Anda miliki.

 

Meski membantu dalam proses pengajuan, menyertakan kartu kredit bagi nasabah tertentu bisa menjadi bumerang. Karena bank akan mengetahui riwayat pemakaian yang buruk di dalam kartu kredit tersebut. Jika Anda memiliki sejumlah tunggakan atau hutang di dalam kartu kredit Anda, sangat disarankan agar Anda melunasi terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman KTA ke bank. Bank tidak akan segan-segan menolak pengajuan Anda, bila ternyata Anda memiliki tagihan kartu kredit yang dalam status macet.

 

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa Syarat Punya Kartu Kredit

 

 

  1. Pahami batas limit kredit

Saat Anda mengajukan KTA, penting bagi Anda untuk mengetahui batas limit kredit yang akan diberikan oleh Bank kepada Anda. Pada dasarnya bank akan memiliki sejumlah ketentuan terkait dengan limit kredit pada masing-masing calon peminjam. Batasan ini didasarkan pada jumlah penghasilan atau gaji yang Anda terima setiap bulannya.

 

Biasanya seorang karyawan akan memiliki limit kredit sebesar 5 kali gaji. Dari sini Anda bisa mempertimbangkan jumlah pengajuan kredit yang akan Anda sampaikan ke bank. Ini penting jika ingin pengajuan KTA Anda bisa disetujui oleh Bank. Jadi ajukanlah jumlah pinjaman yang masuk akal. Semakin kecil limit pinjaman yang Anda ajukan, semakin besar pula kemungkinan pengajuanmu akan diterima bank.

 

  1. Penuhi standar penghasilan

 

Setiap Bank akan memiliki kebijakan mengenai standar penghasilan minimum yang yang wajib dipenuhi dalam pengajuan KTA. Jumlah ini biasanya akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, mengikuti Upah Minimum Provinsi yang berlaku di wilayah tersebut. Pastikan Anda masuk dalam kategori layak atau memenuhi standar ketentuan penghasilan yang telah ditetapkan bank, karena akan mempengaruhi keberhasilan pengajuan pinjaman KTA yang Anda lakukan.

 

Baca juga: Pinjaman KTA dengan Syarat Gaji Rp 3 Juta per bulan

 

  1. Sesuaikan dengan kemampuan bayar

Jangan mengambil jumlah pinjaman yang terlalu besar dan di luar kemampuan bayar yang Anda miliki. Ini akan sangat berisiko membuat Anda mengalami gagal bayar dan menunggak cicilan di kemudian hari.

 

Meski KTA adalah sebuah pinjaman tanpa agunan, bank tidak akan segan-segan untuk mengirimkan debt collector dalam melakukan penagihan tunggakan yang Anda miliki.

 

Jadi sangat disarankan Anda mengajukan pinjaman dalam jumlah kemampuan Anda dan memilih tenor yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

 

Begitulah syarat pengajuan KTA dan tips jitu agar pengajuanmu diterima bank. Pinjaman KTA akan sangat membantu dan cukup mudah untuk diajukan, namun tetap harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Pertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan KTA dan gunakan dana yang diperoleh tersebut dengan bijak.

Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank

Kiat Renovasi Rumah Agar Tahun Barumu Makin Seru

Kiat Renovasi Rumah Agar Tahun Barumu Makin Seru

Tidak cuma niat bekerja dan berkarya yang mesti dipupuk lebih baik di awal tahun depan, rumah tempat kamu tinggal bersama keluarga juga perlu dipoles agar lebih nyaman. Jika tempat tinggalmu lebih nyaman dari sebelum, kamu pun akan lebih bersemangat untuk bekerja dan berkarya di tahun depan.

Apalagi jika rumah tinggal kamu sering bocor, terlihat kusam, dan tua. Sebaiknya kamu tidak perlu menunda untuk merenovasi rumahmu awal tahun depan dan mulai sekarang bersiap mencari dana renovasi rumah. Mungkin di ujung tahun 2017 ini saat yang tepat buat kamu untuk mendandani rumah.

Renovasi rumah juga perlu kamu lakukan jika kamu membeli rumah second. Banyak bagian dari rumah second yang perlu diperbaiki ataupun diubah agar sesuai dengan selera kamu. Dengan renovasi ini kamu sekaligus ingin memiliki desain yang “kamu banget”, bukan rumah dengan selera pemilik lama.

Ada banyak langkah yang perlu kamu siapkan sebelum renovasi. Antara lain menyiapkan dana, desain, hingga tukang yang kamu percayakan untuk mengerjakan renovasi sesuai selera. Yuk, lihat detailnya dari HaloMoney.co.id:

  • Buat perencanaan

Langkah terpenting ialah kamu membuat perencanaan renovasi. Antara lain memilih arsitek yang akan mendisain wajah rumah baru kamu. Setelah kamu menyetujui disain, kamu menghitung dana yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan bahan material yang direncanakan bersama arsitek. Jika kamu tidak menggunakan jasa arsitek, kamu bisa berdiskusi tentang bentuk rumah dan biayanya dengan koordinator tukang bangunan yang kamu percayai untuk mengerjakan renovasi rumah.

  • Skala prioritas

Selama perencanaan disain dan bagian yang akan direnovasi, kamu harus membuat skala prioritas. Jika prioritasmu menambah kamar dan menggeser kamar mandi, misalnya, kamu harus mengutamakan dua pekerjaan itu. Jangan sampai kamu tergoda untuk melakukan renovasi bagian rumah yang bukan prioritasmu saat ini sehingga anggaranmu membengkak.

Baca juga: Kartu Kredit Terbaik buat Kids Zaman Now

  • Gunakan bahan yang masih bisa dimanfaatkan

Selama renovasi rumah, pastikan kamu tetap akan menggunakan bahan bangunan lama yang masih bisa digunakan. Misalnya, lantai keramik yang masih bisa digunakan kembali, kenapa harus kamu buang? Dengan cara ini kamu bisa menghemat biaya renovasi rumah.

  • Pahami rincian biaya renovasi rumah

Selama renovasi rumah, kamu dan kontraktor harus memiliki rincian detil anggaran dari semua rencana pekerjaan di semua bagian. Misalnya biaya pembuatan kamar mandi dan kamar tidur. Pastikan bahan bangunan yang digunakan dan biaya per meternya. Begitu juga biaya dibagian lain. Dengan detil seperti itu kamu akan mendapatkan gambaran pekerjaan tukang dan biayanya. Rencana detail itulah yang menjadi pegangan kamu dan kontraktor.

  • Membeli bahan bangunan sendiri

Agar lebih hemat, kamu membeli bahan bangunan sendiri. Selain hemat, cara ini membuat kamu lebih tenang dalam mengatur biaya renovasi. Kontraktor hanya memberikan estimasi biaya dan jenis bahan bangunannya. Buatlah perjanjian di awal bahwa kamu akan membeli semua bahan bangunan sendiri, tidak diwakilkan kepada kontraktor.

  • Jeli memilih kontraktor dan tukang bangunan

Memilih kontraktor dan tukang merupakan tahap yang sangat krusial dalam renovasi rumah. Pilihlah kontraktor yang telah memiliki pengalaman yang mumpuni. Pengalaman ini bisa dibuktikan dengan contoh hasil renovasi rumah yang telah dia kerjakan. Selain itu, pastikan rekam jejak kontraktor tersebut cukup baik, tidak mengecewakan. Rekam jejak bisa kamu tanyakan kepada konsumen yang rumahnya telah dikerjakan oleh kontraktor.

  • Membuat perjanjian

Jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis dengan kontraktor agar kamu dan kontraktor mempunyai ikatan pekerjaan yang jelas. Di dalam perjanjian kerja tersebut, kamu jelaskan lingkup pekerjaan, tanggungjawab masing-masing pihak, rencana waktu pekerjaan, dan biayanya.

  • Minta garansi tiga bulan

Setelah renovasi rumah selesai, kontraktor biasanya memberikan garansi waktu selama tiga bulan. Selama tiga bulan itu, jika pemilik rumah masih merasakan keganjilan atas pekerjaan kontraktor, kontraktor harus memperbaikinya. Misalnya, pemasangan keramik tidak rata, atap rumah masih bocor, ada kesalahan pemasangan pipa air, hingga dinding rumah yang mengelupas, semua itu masih ditanggung oleh kontraktor, tanpa perlu biaya sepeserpun dari kamu.

Bila Kekurangan Dana Renovasi Rumah

Mencari pinjaman merupakan langkah yang masih wajar bila kamu ingin merenovasi rumah. Dengan renovasi rumah, harga rumahmu akan meningkat. Dengan catatan, kamu melengkapinya dengan izin mendirikan bangunan ke pemda setempat. Dengan legalitas ini, bank benar-benar akan menghitung nilai rumah berdasarkan hasil renovasi rumah.

Pinjaman renovasi rumah berbasis pinjaman tanpa agunan atau KTA sejauh ini lebih menguntungkan dan cepat daripada pinjaman multiguna. Dengan KTA, kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu memberikan agunan berupa sertifikat rumah. Kamu cukup melengkapi dokumen pribadi dan bukti penghasilan.

Saat memilih KTA renovasi rumah, sebaiknya kamu memilih pinjaman dengan plafon yang cukup besar dan tenor yang lumayan panjang. Umumnya, pinjaman KTA bisa diajukan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 300 juta, dengan tenor mulai dari 3 tahun hingga 5 tahun.

Baca juga: Pilihan Pinjaman Renovasi Rumah dengan Bunga Rendah

Fasilitas tenor yang cukup panjang ini akan meringankan kamu untuk melunasi cicilan KTA renovasi rumah. Dengan asumsi nilai rumahmu akan bertambah sekitar 10%-15% setiap tahun, bunga KTA renovasi rumah masih bisa terkompensasi dengan kenaikan harga rumahmu. Tetapi jika kamu bisa melunasi dengan tenor cepat, satu atau dua tahun saja, itu akan jauh lebih baik agar kamu tidak menumpuk utang.

Kriteria ketiga ialah bunga yang murah. Saat ini beberapa bank menawarkan KTA dengan bunga kurang dari 1% per bulan. KTA tersebut bisa menjadi alternatif pendanaan buat kamu. Dari riset HaloMoney.co.id, KTA KEB Bank Hana, KTA Bank DBS, dan KTA Standard Chartered menawarkan bunga cukup rendah kurang dari 1% per bulan yang bisa kamu gunakan untuk renovasi rumah.

Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank.

 


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

6 Cara Jitu Melunasi Utang Kartu Kredit

6 Cara Jitu Melunasi Utang Kartu Kredit

Di ujung tahun ini hutang kartu kredit kamu menumpuk? Sementara kamu merasa hampir tidak mungkin untuk melunasi semua hutang tersebut pada tahun ini.  Besarnya utang kartu kredit bisa terjadi karena banyak hal. Antara lain kurangnya pengetahuan menggunakan kartu kredit.

Jangan panik dulu. Selama ada niat untuk melunasi hutang tersebut pasti ada jalan yang bisa kamu tempuh. Sehingga tahun depan kamu bisa bebas utang kartu kredit dan bisa memulai hidup baru tanpa digelayuti utang kartu kredit.

Berikut tips dari HaloMoney.co.id agar kamu punya solusi keuanganmu!

 

  1. Lakukan balance transfer ke kartu yang memiliki bunga terendah

Guna menarik lebih banyak nasabah, bank penerbit kartu kredit biasanya menawarkan suku bunga yang kompetitif. Beberapa bank menawarkan bunga 0%-2% selama 3 bulan per tama atau lebih. Sebab itu, bertanyalah dengan lengkap sebelum kamu mengajukan aplikasi kartu kredit baru.

Fasilitas memindahkan tagihan dari satu kartu kredit ke kartu kredit lain dinamakan balance transfer. Tidak ada salahnya mencoba cara melunasi kartu kredit Permata dengan memanfaatkan balance transfer. Konsekuensinya kamu memiliki kartu kredit baru dan harus menghentikan transaksi dengan kartu kredit bank Permata hingga tagihanmu lunas.

 

  1. Buat skala prioritas kartu yang akan dilunasi

Apalagi jika kamu memiliki lebih dari dua kartu kredit, dan semuanya menunggak utang. Mana yang terbaik menjadi pilihan kamu, karena yang paling tahu kondisi keuangan adalah kamu sendiri.

Lunasilah tunggakan kartu kredit yang bunganya paling besar terlebih dahulu. Mengapa? Karena bunga tagihan itu bisa membuat kamu makin miskin bila tidak cepat diatasi. Setelah kartu kredit tersebut lunas, kamu bisa fokus dengan kartu kredit yang tunggakan bunga dan tagihannya lebih kecil.

 

  1. Gali lubang kecil untuk tutup lubang besar

Cara ini bisa kamu lakukan bila benar-benar ingin lepas dari hutang kartu kredit. Kamu bisa mencari pinjaman untuk melunasi kartu kredit tersebut dengan cara mencari pinjaman tanpa bunga kepada keluarga dan kerabat terdekat dengan jaminan tertentu. Selain itu kamu bisa mencari pinjaman tanpa agunan dengan bunga murah sebesar 1% per bulan. Bunga pinjaman KTA ini lebih murah dari bunga kartu kredit yang sekarang sebesar 2,25% per bulan.

 

Oiya meski kamu mendapat pinjaman tanpa bunga dari keluarga, bukan berarti kamu tidak melunasinya. Begitu pula dengan pinjaman tanpa agunan bunga murah. Kamu harus puasa menggesek kartu kredit hingga utang KTA kamu lunas.

 

  1. Jual aset atau pakai tabungan

 

Bila kamu memiliki aset atau tabungan, segera lunasi hutang kartu kredit kamu dengan dua hal tadi. Lebih baik kamu tidak punya tabungan atau dana investasi daripada kamu harus menanggung utang plus bunganya. Kamu pasti tahu kalau hutang kartu kredit memakai sistem bunga berbunga (compound interest), sehingga makin cepat kamu selesaikan, maka kemungkinan hutang membengkak akan semakin kecil.

 

  1. Mencari pemasukan tambahan

 

Utang kartu kredit yang menumpuk harus disikapi dengan cara yang kreatif. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pemasukan tambahan demi bisa membayar hutang tersebut. Aktivitas mencari tambahan pemasukan ini bisa kamu lakukan saat weekend atau malam hari sepulang dari pekerjaan rutin.

 

  1. Negosiasikan dengan Bank

 

Solusi berikutnya ialah bernegosiasi dengan bank. Bernegosiasilah dan mintalah bank melakukan refinance hutang kartu kreditmu. Apalagi selama ini pembayaran kreditmu lancar, tidak pernah menunggak sehingga bank tiidak punya alasan untuk menolak permintaanmu. Salah satu poin yang bisa kamu ajukan ialah meminta bank menghentikan penambahan bunga hutang, sehingga jumlah hutang kamu tidak makin membengkak. Selain itu kamu bisa meminta diskon untuk pelunasan utang.

 

Begitulah cara singkat dan mudah melunasi tagihan kartu kredit yang perlu kamu ketahui. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan sekaligus mengajukan kartu kredit dan pinjaman tanpa agunan dari berbagai bank.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Harga Gas 3 Kg Terus Naik, Yuk Atur Pola Konsumsi Gas Anda

Gas Elpiji

Di ujung tahun 2017, gas elpiji 3 kg mendadak sulit ditemukan. Beberapa ibu rumah tangga yang sudah lelah mencari gas melon di beberapa toko namun tetap tak kunjung menemukannya, berseloroh bahwa “gas elpiji” sudah lebih dulu berlibur akhir tahun sehingga sulit ditemukan.

Akibatnya, di beberapa toko pengecer, harga gas elpiji 3 kg melonjak tajam. Dari semula hanya Rp 16.000 – Rp 18.000 menjadi Rp 25.000 per tabung. Harga ini berdasarkan pantauan HaloMoney.co.id di kawasan Bojongsari, Depok, 7 Desember 2017.

Kenaikan perlahan-lahan ini mulai terasa dua hari sebelumnya. Harga gas elpiji merambat naik menjadi Rp 21.000 atau Rp 22.000 per tabung. Lalu naik lagi menjadi Rp 25.000 per tabung.

Di media bahkan dilaporkan harga gas elpiji mencapai Rp 30.000 per tabung. Kenaikan harga ini terjadi karena masih tingginya kebutuhan masyarakat, sementara pasokan gas elpiji 3 kg sudah dikurangi.

Maklum gas elpiji akan dikurangi dan hanya disalurkan kepada mereka yang berhak, yakni masyarakat miskin, melalui kupon yang disebarkan melalui perangkat desa.

Namun besarnya kebutuhan ini dengan sendirinya seperti menciptakan pasar gelap alias “black market”. Gas elpiji 3 kg tetap jatuh ke tangan kelompok masyarakat menengah, meski dengan harga yang lebih tinggi.

Lantas apa pilihan bagi masyarakat saat ini. Haruskah tetap membeli gas elpiji 3 kg meski harga naik? Atau beralih ke gas 5 kg  Apa saja langkah menghemat gas elpiji? Berikut ini saran HaloMoney.co.id:

 

  1. Gas elpiji memang barang subsidi

 

Suka atau tidak suka, kebijakan pemerintah saat ini memang menetapkan gas elpiji 3 kg adalah produk gas yang disubsidi pemerintah. Mau tidak mau pemerintah harus mengaturnya dengan menyalurkannya kepada yang benar-benar berhak. Caranya dengan menyalurkan secara tertutup melalui pembagian kupon.

 

Masalahnya sebagian masyarakat sudah lama menggunakannya dan tentu menikmati subsidinya. Sebab itu pilihannya, pemerintah mengumumkan secara terbuka bahwa gas elpiji 3 kg sedang ditarik dan resmi disalurkan secara tertutup. Cara ini agar tidak terjadi pasar gelap seperti beberapa pekan terakhir dan masyarakat dan usaha kecil segera beralih ke gas non-3 kg.

Baca juga: Pinjaman KTA Mudah dengan Bunga Cuma 1% per bulan

 

  1. Terus melakukan penghematan konsumsi gas

 

Tidak ada pilihan lain kecuali menghemat pola konsumsi gas. Penghematan dalam menggunakan gas bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Trik memasak. Agar efisien, nyala api jangan melewati wadah yang sedang dipanasi. Aturlah hingga api berwarna biru terang.

 

  • Memasaklah sesuai waktu yang dibutuhkan.

Jika perlu gunakan pengatur waktu atau timer agar kamu memasak seperlunya saja. Misalnya, bila terlalu lama, sayur-sayuran dapat kehilangan nutrisinya.

Baca juga: Trik Belanja Hemat dan Cerdas di Harbolnas 2017

  • Saat kompor tak digunakan.

Jika kamu menggunakan kompor gas, matikan tombol penyalur gas pada regulator setiap saat kompor tidak digunakan, terutama saat kamu sekeluarga pergi meninggalkan rumah beberapa hari. Pastikan tidak ada kebocoran sehingga gas tidak terbuang dengan percuma.

 

  • Terapkan ‘manajemen memasak’

Misalnya jika ingin membuat masakan ayam, rebuslah daging ayam untuk beberapa kali olahan. Simpan sisa daging ayam yang tidak digunakan di dalam freezer. Kamu tinggal membumbuinya saat akan memasaknya di lain hari.

Contoh lain, kamu cukup sekali merebus air panas dalam sehari. Air panas yang sudah mendidih itu kamu taruh di dalam termos penampung air panas.

Ayo selalu hemat bahan bakar gas mulai dari sekarang. Penghematan ini jika dilakukan setiap hari, dalam setahun kamu akan cukup menghemat kantong. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk menghemat biaya pengajuan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Dana Liburan Masih Kurang? Ini 7 Pilihan KTA untuk Liburan

Dana Liburan

Liburan natal dan akhir tahun segera tiba. Semua orang sedang bersiap-siap menyambut hari istimewa ini. Tidak terkecuali Anda atau keluargamu. Ditambah dengan dukungan media sosial, acara berlibur menjadi semakin menarik dan menantang. Hanya saja jangan sampai dana liburan kamu kurang ya!

Namun berlibur membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebagian Anda mungkin sudah menyiapkan sejak jauh hari dengan menyisihkan penghasilan bulanan. Namun banyak pula masih keteteran dengan biaya berlibur. Destinasi wisata sudah ditetapkan, tiket sudah dibeli, ternyata dana untuk liburan masih kurang.

Kekurangan dana seperti ini jangan sampai membuatmu gagal berlibur di momen istimewa ini. Jika dana liburan kamu kurang, tidak ada salahnya segera mengajukan pinjaman tanpa agunan ke sejumlah bank penyedia.

Idealnya, Anda menyiapkan semua kebutuhan liburanmu dengan menyisihkan dana dalam jumlah tertentu dari penghasilan bulananmu. Tiba saat liburan, dana liburan kamu sudah terkumpul, Anda pun siap berangkat bersama pasangan atau keluarga.

Baca juga: Tempat Wisata Baru di Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Bagaimana caranya berlibur memakai dana tambahan dari pinjaman tanpa agunan? Sebaiknya Anda mencari pinjaman KTA untuk dana liburan yang menawarkan bunga paling rendah. Selain itu, kriteria kedua, pinjaman KTA untuk liburan itu memiliki proses pencairan yang cepat.

Situs HaloMoney.co.id memberikan perbandingan bunga KTA bunga terendah dan KTA proses cepat dari berbagai bank. Dari sini Anda memilih produk terbaik dari bank yang paling Anda sukai. Meskipun begitu kami memilihkan beberapa produk KTA dengan dua kriteria tersebut yang bisa digunakan untuk tambahan dana liburan.

Berikut ini ada tujuh pilihan produk pinjaman tanpa agunan yang bisa Anda pertimbangkan, hasil riset HaloMoney.co.id:

KTA Plus – KEB Hana Bank

 

KEB Hana Bank menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan bunga tak sampai 1%. Saat ini, KEB Hana Bank melalui produk KTA Plus memberikan penawaran eksklusif bunga 0,95% per bulan untuk pengajuan melalui HaloMoney.co.id.

  • Pinjaman mulai Rp 5 juta sampai Rp 200 juta
  • Bunga 0,95% per bulan melalui HaloMoney.co.id
  • Proses persetujuan cepat setelah dokumen dinyatakan lengkap oleh bank.
  • Tenor pinjaman sampai 3 tahun
  • Penghasilan minimal Rp 3,5 juta (take home pay)
  • Pegawai tetap minimal 1 tahun

Dana Bantuan Sahabat – Bank DBS

KTA Bank DBS menawarkan proses pengajuan yang cepat. Jika dokumenmu lengkap diterima, Bank DBS mengklaim bisa memproses selama dua hari saja.

  • Bunga 1,29% per bulan untuk pengajuan kurang dari Rp 125 juta
  • Promo bunga 0,95% untuk pengajuan lebih dari Rp 125 juta
  • Plafon pinjaman hingga Rp 200 juta dengan tenor pinjaman maksimal 3 tahun
  • Pinjaman bisa disetujui dalam 2 hari setelah aplikasi lengkap diterima
  • Penghasilan minimal Rp 3 juta (karyawan) dan Rp 5 juta (wiraswasta)
  • Minimal masa kerja karyawan tetap 1 tahun
  • Tempat kerja memiliki nomor telfon fixline

 

KTA Stanchart – Standard Chartered Indonesia

Plafon pinjaman KTA Standard Chartered Indonesia hingga Rp 125 juta saja. Proses pencairan cukup cepat, hanya tiga hari kerja.

  • Harus memiliki kartu kredit minimal 1 tahun dengan limit Rp 8 juta
  • Menyertakan slip gaji asli 2 bulan terakhir
  • Bunga 1,59% per bulan untuk pinjaman kurang dari Rp 50 juta
  • Pinjaman Rp 50 juta-Rp 125 juta 1,29% per bulan.
  • Penghasilan minimum untuk karyawan sebesar Rp 5 juta per bulan

Baca juga: Tips dan Trik Jitu untuk Belanja Harbolnas 2017

 

KTA Mandiri– Bank Mandiri

Pinjaman KTA Bank Mandiri bisa menjadi solusi bagi Anda yang menerima gaji dari rekening Bank Mandiri (payroll). Sebab Anda akan mendapatkan bunga yang lebih rendah dari nasabah non payroll.

  • Disetujui dalam 10 hari kerja setelah aplikasi lengkap diterima
  • Suku bunga sebesar 0.6% per bulan untuk nasabah payroll dan karyawan perusahaan yang terafiliasi dengan Bank Mandiri
  • Biaya pembayaran lebih awal sebesar 5% dari sisa pinjaman yang akan dibayarkan
  • Jangka waktu pinjaman hingga 5 tahun untuk nasabah payroll Mandiri
  • Pendapatan per bulan minimal Rp 2,5 juta untuk nasabah payroll Bank Mandiri

 

KTA Permata – Bank Permata

Pijaman KTA Bank Permata bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk liburan. Jika Anda memiliki akun payroll di Bank Permata, bunga pinjaman KTA Bank Permata bisa lebih rendah.

 

  • Pinjaman tersedia hingga Rp 300 juta
  • Bunga bersaing sebesar 1,59% per bulan
  • Minimal 1 tahun keanggotaan kartu kredit dari bank apapun
  • Biaya keterlambatan pembayaran 5% dari biaya angsuran bulanan, minimum Rp 50.000.

 

KTA BNI Fleksi – Bank BNI

Nasabah payrol di Bank BNI bisa memanfaatkan pinjaman KTA BNI Fleksi. Selain bunganya murah, syaratnya cukup mudah hanya memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

  • Bunga pinjaman tanpa agunan BNI Fleksi 1,22% per bulan
  • Hanya untuk nasabah payroll BNI dengan saldo minimal Rp 5 juta dalam 6 bulan terakhir
  • Pendapatan minimal Rp 3 juta (Jabodetabek) dan Rp 2,5 juta (luar Jabodetabek)
  • Minimal 2 tahun sebagai karyawan tetap
  • Plafon pinjaman mulai Rp 5 juta sampai Rp 50 juta (non-payroll) dan sampai Rp 100 juta (payroll)

 

Kredit Express – Panin Bank

Bunga pinjaman Kredit Express masih sebesar 0,99% per bulan jika diajukan sebelum 31 Desember 2017. KTA Bank Panin bisa didapat dengan membuka tabungan Bank Panin lebih dulu.

  • Pinjaman mulai dari Rp 3 Juta hingga Rp 300 Juta
  • Bunga 0,99% periode s/d 31 Desember 2017
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimum 55 tahun untuk karyawan, maksimum 60 tahun untuk pengusaha (usia maksimal termasuk jangka waktu pinjaman).
  • Penghasilan bersih minimal Rp 2 juta/bulan.
  • Telah memiliki Tabungan Panin.
  • Jangka waktu pinjaman sampai 36 bulan

Selama memilih pinjaman terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan dana liburan kamu. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit dan kredit tanpa agunan dari berbagai bank. Tertarik pilihan KTA lebih banyak? Untuk daftar KTA tanpa BI checkingKTA tanpa syarat kartu kredit dan KTA tanpa slip gaji, Anda bisa langsung membandingkannya di situs HaloMoney.co.id.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

5 Kiat Kaya Sebelum Usia 40 Tahun

40 Tahun

JAKARTA – Peluang menjadi kaya di usia muda sebelum usia 40 tahun bukan sebuah impian kosong. Apalagi jika Anda  memulainya sedini mungkin, yaitu ketika sudah mulai mendapatkan penghasilan.

Dengan tekun, Anda mengembangkan penghasilan saat ini, sambil sesekali melakukan terobosan keuangan karena melihat peluang di depan mata.

Cara lain, kamu selalu menambah keterampilan dan pengetahuan akan membuat Anda bertambah kaya. Seperti keterampilan berbagai hal seputar digital marketing, sesuatu yang menarik untuk dipelajari.  Anda akan terus berkembang, sekaligus bisa menambah penghasilan.

Dengan cara ini, sebelum usia 40 tahun, kamu telah memiliki aset yang kamu banggakan.  Jadi kaya di usia muda itu bukan impian belaka. Anda bisa mewujudkannya sekarang! Sebagai langkah awal coba terapkan tips berikut dari Halomoney.co.id ini agar peluang menjadi kaya di usia muda benar-benar tercapai!

 

  1. Menentukan Target Keuangan

Memiliki target keuangan dapat memotivasi diri untuk mulai berhemat dan berinvestasi. Misalnya, dalam lima tahun ke depan, Anda harus memiliki rumah sendiri. Atau dalam 15 tahun lagi, Anda memiliki deposito sebesar Rp 1 miliar untuk mendukung masa pensiun. Untuk itu, penentuan target keuangan harus dilakukan secepat mungkin agar Anda tahu ke mana keuangan Anda akan diarahkan!

  1. Investasi

Memiliki tabungan tentu sangat baik, meski imbal hasil yang kamu terima tidaklah besar. Produk perbankan ini memang berbeda dengan instrumen investasi, seperti reksa dana, valas, emas, dan properti yang bakal memberikan laba lebih besar. Jika Anda tergiur laba tinggi dan berani menghadapi risiko keuangan, sejumlah instrumen tersebut dapat menjadi pilihan Anda sekarang!

Baca juga: Hai Bunda, Begini Cara Melahirkan dengan BPJS Kesehatan

  1. Asuransi Kerugian dan Asuransi Jiwa

Memiliki asuransi sangat penting untuk mencegah risiko yang datang sewaktu-waktu. Asuransi yang perlu kamu miliki ialah asuransi kerugian untuk melindungi asset Anda seperti mobil atau rumah. Jika risiko datang, kerugian yang timbul akan ditanggung oleh asuransi sehingga tidak perlu menguras kantong Anda. Anda bisa membandingkan beberapa produk asuransi sebelum Anda memilih asuransi yang tepat.

Kedua asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa, orang yang Anda tinggalkan akan tetap melanjutkan hidupnya dan bisa memenuhi kebutuhan mendasar seperti biaya pendidikan.

  1. Gaya Hidup Sederhana

 

Menghindari gaya hidup boros seperti terlalu sering makan di restoran dan penampilan berlebihan, bisa menjadi cara Anda untuk berhemat. Cara ini akan mendukung Anda untuk mencapai tujuan keuangan yang menjadi target Anda. Daripada menghabiskan rupiah untuk membeli barang mahal atau bergaya hidup mewah yang di luar kemampuan, lebih baik jika ditabung dan diinvestasikan!

 

Baca juga: Kartu Kredit Travel Terbaik 2017 Hasil Riset Halomoney

 

  1. Keterampilan dan Pengetahuan

 

Mengasah keahlian dapat membentengi diri kamu untuk menghadapi kehidupan yang penuh dengan kompetisi, juga membuka peluang menambah penghasilan. Semakin banyak keahlian dan pengetahuan, bertambah besar pula peluang Anda untuk memiliki karier yang panjang dan mapan. Dengan keterampilan dan pengetahuan baru, Anda akan semakin berkembang. Tentu saja, ini semua akan berpengaruh terhadap penghasilan Anda nantinya!

 

Kalau Anda mau jadi miliuner yang sukses sebelum usia 40 tahun, cobalah sekarang juga untuk memulai bisnis sendiri dan menerapkan tips di atas. Gunakan situs Halomoney.co.id untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan atau KTA dari berbagai bank. We compare, you save.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

“Which Turbo Are You?”

Otomotif Indonesia

Persaingan pasar dunia otomotif Indonesia pada tahun 2017 semakin seru. Hampir setiap produsen mobil mengeluarkan produk baru yang menjadi unggulan dari masing-masing brand dengan teknologi yang tergolong baru di pasaran Indonesia, yaitu turbo. Teknologi turbo belum umum untuk pasaran pengguna kendaraan beroda empat di Indonesia. Ada dua mobil turbo produksi Negeri Sakura yang sedang ramai dijumpai di jalanan. Keduanya memiliki fitur andalan masing-masing dan keunggulan tersendiri.

 

  1. Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport menjadi salah satu produk andalan dari Mitsubishi sejak sekian lama. Ketangguhannya dalam menjelajah medan berat pada dunia otomotif Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Banyak pereli kelas dunia yang mempercayakan Pajero generasi terdahulu dalam kompetisi reli Paris-Dakar. Pajero generasi terbaru diperkuat dengan mesin diesel 2442 cc bertenaga 181 ps pada 3,500 Rpm dan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 Rpm. Untuk urusan transmisi, Pajero juga memiliki 8 percepatan terbaru yang memiliki rasio lebih rapat dan sangat cocok untuk mesin diesel yang putaran mesinnya lebih rendah dibanding bensin. Dengan memiliki ground clearence yang mencapai 218 mm, Pajero Sport siap menghadapi segala jenis medan. Mitsubishi menyediakan pilihan beberapa varian yang memiliki fitur 4×2 dan 4×4. Pada tipe Dakar, mobil bongsor ini juga memiliki fitur Active Stability dan Traction Control System yang menjaga kestabilan mobil. Selain itu, pada tipe yang sama juga sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist. Untuk sistem pengereman, terdapat fitur standar seperti ABS, EBD dan BA (Brake Assist) untuk menjamin pengereman yang lebih sempurna. Pada bagian rem tangannya sudah menggunakan Electronic Parking Brake yang sudah diatur secara elektronik dan lebih kuat dalam mencengkeram dibandingkan dengan rem tangan konvensional.  Pada bagian konsumsi bahan bakar, Mitsubishi mengklaim bahwa Pajero Sport memiliki konsumsi BBM kombinasi hingga 12,5 km/l.

 

  1. Honda CR-V 1.5 L Turbo

Kesan pertama yang didapat dari mobil keluaran Honda teranyar ini adalah perombakan total. Honda melakukan banyak perubahan terutama pada mesin dan tenaganya. CR-V terbaru ini sudah memiliki teknologi turbo 1500 cc 4 silinder VTEC dengan CVT Earth Dreams Technology berbahan bakar bensin yang menghasilkan tenaga 190 ps dan torsi 240 Nm. Turbo akan aktif pada 2000 – 5000 Rpm. Teknologi transmisi CVT menambah sensasi berkendara yang menyenangkan dengan kehalusan perpindahan gigi yang hampir tidak ada hentakan. Pada generasi teranyar terutama bagi dunia otomotif Indonesia ini, Honda kembali menambahkan 2 seat di baris ketiga untuk tipe turbo seperti CR-V generasi kedua dulu. Pada bagian rem, sudah dilengkapi dengan ABS, EBD dan BA untuk menjamin kepakeman pengereman pada saat berkendara. Fitur double muffler dan panoramic sunroof juga menambah nilai untuk SUV terbaru ini. Honda melepas 3 tipe untuk CR-V terbaru untuk dunia otomotif Indonesia, yaitu CR-V 2.0 CVT, CR-V Turbo 1.5, dan CR-V Turbo 1.5 Prestige. Untuk fitur panoramic sunroof hanya tersemat pada tipe tertinggi. Untuk konsumsi BBM, CR-V Turbo dapat mencapai angka 14 km/l.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.