Tips Penting Pengaturan Keuangan Para Freelancer

pekerja muda

Menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer saat ini semakin banyak diminati, terutama oleh kalangan pekerja muda usia millennial. Keuntungan menjadi seorang pekerja lepas cukup banyak, terutama dari sisi fleksibilitas waktu dalam bekerja. Seorang pekerja lepas juga bisa leluasa mengatur beban kerja. Bila sudah memiliki jaringan kerja yang oke, seorang freelancer tidak perlu khawatir kehabisan order.

Di sisi lain, kebebasan dan fleksibilitas yang dimiliki oleh seorang pekerja lepas, juga memiliki risiko tidak sedikit. Misalnya, dari sisi kestabilan pendapatan, sangat bergantung pada banyak tidaknya order pekerjaan yang datang. Saat order banyak, penghasilan bisa melimpah.

Demikian juga sebaliknya. Bukan hanya itu, seorang pekerja lepas juga tidak memiliki keuntungan yang biasa dinikmati karyawan. Misalnya, perlindungan asuransi, tunjangan pajak, dan benefit lain yang menunjang kebutuhan finansial.

Maka itu, bagi para pekerja lepas, pengaturan finansial perlu lebih disiplin supaya kondisi keuangan lebih stabil walaupun arus pendapatan tidak tetap. Ada empat hal penting seputar pengelolaan keuangan pribadi yang perlu diperhatikan oleh para freelancer, saran dari HaloMoney.co.id:

  1. Dana darurat

Setiap mendapatkan penghasilan, sisihkan sebagian untuk mengumpulkan dana darurat. Besar dana darurat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, bila Anda statusnya masih lajang, maka besar dana darurat yang ideal adalah 3 kali besar pengeluaran rata-rata per bulan. Sedangkan bila Anda sudah menikah, idealnya dana darurat adalah 6 kali pengeluaran rata-rata per bulan.

Fungsi dana darurat ini adalah untuk membantu Anda para pekerja muda menutup kebutuhan yang sifatnya darurat. Misalnya, ketika tiba-tiba harus berobat atau harus merenovasi rumah. Dana darurat penting agar Anda tidak langsung menempuh cara utang ketika datang kebutuhan uang tunai.

  1. Memiliki catatan keuangan yang tertib

Kebiasaan finansial yang baik ini sangat penting dijalankan oleh para pekerja lepas, terutama para pekerja muda. Dengan memiliki catatan keuangan yang tertib, seperti data arus kas masuk atau keluar, Anda bisa mempunyai gambaran tren keuangan pribadi.

Dari data keuangan seperti itu, Anda bisa mengatur keuangan lebih cermat. Misalnya, bila ternyata pengeluaran terlalu banyak dihabiskan untuk kebutuhan non-primer, Anda dapat segera mengubah gaya hidup supaya lebih hemat.

Baca juga: Pinjaman Tanpa Agunan Bunga Rendah Kurang dari 1% per Bulan

  1. Miliki asuransi

Sebagai pekerja lepas, Anda tidak memiliki ‘kemewahan’ status seorang karyawan yang menikmati tunjangan asuransi kesehatan hingga tunjangan pajak. Maka itu, Anda perlu melengkapi sendiri kebutuhan proteksi, baik itu proteksi jiwa bila saat ini Anda tercatat sebagai pencari nafkah. Juga, asuransi kesehatan untuk menutup risiko finansial karena masalah kesehatan.

Mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa menjadi pilihan tepat. Untuk asuransi jiwa, usahakan memilih asuransi jiwa berjangka murni (term life) agar berkesempatan mendapatkan premi terjangkau dengan uang pertanggungan sesuai kebutuhan.

  1. Berhati-hati dengan kartu kredit

Kartu kredit dapat membantu Anda bertransaksi keuangan dengan praktis. Namun, jangan sampai kartu kredit membuat Anda menjadi lebih konsumtif dengan berbelanja tanpa rencana. Buat para pekerja muda, biasakan membayar penuh tagihan kartu kredit dan hanya memanfaatkan cicilan yang tanpa bunga alias bunga 0% saja.

Selengkapnya: https://www.halomoney.co.id/blog/5-cara-apply-kartu-kredit-online-bagi-pekerja-lepas


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

6 Aplikasi Transportasi Umum di Jakarta yang Wajib Anda Download

6 Aplikasi Angkutan Umum di Jakarta yang Wajib Anda Download

Angkutan Umum di Jakarta sekarang semakin dibutuhkan untuk menghindari macet yang terus mengular. Anda mau mencoba naik angkutan umum?

Selain lebih cepat dan bebas stress di jalan, menggunakan transportasi umum bisa lebih hemat dibandingkan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Contohnya, memakai KRL dan busway dari kawasan pinggir Jakarta ke Jakarta hanya Rp 7.500 sekali jalan.

Bahkan Gubernur baru Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menurunkan menjadi Rp 5.000 untuk semua jalur angkutan umum dari angkutan pengumpan hingga TransJakarta. Yuk kita tunggu saja janjinya.

Sejauh ini, angkutan umum paling banyak digunakan di Jakarta ialah Commuter Line dan Bus Way. Jutaan orang yang pergi pulang dengan dua moda transportasi ini.

Agar Anda lebih nyaman bertransportasi umum ria, sebaiknya kamu melengkapi perjalananmu dengan beberapa aplikasi transportasi. Antara lain untuk melihat jadwal keberangkatan angkutan maupun keberadaan angkutan yang akan kita naiki. Sangat berguna bukan?

Berikut ini aplikasi transportasi umum yang wajib Anda miliki jika Anda sering menggunakan angkutan umum, hasil riset HaloMoney.co.id.

KRLAcces

Aplikasi transportasi umum yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Jabodetabek ini sangat berguna buat Anda yang sering menggunakan Commuterline. Fitur paling berguna buat Anda ialah mengetahui posisi kereta Commuter yang ingin Anda naiki. Misalnya, Anda akan berangkat dari Stasiun Sudirman menuju Bogor.

Anda cukup mencari stasiun tempat Anda akan berangkat di bar menu, lalu dalam sekejap akan muncul informasi posisi beberapa kereta api yang akan melewati stasiun tersebut, termasuk stasiun tujuanmu. Dengan informasi ini Anda bisa memprediksi kedatangan kereta di stasiun pemberangkatan.

Baca juga: Berburu Tiket Murah di Garuda Travel Online Terbaru

Trafi

Aplikasi yang berasal dari Lithuania ini resmi meluncur di Jakarta pada Mei 2016 lalu. Aplikasi ini menawarkan berbagai alternatif jalur transportasi menuju tempat tujuan. Waktu real time kedatangan kendaraan juga dapat dipantau melalui aplikasi ini. Jadwal dan rute transportasi umum, di antaranya TransJakarta, tetap dapat diakses walaupun tidak sedang terkoneksi Internet. Namun dalam aplikasi ini Anda tidak dapat menemukan informasi terkait tarif angkutannya.

Uber, Gojek, Grab

Ketiga aplikasi ini akan membantu Anda beralih dari transportasi umum ke tempat tujuan dengan waktu yang lebih singkat. Para ojek online akan sangat dibutuhkan jika sewaktu terjadi kemacetan parah di jalur tertentu atau terjadi gangguan transportasi umum seperti kereta anjlok. Anda bisa melanjutkan perjalanan dalam kondisi darurat bersama para ojek online dengan aplikasi GoJek, Grab, dan Uber. Jangan lupa memanfaatkan aplikasi pembayaran yang disediakan seperti GoPay dan GrabPay agar Anda mendapatkan potongan tarif hingga 30% dari tarif biasa.

Baca juga: Promo Gojek, Grab, dan Uber Terbaru yang Bisa Anda Manfaatkan

Moovit

Aplikasi yang hanya tersedia di iOs (Apple smartphone) ini bisa memberikan pilihan rute terbaik, rute terdekat ke tempat tujuan, dan waktu kedatatangan secara real time. Moovit mengklaim akan memberikan kontrol penuh atas perjalananmu sehingga Anda bisa tenang saat menggunakan transportasi umum.

Karena transportasi umum selalu tidak dapat diprediksi, Moovit terus memperbaharui info-info baru saat operator mengubah jadwal atau layanan. Dengan begitu Anda tidak akan terhenti di stasiun yang tutup atau menunggu bis yang tidak akan datang.

Fitur panduan Live dengan notifikasi saat turun akan memandu Anda selangkah demi selangkah secara real-time saat Anda bepergian. Ketahui tepatnya tujuan Anda berjalan, berapa lama (atau berapa cepat) Anda menunggu, dan berapa pemberhentian yang tersisa.

Appaja

Di aplikasi transportasi ini Anda cukup memasukkan lokasi tujuan dan Apaja akan memberikan informasi tentang kendaraan yang harus dinaiki dan berapa estimasi tarifnya. Dalam aplikasi transportasi umum ini Anda akan mendapat berbagai informasi seperti jadwal kereta Commuter Line, info rute koridor Transjakarta, dan rute angkutan umum lainnya.

Melalui Apaja para pengguna juga dapat berbagi tentang situasi dan kondisi di tempat pemberhentian, halte dan stasiun. Para pengguna lain tentu akan terbantu dengan fitur berbagi situasi dan kondisi perjalanan.

Baca juga: Pinjaman Tanpa Agunan Bunga Rendah Kurang dari 1% per bulan

Komutta

Di PlayStore, aplikasi ini dapat bintang 4,5 dan didownload oleh 100.000 pengguna. Aplikasi ini memberikan informasi angkot, taksi, Commuter Line, hingga Transjakarta. Pantauan CCTV pada tiap shelter juga dapat Anda nikmati. Untuk yang ingin menaiki taksi, Kommuta menyediakan berbagai informasi kontak dari penyedia layanan taksi di Jakarta. Aplikasi ini tak hanya akan berguna bagi warga lokal, namun juga turis asing karena Kommuta dapat diakses dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Dalam beberapa bulan mendatang diperkirakan akan ada lagi aplikasi transportasi umum yang akan muncul seiring dengan kebutuhan pengguna. Antara lain aplikasi yang mengintegrasikan angkutan umum di Jakarta dengan busway dengan tariff cukup Rp 5.000 sebagaimana sedang digodog oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Pantau terus aplikasi transportasi umum yang berguna untuk menunjang aktivitasmu di Jakarta dan sekitarnya. Selamat mencoba layanan aplikasi angkutan umum pilihamu dan nikmati fasilitasnya.

Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank, klik di link di bawah ini lalu klik fitur perbandingan dengan mengisi beberapa profil keuanganmu: https://www.halomoney.co.id/blog/aplikasi-transportasi-umum-di-jakarta.

 


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

5 Pinjaman KTA dengan Bunga Kurang dari 1% per Bulan

KTA Bunga 1%

Pinjaman tanpa agunan atau KTA dikenal sebagai produk perbankan yang banyak dicari oleh nasabah yang sedang membutuhkan pinjaman. Selain mudah, seperti namanya, pinjaman tanpa agunan tidak mensyaratkan agunan atau jaminan dari nasabah. Itulah salah satu keunggulan pinjaman tanpa agunan yang tidak dimiliki produk pinjaman lainnya. Bahkan, kelebihan lainnya ada KTA bunga 1% per bulan, lho!

Nasabah cukup mememenuhi sejumlah persyaratan administrasi, seperti KTP, kartu keluarga, hingga slip gaji atau kartu kredit, sesuai dengan syarat dari masing-masing bank. Ini berbeda dengan kredit multiguna yang mensyaratkan sejumlah dokumen, termasuk jaminan barang berharga seperti sertifikat rumah atau bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

Meskipun mudah, tidak banyak KTA memberikan bunga rendah. Hanya sedikit bank saja menyediakan KTA dengan bunga rendah kurang dari 1% per bulan atau sekitar 12% per tahun. KTA bunga 1% per bulan ini hampir sama dengan bunga kredit multi guna yang mensyaratkan jaminan. KTA bunga 1% per bulan ini juga lebih murah dibandingkan KTA di pasaran pada umumnya yang masih mengenakan bunga cukup tinggi, di atas 1,5% per bulan.

Jadi jika Anda sedang mencari pinjaman untuk berbagai kebutuhan di akhir tahun ini atau awal tahun depan, sebaiknya tawaran KTA bunga 1% per bulan ini perlu menjadi pertimbangan Anda. Berikut ini lima KTA yang menyediakan bunga di bawah 1% per bulan, hasil riset HaloMoney.co.id:

Bank KEB Hana

Bank KEB Hana menawarkan pinjaman dengan bunga yang cukup rendah, yakni 0,95% per bulan. Dalam setahun, bunganya tak sampai 12% atau tepatnya 11,76%. Berikut ini spesifikasinya:

  • Pinjaman tersedia mulai Rp 5 juta sampai Rp 200 juta
  • Periode cicilan sampai 36 bulan
  • Tawaran bunga menarik mulai 0,95% bila mengajukan melalui HaloMoney.co.id.
  • Penghasilan nasabah minimal Rp 3,5 juta per bulan.
  • Nasabah adalah pegawai tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun
  • KTA Bank Hana tidak mensyaratkan nasabah memiliki kartu kredit, namun cukup memiliki cicilan yang sedang berjalan seperti cicilan rumah atau kendaraan.

KTA Bank DBS

Dana Bantuan Sahabat dari Bank DBS Indonesia bisa diajukan hingga Rp 200 juta dengan bunga 0,95% flat per bulan. Bunga ini untuk warga Jabodetabek. Bagi warga Bandung dan Surabaya bunganya 1,49% flat ber buan.

  • Pilihan jangka waktu cicilan 12, 24 dan 36 bulan
  • Pinjaman hingga Rp 200 juta
  • Penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan (karyawan) atau Rp 5 juta per bulan (wiraswasta)
  • Tidak wajib melampirkan slip gaji, tetapi perlu pelampiran KTA , nomor telpon kantor dan nama perusahaan tempat bekerja.
  • Calon debitur perlu memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp 8 juta

Baca Juga: Butuh Pinjaman Online Mudah? Ini Pinjaman Tanpa Syarat Kartu Kredit

KTA Standard Chartered Bank

Bank asal Inggris, Standard Chartered Bank, menawarkan kredit tanpa agunan yang bisa memberikan plafon pinjaman sampai Rp 300 juta. Bunga KTA Standard Chartered sebesar 0,98% per bulan jika pinjaman yang Anda ajukan dan disetujui nilainya lebih dari Rp 125 juta.

Berikut spesifikasinya:

  • Bunga 0,98% per bulan untuk pengajuan online di HaloMoney.co.id atau di situs Standard Chartered Indonesia.
  • Pengajuan hingga 31 Desember 2017 dan disetujui sampai 15 Januari 2018.
  • Pinjaman Rp 50 juta-Rp 125 juta 1,29% per bulan dan kurang dari Rp 50 juta sebesar 1,59%.
  • Pinjaman disetujui dalam waktu 3 hari kerja.
  • Calon peminjam telah memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp 8 juta
  • Periode cicilan mulai 12 bulan sampai 60 bulan
  • Calon peminjam melampirkan slip gaji asli 2 bulan terakhir dan kartu kredit dengan limit minimal Rp 6 juta.

KTA Bank BCA

KTA BCA hanya mengenakan bunga 1% per bulan dengan limit pinjaman hingga Rp 100 juta.  Penawaran ini berlaku bagi nasabah di wilayah Jabodetabek. Fasilitas kredit ini dapat digunakan oleh nasabah BCA yang terpilih dan dapat Anda tanyakan di customer service BCA.

Berikut spesifikasinya:

  • Syaratnya Anda menerima gaji dengan rekening BCA atau kartu kredit BCA aktif dengan masa kepemilikan kartu kredit lebih dari 1 (satu) tahun.
  • Pilihan jangka waktu cicilan: 12, 24 dan 36 bulan
  • Suku bunga 1,03% flat/ bulan untuk pinjaman 2 tahun
  • Memiliki surat keterangan penghasilan dan kartu kredit

Baca juga: Berburu Tiket Murah di Garuda Travel Fair November

KTA Kring BTN

Bank BTN menyediakan kredit tanpa agunan atau personal loan bernama Kring BTN. Ini adalah produk pinjaman ringan tanpa agunan untuk karyawan atau instansi. Pengajuan cukup dengan memberikan “jaminan” berupa SK pegawai.

  • Plafon pinjaman hingga Rp 100 juta, cukup dengan memberikan SK penetapan pegawai.
  • Tenor KTA BTN bisa sampai 5 tahun.
  • Kring BTN menetapkan bunga sebesar 0,68% per bulan flat. Bunga ini merupakan bunga promosi sehingga besaran bunganya mengacu kepada profil nasabah.
  • Kredit tanpa jaminan ini hanya diberikan kepada WNI berusia 21 tahun atau telah menikah.
  • Bekerja sebagai karyawan dengan status pegawai tetap minimal 1 tahun.

Anda cukup mengisi formulir aplikasi kredit, fotokopi KTP, KK, Surat Nikah/Cerai, slip gaji terakhir atau surat pegawai tetap. Lalu, fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap, fotokopi mutasi rekening tabungan/giro minimal 3 bulan terakhir. Juga, fotokopi SPT PPh 21 untuk plafon di atas Rp 50 juta sampai dengan Rp 100 juta.

Itulah lima pinjaman tanpa agunan dengan bunga rendah yang bisa Anda pertimbangkan. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank. We compare, you save.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

‘Seishun 18 Kippu’ Tiket Hemat Untuk Keliling Jepang Sepuasnya

JR Pass boleh saja jadi tiket paketan paling praktis buat kamu yang ingin keliling ke beberapa kota sekaligus di Jepang. Tapi tahukah kamu kalau ada tiket lainnya yang jauh lebih murah?

Seishun Juhachi Kippu merupakan tiket kereta paketan, yang memungkinkan kamu untuk naik kereta lokal dan cepat pada jalur JR, hanya dengan 11.850 Yen.

Namun, berbeda dengan JR Pass yang berlaku sepanjang tahun, Seishun 18 Kippu hanya dijual dan dapat digunakan pada bulan-bulan tertentu saja, yaitu:

  • Musim Semi: Dijual dari 20 Februari hingga 31 Maret, dapat digunakan dari 1 Maret hingga 10 April.
  • Musim Panas: Dijual dari 1 Juli hingga 31 Agustus, dapat digunakan dari 20 Juli hingga 10 September.
  • Musim Dingin: Dijual dari 1 Desember hingga 31 Desember, dapat digunakan dari 10 Desember hingga 10 Januari.

Selain itu tiket ini juga dapat dibagi, hanya saja masing-masing orang harus berbagi. Jadi, jika digunakan oleh 2 orang, maka tiket ini hanya akan dapat digunakan selama 2 hari. Pada hari ketiga hanya 1 orang yang dapat menggunakannya.

Jadi, jika kamu rombonganmu berisikan 5 orang, maka tiket ini hanya dapat digunakan selama 1 hari.

Seishun 18 Kippu juga tidak dapat digunakan untuk menaiki Shinkanshen. Namun, kamu akan dapat dengan bebas menaiki kereta lokal (futsudensha/kakuekiteisha) dan kereta cepat (kaisoku), yang dioperasikan oleh Japan Railways.

Selain itu tiket ini juga dapat digunakan untuk menaiki JR Ferry menuju Miyajima dan JR Bus di sepanjanng pesisir Sanriku.

Patut diingat juga ada beberapa kereta yang menggunakan rel yang dimiliki oleh perusahaan swasta dan kamu harus membayar tarif tambahan saat menaikinya. Tidak ada salahnya kamu menanyakan kepada petugas stasiun sebelum memutuskan untuk menggunakan tiket ini.

Pastikan juga kamu mengatur baik waktumu ketika menggunakan tiket ini, karena kereta lokal tidak secepat shinkansen, sebagai gambaran kamu bisa menghabiskan lebih dari sembilan jam dan berkali-kali ganti kereta untuk berangkat menuju Kyoto dari Tokyo.

Sedangkan jika kamu menggunakan Shinkansen perjalanan itu biasanya dapat ditempun dengan waktu kurang dari 5 jam.

Sumber: VVibu

Segera Cek ke Dokter Jika Kepala Benjol dan Diikuti 6 Gejala Ini

Kepala benjol ternyata kejadian yang cukup sering terjadi, bahkan di Amerika Serikat ada sekitar 700.000 orang yang datang ke rumah sakit karena cedera di kepala.

Benjolan umumnya disebabkan karena banyaknya pembuluh darah yang ada di kepala manusia, cedera di area ini dapat menyebabkan pendarahan di bawah kulit, yang bisa menyebabkan pembengkakan.

Bahkan, luka kecil sekalipun dapat menyebabkan benjol seperti bakpao.

Kapan sebaiknya kita menemui dokter, apabila mendapati kepala benjol? Menurut situs Netdoctor, segera kunjungi doktor apabila benjolan di kepala Kamu diikuti dengan 6 gejala ini

1. Kehilangan Kesadaran
2. Linglung atau Hilang Ingatan
3. Sakit Kepala Berkelanjutan
4. Muntah-muntah
5. Mengantuk dan Tidak Fokus
6. Pandangan Menjadi Buram

Seperti dikutip dari Netdoctor dikatakan jika cedera memerlukan penangan di rumah sakit, dalam kebanyakan kasus, seorang pasien akan diamati selama sekitar 6 jam.

Jika tindak lanjut ternyata diperlukan, dokter akan meminta untuk dilakukan CT scan, untuk memeriksa apakah ada pendarahan di otak. “Untungnya, cedera kepala parah sangatlah jarang,” ujar Dokter Gaynor.

6 Fakta Menarik Telstar 18, Bola Yang Akan Dipakai di Piala Dunia 2018

Bola resmi Piala Dunia 2018 yang diberi nama “Telstar 18,” akhirnya resmi diluncurkan. Seperti biasanya, Piala Dunia selalu menggunakan bola yang didesain khusus dan menghadirkan teknologi terkini di setiap gelarannya.

Apa saja yang menjadikan bola ini spesial? Inilah 6 fakta menarik mengenai Telstar 18.

1. Dibuat oleh Adidas

Seperti bola pada piala dunia sebelumnya, bola ini dibuat oleh Adidas, perusahaan olahraga asal Jerman.

2. Versi Jaman Now dari Bola Piala Dunia 1970


Telstar pertama kali digunakan pada piala dunia 1970 dan ‘pensiun’ semenjak piala dunia 1974 di Jerman.

3. Dilengkapi Dengan NFC

Selain dapat dikoneksikan dengan ponsel pintar, teknologi ini memungkinkan kecepatan dan lintasan bola dapat dilacak dan dianalisa.

4. Mendapat Pujian dari Lionel Messi


Megabintang sepakbola asal Argentina, Lionel Messi sudah menguji coba bola ini lebih dulu.

Messi yang memang memiliki kontrak dengan Adidas ini menyatakan bahwa dia menyukai segalanya tentang Telstar 18, mulai dari desain hingga warna.

5. Akan Ada Desain Khusus untuk Final

Adidas juga sudah mengungkapkan bahwa mereka telah menyiapkan desain khusus Telstar 18 yang akan digunakan pada partai final Piala Dunia 2018.

6. Harganya ‘cuma’ Rp 1,9 Juta


Ingin merasa bermain seperti bintang piala dunia 2018? Kalian akan dapat membeli Telstar 18 dengan harga sekitar Rp 1,9 juta.

Lukisan Salvator Mundi Karya Leonardo da Vinci Terjual Seharga Rp 6 Triliun

Lukisan karya Leonardo da Vinci, “Salvator Mundi,” yang berarti Juru Selamat Dunia berhasil memecahkan rekor dunia sebagai lukisan termahal.

Dalam lelang yang berlangsung di balai lelang Christie di New York pada tanggal 15 November, lukisan berumur 500 tahun yang menggambarkan Yesus Kristus ini dijual seharga 450 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,1 triliun.

Pemenang lelang yang tidak diungkapkan identitasnya, tidak hadir secara langsung dalam pelelangan. Dia mengikuti pelelangan yang berlangsung selama 20 menit itu melalui telepon.

Harga akhir saat pelelangan adalah 400 juta dolar, namun sang pemenang juga harus membayar ongkos jasa dan komisi. Secara total, dia harus merogoh kocek hingga 450,3 juta dolar.

Namun, ternyata masih ada yang meragukan bahwa Salvator Mundi digambar sendiri oleh Leonardo da Vinci. Ada yang yakin bahwa lukisan ini merupakan karya seorang murid da Vinci.

“Hingga sekarang, penetapan Leonardo da Vinci sebagai pelukis Salvator Mundi tetap tak secara universal diterima,” ujar Vincent Dowd seperti dikutip dari BBC.

Tapi balai lelang Christie’s sangat yakin bahwa Salvator Mundi merupakan karya da Vinci dan menyatakannya sebagai “penemuan kembali karya artistik terbesar di abad ke-20.”

Tiang Listrik Hampir Punah di 5 Kota Ini

Tidak cuma bisa merusak pemandangan, tiang listrik yang terkadang ditanam secara serampangan juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Karenanya tidak mengherankan apabila semakin banyak negara yang berencana untuk menghilangkannya dan memindahkan kabel listrik ke bawah tanah.

Seperti dikutip dari Bloomberg, inilah 5 kota di dunia yang hampir tidak memiliki tiang listrik lantaran sebagian besar atau seluruh kabel listriknya berada di bawah tanah.

1. Singapura

2. Taipei

3. Hong Kong

4. Paris

5. London

2

Di Paris, London, dan Hong Kong, seluruh kabel listrik ditanamkan di bawah tanah. Sedangkan di Singapura dan Taipei, lebih dari 90% kabel listrik sudah tidak lagi berada di atas tanah.

Masih menurut Bloomberg, hanya sekitar 30% kabel listrik di Jakarta yang berada di bawah tanah.

Namun, angka ini masih cukup tinggi apabila dibandingkan dengan Jepang, dimana lebih dari 90% kabel listriknya masih sangat bergantung dengan keberadaan tiang listrik.

Baru Tayang, Justice League Langsung Dihujani Kritik

Justice League adalah film superhero terbaru dari DC Universe yang sudah lama dinanti-nantikan para penggemar film. Meskipun cukup banyak yang memuji, namun tidak sedikit juga yang mengkritiknya.

Hingga artikel ini ditulis, film ini hanya berhasil meraih nilai 49 di situs metacritic. Sedangkan, di situs Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapatkan nilai 43%.

Jordan Farley dari Total Film mengatakan bahwa film ini sangat mudah dilupakan. Hampir tidak ada momen menojol yang akan selalu diingat.

Kritikus TheWrap, Alonso Duralde, mengatakan bahwa film ini kemunduran dari Wonder Woman. “Memang ada momen lucu dan menyenangkan, tapi ini adalah film yang terasa seperti bau deodoran Axe,” tulisnya.

justice league

Sedangkan menurut Robbie Collin dari Telegraph, Justice League hanya mendapatkan satu dari lima bintang. Dia menyebutkan bahwa film garapan Zack Snyder dan Joss Whedon ini sudah tak bisa diselamatkan dikarenakan banyaknya plot hole yang bertebaran. “Kemunduran dari waralaba ini,” tulis Collin.

Namun, tentu saja ada yang melontarkan pujian untuk Justice League. Seperti Brandon Davis dari ComicBook.com yang menuliskan bahwa film ini sangat menyenangkan.

Selain itu, menurut Jim Vejvoda dari IGN, Justice League memang memiliki banyak kekurangan, namun film ini masih dapat dinikmati. Terutama karena karakternya yang menarik.

Mobil Alami Kecelakaan? Ini Cara Klaim Asuransi Kendaraan

Tidak perlu khawatir apabila kamu mengalami kecelakaan lalu lintas, jika sudah memiliki asuransi kendaraan. Sebab, apabila terjadi kecelakaan, maka kerugian akan ditanggung oleh asuransi.

Yang seringkali ditanyakan adalah; bagaimana cara memproses klaim asuransi kendaraan? Gak jarang, pemilik kendaraan bingung dengan cara mengurus klaim asuransi kendaraan.

Nah, inilah tips untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan dengan mudah.

Segera Laporkan, Maksimal 3 x 24 Jam

Segeralah lapor kepada perusahaan asuransi dimana kendaraan kamu didaftarkan. Karena, setiap polis asuransi kendaraan mengatur bahwa dalam 3 x 24 jam setelah kecelakaan terjadi pelaporan klaim asuransi harus dilakukan.

Sekalipun kamu sedang dalam perjalanan di luar kota, kamu tetap bisa melaporkannya pada cabang asuransi terdekat. Yang jelas, jangan lupa mempersiapkan dokumen-dokumen seperti fotokopi SIM, STNK, surat keterangan polisi, dan formulir klaim asuransi yang sudah diisi.

Pilih Bengkel Rekanan Asuransi

Langkah selanjutnya, segera cari bengkel rekanan asuransi terdekat dari tempat kecelakaan agar kendaraan kamu dapat segera diperbaiki.

Namun, jika perusahaan asuransi tidak mempunyai jaringan bengkel rekanan yang dekat dengan lokasi kecelakaan, kamu harus menunggu bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan.

Sebelum kendaraan kamu diperbaiki di bengkel, biasanya perusahaan asuransi akan melakukan survei mengenai kerusakaan mobil kamu.

Jika polis asuransimu menyediakan keuntungan pertanggungan pihak ketiga, kendaraan lain yang terlibat kecelakaan juga akan mendapatkan pertanggungan.

Urus Klaim Pihak Ketiga

Untuk pertanggungan ini kamu perlu mengirimkan surat tuntutan ganti rugi dan surat laporan kepolisian kepada perusahaan asuransi. Jika permohonan disetujui, maka mobil pihak ketiga harus dibawa ke bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Apabila ada korban pada pihak ketiga, kamu harus melampirkan seluruh kuitansi asli biaya pengobatan.

Jangan menandatangani surat pernyataan mengambil alih tanggung jawab kecelakaan apabila klaim asuransi belum disetujui. Jika kamu melakukannya, bisa saja klaim kamu ditolak.