5 Fakta Menarik Kehidupan Mendiang Sang Raja “Playboy” Hugh Hefner

5 Fakta Menarik Kehidupan Mendiang Sang Raja -Playboy- Hugh Hefner

Hugh Hefner menutup usianya pada umur 91 tahun di rumahnya, The Playboy Mansion, Los Angeles, California, Rabu (27/9). Pendiri majalah Playboy ini dikenal punya gaya hidup sangat eksentrik, lho!

Kabar meninggalnya sang ikon majalah dewasa ini disampaikan lewat pernyataan resmi pihak Playboy Enterprises, seperti dilansir CNBC. Hugh Hefner meninggal dunia dengan tenang dikelilingi oleh orang-orang terdekat semasa hidupnya.

Hingga kini, belum ada informasi lanjutan soal rencana dan detail pemakaman sang legenda yang di hari-hari terakhirnya banyak menghabiskan waktu di The Playboy Mansion tersebut–salah satu rumah paling populer di dunia yang dikenal sebagai pusat pesta di Hollywood dan dunia. Hefner lahir 9 April 1926. Uniknya, sebelum merintis majalah Playboy, ia sempat jadi tentara dan copywriter.

Majalah Playboy yang dirintisnya pertama kali terbit pada Desember 1953 yang memuat foto Marilyn Monroe tanpa mengenakan busana. Hefner meninggalkan istrinya, Crystal dan empat anak: Cooper, David, Marston dan Christie.

Setiap mendengar nama Hugh Hefner, yang pertama terlintas di benak semua orang pasti majalah Playboy. Ya, hampir tiga perempat hidup Hugh Hefner didedikasikan untuk kesuksesan majalah dewasa yang populer dengan lambang kepala kelinci hitam itu. Namun kerja keras Hugh tak sia-sia, karena sejak edisi pertamanya, Playboy meraup sukses luar biasa.

Kesuksesan Hugh dan Playboy bukan hanya dari penjualan majalah tapi dari sisi nama dagang. Ketenaran, kekayaan dan popularitas pun diraih Hugh sepanjang hidupnya.

Seperti apa kisah perjalanan hidup dan karier seorang Hugh Hefner? Simak lewat fakta di bawah ini.

Hugh Hefner pernah menjadi penulis surat kabar militer

Lahir 9 April 1926 di Chicago, AS, Hugh adalah anak tertua dari 2 bersaudara. Ayah Hugh memiliki keturunan Jerman dan Inggris, sementara ibunya memiliki garis darah Swedia.

Lulus SMA, Hugh sempat bergabung sebagai tentara dan bertugas sebagai penulis di surat kabar militer AS selama 2 tahun (1944-1946). Sejak dini, Hugh memang sudah menyadari bakatnya dalam urusan menulis dan jurnalistik.

Usai menyelesaikan masa tugasnya di militer dan melanjutkan kuliah, Hugh sempat melanjutkan kariernya sebagai copywriter di majalah Esquire tahun 1952. Tapi saat pengajuan kenaikan gajinya ditolak, Hugh berhenti bekerja.

Majalah Playboy

Usai berhenti dari Esquire, dengan modal tekad dan bantuan investasi serta pinjaman dari bank, Hugh mendirikan Playboy tahun 1953. Edisi perdana majalah dewasa Playboy memuat foto telanjang Marilyn Monroe dan kehadirannya langsung disambut baik di pasaran.

Sejak saat itu, kerajaan bisnis Hugh mulai dibangun. Hef, begitu ia akrab disapa orang terdekatnya, mulai menikmati geliat bisnisnya yang terus menghasilkan keuntungan dari pose-pose seksi para bintang ternama dunia.

Tak sedikit para bintang dunia yang sudah pernah berpose tanpa busana untuk majalah Playboy. Bahkan, ada satu masa di mana tampil di majalah Playboy menjadi salah satu indikator kesuksesan karier seorang bintang.

Nama-nama seperti Madonna, Kate Moss, Sharon Stone, Lindsay Lohan, Pamela Anderson hingga Naomi Campbell pernah tampil di majalah dewasa ini.

Tapi bukan berarti majalah Playboy hanya soal menampilkan keseksian para wanita saja. Seringkali, isi majalah Playboy menghadirkan topik dan wawancara yang cukup berbobot. Di antaranya wawancara dengan Martin Luther King Jr. pada tahun 1965.

Kerajaan bisnis Hugh Hefner pun tak hanya berkutat di industri majalah saja. Playboy Enterprise lantas hadir untuk mengakomodir bisnis-bisnis milik Hugh di banyak bidang di antaranya properti, televisi, film, night club dan banyak lagi.

Tiga istri empat anak

Nama Hugh Hefner tentu tak bisa dilepaskan dari banyak sosok wanita cantik dan seksi. Sepanjang hidupnya, Hugh selalu dikelilingi wanita. Namun hanya ada 3 wanita yang sempat menjadi istri resminya.

Tahun 1949, Hugh menikahi Mildred Williams dan memiliki 2 orang anak: Christie dan David. Namun pernikahan mereka berakhir pada tahun 1959.

Setelah bercerai, Hugh sempat menjalin hubungan dengan banyak wanita. Tahun 1988, ia kembali menikah dengan Playmate (bintang utama Playboy) of the Year tahun itu, Kimberly Conrad. Saat menikah, keduanya terpisah jarak usia 36 tahun! Bersama Kimberly, Hugh dikaruniai dua anak lagi yakni Marston dan Cooper. Tahun 1998, setelah menikah 10 tahun, mereka berpisah.

Setelah putus dari kekasih nomor satunya, Holly Madison tahun 2009, Hugh mulai berpacaran dengan Crystal Harris. Setahun setelahnya, mereka bertunangan namun Crystal sempat membatalkan pertunangan itu pada 14 Juni 2011. Keduanya akhirnya rujuk dan menikah 31 Desember 2012 di Playboy Mansion. Saat pernikahan terjadi, Hugh berusia 86 tahun dan Crystal 26 tahun. Crystal pula yang mendampingi Hugh hingga saat Hugh menghembuskan napas terakhirnya.

Tahun 2012, Hugh mengumumkan pada publik bahwa anak bungsunya, Cooper akan meneruskan bisnisnya dan menjadi pimpinan di Playboy Enterprise.

Playboy Mansion

Siapapun tahu bahwa Playboy Mansion adalah salah satu kediaman paling populer di dunia, pusat pesta para pesohor Hollywood. Banyak wanita muda yang baru mulai merintis kariernya di dunia hiburan yang menetap tinggal di Playboy Mansion di bawah asuhan Hugh.

Tak sedikit pula dari wanita penghuni Playboy Manison yang dipacari Hugh. Ia pernah berkencan dengan 7 wanita penghuni Playboy Mansion sekaligus. Beberapa nama wanita penghuni Playboy Mansion yang ternama antara lain si kembar Sandy dan Mandy Bentley, Holly Madison, Bridget Marquardt dan Kendra Wilkinson.

Playboy Mansion juga jadi latar belakang salah satu serial reality show “The Girls Next Door” yang menampilkan kehidupan para bintang Playboy di Playboy Mansion.

Januari 2016, Playboy Mansion dijual seharga 200 juta dollar AS pada Daren Metropoulos. Penjualan ini terjadi dengan satu syarat, bahwa Hugh akan tinggal dan bekerja di rumah tersebut selamanya.

Hugh Hefner menghembuskan napas terakhirnya dan meninggal dunia dengan tenang di Playboy Mansion, rumah yang telah memberikan kenyamanan, kekayaan dan kemewahan selama hidupnya.

Seribu wanita

Saat meladeni wawancara dengan Esquire tahun 2013 lalu, Hugh mengaku tak lagi mengingat berapa jumlah wanita yang pernah menghabiskan waktu bersamanya. “Bagaimana aku bisa tahu? Yang jelas lebih dari seribu wanita sepertinya,” ujar Hugh.

Tapi di balik hidupnya yang mewah dan glamor, Hugh menikmati hobinya menonton film dan melalui hari dengan tenang. Sesekali ia masih terlihat aktif berkomunikasi dengan banyak pengikutnya di media sosial.

Meski memang belakangan ini, Hugh diketahui jarang meninggalkan Playboy Mansion dan kondisi kesehatannya kian menurun sebelum akhirnya meninggal dunia pada Rabu, 27 September 2017.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Tak Perlu Asal Beli iPhone Terbaru, Simak Dulu 9 Tips Penting Ini

iphone 8 plus

Setiap bulan pasar smartphone Indonesia nyaris dipenuhi dengan produk baru. Apakah itu produk asal China, Korea, hingga Amerika Serikat. Pada bulan September ini, smartphone buatan Apple, asal Amerika Serikat, sedang menjadi buah bibir konsumen Indonesia, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Padahal ketiga smartphone tersebut belum beredar di Indonesia. iPhone 8 hanya bisa dijual luas secara global pada 22 September, sedangkan iPhone X masih pre-order pada 27 Oktober mendatang dan dipasarkan secara global pada 3 November.

Dengan jumlah pengguna smartphone yang kian banyak, pasar smartphone Indonesia memang sangat menarik sehingga selalu dimasuki produk-produk baru. Dari sisi konsumen, justru disinilah perlu kehati-hatian. Dengan beragam produk smartphone baru yang dengan mudah bisa ditemui di pasar, konsumen harus cermat memilih handphone termasuk dalam memilih iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Bagi Anda yang ingin membeli smartphone baru, seperti iPhone 8 Plus, terkadang hal ini membuat bingung untuk memilih. Ada rasa khawatir dan takut salah menjatuhkan pilihan dan pada akhirnya timbul rasa kecewa karena smartphone yang kita beli tidak sesuai harapan. Perhatikan dulu Sembilan tips dari HaloMoney.co.id berikut ini, hasil riset berbagai sumber:

 

  1. Memori Internal

 

Kapasitas media penyimpanan internal atau memori telepon merupakan salah satu poin penting untuk dijadikan pertimbangan. Dengan memori internal yang besar, performa smartphone Anda akan lebih optimal. Sebaliknya jika memori internal kecil, kapasitas internal handphone ikut menurun sehingga performa handphone tidak maksimal. Jadi sebaiknya Anda memastikan memori internal handphone yang akan Anda beli. Semakin besar, akan semakin bagus. Tentu memori internal yang besar, berkonsekuensi dengan harga handphone yang lebih mahal dibanding handphone dengan memori internal kecil.

Setidaknya berkapasitas 8 GB dengan asumsi 4 GB habis terpakai oleh sistem operasi dan install beberapa aplikasi. Selebihnya memori handphone digunakan untuk menyimpan data, baik data berupa foto, dokumen, hingga text percakapan.

 

Baca: 14 Kartu Kredit Terbaik Saat Ini yang Perlu Masuk Radar Pencarianmu

 

  1. Kecepatan Prosesor

Kecepatan prosesor atau CPU sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kecepatan smartphone. Dengan kecepatan prosesor yang tinggi dan memiliki banyak inti core bisa dipastikan performa multitasking perangkat tergolong baik dan mampu menjalankan semua tugas dengan lancar. Kecepatan prosesor diukur dalam satuan Hertz (Hz). Demi kinerja handphone yang baik, setidaknya kecepatan prosesor harus 1 GHz atau lebih.

 

  1. RAM (Random Access Memory)

RAM menjadi faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ponsel. RAM merupakan komponen pendukung kinerja prosesor agar lebih baik. Semua aplikasi yang Anda jalankan otomatis akan menyimpan file cache di dalam RAM. Jika aplikasi ditutup dan kemudian Anda membukanya lagi, maka aplikasi akan diluncurkan dari RAM. Jadi semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, smartphone akan lebih optimal dalam menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

 

  1. Sistem Operasi

Saat Anda membeli smartphone dengan sistem operasi Android, pastikan smartphone tersebut sudah menjalankan sistem operasi Android versi terbaru (Android Lollipop). Ada beberapa manfaat dengan memilih sistem operasi Android versi terbaru, yaitu kinerja smartphone yang baik, mendukung semua aplikasi saat ini, peningkatan di sisi user interface, lebih stabil, dan lebih secure (aman).

Jika Anda membeli iphone, pastikan sistem operasi yang tertanam di iPhone ialah iOS terbaru. Saat ini iOS terbaru sudah mencapai iOS-11.

Baca juga: Kartu Kredit Bebas Airport Lounge di Bandara Domestik dan Internasional

 

  1. Display

Tampilan layar juga hal penting yang harus diperhatikan. Selain ukuran dan resolusinya, Anda juga harus memperhatikan kerapatan pixel yang dimilikinya. Kerapatan pixel layar dihitung dalam satuan ppi (pixel per inch). Semakin besar jumlah pixel yang dimilikinya, maka layar akan terlihat tajam dan jernih serta nyaman di mata.

 

  1. Kamera

Saat ini smartphone umumnya sudah dilengkapi dengan kamera belakang dan kamera depan. Jika Anda ingin melakukan panggilan video atau chatting Skype, maka smartphone yang Anda beli harus memiliki kamera depan. Perhatikan resolusi (megapixel) di masing-masing kameranya. Semakin besar megapixel-nya, gambar yang dihasilkan semakin baik.

 

  1. Baterai

 

Kapasitas baterai menjadi salah satu bahan pertimbangan saat membeli smartphone, terutama bagi Anda yang memiliki aktifitas mobile yang tinggi. Kapasitas baterai yang besar akan membuat hidup ponsel lebih lama. Ponsel kelas menengah setidaknya harus menggunakan baterai berkapasitas 2.200 mAh atau lebih. Saat ini, beberapa smartphone asal China sudah ada yang mencapai 4100 mAh.

 

  1. Tips membeli iphone

 

Membeli handphone asal Amerika Serikat ini gampang-gampang susah. Tips penting untuk membeli handphone berharga yang cukup menyedot isi kantong ini ialah Anda membelinya di toko Apple yang resmi agar Anda mendapatkan produk asli. Pilihan lainnya, Anda membeli di toko-toko yang berstatus authorized reseller untuk produk Apple seperti iBox, iMax, atau iStore.

Membeli di toko resmi akan menghindari Anda dari barang palsu sekaligus terhindar dari beberapa masalah seperti jaminan garansi dan ketidaksesuai nomor IMEI di handphone dengan nomor IMEI yang terdaftar di apple store.

 

  1. Gunakan cicilan 0% kartu kredit

Untuk meringankan dompet Anda, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan fasilitas cicilan 0% kartu kredit. Inilah salah satu fitur terbaik kartu kredit yang perlu Anda manfaatkan. Anda cukup mencicil smartphone termasuk iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X selama 3 bulan hingga 12 bulan, bahkan ada kartu kredit yang menawarkan cicilan hingga 24 bulan. Dengan fasilitas cicilan 0%, Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar dalam satu waktu sehingga mengganggu keuangan Anda.

 

Baca juga: Fasilitas Cicilan 0% Kartu Kredit yang Perlu Anda Manfaatkan

Begitulah sembilan hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli smartphone baru, termasuk iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk mendapatkan beragam tips keuangan, fasilitas perbandingan gratis, hingga pengajuan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

iPhone Terbaru Beredar, Ingat Tips Ini Sebelum Jadi Membeli

iPhone X

Setiap bulan pasar smartphone Indonesia dipenuhi dengan produk baru. Apakah itu produk asal China, Korea, hingga Amerika Serikat. Pada bulan September ini, smartphone buatan Apple, asal Amerika Serikat, sedang menjadi buah bibir konsumen Indonesia, yakni Iphone8, iPhone8 Plus, dan iPhone X.

Padahal ketiga smartphone tersebut belum beredar di Indonesia. iPhone8 hanya bisa dijual luas secara global pada 22 September, sedangkan iPhone X masih pre-order pada 27 Oktober mendatang dan dipasarkan secara global pada 3 November.

Anda yang ingin membeli iPhone terbaru, cobalah perhatikan beberapa hal penting dari HaloMoney.coid di bawah ini. Jangan sampai, Anda asal tubruk hanya karena ingin segera pamer gadget terbaru kepada orang-orang di sekitar Anda.

Maklum harga iPhone terbilang tidak murah. Mengutip keterangan Apple yang dikutip berbagai media, harganya paling murah Rp 9,5 juta (iPhone8), Rp 10,7 juta (iPhone8 Plus), dan Rp 13,5 juta (iPhoneX).

Dengan harga yang cukup mahal ini, konsumen perlu ekstra hati-hati. Berikut ini  tips penting sebelum Anda membeli iPhone baru.

  1. Toko atau Tempat Jual

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah toko atau tempat di mana Anda membeli produk iPhone. Sangat disarankan untuk membeli produk iPhone di toko Apple yang resmi yang akan menjamin Anda mendapatkan produk yang asli. Di luar itu, sebaiknya Anda membelinya di toko-toko yang merupakan authorized reseller untuk produk Apple.

 

  1. Kondisi Box dan Perangkat

Jika Anda membelinya tidak di toko resmi Apple, maka Anda harus mengecek kondisi box terlebih dahulu. Perhatikan secara seksama setiap sudut box apakah terdapat cacat atau kerusakan. Selain itu, perhatikan juga kondisi perangkatnya dengan seksama.

Baca juga: 14 Kartu Kredit Terbaik Saat Ini yang Perlu Masuk Radar Pencarianmu

 

 

  1. IMEI iPhone

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah cocokan IMEI iPhone Anda yang bisa dilihat melalui menu setting pada iPhone dengan IMEI yang tertera di box iPhone dan pada bagian cover belakang iPhone Anda. IMEI pada produk iPhone yang asli tentu akan sama. Setelah itu, masukan IMEI tersebut ke website Selfsolve dari Apple untuk mengecek apakah produk iPhone Anda terdaftar di Apple. Selain itu, cek pula iPhone Anda dengan iTunes untuk mengetahui apakah IMEI dan serial number iPhone Anda bisa terbaca oleh iTunes.

 

  1. Jaminan Garansi

Anda juga perlu mengecek garansi iPhone asli yang Anda beli. Caranya dengan mengeceknya pada website Apple. Produk asli iPhone akan menunjukan tanggal yang sama ketika Anda membeli produk iPhone tersebut dan berlaku satu tahun selanjutnya.

 

  1. Kode Negara

Kode ini bisa Anda lihat pada bagian belakang box iPhone yang Anda beli. Kode negara untuk iPhone yang Anda beli di Indonesia adalah PA/A, sehingga produk iPhone asli yang Anda beli seharusnya memiliki kode tersebut. Hal ini untuk memastikan agar Anda dapat mengklaim garansi iPhone tersebut. Apabila kode negaranya bukan kode negara Indonesia, maka Anda tidak dapat mengklaim garansi resmi iPhone tersebut di Indonesia.

Baca juga: Kartu Kredit Bebas Airport Lounge di Bandara Domestik dan Internasional

 

 

  1. Membeli iPhone, termasuk iPhone X, Secara Langsung Atau Online

Dalam membeli iPhone, Anda memiliki pilihan apakah hendak membelinya secara langsung di toko yang menjualnya atau secara online. Membeli secara langsung tentu memiliki keuntungan bisa mengecek barang secara langsung dan mendapat kepastian langsung dalam pembelian serta produknya. Sedangkan jika membeli melalui online, Anda tentu hanya bisa mendapatkan informasi secara online tanpa bisa melihat barang secara langsung sampai perangkatnya tiba. Jika Anda mau membelinya secara online, Anda harus memperhatikan reputasi toko online yang menjual produk iPhone tersebut.

 

Sebaiknya Anda membeli dari toko online yang berstatus authorized reseller untuk produk Apple, atau toko online tersebut memiliki reputasi yang baik. Bacalah testimonial dan review pada toko online tersebut untuk mengetahui bagaimana riwayat toko tersebut. Selain itu, tanyakan dan pastikan kejelasan informasi terkait produk iPhone yang akan Anda beli. Informasi ini tentu terkait garansi resmi. Apabila produk yang dijual adalah produk baru, Anda tentu akan mendapatkan garansi resmi dari Apple terkait produk tersebut.

 

  1. Aksesori iPhone

Anda tentu ingin melengkapi iPhone terbaru Anda dengan beragam aksesori iPhone, seperti “casing”, pelindung layar atau Anda juga mungkin ingin melengkapinya dengan produk seperti Apple Watch. Pastikan aksesori tersebut asli dan dapat dimiliki dengan harga wajar.

 

  1. Gunakan cicilan 0% kartu kredit

Untuk meringankan dompet Anda, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan fasilitas cicilan 0% kartu kredit. Inilah salah satu fitur terbaik kartu kredit yang perlu Anda manfaatkan. Anda cukup mencicil smartphone selama 3 bulan hingga 12 bulan, bahkan ada kartu kredit yang menawarkan cicilan hingga 24 bulan. Dengan fasilitas cicilan 0%, Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar dalam satu waktu sehingga mengganggu keuangan Anda.

 

Baca juga: Fasilitas Cicilan 0% Kartu Kredit yang Perlu Anda Manfaatkan

Itulah delapan hal penting sebelum Anda memutuskan membeli iPhone, termasuk iPhone X terbaru. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk mendapatkan beragam tips keuangan, fasilitas perbandingan gratis, hingga pengajuan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank.

 

 

 

 

 

 


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

5 Ciri Anda Akan Jadi Pengusaha Sukses

Pengusaha Sukses

Sebagai pengusaha ataupun pelaku bisnis, menjadi sukses selalu menjadi tujuan utama. Masalahnya tingkat kesuksesan setiap orang berbeda-beda, dan tidak semua orang bisa melihat ciri dari pengusaha sukses.

 

Pengusaha sukses memiliki ciri-ciri umum yang tidak dimiliki oleh pengusaha karbitan.  Pastikan Anda memiliki ciri-ciri umum para pengusaha sukses di bawah ini agar Anda juga menjadi pengusaha sukses seperti mereka, seperti dikutip Halomoney.co.id dari berbagai sumber. Penasaran? Check this out!

 

  1. Tidak Membuat Alasan

 

Orang sukses tidak membuat dan mencari alasan. Alasan merupakan alibi yang membantu orang menyelamatkan muka ketika mereka tidak memberikan hasil yang seharusnya. Tak ada yang ingin mendengar alasan Anda. Mereka hanya ingin tahu apa yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang seharusnya Anda capai!

 

  1. Selalu Yakin dalam Bertindak

 

Keyakinan adalah langkah pertama menuju kesuksesan. Bahkan sekadar yakin saja sudah merupakan sesuatu yang baik. Begitu Anda yakin, Anda bisa mulai mencari tahu “cara” meraih tujuan Anda. Keyakinan menentukan apa yang akan Anda raih dalam kehidupan.

Baca juga: Pinjaman Usaha Cepat 2017, Bandingkan dan Ajukan Sekarang

 

  1. Anda Jatuh Cinta pada Proses

 

“Saat berumur lima belas tahun, saya punya visi jelas tentang memenangkan kontes Mr. Universe dan digerakkan oleh pikiran itu. Bisa dikatakan hal itu sangat spiritual, karena saya begitu yakin pada jalur itu, jalan itu, hingga saya tak pernah ragu akan bisa mewujudkannya.”

 

Begitu pengakuan aktor Arnold Schwarzenegger. Tergerak oleh visinya menjadi pemenang kompetisi Mr. Universe, Arnold Schwarzenegger pun berlatih lima jam sehari, menikmati setiap menitnya, karena merasa setiap kali pergi ke gym, ia selangkah lebih dekat ke cita-citanya memenangkan kompetisi itu. Pada usia 20 tahun, ia menjadi pria termuda yang memenangkan gelar Mr. Universe.

 

  1. Anda Senang Manfaatkan Kesempatan

 

Kesempatan itu seperti gelombang. Anda harus mulai mendayung untuk menangkapnya, jika tidak, Anda akan ketinggalan. Pemenang tidak ragu-ragu memanfaatkan kesempatan dan tahu dia akan mendapatkan keinginannya. Dia akan melompat, tahu bahwa akan muncul jaring.

Baca juga: 5 Cara Cepat Dapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Bank!

 

  1. Anda Tahu Apa yang Anda Lakukan

 

Anda akan sukses begitu menemukan bidang yang cocok untuk Anda. Bidang di mana Anda bisa unggul. Kebanyakan orang bermain dalam bidang yang salah. Tanpa sengaja, mereka menghubungkan diri dengan pekerjaan, hubungan, atau pergaulan yang buruk. Jika hal itu merupakan penggambaran diri Anda, Anda perlu membebaskan diri. Anda perlu mematahkan rantai yang menahan Anda dan mulai bermain dalam bidang yang dirancang untuk Anda.

 

Jika Anda masih membutuhkan modal untuk usaha, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia. Lakukan perbandingan terhadap beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!

 Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!

 


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Gak Harus Kuras Tabungan, Ini 4 Tips Hemat untuk Kamu yang Hobi Menonton Konser

Menonton Konser

Hobi menonton konser bisa disalahkan kalau kamu merasa uang saku sering tersedot tiap bulan. Apalagi kalau hobi menonton konser band asal luar negeri tanpa memedulikan anggaran.

Menonton konser itu hobi yang baik. Tapi hobi yang baik gak selalu segendang-sepenarian dengan langkah penghematan.

Bila gak hati-hati, kebiasaan menonton konser bisa membuat rekening terzalimi. Berikut ini tips hemat buat yang hobi nonton konser, bisa dipraktikkan jika merasa sering boros dalam menjalankan hobi itu:

1. Segini saja ya

Pasang bujet tetap untuk konser. Tapi bukan untuk bulanan ya. Mungkin bisa dicoba Rp 2 juta untuk 6 bulan. Intinya, bujet dipatok berdasarkan hitungan pemasukan-pengeluaran.

Aneh kalau bujet itu sampai senilai dengan gaji per bulan. Masak ya ada nonton konser habis Rp 10 juta, misalnya, dalam 6 bulan? Bisa sih, kalau nontonnya band asal luar negeri dan duduk di bagian VVIP terus. Tapi sepadankah pengalaman nonton itu dengan jerih payah cari duit sebulan?

Salah satu cara menentukan bujet adalah melihat agenda konser band atau penyanyi kesayangan. Dari sana, bisa dikira-kira kapan datangnya dan harga tiketnya.

Hal penting lainnya, bujet dipatri gak boleh sampai bocor. Kalau belum 6 bulan udah habis Rp 2 juta buat nonton konser, ya sudah. Jangan ditambah-tambah lagi biar disiplin!

2. Langsung beli

Salah satu poin plus mengecek jadwal konser adalah bisa beli tiket dengan harga lebih murah. Tiket yang biasa dinamai “early bird” ini bisa lebih murah ratusan ribu rupiah ketimbang tiket yang dibeli saat hari-H.

Tiket early bird umumnya dijual secara online. Pantengin deh akun Twitter atau Facebook promotor konser untuk mendapat informasi teranyar dari mereka.

Lokasi konser juga penting dilihat untuk memperkirakan ongkos perjalanan. Mungkin bisa berangkat bareng teman-teman bila mau sewa taksi, baik online maupun konvensional. Bisa patungan buat bayar ongkosnya.

Nah, kalau lokasi di luar kota atau luar negeri, pastikan beli tiket pesawat dan book hotel jauh-jauh hari supaya murah. Manfaatkan kartu kredit yang lagi ada promo diskon biar semakin hemat.

3. Ketika terpaksa dadakan menonton konser

Tahu bulet enak kalau digoreng dadakan. Tapi kalau nonton konser dadakan, bisa-bisa harus merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya, harga tiket hari-H pasti lebih mahal. Apalagi kalau sampai tiket resmi habis dan harus beli di calo.

Namun sebetulnya oke saja kalau memang terpaksa dadakan. Kan bisa saja pengumuman konser juga datang mendadak karena sebelumnya gak direncanakan.

Dalam situasi ini, segera tengok bujet. Kalau masih ada sisa, pakai saja. Bujet yang mepet pun sebetulnya masih mungkin disiasati dengan tambahan dana dari tabungan, terutama bila band yang mau konser itu langka main di Indonesia.

4. Siap mental dan fisik

Kalau niatnya nonton konser, ya sudah nonton aja. Mental mesti disiapkan agar kuat ketika ada godaan beli ini-itu di lokasi konser.

Misalnya beli kacamata hitam atau bahkan aksesori dari kalung sampai plastik hape anti-air. Beli kaus buat kenang-kenangan bolehlah asalkan resmi dari manajemen band—bukan bajakan — dan tentunya ada bujet.

Fisik juga mesti disiapkan betul. Pertama-tama, datang ke konser dalam keadaan perut penuh. Jadi, gak bakalan deh tuh konser pindah ke perut karena kelaparan. Minum juga bawa sendiri saja, meski beberapa konser melarang bawa makan-minum dari rumah. Aturan ini sebenarnya gak ketat-ketat amat kok.

Kondisi fisik sebelum hari-H konser juga harus oke. Jangan sampai malah jatuh sakit sebelum berangkat nonton konser. Malah sudah jatuh ketimpa tangga. Sudah keluar duit buat bayar tiket, eh, gak jadi datang. Masih harus bayar dokter dan beli obat buat obati sakit lagi. Jadi “kzl” kan.

Hobi nonton konser ini cuma salah satu contoh bagaimana kesukaan akan sesuatu bisa jadi “ancaman” buat keuangan. Namun selalu ada cara untuk tetap berhemat.

Toh, hidup cuma sekali. Masak, ngelakuin hal yang disuka gak boleh cuma karena takut gak bisa hemat. Work hard, play hard!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Gesek Kartu Non Tunai di Kasih dan Biaya Tambahan 3%, Bolehkah?

Gesek Kartu

Pemilik kartu kredit dan debit perlu updated dengan dua hal ini. Pertama, tentang gesek kartu kredit dan kartu debit di kasir. Kedua, soal biaya tambahan 3% kartu kredit. Dua hal itu sudah dilarang Bank Indonesia. Mengapa?

 

  1. Larangan Gesek Kartu Kredit dan Kartu Debit

Baru-baru ini, masih di awal September, Bank Indonesia mengeluarkan pengumuman tentang larangan gesek kartu kredit secara ganda saat bertransaksi di mesin kasir. Dalam edaran yang diumumkan di situs bi.go.id, Bank Indonesia melarang merchant menggesek kartu kredit sebanyak dua kali saat bertransaksi. Larangan ini berlaku untuk transaksi non tunai, dengan kartu kredit maupun kartu debit.

 

Sekadar informasi, kasus double gesek kartu ini banyak dialami nasabah di banyak merchant. Antara lain dalam transaksi di supermarket atau minimarket, hingga kafe. Kasir akan menggesek kartu kredit kita di mesin Elektronic Data Capture (EDC) milik bank penyedia transaksi. Setelah itu, petugas kasir menggesek lagi di mesin kasir untuk mendapatkan struk belanja.

 

Baca juga: Raisa dan Hamish Menikah, Ini Tips Keuangan Pasangan Baru

 

Kini dengan edaran terbaru Bank Indonesia, merchant diminta untuk menggesek kartu kredit sekali saja, yakni di mesin EDC. Bank Indonesia menyarankan kamu sebagai konsumen tidak memberikan kartunya ke mesin kasir.

 

Bagaimana jika merchant tetap meminta gesek kartu di mesin kasir? Jika merchant masih menggesek kartu kredit ataupun debit sebanyak dua kali, Bank Indonesia meminta konsumen untuk melaporkan identitas merchant ke contact center Bank Indonesia di nomor (021) 131 atau e-mail bicara@bi.go.id. Akun twitter Bank Indonesia @bank_indonesia dan facebook BankIndonesiaOfficial bisa kamu gunakan.

 

BI beralasan, larangan ini untuk melindungi data nasabah pengguna transaksi non tunai dari pencurian data dan informasi kartu.  Maklum, data nasabah dan informasi kartu non tunai dapat diketahui oleh merchant pemilik mesin transaksi di kasir.

 

“Larangan ini telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. Pada Pasal 34 huruf b, Bank Indonesia melarang penyelenggara jasa sistem pembayaran menyalahgunakan data dan informasi nasabah maupun data dan informasi transaksi pembayaran selain untuk tujuan transaksi pemrosesan pembayaran. Tercakup di dalamnya adalah larangan pengambilan data melalui mesin kasir di pedagang,” demikian keterangan Bank Indonesia dalam situsnya, 5 September 2017.

Baca juga: Pinjaman KTA Mudah Tanpa Syarat Kartu Kredit

 

Larangan ini mulai efektif berlaku pekan lalu. Pengalaman HaloMoney.co.id di sebuah supermarket berlogo warna merah di Tangerang Selatan sudah tidak menggesek kartu debit di mesin kasir atau cash register. Pramuniaga mengatakan tidak berani lagi menggesek kartu debit dan kartu kredit karena sudah dilarang. “Sebelumnya digesek ke mesin kasir agar transaksinya bisa langsung diketahui kantor pusat,” begitu seorang pramuniaga tersebut.

Plus dan Minus Aturan ini

Gesek ganda dalam transaksi dengan kartu kedit dan debit di berbagai merchant, terutama di supermarket, hyermarket dan minimarket, sebenarnya telah berlangsung lama. Dengan larangan baru ini, masyarakat dan merchant tentu cukup terkejut. Sebab transaksi mereka yang selama ini berlangsung ternyata tergolong transaksi yang berpotensi disalahgunakan.

Kini dengan larangan ini, Bank Indonesia ingin melindungi nasabah dari potensi penyalahgunaan tersebut. Langkah ini tentu perlu diacungi jempol. Hanya saja, larangan ini bisa merugikan konsumen jika merchant belum siap sehingga tidak bisa mengeluarkan struk belanja. Sebab selama ini merchant menggesek kartu non tunai sebagai cara untuk mengeluarkan struk belanja. Dengan pemberitahuan yang terbilang mendadak ini, konsumen dan merchant bisa mengalami kesulitan dalam bertransaksi.

 

  1. Biaya Tambahan 3% Kartu Kredit

 

Hal kedua yang perlu diketahui oleh pengguna transaksi non tunai, terutama dengan kartu kredit, ialah soal biaya tambahan kartu kredit. Masalah ini belum banyak diketahui oleh nasabah maupun merchant sehingga biaya tambahan 3% masih sering terjadi.

 

Biaya tambahan kartu kredit sebesar 3% sebenarnya sudah dihapus oleh Bank Indonesia (BI) lewat Peraturan Bank Indonesia nomor 11/11/PBI/2009 tentang penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu. Pada pasal 8 disebutkan bahwa acquirre atau penerbit kartu kredit wajib menghentikan kerja sama dengan merchant yang merugikan, baik merugikan pihak penerbit dan pemegang kartu. Transaksi ini tergolong merugikan dan telah dilarang oleh Bank Indonesia.

 

Dari riset HaloMoney.co.id, larangan ini pernah diumumkan secara terbuka oleh Analis Eksekutif Tim Pengaturan Sistem Pembayaran Direktorat Akuntansi dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Puji Atmoko di Gedung BI, Jakarta, Rabu (5\/4\/2011).

 

Baca juga: Biaya Tambahan 3% Kartu Kredit Dilarang, Nasabah dan Merchant Harus Ngapain?

Biaya tambahan kartu kredit  sebesar 3 persen ini dikenal juga dengan Merchant Discount Rate (MDR) atau surcharge. Biaya itu biasanya dikenakan oleh pihak bank kepada pemilik toko sebagai biaya penggunaan mesin EDC di toko mereka untuk memudahkan pembayaran dari pembeli.

 

Namun faktanya, sering kali pemilik toko mengalihkan biaya itu kepada pembeli yang membayar menggunakan kartu kredit. Alasannya, pemilik merchant tidak ingin kehilangan keuntungan.

 

Tapi harus diakui, biaya tambahan kartu kredit ini sebenarnya cukup dilematis bagi merchant. Pemilik toko kadang hanya mendapatkan sedikit keuntungan dari barang atau jasa yang dibeli dengan kartu kredit tersebut. Maklum, biaya tambahan kartu kredit sebesar 3% sebenarnya harus diserahkan kepada pihak bank. Bisa jadi mereka malah menanggung kerugian setelah transaksi tersebut.

 

Namun di sisi lain, konsumen nantinya akan dikenakan bunga oleh bank setelah pembelian dilakukan di merchant. Akibatnya, konsumen dibebani dengan biaya ganda, yakni biaya tambahan tiga persen ini dan bunga kartu kredit.

 

Informasi lebih lanjut mengenai hal-hal yang harus kalian ketahui sebagai konsumen bisa kalian dapatkan di blog Halomoney. Bila artikel ini kamu nilai bermanfaat, jangan lupa membaginya kepada kawan, kolega dan kerabat kamu, ya!

Simak lebih banyak tips pengelolaan keuangan pribadi di sini. Di situs Halomoney.co.id, kamu juga bisa membandingkan dan mengajukan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbaik sesuai kebutuhanmu.

 

 


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Pesan Keuangan Buat Raisa-Hamish dan Pasangan Baru Lainnya

Hamish Daud

Akhir pekan lalu (3/9), Raisa Andriana dan Hamish Daud resmi menikah. Hari itu bahkan diplesetkan menjadi hari berkabung nasional bagi mereka yang belum memiliki pasangan alias jomblo. Begini kiat mengatur keuangan bagi para pasangan baru.

Selain itu, pasangan baru menikah ini menjadi idaman baru bagi para pasangan yang baru menikah. Suka duka pasangan baru Raisa Andriana dan Hamish Daud akan selalu menjadi sorotan. Termasuk pernak-pernik cerita bagaimana mereka mengisi hari-hari barunya saat berlibur, bekerja, hingga mengatur keuangan.

Kamu mungkin termasuk salah satu pasangan baru seperti Raisa Andriana dan Hamish Daud yang saat ini tengah menikmati kebahagiaan dan euforia selama masa bulan madu. Silakan menikmati bulan madu sepuas hati. Namun jangan lupa, setelah bulan madu usai, tantangan mungkin segera datang dan bisa jadi tidak mudah untuk dihadapi.

Salah satu masalah pelik yang sering dihadapi pasangan baru ialah mengelola keuangan. Namun disitulah letak seni mengelola keluarga. Berikut ini tips keuangan dari HaloMoney.co.id bagi para pasangan baru:

1. Terbuka mengatur keuangan

Mengatur keuangan bagi keluarga baru antara lain menyangkut belanja, tabungan, hingga utang atau cicilan. Ajaklah pasangan untuk diskusi tentang pembayaran tersebut, hal ini dilakukan untuk menghindari pertengkaran seputar masalah Keuangan yang bisa saja terjadi dalam rumah tangga.

Saat berumah tangga, banyak tagihan yang harus diperhatikan. Seperti tagihan listrik, air, dan belum lagi cicilan kepemilikan rumah (KPR) atau kendaraan. Selain itu, suami dan istri mungkin memiliki ide yang berbeda tentang menghabiskan dan menyimpan uang.

Kamu mungkin saja tipe orang yang suka berhemat, sedangkan pasangan lebih boros saat menggunakan uang. Hal ini sering menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga. Demi mengatasinya, segeralah bicarakan tentang uang yang dikeluarkan dan akan ditabung dengan pasangan kamu.

Baca juga: Raisa-Hamish, Perselingkuhan Keuangan, dan Tips Hemat Keluarga

2. Hindari perselingkuhan keuangan

Seringkali pasangan baru tergoda untuk melakukan apa yang namanya perselingkuhan keuangan. Contohnya, kamu tidak memberitahu pasangan saat membeli barang mahal. Perselingkuhan keuangan ini bisa membuat keributan besar dalam rumah tangga bila pasangan mengetahui hal tersebut dan keberatan dengan transaksi barang mewah tersebut.

Cara menanganinya adalah membicarakannya lebih dulu sebelum kamu membeli barang berharga tersebut. Berbicaralah secara terbuka tentang pentingnya barang tersebut sehingga pasangan kamu mengerti dan setuju membelikan barang tersebut.

3. Penyesuaian anggaran rumahtangga

Setelah menikah, setiap pasangan baru harus mau menyesuaikan anggaran bulanannya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Misalnya, jika masih hidup sendiri dahulu, anggaran untuk belanja fesyen hingga Rp 2 juta per bulan. Setelah menikah, mungkin kebiasaan tersebut perlu ditinjau lagi. Sebab, ada kebutuhan keuangan yang harus dialokasikan. Antara lain menyediakan kebutuhan pokok di rumah atau membayar cicilan untuk kebutuhan bersama.

Apalagi jika tidak lama setelah menikah, istrimu  hamil. Kehadiran anak dalam sebuah pernikahan tentu akan membawa perubahan besar dalam pengaturan keuangan keluarga.

Baca juga: Gesek Kartu Kredit dan Debit dan Biaya Tambahan 3%, Bolehkah?

4. Suami Membeli Asuransi Jiwa

Asuransi dalam keluarga kini sangat penting bagi sebuah keluarga, termasuk keluarga pasangan baru. Asuransi ini akan mengcover risiko akibat kematian yang dialami oleh kepala rumah tangga, dalam hal ini diasumsikan seorang suami. Jika suami meninggal dunia, istri dan anak-anak dapat melanjutkan hidup dengan baik sesuai perencanaan.

Dalam membeli produk asuransi jiwa, pastikan uang pertanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi, jika kepala rumah tangga meninggal dunia, sesuai kebutuhan keluarga. Di sisi lain, Kamu perlu memastikan kemampuan membayar premi bulanan atau tahunan sesuai kemampuan finansial. Jangan lupa, pilihlah perusahaan asuransi jiwa yang terpercaya, memiliki modal kuat, reputasi yang baik di mata konsumen, dan memiliki ketentuan yang tidak menyulitkan konsumen.

5. Jalankan Trik Hemat

Setelah menjadi pasangan baru, setiap keluarga perlu melakukan sejumlah trik berhemat. Sejumlah trik hemat bisa didapatkan dalam e-book Halomoney.co.id. Misalnya, jika kamu terbiasa makan siang di kantin, mungkin sekarang mulai membawa makan siang dari rumah. Selain lebih hemat, juga sehat. Trik hemat ini agar Kamu tidak mengalami guncangan arus kas dan bisa mencapai tujuan finansial yang ingin kamu capai bersama pasangan.

Itulah beberapa langkah penting seputar pengelolaan keuangan bagi para pasangan baru, termasuk Raisa Andriana dan Hamish Daud. Semoga pernikahan kalian tetap menyenangkan dan seru setiap saat. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk mendapatkan informasi keuangan, melakukan perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan kredit tanpa agunan dari berbagai bank.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

Begini Cara Transaksi Bank Saat Ribuan ATM Bermasalah

ATM Bermasalah

Ribuan mesin ATM bank masih tidak dapat berfungsi alias “offline” akibat gangguan jaringan satelit Telkom1. Bagaimana agar nasabah tetap bisa bertransaksi dengan aman saat ATM bermasalah?

Di awal pekan ini, kerusakan ATM bank menjadi topik hangat, di media online maupun
di gedung-gedung perkantoran. Kebetulan, di awal bulan masih tergolong tanggal muda
sehingga banyak pegawai harus bertransaksi di ATM untuk membayar cicilan.

Sebenarnya gangguan transaksi tidak hanya di ATM. Dalam beberapa kasus, transaksi
melalui mobil banking juga sempat mengalami gangguan.

Gangguan menimpa beberapa bank besar: yakni Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank
BRI. Bank BCA mengungkapkan, dalam konferensi pers, ATM yang terganggu
mencapai 5.700 ATM atau sekitar 30% dari total ATM BCA. Kebanyakan ATM BCA
yang terganggu di pusat belanja di Jabodetabek dan kota lainnya.

Siaran beberapa stasiun televisi juga ikut hilang beberapa saat pada hari Sabtu (26/8),
yakni ANTV, Net.TV, Trans TV, dan Trans 7. Gangguan ini bersumber dari Satelit
Telkom 1 milik PT Telkom Tbk. Satelah yang telah berusia 18 tahun mengalami
anomali, menggunakan istilah Telkom, sehingga jaringan ATM Bank bermasalah.
Nasabah bank yang ingin menggunakan jaringan ATM ikut terkena imbasnya.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui seputar gangguan traksaksi
ini:

1. Gangguan Diperkirakan Hingga 10 September 2017

Dalam keterangan resminya, Telkom mengatakan proses migrasi dari Telkom 1 ke
satelit pengganti ditargetkan paling cepat hingga 10 September 2017. Artinya, gangguan
jaringan ATM Bank masih akan terjadi hingga akhir pekan ini.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa Syarat Kartu Kredit

2. BCA mengganti biaya tarik tunai di bank lain

Bank BCA memutuskan untuk mengganti biaya tarik tunai di ATM bank lain. Biaya tarik
tunai dengan kartu debit BCA di ATM bank lain sebesar Rp 7.500 per transaksi.

Fasilitas gratis ini berlangsung sejak 26 Agustus hingga 8 September 2017.

Perlu kamu catat, perhitungan gratis dari BCA adalah sebagai berikut: nasabah tetap
akan dibebankan biaya komisi Rp 7.500 saat transaksi, tetapi BCA akan
menggantikannya pada akhir bulan secara otomatis.

Fasilitas gratis ini khusus untuk tarik tunai. Kalau cek saldo atau transfer dengan kartu
debit BCA di ATM bank lain tetap terkena biaya. Alasan BCA, cek saldo dan transfer
masih bisa dilakukan di ATM BCA.

3. Transaksi ATM di Kantor Unit dan Cabang

Kebanyakan gangguan ATM bermasalah terjadi di pusat belanja atau pertokoan. Namun ATM yang
ada di kantor cabang atau unit, umumnya masih berfungsi normal untuk tarik tunai,
transfer maupun cek saldo.

Bank BCA misalnya, menganjurkan nasabahnya yang ingin bertransaksi di ATM untuk
mencari ATM BCA di kantor unit dan kantor cabang atau kantor cabang pembantu
BCA. ATM tersebut masih berfungsi karena memiliki jaringan yang berbeda dengan
ATM di pusat belanja dan pertokoan.

Baca juga: Pesan Keuangan buat Raisa-Hamish dan Pasangan Baru Lainnya

4. Tarik tunai di Indomaret atau AlfaMart

Saat ATM bermasalah, alternatif lainnya untuk melakukan tarik tunai ialah melakukan tarik tunai di Indomaret
dan Alfamart. Hanya saja nilainya terbatas, sesuai ketersediaan dana di Indomaret atau
Alfamart yang kamu datangi. Selain itu, kamu harus berbelanja dulu minimal Rp 20.000
sebelum melakukan tarik tunai di kasir.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar dampak setelah Satelit Telkom 1
bermasalah. Gunakan situs HaloMoney untuk mendapatkan informasi keuangan
pribadi dan memanfaatkan fitur perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan kredit
tanpa agunan dari berbagai bank.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

5 Tips Simpel Mengatur Keuangan Keluarga Buat yang Baru Menikah

Baru Menikah

Pasangan yang baru menikah sering gak paham mengatur keuangan keluarga. Padahal acap kali persoalan keuangan jadi sebab nomor wahid retaknya hubungan dalam rumah tangga.

Sebelum menikah, keuangan adalah salah satu hal penting yang perlu dibahas secara mendalam oleh pasangan.

Pasalnya, romantisme masalah keuangan tidak akan seindah pesta pernikahan dan masa bulan madu. Tak sedikit pasangan yang bertengkar ketika masalah keuangan muncul dalam rumah tangga yang baru saja dibina.

Biasanya obrolan seputar masalah keuangan selalu dihindari di masa pacaran. Akibatnya, pasangan yang baru menikah kerap merasa kesulitan mencari cara untuk mengatur keuangan keluarga dengan tepat.

Masing-masing pihak belum memiliki bayangan dan belum bisa membedakan mengatur keuangan ketika masih sama-sama lajang dan ketika sudah hidup bersama.

Cara mengatur keuangan keluarga yang keliru dan sering dilakukan pengantin baru yang baru menikah

Tak jarang pengantin baru yang terlalu larut dalam kegembiraan pernikahan. Mereka merasa bisa hidup tenang, nyaman dan bahagia selamanya.

Padahal kenyataannya kita justru akan menemukan berbagai masalah saat membina rumah tangga, termasuk salah satunya masalah keuangan.

Agar bisa terhindar dari masalah keuangan keluarga, inilah daftar kesalahan dalam mengatur keuangan keluarga yang kerap dilakukan pengantin baru.

Gak terbuka soal kondisi keuangan masing-masing

Merahasiakan kondisi keuangan pribadi dari pasangan adalah kesalahan besar yang dilakukan pengantin baru.

Memang tidak semua hal perlu diberitahukan kepada pasangan. Kita bisa saja menyimpan sedikit rahasia, tapi jangan sekali-kali dilakukan dalam masalah keuangan.

Mulai dari berbohong soal gaji yang diterima, hingga menutup-nutupi pengeluaran serta kredit yang sedang diambil hanya akan berdampak lebih buruk daripada membicarakannya.

Pembicaraan soal keuangan dianggap haram

Pengantin baru juga kerap menghindari perbincangan soal keuangan. Entah karena menganggap hal tersebut tidak pantas untuk dibicarakan, tabu atau haram.

Sejatinya obrolan soal dana tabungan, investasi, hingga tagihan-tagihan merupakan hal yang wajib diketahui satu sama lain.

Bila pengantin baru sama-sama enggan membicarakan keuangan keluarga, apapun masalah keuangan tidak akan diketahui dan bisa diselesaikan bersama.

Hanya satu pihak yang urus keuangan

Karena baru menikah, banyak pasangan yang masih menetapkan cara tradisional dimana istri diberi kepercayaan penuh oleh suami untuk mengatur keuangan rumah tangga.

Sebaliknya, tidak jarang istri yang menganggap suami yang punya tanggung jawab penuh untuk membawa pulang penghasilan dan menanggung hidup keluarga. Padahal keuangan keluarga menjadi tanggung jawab satu sama lain.

Miliki gaya hidup seperti masih lajang

Mungkin banyak kita temui para istri sibuk menghabiskan penghasilan pribadi mereka untuk membeli tas atau kosmetik baru.

Di sisi lain, suami memutar otak untuk bergulat dengan cicilan kredit rumah. Kita bisa saja menghabiskan seluruh penghasilan sesuka hati untuk membeli barang yang diinginkan ketika masih lajang, tetapi lain halnya jika kita sudah menikah.

Hangout atau sekadar makan di luar terlalu sering

Hangout atau sekadar makan di luar bersama pasangan, jika dilakukan sesekali untuk mencari suasana baru atau melepas penat kesibukan, itu mungkin wajar.

Bagaimana bila kegiatan tersebut dijadikan rutinitas seperti ketika masih pacaran atau bahkan dilakukan setiap hari?

Ingat, sebagai pasangan yang baru menikah, seperti telah disebutkan di atas, banyak tujuan keuangan yang mesti dikejar. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa menghamburkan keuangan.

Kunci sukses mengatur keuangan keluarga pada pasangan yang baru menikah

Merupakan hal yang wajar jika pengantin baru masih melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan keluarga.

Bagaimanapun, butuh proses untuk beradaptasi dengan perbedaan yang terjadi. Apalagi pernikahan menyatukan dua pribadi yang berbeda, dari pemikiran, cara pandang, hingga gaya hidup yang tak lepas dari persoalan keuangan.

Masalah keuangan pasti akan terjadi dalam berumah tangga. Hanya saja jangan sampai memicu timbulnya pertikaian besar, apalagi sampai perceraian. Agar kehidupan berumah tangga bisa berjalan lancar, berikut kunci sukses mengatur keuangan keluarga di awal-awal pernikahan.

Saling terbuka dengan kondisi keuangan masing-masing

Hal pertama yang wajib dilakukan pasangan dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah terbuka dengan kondisi keuangan masing-masing.

Kenali lebih dalam kondisi keuangan pasangan dengan saling mengajukan pertanyaan seperti berapa penghasilan yang didapat suami atau jika istri juga bekerja, berapa penghasilannya? Apakah harus menanggung biaya hidup orang tua, adik atau saudara lainnya? Berapa jumlah utang yang dimiliki?

Menyusun anggaran kebutuhan harian, mingguan dan bulanan

Anggaran rumah tangga sangat penting bagi kelangsungan hidup rumah tangga. Dengan adanya anggaran harian, mingguan dan bulanan, kita bisa membatasi pengeluaran dan memprioritaskan kebutuhan.

Untuk memudahkan, bagi anggaran untuk kebutuhan dengan strategi 50:30:20 dimana 50% penghasilan digunakan untuk pengeluaran wajib dana fleksibel seperti makan sehari-hari, cicilan utang hingga pembayaran tagihan listrik dan air. Hal ini merupakan hal penting yang wajib dianggarkan agar pengeluaran terkontrol.

Satu lagi, miliki juga dana darurat yang bisa didapatkan dari menyisihkan 5-10% penghasilan. Tujuan dana ini adalah untuk mengantisipasi berbagai risiko yang bisa terjadi.

Membagi tugas dan tanggung jawab dengan adil

Biasanya dalam berumah tangga, penghasilan suami akan diberikan kepada istri dan kemudian istri yang akan membaginya dalam pos-pos pengeluaran. Lain halnya jika suami dan istri sama-sama bekerja, terdapat pembagian tugas dalam menyelesaikan kebutuhan.

Misalnya gaji suami digunakan untuk membayar cicilan rumah, belanja bulanan dan kebutuhan sekolah anak. Sedangkan gaji istri digunakan untuk membayar tagihan listrik, telepon dan urusan liburan.

Rutin untuk menabung dan investasi

Masih dengan strategi 50:30:20, tabung dan investasikan dana minimal 30% dari pendapatan di awal, bukan sisa dari pengeluaran lainnya. Di saat kita menerima gaji, sisihkan 30% paling sedikit untuk ditabung dan investasi.

Menabung dan investasi akan terasa besar manfaatnya saat keluarga memiliki keperluan mendesak dan tentunya untuk biaya masa depan seperti pensiun atau pendidikan anak.

Jangan lupakan rekreasi dan hiburan keluarga

Meski harus berhemat dalam mengatur keuangan keluarga, jangan lupa untuk menempatkan bujet liburan dan rekreasi.

Setidaknya, kita dapat memiliki “quality time” untuk rileks atau bersenang-senang bersama suami dan keluarga. Jadi suasana kehidupan keluarga pun tidak monoton.

Tak perlu takut kondisi finansial terganggu, gunakan strategi 50:30:20. Sisihkan 20% dari pendapatan bulanan untuk biaya rekreasi seperti jalan-jalan, belanja baju, atau hiburan lainnya.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

5 Tips untuk Bisa Sukses Bekerja Sambil Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah Kelas Karyawan

Belakangan ini sering kita temukan mahasiswa yang mengambil kuliah kelas karyawan. Kuliah sambil kerja dilakukan orang banyak pada saat ini dengan berbagai alasan.

Mayoritas perusahaan di Indonesia masih mementingkan gelar pendidikan. Semakin tinggi jenjang kuliah, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan gaji dan jabatan tinggi. Umumnya, gelar kita akan berbanding lurus dengan gaji yang didapat.

Namun, tak semua orang bisa mengenyam pendidikan tinggi. Karena masalah ekonomi, tak jarang tamatan SMA memilih tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Banyak yang langsung terjun ke dunia kerja karena tidak punya cukup dana untuk melanjutkan kuliah.

Akibat persaingan yang keras dalam berkarir, karyawan dituntut memiliki level pendidikan yang cukup. Untuk beberapa level jabatan, latar belakang pendidikan akan menjadi pertimbangan.

Sebanyak apapun pengalaman seseorang, bisa kalah untuk naik jabatan dengan orang lain yang memiliki pendidikan lebih tinggi.

Ketika sudah mengalami hal seperti ini, banyak orang yang baru sadar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Demi karir dan pendapatan, tak ada pilihan lain untuk kuliah lagi dan mendapatkan gelar yang lebih tinggi.

Bagi para pekerja, tak perlu khawatir membagi waktu untuk menjalankan aktivitas kuliah sambil bekerja. Kini banyak universitas yang menawarkan kuliah kelas karyawan.

Ketahui dulu serba-serbi kuliah sambil kerja jika ambil kelas karyawan

Apa sebenarnya kuliah kelas karyawan? Apa yang membedakannya dengan perkuliahan biasa? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut ada dalam benak para pekerja yang berminat untuk kuliah lagi.

Karena diperuntukan bagi pekerja, kuliah kelas karyawan tentu memberikan perlakuan khusus bagi para mahasiswanya, terutama soal fleksibilitas.

Meski fleksibel, bukan berarti kita bisa melakukan aktivitas kuliah semau kita. Tak jarang karyawan yang berhenti di tengah jalan ketika sedang menempuh perkuliahan. Sulitnya membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan kerap dijadikan alasan.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah sambil bekerja, sebaiknya ketahui dulu secara rinci serba-serbi kuliah kelas karyawan berikut ini.

Waktu perkuliahan

Jika kuliah reguler dimulai dari pagi hingga sore hari, lain halnya dengan kuliah kelas karyawan. Karena mayoritas mahasiswa bekerja dari pagi hingga sore hari, waktu perkuliahan di kelas karyawan menyesuaikan dengan jam kerja.

Biasanya kegiatan belajar mengajar dilakukan pada malam hari dan tidak berlangsung selama lima hari penuh. Tentu hal ini dilakukan agar tidak menganggu jadwal para mahasiswa.

Tugas yang diberikan

Status sebagai karyawan tidak seketika membuat mahasiwa kelas karyawan terbebas dari tugas. Tentu dosen tetap memberikan sejumlah tugas untuk memenuhi syarat kelulusan.

Namun jangan khawatir, biasanya dosen lebih banyak memberikan tugas kelompok dan cenderung menoleransi keterlambatan pengumpulan tugas.

Lama studi

Lamanya waktu kuliah kerap membuat orang mempertimbangkan kembali untuk melanjutkan studi. Sebenarnya saat ini sudah banyak kampus yang menawarkan kelas karyawan dengan masa perkuliahan yang singkat.

Biasanya tergantung dari jumlah SKS yang diambil atau gelar yang sudah dimiliki sebelumnya. Jika kita punya sudah punya gelar diploma, tentu masa tempuh kuliah akan lebih singkat dibandingkan dengan orang yang berijazah SMA.

Strategi bisa sukses bekerja sambil kuliah kelas karyawan

Kuliah sambil bekerja memang terasa berat awalnya. Pekerjaan kantor sekaligus tugas kuliah yang datang bertubi-tubi tak ada habisnya rasanya membuat kita ingin menyerah saja.

Tak perlu panik, semua bisa dijalankan asal kita disiplin dan pintar mengaturnya. Berikut tips sukses bekerja sambil kuliah agar keduanya bisa berjalan dengan lancar.

  1. Beritahu atasan bahwa kita berencana untuk melanjutkan kuliah
    Sebelum memilih universitas yang tepat, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memberitahukan atasan dan perusahaan bahwa kita memiliki rencana untuk melanjutkan kuliah. Tak perlu sungkan karena biasanya perusahaan justru akan mendukung.

    Pasalnya, pengetahuan karyawan yang meningkat tentu akan turut mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. Kita juga akan semakin mudah untuk meminta izin yang berkaitan dengan perkuliahan ketika perusahaan mengetahui rencana ini.

  2. Pilih universitas yang membuka kelas karyawan di hari Sabtu & Minggu
    Tugas utama kita sebagai karyawan adalah mematuhi peraturan yang dibuat perusahaan, salah satunya soal waktu. Ketika karyawan memiliki peran ganda sebagai mahasiswa, wajib hukumnya untuk bisa membagi waktu dengan cermat.

    Sesuaikan jadwal pulang kantor dengan jadwal masuk kelas perkuliahan. Jika biasanya jam pulang kantor pukul 17.00, pilih kampus yang memiliki jadwal kuliah mulai dari pukul 18.00. Jangan lupa juga untuk pertimbangkan waktu tempuh dari kantor ke kampus.

    Apabila kantor tempat kita bekerja memiliki jam kantor yang tidak pasti, sebaiknya pilih universitas yang membuka kelas karyawan di hari Sabtu dan Minggu. Sehingga kita tak perlu kepusingan membagi jadwal kerja dan kuliah.

  3. Pilih jurusan yang sejalan dengan profesi yang ditekuni
    Akan lebih baik jika kita memilih jurusan kuliah yang sejalan dengan profesi yang dijalani saat ini. Kita bisa lebih mudah saat menjawab pertanyaan seputar teori perkuliahan karena sudah pernah mempraktekannya sebelumnya.

    Begitu juga saat mengerjakan pekerjaan kantor, kita bisa terbantu dengan ilmu yang didapat dari pelajaran di kampus. Hal ini tentunya juga baik untuk perkembangan karir di kantor.

  4. Hitung biaya kuliah
    Pertimbangan biaya kuliah juga tidak kalah penting. Cari informasi selengkapnya tentang biaya masuk dan biaya kuliah tiap semesternya.

    Sebagai contoh, Lala ingin melanjutkan kuliah di jurusan bisnis dengan biaya masuk Rp 10 juta dan biaya per semester Rp 8 juta. Maka Caca harus menyiapkan Rp 10 juta di awal dan menyisihkan kurang lebih Rp 1,3 juta dari gajinya per bulan untuk membayar biaya kuliah satu semester.

  5. Gak cukup bujet? Banyak pilihan tempat kuliah kelas karyawan berbiaya murah
    Kuliah kelas karyawan kerap memberi tarif lebih mahal dibandingkan kelas reguler. Ini merupakan hal yang wajar mengingat pihak kampus harus menentukan jadwal mahasiswa, jadwal dosen, hingga kurikulum yang paling memudahkan mahasiswa.

    Namun jangan patah semangat dulu jika sumber penghasilan tidak mencukupi biaya kuliah tiap bulannya. Jika ditelusuri lebih cermat lagi, banyak universitas yang berkualitas namun harganya masih terjangkau. Misalnya Universitas Terbuka yang kini sudah menjadi universitas negeri. Biaya per semesternya bahkan tidak mencapai Rp 3 juta.

    Manfaatkan juga fasilitas beasiswa yang diberikan beberapa kampus. Bahkan tak jarang universitas yang menyediakan beasiswa hingga 100% untuk mahasiswa kelas karyawan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.