Mau Pelihara Hewan di Rumah? Boleh Kok, Bikin Rumah Seperti Ini untuk Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan

Sebagian orang merasa rumahnya belum lengkap tanpa hewan peliharaan. Anjing, kucing dan kelinci adalah jenis-jenis hewan favorit yang dipelihara di dalam rumah. Masalahnya, hewan-hewan peliharaan kerap kali membuat rumah kotor dan merusak perabotan.

Ini mungkin pertanyaan yang sering diungkapkan para orangtua ketika sudah punya anak. Iya dong, anak pasti selalu jadi yang pertama dan utama. Jadi tiap keputusan yang dibuat sama orangtua, sudah pasti pertimbangan utamanya adalah anak.

Nah, balik lagi ke pertanyaan awal, boleh gak sih punya hewan peliharaan ketika sudah ada anak di rumah? Jawabannya boleh banget. Malah, adanya hewan peliharaan kayak kucing atau anjing di rumah, bisa berdampak positif lho buat buah hati!

Profesor Gail F. Melson, PhD dari Purdue University Indiana sekaligus penulis “Why the Wild Things Are: Animals in the Lives of Children” mengungkapkan anak-anak yang terbiasa berinteraksi dengan hewan peliharaan biasanya lebih jarang gelisah dan menarik diri. Mereka juga cenderung lebih peduli dan mengayomi sesama.

Gak cuma itu, punya hewan peliharaan juga bikin hubungan anggota keluarga semakin erat, lho! Sebab seringkali kegiatan keluarga berfokus di sekitar hewan peliharaan. Misalnya, mengajak anjing jalan-jalan, secara bergiliran memandikan anjing atau mengikuti festival anjing.

Dengan mendengar fakta ini, apakah kamu terpikir adopsi hewan peliharaan juga? Tunggu dulu. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan nih.

Punya hewan peliharaan sama aja dengan punya anggota keluarga baru. Maka itu, spesifikasi rumah tentu juga perlu diperhatikan.

Ini penting lho, supaya biaya perawatan rumahmu gak bengkak lantaran spesifikasi rumah gak mendukung kebutuhanmu sebagai pemilik binatang peliharaan. Belum lagi, peliharaanmu nanti juga bisa gak happy. Kasihan kan?

Nah biar gak menyesal di belakang, ayo bikin perubahan kecil di rumahmu dengan melakukan lima hal ini:

1. Pasang lantai keramik tanpa pelapis

Kalau punya hewan peliharaan di rumah, lantai keramik adalah pilihan yang tepat karena mudah dibersihkan dari noda. Selain itu, keramik juga bakal membuat hewan peliharaanmu sejuk ketika dia tidur siang.

Jangan melapisinya dengan vinyl atau plester, karena ini bakal bikin kamu susah buat membersihkannya dari kotoran binatang.

2. Kalau mau pasang karpet, pilih bahan yang tepat

Soal memilih karpet juga harus dipertimbangkan matang-matang, terutama yang punya hewan peliharaan anjing atau kucing.

Bisa saja, kuku-kuku mereka merusak karpet rumahmu yang mahal dan bagus. Bisa juga mereka buang kotoran di atas karpet.

Karpet yang harus kamu beli tentunya adalah yang kuat dan tahan noda. Seperti karpet fiber yang punya daya tahan terhadap goresan.

Pas deh buat kamu yang mau pelihara anjing. Karpet fiber juga mudah dibersihkan kok dan gak menyerap cairan.

Selain karpet fiber, ada juga karpet nilon. Nilon punya karakteristik yang hampir mirip dengan fiber. Hanya saja, karpet nilon permukaannya lebih lembut. Hewan peliharaanmu pasti betah berlama-lama di sana.

3. Jangan beli sofa beludru

Sebisa mungkin jangan beli sofa beludru deh kalau kamu memelihara kucing atau anjing. Pilih saja sofa kulit atau semi kulit, karena lebih mudah dibersihkan dari bulu. Tapi, jangan lupa lindungi sofamu juga ya.

Selalu pakai sofa cover bila si meong atau si doggy sering naik-naik ke sofa. Gunakan juga kain anti-air untuk menutupi sofa buat mengantisipasi peliharaanmu buang kotoran di atas sofa. Dan sebisa mungkin, latih hewan peliharaan biar gak kebiasaan main di atas sofa ya.

4. Gunakan cat interior semi glossy

Untuk cat interior, gunakan saja cat yang semi glossy atau yang mengkilap. Cat semi gloss atau gloss memang lebih menarik dan mudah dibersihkan.

Walaupun hewan peliharaanmu sering dibersihkan, gak menutup kemungkinan kan dia meninggalkan noda. Repot kalau kamu pakai cat satin atau non gloss.

5. Sediakan ruang khusus untuk hewan peliharaan

Bila binatang peliharaanmu ada di dalam rumah, usahakan untuk menyediakan satu ruang khusus buatnya. Taruh saja tempat makannya di sana, sekaligus tempat buang air.

Kamu juga bisa menaruh mainan favoritnya di sana, sekaligus tempat tidurnya. Pokoknya jadikan tempat itu sebagai ruangan pribadi buatnya deh biar dia juga nyaman.

Jadi, buat yang mau pelihara hewan jangan lupa cek kondisi rumah dulu ya!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Belajar dari Kasus First Travel, Ini 5 Tips Jitu Pilih “Travel Agent” untuk Haji

First Travel

Sudah tahu kan sama kasus First Travel? Itu lho, penipuan dan pencucian uang 58.682 calon jamaah haji yang total nilainya mencapai Rp 848 miliar. Walhasil, polisi menangkap pemilik sekaligus pemimpin penyelenggara perjalanan umrah PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel, yakni Andika Surachman dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan.

Bayangin saja, calon jamaah itu sudah bayar biaya haji dan umrah, tapi ujung-ujungnya gak diberangkatkan ke Tanah Suci. Ketiga pemilik dari First Travel pun sekarang sudah resmi jadi tersangka.

Selain kasus penipuan dana jamaah, First Travel rupanya juga terlilit utang. Jumlahnya gak sedikit, lho!

Utang kepada penyedia tiket sebesar Rp 85 miliar, pengurusan visa Rp 9,7 juta, utang biaya hotel dan charter pesawat di Arab Saudi sebesar Rp 500 miliar.

Saat ini, mereka diberikan waktu 45 hari buat melunasi utang tersebut. Jika mereka gak bisa bayar, maka mereka dinyatakan pailit.

Sudah ada 4.043 pengaduan calon jamaah yang menjadi konsumen First Travel

Sejak Crisis Center First Travel dibentuk, tercatat sudah ada 4.043 pengaduan yang dilayangkan para konsumen ke perusahaan travel tersebut. Di antaranya, ada pengaduan yang menyebutkan bahwa calon jamaah sudah bayar lunas dan hadir di bandara, namun malah gak jadi berangkat.

Gak sedikit dari mereka yang berasal dari daerah. Mereka sudah kumpul di Jakarta, terus gak jadi berangkat. Walhasil mereka balik ke kampung halamannya lagi.

Jika dilihat, First Travel memang disebut-sebut sebagai salah satu penyelenggara travel haji yang bonafide. Bahkan Anniesa Hasibuan, salah satu pemiliknya juga pernah masuk majalah Forbes. Tapi, apa yang terjadi saat ini justru sangat memprihatinkan.

Kasus ini bisa jadi pelajaran buat kita semua, khususnya yang ingin menunaikan ibadah haji. Sudah bukan rahasia, biaya naik haji gak sedikit.

Kalau sudah tertipu, tentu penyesalannya gak ada akhir. Pokoknya, ketika ingin memilih travel haji, jangan lupa lakukan lima hal ini.

1. Lacak rekam jejak travel umrah dan haji yang kamu pilih

Bila memang travel A adalah pilihanmu, maka lakukan penelusuran lebih lanjut soal travel tersebut. Cari tahu apa yang menjadi keluhan utama para jamaah haji terhadap perusahaan travel yang bersangkutan.

Ketahui juga, sudah berapa jamaah yang pernah mereka berangkatkan. Semakin banyak tentu semakin bagus.

2. Pilih travel berizin resmi

Pastikan bahwa travel umrah dan haji yang kamu pilih mengantongi izin dari Kementerian Agama (Kemendag) Republik Indonesia. Kalau memang mereka belum memiliki izin, cari saja yang lain.

3. Pilih yang paket travel-nya “masuk akal”

Jangan mudah tergiur dengan paket travel umrah dan haji yang harganya miring alias kelewat murah. Murah bisa saja berimbas kepada fasilitas yang kamu dapatkan.

Bisa jadi transportasinya gak memuaskan, hotel gak nyaman, atau pelayanan benar-benar gak profesional. Bisa jadi sudah bayar malah gak berangkat. Kayak First Travel ini kasusnya.

4. Jadwal keberangkatan harus pasti

Urusan haji memang ada kuotanya, karena itu menyangkut urusan visa. Kalau kamu dipaksa menunggu satu atau dua tahun untuk umrah, itu gak wajar.

Jika pihak travel juga gak bisa memastikan kapan keberangkatanmu, bisa jadi mereka travel abal-abal. Karena jadwal keberangkatan haji para jamaah yang pergi lewat travel juga sudah diatur sama Kemenag.

5. Cek fasilitas yang diberikan secara detail

Jangan sampai kecolongan masalah ini, meski ditulis bakal menginap di hotel A, tiket pesawat PP, jadwal tur dan makan kapan saja, kamu tetap harus mengonfirmasi ulang ya! Pastikan saja bahwa mereka berkomitmen sama apa yang mereka janjikan kepadamu.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

5 Aset yang Berpotensi Hilang karena Perceraian

Perceraian

Kata orang, kalau sudah siap menikah berarti harus siap juga menghadapi perceraian. Konyol memang, namun orang siap menikah ya sudah seharusnya pula siap mencegah perceraian.

Sebab, ketika bercerai, bukan hanya pasangan yang akan hilang. Sederet hal lainnya juga akan menguap seketika seperti bensin yang tumpah di jalan.

Konyol tentunya kalau pasangan yang sebelumnya diperjuangkan itu mesti lenyap dari dekapan. Gak ingat dulu mesti bohongin orangtua mengaku belajar kelompok ternyata pacaran di mal?

Apa dulu ketika mesti makan dua kali sehari selama seminggu hanya untuk bisa menonton di bioskop dan dinner pas malam minggu? Pengorbanannya berat, lho!

Sebagai pasangan suami-istri, seharusnya sama-sama mengerti akan hal itu. Kalau itu gak cukup buat mencegah bercerai, lihat nih daftar aset yang berpotensi hilang ketika kamu bercerai. Sudah siap kehilangan hal-hal ini?

1. Rumah hilang akibat perceraian

Rumah sebagai hasil usaha bersama pasti jadi rebutan. Solusi akhir biasanya rumah dijual dan hasilnya dibagi dua.

Hanya saja bisa beda jika rumah itu dibeli salah satu dari suami atau istri dan sertifikatnya atas nama dia. Rumah akan jadi miliknya, sementara pasangan gak mendapat apa-apa.

2. Kendaraan

Nasib aset ini serupa dengan rumah. Kalau dibeli dari patungan berdua, kendaraan akan dibagi dua. Tapi bisa juga kendaraan ini jadi milik salah satu pihak saja.

Itu terjadi kalau kendaraan dibeli sebelum pernikahan atau kendaraan direlakan jadi milik pasangan karena dirasa lebih membutuhkan. Semuanya tergantung negosiasi.

3. Uang di rekening bersama

Ini mungkin bisa menyesakkan untuk pasangan suami-istri yang salah satunya tinggal di rumah. Uang di rekening bersama akan dibagi dua sama besar setelah bercerai.

Bila suami di rumah sementara istri kerja, misalnya, uang gaji sang istri tetap harus dibagi dua untuk suami. Begitu pula sebaliknya.

Jika keduanya bekerja namun gaji salah satunya lebih besar, aturan yang sama berlaku. Total duit di rekening akan dibagi dua dengan porsi sama besar.

4. Investasi

Saat berumah tangga, investasi yang dilakukan berdua dinikmati bersama. Begitu bercerai, investasi mesti disetop lantaran gak ada hubungan lagi di antara keduanya.

Artinya, kesempatan untuk meraih tambahan pendapatan dari investasi pun sirna. Coba gimana bila sebelumnya punya pendapatan pasif dari investasi indekos, lalu tiba-tiba dana tambahan itu gak lagi bisa digunakan.

Bahkan mungkin dulu punya saham berlembar-lembar bersama pasangan di perusahaan yang kinerjanya oke, kini hanya punya sedikit saham karena dibagi dua. Harta jelas berkurang banyak.

5. Hak asuh anak

Ini nih yang paling krusial. Buat angkatan 90-an, pasti tahu ungkapan ini: harta yang paling berharga adalah keluarga. Gak usah sambil menyanyi tetapi dibacanya ya!

Sepenggal lirik dari lagu latar “Keluarga Cemara” itu akan sangat terasa ketika kamu bercerai. Sebab, hak asuh anak berpotensi hilang.

Gak perlu dijelaskan lagi tentu bagaimana rasanya kehilangan anak. Dunia bakal seperti runtuh saat tahu anak gak mudah lagi dipeluk dan disayang.

Itulah sederet aset yang berpotensi hilang ketika kamu bercerai. Tapi ini berlaku hanya jika sebelumnya gak bikin perjanjian pranikah atau prenuptial agreement.

Perjanjian pranikah adalah kesepakatan calon mempelai soal aset-aset yang dimiliki dan dibagi ketika bercerai. Misalnya dalam perjanjian diatur bahwa harta dipisah antara suami dan istri.

Saat bercerai, ya harta istri tetap jadi milik istri. Begitu juga sebaliknya. Misalnya istri beli mobil dari gaji sendiri dan atas namanya. Saat bercerai, mobil itu tetap jadi miliknya.

Bercerai adalah hal yang amat merugikan buat keluarga. Makanya, jangan sampai bercerai deh. Itu artinya, jangan coba-coba melakukan sesuatu yang berpotensi menimbulkan perceraian.

Tebar pesona di grup alumni kampus, misalnya. Nanti ada mantan yang kecantol dan bikin rumit hubungan keluarga, baru deh menyesal!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Waspada, Ini 3 Modus Penipuan Jual Beli Properti Online yang Kini Kian Marak Terjadi

Properti Online

Jumlah populasi masyarakat Indonesia kurang lebih ada 260 juta jiwa. Jumlah itu semakin bertambah dari tahun ke tahun, lho! Kebayang gak sih, sebesar apa lonjakan permintaan akan properti online di zaman digital?

Rumah juga merupakan kebutuhan pokok, bukan? Kamu pun pasti butuh rumah, baik itu berupa rumah tapak ataupun apartemen. Jadi wajar saja bila sebagian dari kamu banyak yang semangat benget pas mencari informasi properti di internet. Apalagi sekarang beli properti pun bisa online, jadi semua makin mudah.

Kamu mau membeli properti secara online? Ya gak masalah, boleh-boleh saja. Zaman sudah makin canggih kok. Tapi penipu juga makin jago, lho!

Wajib diketahui kalau bukan hanya urusan dagang pakaian, barang elektronik atau pernak-pernik lain yang banyak tukang tipunya. Gak sedikit juga tukang tipu yang beroperasi dalam penjualan properti online.

Makanya, sebelum memutuskan untuk beli properti secara online, kamu harus paham modus seperti apa yang dilakukan para pelaku penipuan terhadap korban. Yuk, kita telusuri lebih lanjut ulasannya!

1. Modus jual harga properti online di bawah harga pasaran

Harga properti memang mengalami kenaikan seiring dengan berjalannya waktu. Bila kamu tinggal di Jakarta, sudah tahu kan berapa kisaran harganya? Rumah kecil saja kalau lokasinya strategis, harganya bisa lebih tinggi ketimbang rumah dengan ukuran yang sama di Jawa Barat misalnya.

Jika kamu menemukan iklan rumah yang harganya kelewat murah dari pasaran, jangan keburu nafsu langsung bayar booking fee ke penjual. Kamu justru patut curiga akan hal ini.

Korban tentu tertarik dengan tawaran rumah murah. Tapi setelah korban membayar booking fee ke penjual, si penjual justru kabur bak hilang ditelan bumi. Kalau sudah begini ya apes lah, duit hilang gak jelas ke mana.

2. Modus promosi online lewat komunitas

Kalau yang ini, si pelaku biasanya memanfaatkan akun jejaring sosial untuk bergabung dalam komunitas tertentu. Komunitas yang dituju cukup beragam, bisa saja komunitas pecinta anjing, komunitas olahraga, mobil, motor atau yang lain.

Faktor kepercayaan antar anggota komunitas memang cukup tinggi, apalagi kalau sudah akrab. Karena tujuan dari terbentuknya komunitas adalah sebagai wadah berkumpul orang-orang yang punya tujuan atau hobi yang sama.

Pelaku pasti paham bahwa komunitas itu berisi orang-orang dengan status ekonomi mapan. Nah dari situlah dia menjalankan aksinya, pertama tentu dengan mengakrabkan diri dulu. Dan selanjutnya mulai main tipu-tipu deh.

3. Membajak iklan

Penipu juga bisa membajak iklan real estate asli dengan mencantumkan nomor kontak informasi dan email yang tertera. Ini lebih mengerikan, lho!

Media iklannya pasti menjanjikan, desain brosur rapi dan menjanjikan. Tapi penjualnya ternyata palsu.

Ketika korban transfer dana ke si penjual, penjual kabur begitu saja. Ketika si korban minta klarifikasi ke developer, tentu developer gak bakal bisa bertanggung jawab atas hal ini. Ya iyalah mereka juga kecolongan kan.

So, besok kalau mau beli properti online jangan buru-buru ya. Kalau lihat iklan huniannya, telepon si penjual dan ajak ketemuan lihat rumah.

Pokoknya, cari tahu informasinya yang lengkap deh. Jangan setengah-setengah. Selamat berburu properti!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Bikin Kamar Tidur untuk Si Kecil? Ini Rincian Biayanya yang Bakal Kamu Keluarkan

Kamar Anak

Bagi yang sudah punya anak, pasti sering merasa kalau waktu berjalan begitu cepat. Padahal baru kemarin si kecil lahir, sekarang tiba-tiba sudah mau masuk SMP dan butuh kamar anak sendiri saja. Pernah merasa begini?

Nah, seiring dengan bertambah umurnya sang buah hati, mereka pasti akan punya kebutuhan untuk punya kamar sendiri. Gak mungkin dong mau tidur terus sama papa-mamanya layaknya anak balita.

Gak cuma karena butuh, keberadaan kamar sendiri untuk anak juga berguna untuk melatihnya soal kemandirian. Kamar pribadi bisa membantu anak “lepas” perlahan-lahan dari ketergantungannya kepada orangtua, sekaligus memberinya ruang untuk privasi.

Oleh karena itu, segera buatkan kamar anak di dalam rumah setelah buah hati dirasa sudah cukup umur. Tapi jangan main bikin saja ya. Keputusan ini pasti memerlukan perencanaan dan persiapan, karena erat kaitannya dengan doku alias uangmu.

Supaya gak kaget dan mendadak bingung, yuk kita cari tahu biaya apa saja yang bakal dibutuhkan saat menyiapkan kamar untuk anak. Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Cat tembok

Saat usia berapakah biasanya anak perlu punya kamar sendiri? Jawabannya pasti beragam. Tiap orangtua tentu punya pandangan masing-masing mengenai hal ini dan itu sah-sah aja.

Pastinya, kamar sendiri umumnya sudah dimiliki anak ketika mereka menginjak usia remaja, kira-kira 12-13 tahun. Bahkan ada juga orangtua yang sudah membuatkan kamar anak ketika mereka usia 7 tahun atau baru masuk SD.

Apa pun itu, anak tentunya masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan ketika menempati ruang pribadinya itu. Artinya, selera dan kegemarannya pun masih bakal berubah-ubah.

Kalau begitu, lebih baik cat saja dindingnya dengan warna-warna netral. Dengan begitu, ketika anak memiliki keinginan lain soal desain kamarnya, cat tembok bisa diperbarui dengan menimpa cat lama yang sudah ada. Kalau pakai wallpaper pasti bakal lebih repot buat ganti-ganti desain.

Harga cat per 25 kg berkisar di angka Rp 500 ribu. Jasa pengecatan sendiri memakan biaya Rp 20 ribu per meter persegi. Kalau luas kamarnya 8 meter persegi, biayanya pun jadi Rp 20.000 x 8 meter persegi = Rp 160 ribu. Jadi totalnya adalah sekitar Rp 660 ribu.

2. Pasang keramik

Untuk urusan lantai, pilih saja lantai keramik yang warnanya gak terlalu mencolok dan mudah dipadukan dengan warna dinding. Menggunakan keramik dengan motif-motif yang lucu boleh saja. Tapi kalau nanti anakmu bosan, masa iya mau diganti lantainya?

Harga lantai keramik kurang lebih Rp 90 ribu per meter persegi. Bila kamar anakmu berukuran 8 meter persegi, tinggal dikalikan saja 8 meter persegi x Rp 90.000 = Rp 720.000.

Ongkos pasang keramik juga ada lho, sama saja kayak ongkos cat. Bedanya, tukang akan meminta upah berdasarkan hari kerja. Untuk satu hari kerja Rp 150 ribu, bila prosesnya memakan waktu dua hari ya 2 hari x Rp 150.000 = Rp 300 ribu.

3. Lemari pakaian

Untuk lemari pakaian, pilihlah furnitur yang materialnya tergolong ringan, seperti material plastik. Selain ringan, plastik tentu gak akan terlihat memenuhi ruangan.

Ini jauh lebih efisien ketimbang beli lemari kayu yang berat. Harga lemari kayu juga tergolong mahal bisa lebih dari Rp 1 jutaan. Lain halnya dengan lemari plastik multifungsi yang harganya cuma Rp 250 ribuan.

4. Dipan dan kasur

Khusus buat yang satu ini, ada baiknya untuk membeli yang kualitas wahid. Mengapa demikian? Karena dipan dengan kayu abal-abal, umurnya gak bakal lama. Ketika si buah hati beranjak besar, gak menutup kemungkinan bakal jebol.

Pilih saja dipan yang terbuat dari kayu jati berukuran 160 cm x 200 cm. Kayu jati merupakan kayu yang kuat, tahan air dan gak akan jadi lapuk termakan usia. Harganya memang sedikit mahal, kurang lebih Rp 2 juta. Tapi keuntungannya bisa dipakai seumur hidup atau bahkan diwariskan.

Untuk kasur, ada dua pilihan, yaitu kasur busa atau per (springbed). Springbed jelas lebih nyaman dan pasti bisa membantu si kecil tidur lebih pulas. Harga kasur springbed untuk ukuran 160 cm x 200 cm x 19 cm adalah sekitar Rp 1,7 juta.

5. Meja belajar

Sebelum memilih meja belajar yang pas, kenali dulu fitur-fiturnya. Ada meja yang dilengkapi dengan tempat menyimpan dokumen, tempat pensil dan pastinya laci.

Khusus buat si kecil, pilih saja yang ada tempat menyimpan buku. Nanti kan dia juga bakal kuliah, aktivitas sehari-harinya di meja belajar itu adalah belajar, bikin PR dan beresin buku.

Jangan lupa juga buat pilih desain meja belajar minimalis. Minimalis pasti gak makan tempat karena bentuknya lebih ramping. Usahakan untuk gak memilih meja belajar dengan desain lucu-lucu, takutnya saat besar dia sudah gak mau pakai lagi. Pilih saja yang polos dengan material kuat, harganya kurang lebih Rp 1,5 jutaan.

6. Barang-barang lain untuk kebutuhan anak

Apa saja ya barang-barang yang bakal jadi kebutuhan anakmu di kamar? Pastinya selain bantal, guling, ada juga lampu belajar, alat tulis, meja di samping tempat tidur dan lainnya.

Biar gak bingung, siapkan saja anggaran sebesar Rp 850 ribu untuk membeli perlengkapan tambahan ini. Beli bekas mungkin bisa saja asalkan harganya murah dan kualitasnya masih bagus.

Total Biaya Merancang Kamar Anak

Kalau sudah paham sama rincian biayanya, sekarang mari kita hitung berapa juta ya total biayanya.

– Cat tembok

Beli cat = Rp 500.000

Jasa pengecatan = Rp 160.000

– Pasang keramik

Beli keramik = Rp 720.000

Jasa pasang keramik = Rp 300.000

– Lemari pakaian = Rp 250.000

– Dipan kayu jati muda = Rp 2.000.000

– Kasur springbed = Rp 1.700.000

– Meja belajar multifungsi = Rp 1.500.000

– Perlengkapan lain-lain = Rp 850.000

Total biaya: Rp 7.980.000

Bukan biaya yang kecil bukan? Itu belum termasuk AC atau kipas angin, lho! Kalau memang kamu berniat pasang AC, maka kamu harus mengukur dulu kapasitas listrik di rumahmu.

Oleh karena itu, siasati saja agar letak kamar si kecil ada di sebelah kamar orangtua. Dengan begitu, dinding pembatas kamar orangtua dan kamar anak bisa dilubangi untuk berbagi AC. Lebih hemat, bukan?


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

5 Cara Mudah Menabung agar Bisa Berkurban Setiap Tahunnya pada Idul Adha

Idul Adha

Setiap tahunnya umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha–yang menjadi hari dimana bagi yang mampu untuk berkurban baik itu kambing ataupun sapi. Tentunya setiap orang ingin melakukan kurban saat Idul Adha.

Namun harga hewan ternak yang cukup tinggi membuat banyak orang berpikir ulang untuk melakukan kurban. Jangankan untuk orang yang memiliki penghasilan pas-pasan, tetapi untuk orang yang mampu sekalipun hal ini akan terasa berat.

Kita tetap bisa melakukan kurban setiap tahunnya, meskipun pemasukan yang dimiliki sangat pas-pasan. Asal ada niat yang tulus serta komitmen yang kuat, hal tersebut bisa diwujudkan. Nah, berikut ini tips yang mudah untuk menabung agar bisa berkurban setiap tahunnya.

1. Menyicil Setiap Bulannya

Cara menabung mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menyicil setiap bulannya. Dengan cara ini maka biaya berkurban tidak akan terasa berat karena dilakukan dengan cara mencicil. Anggap saja hal ini sama dengan melakukan cicilan rumah atau apartemen, mobil atau motor dan lainnya.

Tentukan terlebih dahulu besarnya cicilan yang harus disisihkan setiap bulannya. Besarnya cicilan ini bisa ditentukan sesuai dengan kisaran harga hewan ternak yang dipilih serta pemasukan yang diterima. Kamu juga bisa memprediksikan harga hewan ternak di tahun depannya, setelah itu dibagi menjadi 10-11 bulan.

Misalnya saja harga kambing saat ini sekitar Rp 3 juta, dengan prediksi kenaikan 15% di tahun depannya. Maka dapat diperkirakan jika di tahun depan harga kambing sekitar Rp 3.450.000. Jumlah tersebut dibagi menjadi 10 bulan, sehingga setiap bulannya harus menyicil Rp 345.000 setiap bulannya.

2. Ikut Arisan Kurban

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti arisan kurban. Cara ini terbilang efektif dan banyak dilakukan orang agar dapat berqurban setiap tahunnya.

Ajak saudara, teman, bahkan tetangga sekitar untuk mengadakan arisan. Cara seperti ini sama seperti ketika memiliki cicilan bulanan. Kamu harus membayarkan sejumlah uang yang besarnya sudah disepakati bersama.

Namun sebelum mengikuti arisan, akan lebih baik jika mengetahui cara pembayaran, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan arisan tersebut. Sehingga nantinya mudah menghindari dari risiko penipuan yang sering terjadi.

3. Buat Rekening Baru

Untuk mempermudah menabung biaya untuk berkurban maka cobalah untuk membuat rekening baru. Jangan menyatukan tabungan dengan uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara ini terbilang efektif sehingga uang tabungan dan lainnya tidak akan tercampur. Selain itu dengan rekening baru, kamu mudah untuk memonitor jumlah uang yang sudah dikumpulkan.

4. Menabung dengan Emas

Kamu juga bisa menabung biaya kurban dengan menggunakan emas. Hal ini bisa dilakukan jika dirasa sangat sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatan.

Cara ini selain mudah, tentunya juga bisa dijadikan sebagai ajang investasi. Cara menabung emas juga terbilang stabil karena harga emas yang gak pernah turun. Saat ini banyak program tabungan emas yang dapat diikuti, misalnya saja di Pegadaian. Sehingga nantinya tidak berisiko serta menghindari jika digunakan.

5. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Bagi yang kesulitan untuk menabung secara pribadi, bahkan takut jika digunakan sewaktu-waktu. Mengapa tak mencoba untuk menggunakan jasa pihak ketiga untuk menabung biaya kurban.

Cara ini sangat efektif digunakan apalagi jika tidak disiplin dalam menabung. Saat ini banyak sekali lembaga khusus kurban yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan kurban. Kamu bisa memilih paket yang ditawarkan sesuai dengan lamanya simpanan tersebut.

Tips Memilih Hewan Qurban pada Idul Adha

Agar ibadah kurban berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala sesuai dengan tuntunan yang diberikan, berikut ini beberapa tips memilih hewan qurban sebagai berikut:

– Dilihat dari hewan kurban urutan yang paling afdhol adalah unta, lalu sapi, kemudian kambing.
– Diusahakan anda memilih hewan jantan, karena hewan jantan untuk kurban lebih afdhol dibanding hewan betina.
– Pilihlah hewan kurban yang bertanduk daripada yang tidak.
– Pilihlah hewan terbaik untuk kurban dengan ciri gemuk, warna putih lebih diutamakan, dan punya harga yang wajar.
– Mengucapkan bismillah dan takbir saat menyembelih hewan kurban.
– Lebih utama orang yang berkurban adalah yang menyembelih dengan tangannya sendiri sebagai bentuk pendekatan diri pada Allah. Jika tidak bisa menyembelih dengan baik, boleh mewakilkan pada orang yang paham sesuai tuntunan Islam.

Bekali Diri dengan Komitmen yang Kuat untuk Idul Adha

Menabung memang terlihat mudah namun terasa sulit dilakukan apalagi jika tidak terbiasa. Apalagi untuk biaya kurban yang bukan kebutuhan utama, tentunya akan sangat sulit dilakukan.

Untuk itu penting membekali diri dengan niat dan komitmen yang kuat sehingga rintangan dan halangan yang sekiranya menganggu kedepannya bisa diatasi dengan mudah. Selain itu sesuaikan jumlah biaya kurban dengan kemampuan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Siap-siap Hadapi Reksa Dana Turun dengan 4 Langkah Ini

Reksa Dana Turun

Berinvestasi menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan dalam keuangan. Ini dilakukan demi mengamankan keuangan pada masa yang akan datang, terutama pada masa-masa kita gak lagi produktif dan memiliki penghasilan. Namun kita juga perlu bersiap jika investasi tersebut mengalami masa-masa sulit, seperti reksa dana turun.

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup banyak dipilih sebagian masyarakat. Investasi yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi kita yang ingin melakukan investasi jangka panjang atau menengah.

Imbal hasil yang diberikan reksa dana cukup menjanjikan. Jadi, sangat wajar jika instrumen yang satu ini kemudian menjadi begitu populer di kalangan pelaku investasi.

Sebagaimana instrumen investasi lainnya, reksa dana juga memiliki sejumlah risiko yang patut dipahami dengan baik sejak awal. Pemahaman yang baik tentu akan membantu kita untuk bisa mengambil berbagai langkah yang tepat sehingga risiko dapat dihindarkan.

Cara berikut ini dapat dilakukan untuk menghadapi turunnya harga investasi reksa dana.

1. Lihat Kembali yang Ingin Dicapai dari Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan akan menjadi poin penting yang mendasari keputusanmu dalam berinvestasi, termasuk ketika membeli dan menjual investasi yang dimiliki. Tujuan keuangan ini juga akan menjadi alasan pemilihan instrumen investasi yang dipilih.

Tentunya dengan harapanmu akan mendapatkan imbal hasil yang paling maksimal atas investasi tersebut. Hal ini akan sangat dipengaruhi jangka waktu yang dipilih atas setiap investasi.

Jika tujuan keuangan adalah jangka menengah atau jangka panjang yang berkisar antara 5-20 tahun ke depan, gejolak pasar dan harga reksa dana turun saat ini tentu bukan menjadi sebuah masalah bagi kita.

Namun, lain halnya jika ternyata dana investasi reksa dana akan digunakan dalam waktu yang cukup dekat (6 bulan atau 1 tahun ke depan), kita mungkin patut khawatir dan dapat mempertimbangkan langkah antisipasi atas penurunan harga tersebut.

2. Ubah Strategi Investasi pada Waktu Reksa Dana Turun

Masih berkaitan dengan tujuan investasi di mana kemungkinan kita harus melakukan beberapa langkah antisipasi penting untuk bisa mengamankan dana tersebut atas gejolak yang terjadi saat ini.

Jika ternyata dana yang ditempatkan di reksa dana saham adalah dana yang akan segera dipergunakan dalam jangka waktu pendek, saat harus segera mengubah strategi berinvestasi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjual dan menggantinya dengan jenis investasi yang jauh lebih aman, misalnya reksa dana pasar uang.

Hindari spekulasi dan risiko yang kemungkinan menjadi jauh lebih buruk lagi dimana kita justru akan menanggung sejumlah kerugian yang jauh lebih besar akibat hal ini.

Bertahan mungkin menjadi pilihan yang terlalu berani. Terlebih jika ternyata dana dalam investasi reksa dana adalah dana yang akan segera digunakan dalam waktu dekat.

3. Tambah Dana ke dalam Investasimu

Berbeda dengan langkah di atas, kamu harus segera menjual dan mengganti investasi. Dalam langkah ini, kamu harus membeli dan menambah nilai investasi reksa danamu. Mengapa?

Menambah jumlah investasi akan sangat tepat dilakukan kita yang akan berinvestasi untuk jangka waktu lima tahun ke atas. Artinya, langkah ini sangat tepat bagimu yang ingin melakukan investasi jangka panjang.

Untuk investasi yang dilakukan dalam jangka panjang, reksa dana memiliki kecenderungan untuk mengalami kenaikan harga. Jadi, tidak ada salahnya menambah dana dalam reksa dana selama tujuan investasi ini untuk jangka panjang.

4. Kelola Keuangan dan Lakukan Penghematan

Ketika kondisi ekonomi sedang memburuk, sangat penting bagimu untuk bisa mengelola keuangan dengan lebih ketat lagi. Hal ini sangat penting mengingat kita bisa saja mengalami sejumlah kerugian atas investasi yang dimiliki saat ini.

Jangan lupa untuk melakukan penghematan dalam pengeluaran agar uang keluar lebih terkontrol dan dapat menyisihkan sebagian dana untuk berbagai kebutuhan lainnya yang mungkin saja sangat mendesak.

Bukan hanya itu saja. Bisa saja kamu tidak dapat mencairkan investasi karena nilainya sedang turun (tidak likuid lagi). Sementara kamu membutuhkan sejumlah dana dalam waktu dekat ini, misalnya dana pendidikan anak, dana DP rumah atau apartemen dan yang lainnya.

Hal seperti ini dapat diatasi dengan adanya dana cadangan atau tabungan yang dimiliki, yang tentu saja akan bertambah jumlahnya jika bisa berhemat dan mengatur pengeluaran dengan tepat. Dalam kondisi ekonomi yang sedang menurun, penghematan menjadi salah satu langkah cerdas yang bisa dilakukan.

Kenali dan Atasi dengan Tepat Reksa Dana Turun

Meskipun memiliki sejumlah risiko yang cukup tinggi, reksa dana tetap menjadi pilihan investasi yang banyak diminati. Ketika pasar sedang lesu dan harga reksa dana menurun dengan drastis, penting bagimu untuk mengambil keputusan yang paling tepat atas investasi ini.

Kenali investasi reksa dana sejak awal, termasuk semua risiko yang ada di dalamnya, sehingga paham dan bisa mengambil keputusan yang tepat jika sewaktu-waktu harganya menurun di pasaran.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Buka Penerbangan ke Jakarta, Ini 5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Soal VietJet

Tidak lama lagi maskapai penerbangan asal Vietnam, VietJet akan membuka rute baru yang menerbangi Jakarta. Maskapai low cost ini sempat bikin heboh netizen lantaran seragam para pramugarinya.

Tapi ternyata maskapai ini bukan cuma membikin sensasi dengan kostum tersebut, tapi ada beberapa fakta lainnya yang perlu kamu ketahui, salah satunya adalah: Maskapai ini memang menawarkan harga tiket penerbangan yang menarik.

Nah, ada 5 hal yang perlu kamu ketahui soal VietJet ini seperti dirangkum Urbanlife dari berbagai sumber.

1. Maskapai Low Cost asal Vietnam

Maskapai low cost yang berdiri semenjak Desember 2011 ini melakukan penerbangan perdananya pada tanggal 25 Desember 2011, dengan rute Ho Chi Minh City ke Hanoi.

Pada bulan Februari 2013, Viet Jet melakukan penerbangan internasional perdananya dari Ho Chi Minh City menuju Bangkok, keberhasilannya ini menjadikannya sebagai maskapai swasta vietnam pertama yang berhasil memasuki pasar internasional.

2. Tawarkan Harga Bersaing Dengan Maskapai Lainnya

Sebagai maskapai Low Cost, VietJet bersaing dengan maskapai lainnya seperti Air Asia dan Scoot. Sebagai contohnya, VietJet menawarkan harga tiket pulang pergi dari Ho Chi Minh City ke Bangkok dengan harga sekitar 1,959 Juta Vietnam Dong sedangkan maskapai lainnya ada yang menawarkan mulai dari 2,25 Juta Vietnam Dong untuk rute yang sama.

3. Kostum Pramugarinya Sempat Bikin Heboh

VietJet sempat bikin heboh netizen lantaran pramugarinya tampil mengenakan bikini saat sedang bertugas. Namun Wakil Direktur Komersial VietJet, Jay L Lingeswara mengatakan bahwa bikini tersebut hanya dikenakan saat acara spesial.

Ide pramugari berseragam bikini ini dicetuskan oleh pemilik VietJet, Nguyen Thi Phuong Thao. Lantaran seragam tersebut, VietJet didenda karena dianggap melanggar aturan terhadap tugas pramugari.

Saat ini pramugari berbikini hanya ada di penerbangan perdana ke rute yang ada pantai wisata saja.

4. Akan Buka Rute Jakarta – Ho Chi Minh City

Setelah santer diberitakan bahwa maskapai ini akan membuka penerbangan dari Jakarta ke Ho Chi Minh City, Selasa (22/8) ini rute tersebut secara resmi dibuka.

Penerbangan perdana akan dilakukan dari Jakarta pada 20 Desember pukul 01.40 WIB dan tiba di Ho Chi Minh City pada pukul 04.40 waktu setempat.

VietJet akan terbang dari Jakarta menuju Ho Chi Minh City dan sebaliknya setiap hari dengan menggunakan pesawat Airbus A-320 dan A-321 dengan kapasitas 180-220 penumpang.

Harga tiket masih belum diumumkan namun mereka memastikan harganya akan sangat kompetitif jika dibandingkan dengan maskapai lainnya.

5. Saat Terbangi Jakarta, Pramugari VietJet Tidak Akan Pakai Bikini

Seperti ditegaskan oleh Lingeswara, penumpang tujuan Ho Chi Minh City tidak akan menemui pramugari berbikini di atas pesawat.

“Pramugari tidak akan berbikini. Kami menghargai Indonesia sebagai salah satu negara muslim terbesar. Lagipula bikini itu dipakai hanya satu kali saat event spesial,” ucap Lingeswara saat Konferensi Pers Rencana Pembukaan Rute Baru VietJet.

Resepsi Pernikahan Berkesan dengan Bujet Rp 20 Juta, Simak Simulasi dan Tipsnya Berikut Ini!

Resepsi Pernikahan

Berencana menikah dan ingin memulai kehidupan yang baru, Urbaners dan pasangan pasti ingin dong bisa menggelar sebuah resepsi pernikahan yang berkesan dan penuh dengan kenangan. Hal ini sangat wajar, sebab pada kenyataannya hampir semua pasangan akan memimpikan hal yang sama.

Namun untuk sebuah pesta pernikahan yang besar dan berkesan dibutuhkan dana yang juga tak kalah besar, bukan?

Pada dasarnya, sebuah pernikahan yang sederhana juga bisa saja berkesan dan terlihat elegan, bahkan meski hanya memiliki budget Rp 20 Juta saja untuk semua kebutuhan pernikahan. Awalnya hal ini mungkin terdengar sedikit mustahil, mengingat akan ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi untuk sebuah pesta pernikahan.

Namun, jika kamu dan pasangan bisa mengelola dana tersebut dengan baik dan mengalokasikannya dengan sangat hati-hati sesuai dengan anggaran ketat yang telah diatur sejak awal, maka pernikahan berkesan dengan budget Rp 20 Juta ini bisa saja terlaksana dengan baik.

Lakukan Perhitungan dan Susun Anggaran yang Tepat untuk Resepsi Pernikahan Kamu

Untuk bisa sukses dengan pernikahan yang hemat, pastikan kamu dan pasangan telah menyusun anggaran pernikahan yang ketat sejak awal.

Hal ini penting agar semua rencana dan juga uang keluar dapat dikelola dengan tepat, sehingga dana Rp 20 Juta tersebut cukup untuk semuanya.

Meski ketat, susunlah anggaran ini dengan masuk akal. Artinya, anggaran tersebut memang mungkin untuk dijalankan dengan baik dan bisa membuat pesta pernikahan berjalan lancar dan berkesan.

Simak simulasi anggaran pernikahan berikut ini, yang bisa diterapkan dengan dana Rp 20 Juta saja:

Undangan     (100 x Rp 2.000) Rp 200.000,-
Souvenir        (150 x Rp 4.000) Rp 600.000,-
Tenda + perlengkapan lainnya Rp 3.000.000,-
Dekorasi Rp 1.000.000,-
Salon + sewa baju pengantin Rp 3.000.000,-
Dokumentasi + sewa kamera Rp 1.000.000,-
Makanan + kue-kue Rp 8.000.000,-
Biaya tak terduga Rp 3.200.000,-
Total  Rp 20.000.000,-

Rencanakan dengan Matang dan Hemat

Pada simulasi di atas, jelas terlihat beberapa pos pengeluaran terbesar dipangkas atau bahkan dihilangkan. Hal tersebut tentu harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang, agar tidak sampai mengganggu acara resepsi pernikahan nantinya.

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuat pesta pernikahan Rp 20 juta tetap berkesan dan berjalan dengan lancar:

1. Adakan Pesta di Rumah

Di dalam pesta pernikahan, biaya sewa gedung adalah salah satu komponen biaya yang paling besar, jadi kamu harus menghilangkannya dari pos pengeluaran.

Tidak perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta di gedung yang sewanya bisa saja mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah, sebab ini akan menghabiskan lebih dari setengah dana yang dimiliki.

Adakan pesta pernikahan di rumah, agar biaya bisa ditekan. Hal ini juga memungkinkanmu untuk memiliki pesta pernikahan yang hangat dan kental dengan nuansa kekeluargaan.

2. Selektif dalam Memilih Tamu

Penting untuk selektif dalam memilih tamu undangan yang akan menghadiri pesta tersebut, sebab hal ini akan secara langsung mempengaruhi besaran biaya yang akan dikeluarkan nanti. Semakin banyak tamu, tentu biaya yang dibutuhkan juga akan semakin besar.

Undanglah hanya keluarga serta kerabat dekat saja, ditambah dengan teman dekat serta kolega dan pasangan. Pilih dan tentukan tamu undangan ini secara selektif, jika perlu, libatkan juga orangtua ketika mempertimbangkannya.

3. Pilih Undangan dan Souvenir yang Unik tapi Murah

Murah, tapi jangan yang murahan. Ada banyak undangan yang bisa dipilih bersama pasangan, bahkan meski budget-nya terbatas. Saat ini, undangan dengan kisaran harga Rp 2.000 saja juga sudah cukup baik dan bisa dijadikan sebagai pilihan.

Pesan undangan untuk tamu tertentu saja, sebab untuk para sahabat dekat dan keluarga, mengundang secara langsung tentu akan jauh lebih baik.

Hal yang sama juga berlaku untuk suvenir, dengan kisaran harga Rp 4.000 saja sudah bisa mendapatkan yang unik dan lucu.

4. Atur Sendiri Dekorasi

Alokasikan juga dana untuk kebutuhan dekorasi, agar pesta berkesan dan terlihat elegan. Atur sendiri dekorasi pesta, termasuk berbagai pernak-pernik serta bunga yag ingin digunakan nantinya. Ini akan jauh lebih hemat, daripada menggunakan jasa dekorasi dari pihak lain.

5. Sewa Baju Pengantin

Tidak perlu membeli baju pengantin yang harganya berjuta-juta rupiah, sebab pakaian ini bahkan hanya digunakan satu kali saja.

Sewa baju pengantin tersebut, termasuk untuk pagar ayu dan keluarga lainnya (jika perlu). Ini akan menghemat banyak uang, mengingat harga busana pengantin juga terbilang sangat mahal.

6. Masak Sendiri Hidangan Pesta

Selain gedung, biaya katering adalah komponen terbesar lainnya di dalam anggaran pernikahan. Pangkas biaya ini dengan cara menyiapkan sendiri hidangan pestamu. Mintalah bantuan kepada keluarga, kerabat atau bahkan tetangga yang memang ahli di bidang tersebut.

Jangan lupa untuk memberikan imbalan atas bantuan mereka, sebab ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam mempersiapkan berbagai menu hidangan ini.

Pilih dan coba beberapa menu yang dianggap tepat, sehingga tampilan dan rasanya tidak mengecewakan.

7. Sewa Kamera dan Gunakan Talenta yang Ada

Tidak perlu menggunakan jasa fotografer profesional, sebab ini akan membutuhkan dana yang cukup besar. Cukup sewa kamera dan mintalah bantuan kepada teman atau kerabat yang mahir membidik foto-foto cantik, sehingga acara pernikahan bisa diabadikan dengan baik. Dana di atas, sudah termasuk biaya cetak fotonya, hemat bukan?

8. Susun Acara Pesta yang Menarik & Libatkan Orang-Orang Terdekat

Meski sederhana, buatlah pestamu berkesan dan berjalan dengan menyenangkan. Lakukan hal ini dengan melibatkan teman, sahabat dan juga anggota keluarga lainnya. Penyusunan acara yang unik dan menarik, akan membuat suasana pesta terasa hangat dan menyenangkan.

9. Siapkan Biaya Tidak Terduga

Jangan lupa untuk menyiapkan biaya tak terduga, agar keuanganmu dan pasangan tetap aman setelah resepsi pernikahan nanti. Jika tak terpakai, dana ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, bukan?

Sederhana, namun Berkesan

Resepsi pernikahan menjadi salah satu hal yang selalu ingin dikenang, sehingga akan diupayakan agar berkesan bagi para tamu undangan. Meski dengan budget Rp 20 Juta saja, kamu dan pasangan tetap bisa menikmati pesta berkesan ini, tentunya dengan rencana yang matang dan anggaran yang ketat.

Susun anggaran pestamu dengan hemat dan atur acara dengan menarik, sehingga pesta pernikahan tersebut berkesan untuk semua yang datang, terutama untukmu dan pasangan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Yuk, Belajar Cara Memulai Bisnis dari 5 Pengusaha Muda Sukses Ini!

Pengusaha Muda

Banyak pebisnis besar yang sukses di usia muda. Namun kesuksesan tersebut gak diraih oleh para pengusaha muda tersebut secara mudah.

Dengan mempelajari sejarah sukses mereka kita bisa menemukan strategi dan kiat-kiat khusus untuk sukses. Bila ingin memulai bisnis di usia muda dan mau sesukses para pengusaha muda berikut ini, kita bisa belajar dari kisah perjalanan hidupnya. Baca hingga tuntas ya!

Evan Spiegel – Snapchat

Aplikasi Snapchat begitu populer di kalangan anak muda. Lewat kisah perjalanan Evan Thomas Spiegel yang merupakan CEO sekaligus founder dari Snapchat, ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik saat ingin membangun bisnis.

Spiegel mengatakan bahwa dalam berbisnis, sebaiknya lakukan hal yang berhubungan dengan passion. Ya, mulailah membangun bisnis dari hal-hal yang dicintai.

Dengan passion, masalah apapun tidak akan mudah menghambat dan membuat patah arang untuk membangun bisnis. Inilah yang menjadi salah satu kunci kesuksesannya.

“Orang akan selalu memiliki opini tentang kalian, apa yang kalian lakukan tidak akan pernah cukup. Jadi carilah sesuatu yang penting dan kalian cintai (dalam berbisnis).” ujarnya seperti dikutip secara online dari entrepreneur.

Mark Zuckerberg – Facebook

Di usianya yang terbilang muda, 33 tahun, Mark Zuckerberg telah berhasil menjadi salah satu pengusaha muda sekaligus orang terkaya di dunia.

Keberhasilan tersebut memang tidak diraih secara instan. Selain itu banyak pengorbanan yang juga telah dilakukan Mark sepanjang membangun Facebook.

Mark mengatakan, kalau ingin sukses berbisnis perlu adanya inovasi dan keberanian untuk bergerak lebih cepat.

“Bergeraklah lebih cepat dan pecahkan banyak hal. Jika kalian belum memecahkan suatu hal (memunculkan sesuatu yang baru/berinovasi), maka kalian tidak bergerak cukup cepat,” ujarnya dalam sebuah interview dengan Business Insider.

Joe Gebbia – Airbnb

Joe Gebbia dan kawannya Brian Chesky, merupakan pria dibalik kesuksesan Airbnb. Saat ini Joe baru berusia 36 tahun.

Dirinya pernah mengatakan, dalam membangun bisnis, harus menghargai proses dan jangan berharap sukses diraih semudah membalikkan telapak tangan.

Dalam sebuah interview dengan iconeye, dirinya mengatakal, keuletan dalam membangun bisnisnya terbayarkan setelah waktu yang cukup lama.

“Kesuksesan Airbnb tidak didapatkan dalam satu malam. Perjalanan kami sangat lamban (butuh waktu bertahun-tahun), lalu semuanya tiba-tiba langsung melesat dalam satu waktu. Inovasi terkait objek, manusia, dan desain (Airbnb), semua itu membutuhkan kesabaran tertentu.” ungkap Joe.

Kylie Jener – Kylie Cosmetics

Kepopuleran Kylie Jenner sebagai salah satu anggota keluarga Kardashians memang tak perlu dipertanyakan, tetapi hal itu tidak membuat wanita cantik berusia 19 tahun tersebut terlena begitu saja dengan kehidupannya.

Seolah sadar betul dengan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Oppurtunites, Threats) yang merupakan metode dasar dalam berbisnis, Kylie memanfaatkan kekuatan (Strength) yang dimilikinya yaitu popularitas di kalangan para fashionista, sosialita dan anak-anak muda dalam memanfaatkan peluang (Opportunities) untuk memunculkan brand kosmetiknya sendiri, Kylie Cosmetics.

Berbagai langkah cerdas dilakukan Kylie bahkan sebelum peluncuran Kylie Cosmetics secara resmi, seperti membuat berbagai posts di media sosial miliknya, membuat aplikasi khusus smartphone dan lainnya.

Seperti yang dilaporkan Elle Magazine, empat dari enam jenis lipstiknya yang sudah launched pada perdananya habis terjual dalam 10 menit saja!

Gibran Jokowi – Chili Pari

Terakhir, kalian juga bisa belajar dari Gibran Rakabuming Raka, anak dari presiden Indonesia, Joko Widodo. Dikenal sebagai sosok yang mandiri, Gibran tak serta merta memanfaatkan nama sang ayah untuk kepentingan bisnis.

Gibran sendiri telah membangun bisnis katering miliknya di 2010 dengan pinjaman modal usaha dari bank. Tentu hal ini bisa dijadikan pelajaran, bahwa dalam berbisnis, kredit ini–baik berupa kredit modal usaha hingga kredit properti untuk kios di lingkungan apartemen, misalnya–penting karena dengan tambahan modal bisnis dapat berkembang pesat.

Bisa dilihat, sekarang Gibran bukan hanya sukses dengan bisnis katering Chili Pari, tetapi juga melebarkan sayap di bidang kuliner seperti markobar dan yang lainnya.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.