3 Tipe Orang yang Ditakdirkan untuk Meraih Kesuksesan, Apakah Kamu Termasuk Diantaranya?

Kesuksesan

Gak sedikit orang mendambakan kesuksesan instan. Siapa yang coba yang gak mau punya uang banyak? Karier yang cemerlang? Atau mungkin, bisnis yang besar?

Jika kamu sedang mencari panduan tentang langkah mendapatkan kesuksesan secara instan, bukan artikel ini jawabannya.

Artikel ini gak akan memintamu untuk bangun pagi atau pun menjelaskan berapa banyak buku yang harus kamu baca dan kebiasaan apa saja yang harus kamu pupuk.

Namun demikian, artikel ini akan menerangkan ke Urbaners tentang tiga ciri-ciri orang yang biasanya ditakdirkan untuk sukses suatu hari kelak. Nih, tiga tipe orang yang akan mudah meraih kesuksesan di bidang apapun.

Orang visioner cenderung mudah meraih kesuksesan

Orang-orang seperti Galileo, John Lenon, Elon Musk, Jeff Bezos, Richard Branson, Michael Jackson, Oprah, Beyonce, dan J. K Rowling hanya beberapa contoh dari orang yang telah menantang dogma, membuka jendela ke dunia yang bahkan orang lain tak tahu itu ada, mempelajari hal yang unik, menyelesaikan yang “gak mungkin”, hingga mendorong orang lain untuk memiliki visi yang lebih besar.

Tujuan orang visioner bukan untuk menciptakan uang maupun bergaul dengan orang terkenal lainnya. Mereka ingin secara dramatis mengubah dunia, membantu planet ini dan memperbaiki cara hidup melalui visi, ide-ide serta produk inovatif.

Orang visioner berbagi passion mereka, antusiasme mereka dan visi mereka kepada dunia serta membiarkan pikiran berbakat lainnya bergabung dalam usaha besar dan berani mereka.

Sebuah contoh yang bagus adalah Elon Musk, seorang pria yang tidak hanya ingin membangun koloni manusia di Mars, tetapi juga bercita-cita membuat perjalanan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan ramah lingkungan dengan mobil listrik (Tesla Motors).

Kalau ingin sukses seperti mereka, jadikan impian besar dan visi sebagai bahan bakar hidup kamu, sehingga kamu dapat melakukan hal yang besar.

Jenius kreatif biasanya juga gampang mendapatkan kesuksesan

Mereka yang mengikuti firasat kreatif dan rasa ingin tahu, adalah orang yang akan mendatangkan perubahan ke dalam kehidupan mereka.

Orang-orang kreatif tidak takut untuk menghadapi ketidakpastian dan gagal beberapa kali. Mereka tahu bahwa segala sesuatu adalah bagian dari proses kreatif.

Tak peduli apakah kamu akan menulis buku, mengungkapkan emosi di atas kanvas, membuat desain rumah masa depan, menciptakan aplikasi yang user-friendly atau membuat musik.

Pembelajar seumur hidup hampir selalu mendapatkan kesuksesan

Setiap orang sukses memiliki sebuah kesamaan yaitu mereka tidak pernah berhenti belajar. Mereka terus menerus menguasai keterampilan baru setiap kali membutuhkannya, tujuannya untuk memperbaiki hidup mereka.

Beberapa orang paling sukses adalah mereka yang drop-out dari perguruan tinggi dan belajar semangat baru untuk membangun bisnis yang berkembang, berinovasi dan menciptakan teknologi yang revolusioner tanpa pendidikan formal.

Orang-orang brilian seperti Nikola Tesla, John D. Rockefeller, William Shakespeare, The Wright Brothers, Benjamin Franklin, Thomas Edison, Henry Ford, Steve Jobs, Richard Branson, Rachael Ray, Hilary Swank, Coco Chanel dan lainnya adalah bukti bahwa mereka mengajarkan diri mereka sendiri apa yang mereka perlu tahu. Lalu mereka berhasil menemukan ide-ide liar.

Jadi, jika kamu ingin tetap kompetitif di pasar kerja saat ini dan berpotensi mendapatkan lebih banyak uang, kamu harus menjadi seorang otodidak.

Jangan membuang mimpi atau ide hanya karena kamu tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu. Pengetahuan ada di mana-mana dan terutama berkat internet kamu bahkan dapat belajar dengan hanya menonton video di YouTube.

Jika kamu hanya menerima dunia sebagaimana adanya tanpa berusaha untuk mempelajari hal-hal baru dan mendorong batas-batas kamu sendiri, kamu tidak akan pernah mencapai tujuan terbesar dan menjadi sukses.

Oleh karena itu, buka pikiran kamu, membaca lebih banyak, berwisata, berlangganan newsletters, menonton film dokumenter, ajukan pertanyaan, ambil kursus online gratis atau ciptakan rasa penasaran dan coba hal-hal baru. Kamu akan belajar banyak hal dengan melakukan hal-hal tersebut.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice. Coba varian rasa terbaru BLAST!! Choco Mint® persembahan dari Liquid Likwid E Juice. A refreshing chocolate on a sunny day!

8 Tips Maksimalkan Omzet Bisnis di Musim Lebaran

Libur Lebaran

Libur Lebaran telah tiba. Bagi para pebisnis, omzet bisa menurun atau sebaliknya meningkat pesat di kala libur Lebaran. Oleh karena itu butuh taktik khusus untuk menjaga omzet tetap stabil, bahkan meningkatkannya.

Terdapat produk-produk tertentu yang biasanya laris manis bak kacang goreng saat libur Lebaran meski tanpa promosi yang kencang.

Sementara untuk produk-produk lainnya, pelaku bisnis harus putar otak agar tetap kecipratan rezeki di masa ini.

Masa libur Lebaran membuka peluang penjualan yang lebar karena konsumen punya pemasukan ekstra dari Tunjangan Hari Raya (THR). Selain membeli keperluan lebaran, konsumen juga melirik berbagai keperluan lainnya.

Secara umum, berikut ini 8 cara yang dapat dilakukan menjelang lebaran atau pasca lebaran untuk mendongkrak omzet bisnis.

Hadiah atau bonus di kala libur Lebaran

Siapkan hadiah atau bonus menarik untuk setiap pembelian di waktu libur Lebaran. Meski hadiahnya kecil, akan membuat pembeli lebih terkesan dan merasa istimewa. Bisa juga berikan hadiah untuk pembelian dengan nominal tertentu saja.

Dengan cara kedua, konsumen akan tergerak mengeluarkan uang lebih banyak untuk belanja. Otomatis omzet pun akan meningkat. Pilihlah jenis hadiah yang membuat konsumen rela melakukan sesuatu untuk mendapatkannya.

Diskon

Potongan harga selalu efektif untuk membuat para pembeli langsung tertarik dan rela merogoh koceknya untuk membeli sebuah produk.

Berikan diskon besar namun masih masuk akal, artinya pebisnis masih mendapatkan untung lumayan meski ada potongan harga. Tak mau kan jika ujung-ujungnya buntung bukan untung?

Berikan diskon untuk periode waktu yang terbatas agar membuat calon pembeli tak pikir panjang untuk berbelanja. Dengan jangka waktu terbatas, calon pembeli akan khawatir kelewatan kesempatan untuk mendapatkan diskon tersebut.

Produk telah siap

Untuk menghadapi permintaan yang melonjak tinggi di musim Lebaran, bersiaplah dengan stok produk yang melimpah. Terutama jika memproduksi sendiri, usahakan mengebut stok jauh-jauh hari sebelum Lebaran agar tidak keteteran.

Bayangkan saja jika stok terbatas, permintaan tinggi, kamu akan sangat menyesal karena harus menolak konsumen.

Hal ini juga akan mempengaruhi image bisnis di mata mereka. Konsumen tentu akan kecewa apabila stok di toko online atau offline kosong saat dibutuhkan.

Maksimalkan media sosial

Apabila selama ini belum serius dalam memanfaatkan media sosial untuk menggenjot bisnis, cobalah untuk lebih serius.

Konsumen saat ini menghabiskan banyak waktu untuk melirik media sosial, termasuk untuk mencari produk yang mereka butuhkan.

Maksimalkan penjualan dengan menggunakan hashtags yang tepat, foto berkualitas dan konten yang menarik. Berawal dari mata yang tertarik melirik foto produk, bisa turun ke hati konsumen.

Produk spesial Lebaran dengan stok terbatas

Buatlah produk spesial Lebaran yang limited edition. Misalnya, dari segi kemasan yang didesain bertema Lebaran.

Hal ini tentu menarik karena sangat sesuai dengan momen Lebaran. Produk permen misalnya, apabila memiliki kemasan bertema Lebaran, konsumen akan terpikir untuk membelinya sebagai sajian Lebaran.

Jika biasanya kue-kue kering yang menjadi pajangan utama, tak ada salahnya bukan menambahnya dengan permen? Anggota keluarga dan tamu yang datang ke rumah tentu bukan hanya orang dewasa, tetapi ada pula anak-anak yang menyukai permen.

Terlibat dalam kegiatan mudik

Perusahaan-perusahaan besar kerap melibatkan diri dalam aktivitas mudik Lebaran melalui berbagai cara, mulai dari membuat posko mudik hingga membuat program mudik gratis.

Untuk meningkatkan omzet bisnismu pasca Lebaran, cobalah turut terlibat aktivitas mudik misalnya dengan cara membagi-bagikan sampel produk gratis di jalur mudik atau di tempat-tempat strategis seperti stasiun dan pelabuhan.

Dengan begitu, para pemudik akan mencoba produkmu dan merasakan keistimewaannya. Setelah Lebaran, jika merasa cocok, para pemudik bisa menjadi pelanggan setiamu. Jangan lupa sertakan informasi lengkap pada kemasan sampel misalnya alamat toko dan nomor kontak yang mudah dihubungi.

Genjot penjualan langsung melalui event atau bazar

Menjelang Lebaran, seringkali terdapat event atau bazar yang dapat dimanfaatkan para pebisnis untuk mendongkrak penjualan.

Cobalah ikut serta untuk menambah omzet dalam waktu yang terbilang singkat yaitu hanya beberapa hari.

Promo spesial

Hadirkan promo spesial di musim Lebaran. Bentuknya bisa bermacam-macam, contohnya “buy 1 get 1 free” atau “buy 2 get 1 free”.

Selain diskon dan hadiah, promo spesial semacam ini juga terbilang mudah mempengaruhi konsumen untuk membeli dibandingkan jika memasang harga normal.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

ART Mudik Lebaran, 6 Aplikasi Ini Bisa Membantu Selesaikan Pekerjaan Rumah

Mudik Lebaran

Asisten rumah tangga (ART) yang mudik lebaran membuat para ibu rumah tangga kelimpungan.

Tak jarang para ibu rumah tangga memilih menggunakan jasa pembantu infal untuk menggantikan peran pembantu permanen yang mudik lebaran. Hanya saja, mencari pembantu infal terkadang tak gampang.

Tenang, kini dengan batuan teknologi, semuanya menjadi semakin mudah. Terdapat beberapa aplikasi yang sangat membantu untuk mencari tenaga yang siap menjalankan tugas-tugas rumah tangga.

Jadi, ketika ART sedang libur, manfaatkan saja aplikasi berikut ini.

Pakaian menumpuk? Ada Taptopick saat ART mudik lebaran

Selama si mbak pulang kampung, pakaian kotor menumpuk di pojokan rumah? Daripada menjadi sarang nyamuk, lebih baik unduh aplikasi Taptopick.

Keunggulan memanfaatkan Taptotick adalah kamu tak perlu repot-repot membawa pakaian kotor ke laundry. Kurir akan datang ke rumah dan mengambil pakaian kotor, lalu mengantarkannya kembali dalam keadaan bersih setelah setidaknya 72 jam.

Membersihkan rumah dengan Go Clean (Go-Life)

Selain ojek online, aplikasi Go-Life dari Go-Jek Indonesia menyediakan layanan Go Clean. Layanan tersebut menolong untuk membersihkan rumah mulai dari membersihkan lantai, karpet, perabotan dan sebagainya.

Pengguna tak perlu khawatir akan kurangnya peralatan kebersihan di rumah, karena Go Clean telah menyediakannya.

Layanan ini sangat cocok untuk mereka yang tak sempat membersihkan rumah atau para ibu yang kelimpungan karena ART sedang pulang kampung.

Isi ulang galon air dan gas, gunakan KlikDaily

KlikDaily membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama galon dan gas. Produk-produk yang ada antara lain antara lain AQUA, Amidis, Rivero, Vit, Cleo, Sangsang, Asty, OASIS, Pristine, Vica, Gas Elpiji 12 kg dan Gas Elpiji 50 kg. Untuk saat ini, KlikDaily dapat melayani Jabodetabek, Denpasar dan Padang.

Belanja bahan makanan dengan Happy Fresh

Untuk urusan belanja makanan, cobalah menggunkan Happy Fresh. Happy Fresh menjalin kerja sama dengan Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Transmart Carrefour, Super Indo, Grand Lucky, Red&White dan LOKA Lifestyle Supermarket.

Pesan makanan dengan Go-Food

Go-Jek Indonesia juga punya layanan Go-Food, yang memiliki pilihan puluhan ribu restoran. Ketika asisten rumah tangga tak ada, meja makan terancam kosong karena tak ada yang memasak. Go-Food kerja sama dengan puluhan ribu restoran yang siap memanjakan lidah.

Go Maid juga siap membuat rumah bersih

Selain Go Clean dari Go–Jek Indonesia, ada pula aplikasi Go Maid yang bisa menjadi andalan untuk membersihkan rumah. Go Maid terbilang lebih hemat dari Go Clean. Layanannya mencakup membersihkan debu, membersihkan lantai, mencuci piring, hingga membersihkan kamar mandi.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Sekarang Pekerja Informal Bisa Dapatkan Kredit Rumah dan Apartemen dengan KPR BTN Mikro

KPR BTN

Setiap orang khususnya yang telah menikah pasti ingin memiliki rumah sendiri. Namun, harga rumah yang tidak murah membuat sebagian masyarakat hanya dapat memilikinya dengan cara kredit. Nah, sekarang pekerja informal pun bisa kredit properti melalui fasilitas KPR BTN Mikro.

Meski para pekerja informal seringkali kesulitan mengakses Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kabar gembira yang belum lama ini datang dari Bank Tabungan Negara (BTN) dengan meluncurkan produk KPR BTN Mikro yang dapat diakses pekerja informal ternyata cukup mengejutkan sekaligus membahagiakan.

Menilik kriteria dari Badan Pusat Statistik (BPS), pekerja sektor formal merupakan mereka yang bekerja dengan kepastian kontrak, perlindungan sosial dan hak berbagai jaminan serta tunduk pada undang-undang tenaga kerja dan pendapatan pajak.

Sementara pekerja sektor informal ciri-cirinya adalah ketiadaan kontrak, perlindungan sosial, hak untuk berbagai jaminan dan tidak tunduk pada undang-undang tenaga kerja serta pendapatan pajak. UrbanLife.id mengikhtisarkan syarat-syarat untuk menikmati KPR BTN Mikro, yaitu:

Keluarga atau individu dengan penghasilan rata-rata Rp 1,8 juta – Rp 2,8 juta per bulan bisa mendapatkan KPR BTN Mikro

Program KPR BTN Mikro menyasar masyarakat berpenghasilan rendah terutama pekerja informal. BPS pada Februari 2017 mencatat, jumlah pekerja di sektor informal mencapai 72,67 juta orang. Pekerja di sektor formal menurun akibat maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Apakah kamu termasuk pekerja informal? Jika selama ini merasa kurang percaya diri karena penghasilan belum mencukupi untuk mengajukan KPR serta kurang memenuhi persyaratan, jangan khawatir karena masih ada harapan.

Seperti umumnya program KPR, debitur harus menyediakan sejumlah dana sebagai uang muka rumah. Untungnya, untuk KPR Mikro BTN, uang muka yang dipatok sangat ringan yaitu hanya sebesar 1%, dengan plafon KPR maksimal Rp 75 juta. Sementara jangka waktu kreditnya bisa mencapai 10 tahun.

Nantinya, debitur dapat mencicil secara harian, mingguan atau bulanan. Debitur bisa mengajukan KPR BTN Mikro ke bank, kantor pos, serta mitra Laku Pandai alias Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif.

Tergabung dalam komunitas pedagang atau koperasi

Pada tahap awal, KPR BTN Mikro mengutamakan mereka yang bergabung dengan komunitas pedagang atau koperasi dan merupakan binaan Kementerian Koperasi dan UKM yang memiliki penilaian baik.

Syarat lainnya yaitu menjalani usaha minimal 1 tahun. Selain itu, mendapatkan rekomendasi dari komunitas atau koperasi yang bersangkutan.

Misalnya saja, seorang pedagang bakso, mencari rekomendasi dari paguyuban pedagang bakso.

Memiliki tabungan di BTN minimal 3 bulan

Sebelum mengajukan KPR BTN Mikro, syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki tabungan di BTN. Tabungan tersebut setidaknya telah berjalan minimal 3 bulan dengan rata-rata jumlah tabungan setiap bulannya sebesar jumlah cicilan KPR BTN Mikro.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Sebelum Usia 40 Tahun, Bahas 6 Hal Ini Sama Pasangan Biar Masa Pensiun Bahagia

Masa Pensiun

Berapa usiamu sekarang? Masih kepala 2? 30 tahun? Apa sudah hampir 40 tahun? Buat yang masih berusia 20 tahun, masa pensiun memang kerasa masih jauh banget. Karena masih ada kurang lebih 20 tahun lagi kan untuk menuju pensiun.

Tapi nyatanya dalam dunia kerja, waktu berjalan begitu cepat. Saat itulah gak sedikit orang yang baru sadar kalau persiapan dana pensiun seharusnya diprioritaskan.

Kalau Urbaners sudah berkeluarga, seharusnya masa pensiun dirundingkan dan dipersiapkan bersama dengan pasangan.

Sayangnya, dua dari tiga pasangan ternyata gak pernah membicarakan persiapan dana pensiunnya. Entah karena merasa gak nyaman atau memang merasa kalau hal ini gak perlu dibicarakan.

Padahal, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan dan memang lebih efektif jika dikerjakan bersama pasangan. Berikut adalah enam langkah yang perlu dipertimbangkan bersama pasangan sebelum berusia 40 tahun:

1. Tentukan “biaya” untuk masa pensiun

Seperti yang sudah dijelaskan, banyak pasangan yang ternyata gak peduli soal persiapan pensiunnya. Padahal ketika sudah pensiun nanti kamu bakal menjalani sisa hidup bersama pasangan.

Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan meneruskan kehidupan masing-masing dan gak lagi mengurus keuanganmu dan pasangan. Karena itu, kamu dan pasangan harus bekerja sama mempersiapkan masa tua sesudah pensiun.

Cobalah untuk menentukan berapa angka yang dibutuhkan untuk pensiunmu dan pasangan. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan bersama-sama sejak dini.

2. Perhatikan utang

Semakin lama kamu bekerja, biasanya ada peningkatan karier yang diiringi dengan peningkatan penghasilan. Memiliki utang semasa produktif adalah hal yang wajar.

Seiring berjalannya waktu, satu per satu utang tersebut akan lunas. Cepat atau lambat anak-anakmu juga akan lulus sekolah dan kuliah sehingga gak ada lagi biaya pendidikan yang harus dibayar.

Ketika sudah beranjak dewasa, anak-anakmu juga akan bekerja dan memiliki penghasilan sendiri sehingga pengeluaran untuk membiayai anak juga akan berkurang.

Ketika utang dan biaya-biaya anak sudah lunas, kamu bakal memiliki arus kas yang sangat fleksibel. Nah, kelebihan dana yang biasanya digunakan untuk membayar cicilan bisa digunakan untuk memaksimalkan persiapan dana pensiun. Dengan begitu dana yang diinvestasikan akan lebih cepat meningkat.

3. Sederhanakan investasi

Semakin bertambahnya umur, maka kemampuan fisik pun semakin berkurang. Selain itu kemampuan berpikirmu akan berbeda dengan mereka yang masih berada pada usia 20-an.

Bisa jadi kamu semakin kesulitan untuk mengurus produk-produk investasi yang terlalu beragam. Makanya, sebelum menginjak usia 40 tahun, sebaiknya Urbaners dan pasangan mulai menyederhanakan investasi.

Pilihlah produk-produk yang lebih mudah dikontrol dan gak mengharuskanmu mengeluarkan banyak usaha untuk mengelolanya setiap bulan.

Jangan lupa, semakin bertambahnya usia biasanya profil risiko seseorang akan semakin mengarah ke profil risiko konservatif.

Cari saja produk-produk investasi yang relatif memiliki risiko lebih rendah agar dana pensiunmu semakin terjamin. Misalnya, kamu bisa coba cari apartemen murah yang memiliki kenaikan harga yang fantastis, seperti pada produk-produk Megakarya Propertyndo.

Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus pusing mikirin kegiatan operasional sehari-hari layaknya kamu buka usaha makanan. Intinya sih, gak usah yang ribet-ribet, kecuali kamu memang sudah paham akan risiko dan peluangnya.

4. Tutup “Bank Papa-mama”

Ketika anakmu sudah memasuki usia mandiri katakan padanya bahwa ini saatnya “Bank Papa-mama” tutup ya. Itu artinya, gak ada lagi deh pengeluaran untuk mendanai kehidupan anakmu.

Jangan salah, gak sedikit lho orangtua yang gak membicarakan hal ini dengan anaknya! Sehingga akhirnya gak ada perjanjian yang jelas mengenai keuangan dengan mereka.

Walhasil orangtua tetap mengeluarkan biaya untuk kebutuhan anaknya walaupun anak tersebut sudah memiliki penghasilan sendiri.

Memang gak salah jika orangtua menyayangi anaknya, tetapi jangan lupa bahwa kamu punya kebutuhan yang harus dipenuhi, yaitu pensiun.

5. Bedakan pensiun dengan berlibur

Banyak orang berharap untuk pindah dari rumah yang ramai ke tempat yang lebih tenang ketika sudah pensiun. Keinginan ini gak menjadi masalah jika memang benar-benar berkomitmen untuk pindah ke tempat yang dimaksudkan.

Beberapa bulan awal memang terasa lebih menyenangkan karena tidak perlu menghadapi kemacetan kota dan mendengar keributan kendaraan yang begitu ramai. Tapi seringnya kebahagiaan itu hanya bertahan beberapa bulan saja.

Setelah itu banyak pasangan yang merasa ternyata lingkungan tersebut terlalu sepi. Akhirnya mereka pindah kembali ke kota untuk dapat pergi berolahraga di pusat kebugaran, berbelanja di mall dan tempat lainnya.

Akhirnya ada banyak biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk mengurus biaya perpindahan tersebut. Jika hanya dilakukan untuk beberapa bulan, itu bukanlah pensiun melainkan liburan.

Ingat, ketika sudah pensiun nanti, gak ada lagi kegiatan rutin yang wajib kamu lakukan setiap hari. Jika memilih untuk tinggal di lingkungan yang lebih tenang, pastikan kamu dan pasangan dapat berkomitmen untuk tetap tinggal di tempat tersebut.

Jangan sampai keinginan tersebut terlihat seperti keinginan “pensiun” tapi sebenarnya hanya “liburan”. Ingat baik-baik ya perbedaannya.

6. Pelihara kesehatan

Memelihara kesehatan adalah sebuah keharusan. Selain untuk mendukung masa tua yang lebih sejahtera secara fisik, kamu juga dapat menghemat banyak uang dengan menjaga kesehatan.

Secara umum, dengan menjaga kesehatan, kamu bisa terhindar dari berbagai biaya pengobatan rumah sakit dan obat-obatan yang sangat mahal.

Biaya tersebut bukan hanya untuk masa kini tetapi juga untuk masa mendatang. Umumnya orang yang menjaga kesehatan sejak muda akan relatif lebih sehat pada masa tuanya.

Pada intinya, gak perlu sungkan untuk bahas enam masalah ini sama pasangan demi masa pensiun yang baik. Kamu pasti mau dong pensiun dengan santai dan makmur.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

10 Tips untuk Menjadi Wanita Modern yang Sukses dalam Berkarier

Wanita Modern

Di zaman modern seperti sekarang ini, bias gender tak lagi menjadi satu hal yang penting. Artinya, pria bisa saja menjadi bapak rumah tangga sedangkan pencari nafkahnya adalah seorang wanita modern yang berkarier. Keduanya bisa sama-sama sukses berkarir serta meraih cita-citanya. Modal utamanya tentu saja kerja keras serta pantang menyerah.

Apalagi saat ini kesempatan wanita modern berkarier baik di dunia bisnis, lingkup pemerintahan maupun politik juga sangat terbuka.

Bagi wanita modern yang ingin sukses, ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah rangkuman tipsnya.

1. Wanita Modern Wajib Percaya Diri

Wanita modern yang berkarier tidak perlu takut untuk bersaing dengan pria sekalipun. Modal pertama bagi wanita yang ingin sukses adalah percaya diri.

Seorang wanita karier sukses yang penuh rasa percaya diri biasanya adalah juga orang yang punya pikiran positif pada berbagai hal. Sikap positif yang terpancar ini biasanya mendapatkan respon positif dari relasi kerja dan pastinya banyak urusan akan berjalan lancar.

2. Terus Belajar, Kembangkan Diri

Kunci sukses baik pria maupun wanita karir adalah terus belajar. Seseorang yang tekun serta fokus pada hasil juga adalah mereka dengan kesungguhan yang tinggi.

Hasilnya, tak ada kata menyerah, belajar dan belajar hingga berkembang sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Belajar bisa dari pengalaman sendiri, autodidak atau belajar dari pengalaman orang lain.

3. Kreatif dan Proaktif

Bisnis selalu berkembang, begitupun dengan wanita karier juga harus bisa mengikuti perkembangan yang terjadi.

Inspirasi, ide serta aspirasi adalah sesuatu yang berharga, ditopang dengan kreatifitas menjadi ciri orang dengan kinerja yang baik untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Jangan lupa untuk proaktif, sebab apa artinya ide kreatif yang tidak disampaikan. Dengan cara ini, kemungkinan mendapat apresiasi di berbagai bidang menjadi lebih tinggi.

4. Menguasai Bidang Pekerjaan

Tidaklah mudah menguasai bidang pekerjaan, karenanya, mereka yang paham betul dengan apa yang dikerjakan punya peluang sukses lebih tinggi.

Dalami dan fokus pada satu bidang keahlian, hingga menguasai bidang tersebut. Ini adalah nilai tambah tersendiri di mata klien atau atasan.

5. Teruslah Introspeksi Diri

Orang sukses adalah mereka yang tak pernah berhenti mengintrospeksi diri, analisa setiap pekerjaan, bagaimana cara menjalani pekerjaan jangan sampai membuang waktu berharga dengan mengulang kesalahan karena lupa introspeksi diri.

6. Bertindak Cepat, Berpikir Matang

Terlalu lama kamu mengambil tindakan akan membuang waktu kita yang berharga. Ini sangat tidak baik, cobalah untuk bertindak cepat, tentunya harus disertai kemauan untuk berpikir matang agar tak salah langkah. Pengalaman dan keterampilan akan melatih anda untuk bisa bertindak cepat.

7. Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dengan para komunitas bertemu dengan banyak orang yang mempunyai kesamaan tujuan, akan melahirkan dukungan yang meningkatkan rasa percaya diri. Tak hanya itu, wawasan juga akan lebih luas.

8. Bangunlah Citra yang Baik dan Harmonis di Mata Banyak Orang

Sebagai seorang profesional citra yang baik tak ternilai harganya. Selain itu, hubungan harmonis saat bekerja dalam tim mesti pula diperhatikan, dengan demikian suasana kerja kondusif akan mendukung produktivitas.

9. Memisahkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan

Kebiasaan membawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan adalah hal yang tak baik. Sebaiknya selesaikan masalah pribadi di rumah, temukan penyelesaiannya secepat mungkin.

Jangan sampai terlihat kurang menyenangkan saat datang ke pekerjaan hanya karena masih memikirkan masalah pribadi, ini bukan ciri seseorang yang profesional.

10. Selalu Optimis dan Konsisten dalam Bekerja

Wanita mungkin cenderung dikenal emosional dan sensitif. Tapi cobalah untuk tetap optimis, teruslah belajar.

Nikmati kegagalan sebagai satu jembatan menuju kesuksesan, karena tidak ada seseorang yang bisa sukses dengan sekali jalan.

Dengan tetap konsisten dan yakin bahwa kesuksesan akan bisa diraih, maka tidak ada yang tidak mungkin. Intinya tetap mencoba dan pastinya selalu iringi dengan doa ya, Urbaners!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice.

5 Tips Simpel Biar Mudik 2017 Sambil Liburan Tetap Aman dan Nyaman

Mudik 2017

Libur Lebaran tinggal menghitung hari. Ini artinya musim mudik 2017 sambil liburan segera tiba.

Jalur mudik sudah mulai disesaki oleh mobil-mobil pemudik, bandara makin ramai dan terminal serta stasiun akan semakin padat. Demi pulang kampung, memang banyak risiko yang harus dihadapi.

Misalnya, mulai dari risiko bagasi hilang, ketinggalan pesawat, barang bawaan hilang atau dicuri, sampai risiko kecelakaan. Nah, biar bisa mudik dan liburan nyaman, coba 5 tips dari UrbanLife.id berikut ini.

Booking tiket jauh-jauh hari sebelum mudik 2017

  • Pelajari ketentuan pembatalan perjalanan (cancelation) saat booking tiket pesawat baik lewat agen travel atau situs internet.
  • Pastikan nama di tiket pesawat sesuai dengan KTP atau paspor. Perbedaan nama karena kesalahan pengetikan dapat membuat keberangkatanmu terhambat.
  • Jika maskapai memiliki fitur check-in melalui internet, gunakan fitur ini untuk menghindari antrian di bandara.
  • Meski web tiket lebih praktis, tetap cetak tiket untuk berjaga-jaga.
  • Saat membeli tiket lewat internet, biasanya muncul kolom tawaran asuransi perjalanan. Jika kamu tidak membeli asuransi perjalanan di tempat lain, centang kolom tersebut. Harganya tidak seberapa, namun perjalananmu terlindungi.

Menyewa mobil sebelum mudik 2017

  • Mengingat permintaan akan sewa mobil pasti meningkat menjelang lebaran, buat reservasi dari jauh-jauh hari.
  • Hitung perbedaan harga jika menyewa mobil, termasuk bensin dan biaya tol, dengan naik transportasi umum seperti pesawat, bus atau kereta.
  • Tanyakan asuransi kendaraan untuk mobil yang disewa, apakah asuransi mobil komprehensif atau TLO.

Sebelum berangkat mudik 2017

  • Kalau kamu berlangganan koran atau majalah, informasikan pada agen agar tidak mengirimkan di masa libur lebaran. Pasalnya, koran yang menumpuk menandakan rumahmu kosong sehingga memancing pencurian.
  • Masukan motor atau mobil ke dalam garasi tertutup.
  • Jangan tinggalkan banyak uang tunai atau perhiasan berharga di dalam rumah.
  • Simpan nomor telepon satpam komplek atau tetangga yang tidak mudik lebaran.
  • Pastikan gas dan air dalam keadaan mati sebelum meninggalkan rumah.

Jika mudik menggunakan mobil

  • Beri tahu rute perjalanan pada kerabat.
  • Cek bensin, kondisi ban, dan orderdil sebelum berangkat. Alangkah baiknya jika memasukan mobil ke bengkel untuk pengecekan kendaraan seminggu sebelum mudik.
  • Nyalakan radio untuk informasi lalu lintas mudik terkini.
  • Jangan letakkan barang berharga di dalam mobil saat harus berhenti untuk istirahat di rest area, ke toilet, makan di restoran atau ke masjid.
  • Bawa peralatan darurat di mobil seperti senter dengan baterai yang masih baru dan kotak P3K.
  • Gunakan kunci stang setiap kali meninggalkan mobil.
  • Bawa plastik untuk tempat sampah.
  • Untuk berjaga-jaga jika terjebak macet panjang, bawa makanan kecil beserta botol minum cadangan.

Jika mudik menggunakan pesawat atau kereta

  • Siapkan KTP.
  • Usahakan sudah hadir di bandara tiga jam sebelum take off mengingat kondisi bandara yang lebih ramai dari biasanya.
  • Pasang tag nama berisi identitas diri pada koper untuk memudahkan indetifikasi.
  • Bungkus koper dengan cover agar meminimalisir tindakan pencurian.
  • Jangan mengepak barang berharga di dalam koper.
  • Pilih koper dengan dengan kunci standar TSA (Travel Sentry Approved) standar keamanan internasional agar koper tidak mudah dibongkar tangan-tangan jahil.
  • Jika menggunakan kereta dan menempuh perjalanan panjang, bawa kain pantai atau selimut, bantal leher, penutup mata dan telinga agar tidur berkualitas.

Sebagai tambahan, jika nanti sepulangnya di rumah menemukan tanda pintu atau jendela rusak karena dipaksa dibuka, jangan langsung masuk. Telepon keamanan komplek atau langsung telepon polisi.

Aman di perjalanan dan selamat mudik!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Sudah Berkeluarga Mau Kuliah Lagi? Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan…

Sudah Berkeluarga

Menempuh pendidikan “setinggi langit” memang menjadi cita-cita banyak orang, termasuk mereka yang sudah berkeluarga. Status menikah tak menjadi halangan untuk mencari ilmu dan meraih masa depan yang baik.

Namun, biaya untuk melanjutkan kuliah tak terbilang murah. Hal ini kerap menjadi penghalang utama bagi mereka yang sudah berkeluarga dan ingin melanjutkan kuliah.

Agar kondisi finansial keluarga tetap terkendali meskipun suami atau istri kuliah lagi, tentu memerlukan bantuan. Misalnya, dengan mengikuti program beasiswa kuliah penuh, kendala finansial pun akan teratasi.

Memang perlu perjuangan keras untuk dapat lolos meraih beasiswa semacam itu, tetapi tidak ada salahnya mencoba. Apabila sudah berkeluarga tapi berniat kuliah lagi, sebaiknya perhatikan 4 hal berikut ini.

Beasiswa ada bermacam-macam

Apabila kondisi finansial mendukung untuk suami atau istri kuliah lagi, tak masalah kuliah dengan biaya sendiri.

Namun, seperti telah dibahas di atas, masalah finansial kerap menjadi kendala utama bagi mereka yang sudah berkeluarga lalu ingin kembali mencari ilmu ke perguruan tinggi. Maka, beasiswa menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.

Namun perlu diingat, beasiswa ada bermacam-macam, ada beasiswa yang sifatnya penuh tak hanya memberikan biaya kuliah saja, tetapi juga mencakup biaya hidup. Ada pula beasiswa yang hanya menanggung biaya tertentu seperti biaya penelitian.

Karena itu, cari info selengkap-lengkapnya tentang beasiswa incaran sebelum mendaftar. Pikirkan biaya-biaya lain untuk penunjang kebutuhan kuliah yang mungkin tidak ditanggung oleh pemberi beasiswa.

Kemudian, utamakan berjuang untuk mendapatkan beasiswa penuh agar kondisi keuangan tidak terganggu. Banyak pengorbanan untuk bisa meraihnya termasuk meningkatkan kemampuan diri sendiri sebelum mendaftar beasiswa.

Membagi waktu antara kuliah, bekerja dan keluarga

Penerima beasiswa biasanya hanya bisa mengikuti kuliah kelas reguler, sehingga sulit apabila melakukannya sembari bekerja.

Meskipun sudah melepas pekerjaan, tetap pertimbangkan bagaimana membagi waktu dengan keluarga, terutama apabila memilih kuliah di luar kota atau luar negeri. Pikirkan juga kalau hal ini terjadi bagi wanita yang masih memiliki anak kecil.

Untuk mereka yang memilih kuliah dengan biaya sendiri dan memutuskan tetap bekerja, urusan yang satu ini membutuhkan perhatian lebih. Jika anak–anak sudah besar, beban untuk membagi waktu tentu berkurang karena anak-anak sudah lebih mandiri.

Siap merelakan penghasilan

Ketika memutuskan untuk kembali ke bangku kuliah saat sudah berkeluarga, seseorang kerap harus rela berhenti dari pekerjaannya.

Pasangan suami istri tentu harus siap dengan hal ini, apakah penghasilan yang berkurang akan membuat keuangan keluarga goyah?

Apa bisa kondisinya masih tetap aman apabila suami atau istri berhenti bekerja? Demi kebaikan keluarga, perhitungkan matang-matang sebelum melangkah lebih jauh untuk memutuskan kembali ke bangku kuliah.

Motif utama kuliah bagi yang sudah berkeluarga

Apa motif utama untuk kuliah lagi? Apabila memiliki motif yang jelas, saat lulus nanti tentu kehidupan selanjutnya akan lebih terarah.

Ketika motif untuk kuliah lagi masih abu-abu, sebaiknya pikirkan kembali motif yang jelas. Tujuannya, agar segala pengorbanan mulai dari waktu hingga biaya tidak akan sia-sia.

Pada dasarnya, mencari ilmu adalah kegiatan yang tidak akan sia-sia. Hanya saja, sebaiknya cobalah lebih realistis mencari manfaat apa saja yang akan diperoleh setelah lulus kelak.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

7 Cara Simpel dalam Islam untuk Mengatur Keuangan agar Hidup Penuh Berkah

Islam

Sebagai seorang Muslim, sebaiknya segala macam aspek kehidupan yang dijalankan sesuai dengan ajaran dan syariat Islam, termasuk cara mengatur keuangan. Islam telah menetapkan ajaran-ajaran bagaimana cara seseorang mengatur persoalan finansialnya dalam Alquran dan hadis.

Tujuan dari penetapan ini adalah agar umat Muslim tidak salah dalam melakukan perhitungan akan kehidupan finansialnya yang merugikan dan membuat hidup sejahtera. Lalu bagaimanakah cara mengatur keuangan dalam Islam? Simak ulasannya berikut.

Atur 1-1-1 Layaknya dalam Sejarah Islam

Formula 1-1-1 merupakan rumus mengatur keuangan dari sahabat Nabi, Salman Al Farisi. Diriwayatkan bahwa beliau memiliki uang sebanyak 1 dirham untuk digunakan sebagai modal membuat anyaman yang dijual seharga 3 dirham. Kemudian, pendapatannya tadi dibagi menjadi: 1 dirham untuk keperluan keluarganya, 1 dirham untuk sedekah dan sisanya 1 dirham untuk digunakan sebagai modal kembali.

Konsep ini bisa Urbaners terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan membagi tiga pendapatan yang diperoleh. 1/3 untuk digunakan kebutuhan sehari-hari, 1/3 untuk bersedekah dan sisanya untuk keperluan modal lagi.

Sisihkan untuk Modal

Diriwayatkan oleh Ibrahim Al Harbi dalam Ghorib Al Hadits dari hadis Nu’aim bin ‘Abdirrahman bahwa, “Sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada dalam perdagangan.”

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk berdagang dalam mencari nafkah. Oleh karena itu, Islam juga menganjurkan untuk menyisihkan pendapatan yang diperoleh dari berdagang untuk modal kembali. Jangan sampai uang hasil berdagang digunakan semuanya untuk membeli kebutuhan konsumtif.

Hal serupa berlaku juga bagi orang yang tidak berdagang, mereka dapat menyisihkan sebagian dari gaji bulannya untuk nantinya membuka usaha yang akan menambah pendapatan. Bisa juga digunakan sebagai modal investasi.

Menabung

“Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari)

Menabung memiliki banyak keuntungan untuk kehidupan ke depannya. Memang, awalnya sulit untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk ditabung. Acap kali kamu merasakan pendapatan menjadi berkurang jika harus ada uang yang ditabung.

Namun, sebenarnya manfaat tersebut baru akan dirasakan jika uang yang ditabung sudah terkumpul banyak. Dengan menabung, kita akan memiliki cadangan uang yang akan bisa digunakan kapan saja. Mulailah menabung sedikit demi sedikit, misalnya perhari Rp 10.000 maka sebulan akan Rp 300.000 dan setahun mencapai Rp 3,6 juta, lumayan bukan?

Jangan Boros

“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (Q.S. Al-Furqon: 67)

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sikap boros sangat tidak dianjurkan dalam segala hal, begitu pula dengan mengatur keuangan. Islam pun melarang seseorang dalam berbelanja berlebih-lebihan. Hal tersebut akan menimbulkan sifat konsumtif dalam diri yang sangat merugikan.

Belilah segala kebutuhan sesuai dengan kadarnya, tidak kurang dan tidak lebih. Hindari juga membeli segala sesuatu yang tidak diperlukan.

Misalnya, saat memiliki sebuah ponsel, namun karena ada ponsel tipe terbaru, maka banyak orang membelinya berdasarkan keinginan bukan kebutuhan. Padahal ponsel yang lama masih bisa digunakan.

Sedekah

Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke-11)

Salah satu cara untuk mensucikan harta adalah dengan bersedekah. Hal ini dilakukan karena dalam Islam 2,5% dari rezeki yang diterima ada hak orang lain di dalamnya.

Oleh sebab itu sisihkan lah pendapatan yang diterima perbulannya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan lewat berbagai macam badan penyalur sedekah.

Selain itu, Allah juga menjanjikan untuk menambah harta yang didapat dengan bersedekah. Lewat bersedekah berarti kita bersyukur atas nikmat yang diperoleh.

Hindari Berutang

“Barangsiapa utang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya, maka Allah akan luluskan niatnya itu; tetapi barangsiapa mengambilnya dengan Niat akan membinasakan (tidak membayar), maka Allah akan merusakkan dia.” (Riwayat Bukhari)

Utang memang kadang kala menjadi penyelamat finansial di saat darurat. Namun, kenyataannya dalam Islam tidak dianjurkan untuk berutang jika tidak benar-benar membutuhkan. Artinya, jika masih bisa berusaha untuk membayar sesuatu, jangan lah berutang.

Jika terpaksa berutang kepada seseorang, wajib hukumnya untuk melunasi. Hal ini dilakukan karena dalam Islam perihal utang menyangkut dunia dan akhirat. Bahkan, saat seseorang meninggal dalam keadaan berutang, ahli warisnya wajib untuk melunasinya.

Hemat dan Berkah

Mulailah untuk mencoba mengaplikasikan tips mengatur menurut ajaran Islam ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, keuangan akan menjadi lebih teratur dan terhindar dari kerugian finansial. Selain itu, hidup juga semakin berkah.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

5 Tips Bijak Kelola Uang THR Agar Tak Terjebak Utang Usai Lebaran

Uang THR

Menjelang hari raya lebaran, semua orang termasuk kamu pasti sudah mulai memikirkan berbagai kesenangan yang akan dilakukan bersama sanak saudara nanti di kampung halaman. Gak hanya itu, ada satu hal lagi yang pastinya menambah kesenangan itu menjadi berlipat ganda yaitu mendapat Tunjangan Hari Raya atau biasa dikenal uang THR.

Sesudah mendapatkan uang THR, Urbaners tentu mulai memikirkan barang-barang impian yang ingin kamu beli dari mulai baju baru atau mungkin gadget baru.

Itu alasannya kamu harus tahu cara menggunakan uang THR dengan baik supaya kamu gak meyesal di kemudian hari karena uang THR kamu tidak terasa hampir habis, bahkan mungkin tidak tersisa sama sekali setelah lebaran nanti.

Tak terasa uang THR pun ludes untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pun uang gaji yang biasanya cair bersamaan atau tak berselang lama setelah THR turun juga tak tersisa.

Perencana keuangan Ahmad Gozali berbagi tips bagaimana mengelola duit THR agar tak ludes begitu saja. Menurut dia, sebagian uang THR plus gaji sebaiknya diinvestasikan.

“Kalau yang normal seharusnya sih bisa investasi 10-35 persen. Karena bulan ramadhan kan enggak bayar cicilan double, tapi gaji double (THR dan gaji). Nah alokasi cicilan hutang bisa untuk diinvestasikan,” kata Ahmad Gozali seperti dikutip dari artikel “Saatnya Manfaatkan Uang THR untuk Berinvestasi” yang dimuat secara online oleh kumparan (kumparan.com), Rabu (14/6).

Banyak pilihan investasi yang bisa dimanfaatkan, mulai membeli emas atau ditabungkan untuk kebutuhan lain. Menurut Gozali, masyarakat bisa mengitung dan menyusun anggaran sejak dini untuk kebutuhan lebaran.

“Mulai deh buat rencana mudiknya ke mana, kapan, dan berapa lama agar bisa mulai disusun juga anggarannya,” ujarnya.

Karena itulah semestinya kita menyiapkan anggaran ini sejak jauh hari. Uang THR pasti sangat berguna buat memenuhi kebutuhan selama Ramadan lantaran harga-harga cenderung naik.

Kebutuhan itu mesti diprioritaskan. Selain itu, ada beberapa prioritas lain yang disarankan dipenuhi dari uang THR. Berikut ini di antaranya:

1. Tabungan dari Uang THR

Terutama buat yang sebelum-sebelumnya susah menabung, inilah kesempatan emas. Uang THR bisa ditabung langsung begitu masuk.

Tapi, tentu gak semuanya. Paling gak 50 persenlah masuk rekening. Sisanya dipakai buat memenuhi kebutuhan lain yang juga penting.

2. Menambah Dana Darurat

Sudah punya pos dana darurat? Uang THR bisa ditambahkan ke sana biar makin menumpuk. Dana darurat penting terutama ketika terjadi situasi yang gawat sehingga perlu keputusan finansial segera.

Misalnya, ketika ada anggota keluarga kecelakaan dan perlu dioperasi segera. Punya asuransi, tapi harus lewat birokrasi dulu untuk mengurusnya. Padahal rumah sakit perlu meminta dana jaminan segera untuk bisa melakukan operasi.

Nah, dana darurat bisa dipakai buat menalangi. Bila saat ini belum punya, uang THR bisa dijadikan pembuka jalan untuk kebutuhan tersebut.

3. Tanam Duit

Bukan hanya cabai yang bisa ditanam. Duit juga bisa. Uang THR bisa kita alokasikan untuk tanam duit alias investasi.

Bila masih newbie alias baru dalam soal investasi, coba cari celah yang enak dulu. Pilih investasi yang relatif mudah meski imbal hasil terbatas, misalnya deposito. Bisa juga pilih investasi properti.

Toh, kalau investasi properti ada salespeople di lapangan yang siap memberikan bantuan. Jika sudah sadar investasi ini, pakai deh uang THR buat ambil Nomor Urut Pembelian (NUP) atau bahkan down payment untuk jangka pendek.

Misalnya, beli properti di sektor apartemen. Umumnya, menjelang Lebaran, sektor ini memberikan diskon besar-besaran ketimbang biasanya.

4. Mudik

Lebaran gak cuma identik dengan uang THR, tapi juga tradisi mudik. Ini terutama berlaku buat para perantau di kota-kota besar.

Mulai H-7, orang-orang sudah mulai mudik ke kampung halaman. Nah, boleh deh duit THR dipakai sebagian buat kebutuhan mudik, termasuk transportasi dan biaya hidup selama di kampung.

Kebutuhan ini tetap harus diatur dengan bujet ya. Bukan seluruh duit THR langsung dihabiskan buat kebutuhan mudik.

5. Amplop Lebaran

Saran terakhir, segera ambil beberapa lembar duit THR lalu tukar dengan pecahan lebih kecil di bank. Kalau mau penukaran uang Lebaran di pinggir jalan bisa saja kalau gak mau antre panjang di bank, asal waspada terhadap uang palsu dan siap bayar jasa si penyedia pecahan.

Amplop Lebaran buat handai-taulan bisa diisi dengan uang THR. Sesuaikan nominal dengan usia si penerima. Misalnya buat keponakan yang umurnya baru empat tahun, ya gak perlu dikasih Rp 100 ribu. Nanti yang seneng malah emaknya.

Duit THR mesti disyukuri dan tentu saja dimanfaatkan. Meski godaan untuk beli ini-itu tinggi setelah menerima uang senilai gaji sebulan itu, kita mesti tahan banting.

Lagian inti puasa bukan hanya mengendalikan nafsu makan. Nafsu lain juga mesti dikontrol, termasuk dorongan berperilaku konsumtif. Yuk, manfaatkan uang THR sesuai dengan prioritas masing-masing!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.