Jangan Berani-berani Renovasi Rumah Besar-besaran Kalau Belum Menyiapkan 4 Hal Ini!

Rumah Besar

Setelah bertahun-tahun ditempati, kadang perlu renovasi rumah besar-besaran. Namun niat merenovasi hunian sering kepentok masalah klasik: bujet.

Bujet atau biaya renovasi memang penting banget. Apalagi bila hendak renovasi rumah besar-besaran. Untuk mengelaborasi lebih lanjut, berikut ini poin-poin dalam bujet yang harus kita siapkan saat akan renovasi rumah besar-besaran:

1. Perencanaan biaya

Sebelum menggelontorkan duit untuk beli material ini-itu, hitung dulu berapa biaya yang dibutuhkan. Karena itu, kita mesti cek satu per satu bagian mana saja yang perlu direnovasi.

Jika renovasi besar-besaran di sini berarti total seluruh hunian dipermak, berarti lebih mudah. Tinggal buat daftar berisi bagian dari rumah yang akan diganti.

Misalnya kusen. Mau diganti dengan material kayu, aluminium atau lainnya. Hitung harga kusen dengan bahan-bahan tersebut untuk disesuaikan dengan bujet.

Pikirkan juga apakah mau mengganti kusen untuk pintu saja atau dengan jendela. Lalu mau sekalian ganti daun pintu atau tidak. Hal-hal ini harus masuk dalam rencana biaya agar kelak anggaran gak membengkak gara-gara salah perhitungan.

Perencanaan ini bakal lebih mudah dilakukan bila kita menggunakan jasa arsitek. Tapi siap-siap merogoh kocek lebih dalam untuk membayar jasanya.

2. Mau tinggal di mana selama renovasi rumah besar-besaran?

Karena renovasi rumah besar-besaran, artinya kita mesti mengungsi untuk sementara. Gak mungkin dong kita tidur di antara tumpukan semen atau makan siang sambil lihat pemandangan pasir dan kerikil.

Dengan demikian, kita mesti memikirkan tempat tinggal selama rumah direnovasi. Salah satu pilihannya adalah cari rumah kontrakan bulanan.

Kalau bisa, cari yang dekat dengan rumah yang sedang direnovasi agar gampang mau kontrol kerja para tukang. Paling gak dalam radius 1 kilometer.

Tapi yang penting adalah cari kontrakan yang sesuai dengan anggaran. Gak perlu cari rumah dua lantai “fully furnished” karena harganya pasti mahal. Cukup yang dekat dan layak huni saja. Toh, ini hanya untuk sementara.

3. Cari tukang yang “recommended”

Perasaan waswas wajar muncul ketika menyewa jasa tukang untuk renovasi rumah besar-besaran. Apalagi jika bayarannya harian. Bisa-bisa kerjaan dibikin molor agar upah terus lanjut.

Sebaiknya cari tukang yang sudah pernah dipakai teman atau keluarga. Jadi, kita bisa meminta pendapat mereka, apakah tukang bersama kontraktor tersebut direkomendasikan atau tidak.

Cara ini bisa meminimalkan kemungkinan dibohongi kontraktor. Potensi hasil renovasi jelek juga bisa ditekan.

Karena ini renovasi rumah total, sebisa mungkin cari kontraktor yang mau dibayar borongan. Sistem kerja borongan berarti kita bayar per paket kerja, bukan harian.

Tukang diberi target kerjaan selesai sekian bulan dengan bayaran sekian. Bila ternyata molor, ya mereka gak mendapat tambahan upah. Paling hanya teh hangat dan gorengan.

4. Siapkan fisik dan mental

Renovasi rumah besar-besaran bukanlah perkara sepele. Selain menyedot anggaran, renovasi jenis ini bisa menguras fisik dan mental kita. Terlebih jika ternyata ketemu kontraktor “nakal”.

Kita harus rajin-rajin mengecek progres kerja para tukang. Ajak ngobrol biar suasana cair. Tapi jangan ragu menegur jika ada kerjaan yang kurang beres.

Cash flow bujet mesti diatur agar gak terjadi kelebihan anggaran. Sebaiknya jangan minta kontraktor yang beli material, melainkan kita sendiri yang berangkat.

Bila kontraktor bilang butuh semen sekarung lagi, misalnya, ya kita saja yang jalan sendiri ke toko bangunan terdekat. Hal ini bertujuan untuk mencegah si kontraktor bermain mata dengan toko material dalam soal harga atau kuantitas barang yang dibeli.

Dari keempat poin di atas, isu utama yang merekatkan adalah dana renovasi. Masalah ini memang amatlah vital. Bila anggaran renovasi membengkak, bisa-bisa pelunasan ke tukang ikut terganggu. Itu sebabnya kita harus cermat bikin rencana sebelum renovasi rumah besar-besaran.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Satudarah MC: Geng Motor Ciptaan Orang Indonesia yang Ditakuti Banyak Negara di Eropa dan Amerika Serikat

Geng Motor

Deru motor menggeram membelah jalanan di Amsterdam. Rombongan geng motor besar melintas dikendarai para pengendara gahar berbadan tegap.

Dari belakang, terdapat emblem berwarna kuning menempel di jaket kulit hitam. Semua mengenakan tulisan sama, Satudarah Maluku.

Satudarah MC adalah nama klub motor yang berasal dari Belanda. Meski berada di Belanda, nama tersebut terdengar ramah di telinga Indonesia.

Klub tersebut didirikan oleh warga keturunan Maluku yang lama menetap di negeri Eropa itu. Tujuh orang Maluku mendirikannya pada 1990: Satudarah Motor Club.

Eksistensinya sebagai geng motor ternama begitu mendunia. Awalnya, anggota klub ini hanya mewadahi keturunan Maluku.

Setelah membuka keanggotaan dari seluruh latar belakang, klub ini semakin besar. Seperti dikutip situs resmi Satudarah, geng motor ini telah melebarkan sayapnya hingga ke Kanada, Malaysia, Singapura, Thailand, Curacao, Maroko, Suriname, Swiss, Turki dan juga negeri asalnya Indonesia.

Di negeri sendiri, Satudarah resmi didirikan pada Agustus 2012, berkembang ke sejumlah kota besar, seperti: Jakarta, Bali, dan Maluku.

Momok Eropa

Meski di Eropa ada banyak gang motor dengan pamor mentereng, tapi boleh dibilang Satudarah lah yang disegani di sana.

Hal tersebut tak lain karena senioritas serta aksi-aksi brutal tanpa ampun yang jadi kebiasaan geng motor ini.

Seperti namanya, geng motor ini diawali oleh orang-orang Ambon asal Belanda serta dua orang negeri tulip pada tahun 90an. Perkembangannya cukup cepat sampai akhirnya menjadi besar dan ditakuti seperti hari ini.

Bahkan, Satudarah di Belanda dikenal sebagai organisasi kriminal. Di samping deru motor mereka, aksi kriminal menjadi suara sumbang yang juga terdengar di telinga orang-orang Eropa. Satudarah MC lebih dikenal dengan klub motor berekam jejak kriminal.

Satudarah dianggap sebagai “one-percent club”. Sebutan ini tersemat setelah beberapa oknum anggota Satudarah banyak melakukan pelanggaran dan tindakan kriminal.

Sebutan “one-percent” berasal dari American Motorcyclist Association yang menyebut bahwa 99 persen pengendara motor adalah warga negara yang baik dan hanya satu persen yang kriminal.

Ketika disebut sebagai “one-percent”, presiden Satudarah menolak keras. “Kami bukan para kriminal dan tentu saja bukan organisasi kriminal sebagaimana organisasi ini didirikan,” ujarnya.

Nah, masih soal geng motor Satudarah, berikut beberapa fakta tentangnya.

Awal pendirian Satudarah MC

Diambilnya nama Satudarah sebagai nama kelompok karena pendirinya mayoritas memiliki darah keturunan yang sama dari Indonesia (Ambon dan Suriname) dan juga mempunyai ketertarikan dalam dunia motor.

Selain itu, nama Satudarah sendiri juga diambil dari istilah orang Maluku, yaitu “Katong satu dara” atau “Katong basudara” atau dalam artian Bahasa Indonesia adalah “Kita satu darah” atau “Kita bersaudara.”

Sedangkan logonya, yaitu dua kepala orang Indian yang berbeda warna dan menghadap berlawan arah memiliki artian keseragaman antar-sesama anggota namun tetap dalam satu kesatuan. Moto dari kelompok ini adalah “Black and Yellow Nation Worldwide.”

Karena didirikan di Belanda, tentu saja basis terbesar dari geng motor satu ini ada di Negara Kincir Angin tersebut.

Di awal pendirian, Satudarah MC hanya memiliki sedikit anggota. Namun lama kelamaan, karena popularitasnya terus meningkat, maka jumlah anggota dari geng motor satu ini juga ikut naik.

Cabang Satudarah MC di seluruh dunia

Sampai sekarang ini, cabang dari gengmotor Satudarah MC ini sudah tersebar di berbagai negara di dunia, seperti di Australia (Brisbane, Adelaide, Sydney, Northern NSW), Belgia (District 9, Brabant, Limburg, Liege, Hainaut, Ardennes, Lakeside), Kanada (Toronto), Curacao, Jerman, Denmark, Prancis (Reunion, Riviera), Indonesia (Bali, Bogor, Depok, Maluku, Padang, Aceh, Jakarta), Malaysia (Kuala Lumpur, Victoria Isle), Maroko (Casa Blanca, Agadir), Belanda (Gouda, Hengelo, Apeldoorn, Tilburg, Beverwijk, Bergen op Zoom, Zwolle, Deventer, Amersfoort, Denbosch, Dordrecht, Groningen, Nijmegen, Utrecht, Amsterdam, Eindhoven, Rotterdam 28, Geleen, Zevenaar, Zaandam, Maghreb, Den Haag), Norwegia, Singapura, Spanyol (Sevilla), Suriname (Paramibo), Swedia (Malmo), Swiss (Azidi), Thailand dan Turki (Istanbul).

Sampai sekarang, sudah ada ribuan anggota dari Satudarah MC. Hanya saja khusus di Jerman, geng motor satu ini resmi dilarang berkembang karena dikhawatirkan berbahaya dan meresahkan masyarakat umum.

Bahkan, beberapa penggerebekan secara serentak pernah dilakukan Pemerintah Jerman untuk membatasi sekaligus memangkas perkembangan Satudarah MC.

Geng motor yang cukup disegani oleh Hell’s Angels

Tentu saja, karena setiap kelompok memiliki daerah kekuasan dan akan terus mengembangkan wilayah ‘jajahannya,’ maka salah satu rival terkuat dari Satudarah MC adalah gengmotor yang juga tak kalah terkenal di dunia, yaitu Hell’s Angels.

Di Belanda sendiri, Hell’s Angels sudah memiliki 17 wilayah yang mana beberapa di antaranya berdampingan dengan wilayah yang dikuasai Satudarah MC.

Dikarenakan saling berebut popularitas, wilayah dan berlomba merebut anggota sebanyak-banyaknya, tidak jarang anggota Hell’s Angels dan Satudarah MC terlibat keributan.

Meski demikian, Satudarah tetap berpedoman pada nilai-nilai budaya Maluku. Dalam hati setiap anggota, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan harga mati.

Seperti dikutip dari artikel “Satudarah, klub Harley ternama di Eropa yang didirikan putra Maluku” yang dimuat oleh merdeka.com secara online, Sekretaris Satudarah MC Mother Chapter Jakarta, Indonesia, Ralph Manuputty menuturkan, pembentukan klub berlambang wajah lelaki berkulit hitam dan putih saling bertolak belakang itu sebagai bentuk diskriminasi yang kerap didapatkan orang Maluku. Di Belanda, orang Maluku kerap dinomorduakan dalam segala hal.

“Siapa pun bikers bisa bergabung dalam konteks satu darah. Kita punya komitmen yang sama, kita punya hati yang sama untuk berkembang bersama jadi satu darah,” ujar Ralph Manuputty saat berbincang dengan merdeka.com beberapa waktu lalu.

Pada Agustus 2012, setelah 22 tahun membangun nama di Eropa, Satudarah MC akhirnya didirikan di negara asal tujuh pendirinya, Indonesia. Tak tanggung-tanggung, peresmian Satudarah MC di Jakarta dilakukan oleh salah satu sembilan pendirinya di Belanda.

“Satudarah milik Indonesia. Kita semua basisnya dari Indonesia, selayak dan sebaiknya satu darah pulang ke Indonesia dan menjadi milik Indonesia,” ujar pria yang kerap disapa Bung Ralph ini.

Di Indonesia, anggota Satudarah MC tersebar di sejumlah kota besar, mulai dari Jakarta, Bali, hingga Maluku, di mana 30 persennya berasal dari suku berbeda seperti Aceh, Padang, Jawa, Chinese hingga Suku Batak.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice.

10 Fakta Teror Bom dalam Konser Ariana Grande: Si Cantik Korban “Bullying”

Ariana Grande

Baru-baru ini penggemar musik pop di Inggris dikejutkan dengan adanya teror bom yang meledak dalam konser Ariana Grande di Manchester Arena, Senin atau Selasa (23/5/2017) waktu Indonesia.

Pasalnya, sebelumnya publik Inggris sudah dibuat prihatin oleh teror penyiraman air keras di kelab malam Mangle, London, Inggris, pertengahan April lalu.

Meski kali itu tak ada korban tewas. Namun, teror itu dinilai kejam dan menebar ketakutan. Polisi hingga kini belum bisa mengungkap teror itu, kecuali menangkap pengusaha muda, Arthur Collins, yang dicurigai sebagai penyiram air keras.

Lebih menyedihkannya lagi, teror yang ternyata kerap dialami pelantun lagu “One Last Time” ini sudah sempat terjadi saat dirinya menjadi korban bullying sedari waktu masih remaja. Sisi baiknya, hal itu tidak membuatnya menjadi patah semangat dan despresi.

Kini, teror lebih besar lagi terjadi di saat penyanyi pop Amerika Serikat, Ariana Grande, menggelar konsernya. Berikut fakta-fakta teror bom dalam konser Ariana Grande di Manchester Arena, Senin atau Selasa (23/5/2017).

  1. Konser Ariana bertajuk “Dangerous Woman”, mengacu pada albumnya yang dirilis pada 2016, “Dangerous Woman”.
  2. Pada konser di Manchester Arena, Ariana Grande mampu menyelesaikan seluruh lagu dan ia bawakan dengan prima.
  3. Hanya beberapa saat setelah konser Ariana Grande berakhir, muncul ledakan bom di Manchester Arena. Juru bicara Ariana mengatakan, sang penyanyi dalam keadaan sehat.
  4. Bom meledak di luar arena, tepatnya pada pukul 10.35 waktu setempat atau Selasa (23/5/2017) pukul 04.35 WIB.
  5. Banyak orang yang mendengarkan ledakan itu, karena begitu keras.
  6. Ledakan itu menghantam lobi Manchester Arena.
  7. Pada saat ledakan, banyak penonton konser Ariana Grande yang sudah pada keluar dari arena.
  8. Secara resmi, polisi menyatakan ada 50 orang terluka dan 19 orang meninggal dunia. Namun, laporan terakhir ada yang menyebut jumlah korban tewas adalah 20 orang.
  9. Polisi belum bisa mencurigai siapa pelaku teror bom tersebut dan masih mengumpulkan bukti serta kesaksian. Hanya saja, polisi menyebut insiden ini sangat mungkin bagian dari aksi teror internasional.
  10. Lokasi kejadian merupakan area yang menjadi tanggung jawab Polisi Transportasi Inggris.

Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice.

Siap-siap, 5 Pengeluaran Tambahan Ini Bakal Datang di Bulan Puasa

Pengeluaran Tambahan

Bulan puasa datang lagi. Sudah siap menambah tebal pahala dan iman? Tunggu dulu, jangan lupa siapkan juga diri buat pengeluaran tambahan.

Di Indonesia, bulan puasa bukan hanya soal pahala dan iman yang kian bertambah. Pengeluaran pun begitu.

Lihat saja rutinitas tiap menjelang Ramadan. Harga-harga pada naik, terutama bahan pokok seperti gula, minyak, daging dan bawang putih.

Pemerintah dari tahun ke tahun berusaha mengatasi, tapi hasilnya belum terlihat jelas. Namun pada tahun ini, pemerintah menerapkan harga eceran tertinggi untuk tiga bahan pokok buat menekan harga.

Bila ada penjual yang melanggar, bakal kena sanksi. Untungnya, ketentuan ini lumayan manjur. Kita pun bisa sedikit lega karena pengeluaran tambahan saat bulan puasa bisa lebih diminimalkan.

Namun ada sederet pengeluaran tambahan lain yang perlu Urbaners siapkan. Berikut ini lima di antaranya:

1. Biaya pengeluaran tambahan buka puasa di luar

Buka puasa bersama memang penting buat menjaga tali silaturahmi. Tapi bukan lantas semua tawaran bukber diiyain.

Kadang malah kita sendiri yang bikin jadwal bukber hampir tiap hari? Minimal bukber seminggu sekali lah. Tapi gak apa-apa sih tiap hari kalau ada yang bayarin.

2. Biaya bensin lebih mahal

Lalu lintas makin parah macetnya pas bulan puasa, terutama menjelang waktu berbuka. Bahkan sampai pada sikut-sikutan di jalan biar lebih cepat sampai rumah sepulang kerja.

Agak aneh sih. Seharusnya Ramadan jaga emosi kok malah begitu ya. Apa pun itu, kondisi ini bikin ongkos transportasi lebih mahal.

Karena macet, makin banyak bensin yang menguap percuma di jalan. Mungkin tertarik beralih ke angkutan umum? Coba bandingkan ongkos transportasi menggunakan keduanya. Siapa tahu lebih murah pakai alat transportasi umum.

3. Belanja keperluan Lebaran

Biaya belanja bahan pokok mungkin bisa ditekan berkat kebijakan pemerintah. Tapi ada pos keperluan lain selama Ramadan, yakni serba-serbi Lebaran.

Beli baju, misalnya. Karena ada THR, belanja jadi gak terkontrol. Keluarga dibelikan baju, celana, sepatu, dan lain-lain. Tahu-tahu duit THR habis, tabungan ikut keambil.

Padahal duit THR bisa dialokasikan buat hal lain yang gak kalah bermanfaat, misalnya ditabung buat beli rumah atau apartemen. Harga properti makin lama makin mahal, lho!

4. Bagi-bagi THR

Bagi-bagi amplop pas Lebaran lumrah dilakukan orang yang sudah bekerja kepada anggota keluarga yang masih kecil. Ini tradisi bagus, tapi bukan berarti kita asal saja dalam bagi-bagi THR.

Lihat kemampuan keuangan sendiri dulu. Lalu pilah anggota keluarga yang bakal diberi THR. Kalau masih kecil-kecil, usia SD misalnya, duit Rp 100 ribu jelas kebanyakan. Rp 20.000 cukuplah buat mereka.

Pol mentok Rp 50.000. Nah, kalau yang udah SMP, SMA atau kuliah, baru bisa deh kasih Rp 100 ribu.

5. Biaya untuk mudik dan pengeluaran selama di kampung halaman

Harga tiket mudik Lebaran selalu lebih tinggi ketimbang hari biasa. Bahkan sampai dua kali lipat. Namun biasanya harga yang ditawarkan jauh-jauh hari sebelum Lebaran itu lebih murah.

Tiket kereta, misalnya. Ada beberapa harga untuk kategori tempat duduk berbeda. Bila kita pesan lebih awal, bisa dapet harga paling murah.

Tiket ini pun udah bisa dipesan H-90. Bila telat pesan, bisa-bisa gak kebagian tiket. Ujungnya, beli di calo dengan harga berlipat-lipat. Boncos, deh.

Itu belum termasuk pengeluaran selama di kampung halaman. Sebaiknya, tetapkan bujet pengeluaran selama pulang mudik. Misalnya bujet dipatok Rp 1 juta selama 7 hari di rumah. Tinggal atur deh pengeluaran tiap hari biar gak melebihi batas itu.

Bulan puasa adalah momentum yang tepat dalam kaitan dengan pengaturan keuangan. Selain menahan emosi, kita bisa menekan nafsu untuk belanja di luar keperluan.

Prioritaskan pengeluaran yang penting-penting dulu dalam rencana keuangan. Bila gak hati-hati, pengeluaran tambahan saat bulan puasa itu bisa bikin keuangan berantakan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

4 Cara Mudah Jual Hunian Agar Cepat Laku

Jual Hunian

Dalam situasi tertentu, pasangan suami istri memilih untuk jual hunian mereka dengan berbagai cara demi cepat laku. Alasannya tentu bermacam-macam.

Misalnya, karena pindah kota, tak cocok dengan lokasi atau akan membeli properti baru yang lebih besar.

Di era sekarang, menjual properti semakin gampang. Cukup potret lalu pasang iklan di situs jual beli.

Namun, nantinya tetap saja ada pertemuan langsung antara pemilik properti dan calon pembeli di mana calon pembeli mengecek terlebih dahulu properti yang dijual.

Mungkin saja banyak calon pembeli datang setelah iklan terpasang, tetapi transaksi belum tentu langsung terlaksana.

Agar cepat laku, sang pemilik biasanya melakukan trik seperti merenovasi hunian agar tampak menarik di mata pembeli.

Padahal, cukup dengan langkah sederhana dan sentuhan kecil, hunian bisa terlihat sangat menarik. Berikut ini caranya.

Mengecat sebelum jual hunian

Pengusaha real estate sukses Chris Leavitt dalam sebuah video yang dilansir Time menyarankan untuk mengecat hunian sebelum menjualnya.

Biaya untuk mengecat tidak sebesar biaya renovasi berat. Jadi, pemilik hunian tidak harus merombak seluruh tampilan hunian agar menarik perhatian pembeli. Cukup mengecatnya agar terlihat cerah seperti baru.

Tambahkan tanaman

Leavitt juga menganjurkan menambahkan tanaman berwarna. Tanaman berwarna bisa bikin hunian terlihat segar dan menambah daya tarik secara instan.

Jika hunian masih terasa gersang atau pot-pot tanaman hanya berisi tanaman berwarna hijau, pemilik hunian bisa mencoba tips yang satu ini.

Tambahkan cermin

Untuk meningkatkan daya tarik visual, Leavitt mengajurkan menambahkan cermin. Cermin memang mampu menciptakan kesan lebih luas di suatu ruangan bukan?

Intinya, agar hunian lebih menarik, pemilik wajib menciptakan kesan leluasa dan lega ketika berada di dalamnya.

Cara lain untuk menciptakan kesan semacam itu yaitu dengan cara memperbaiki pencahayaan serta menghilangkan pembatas dan sekat ruangan.

Pasang harga realistis

Jangan terlalu ngoyo memasang harga tinggi. Cobalah sesuaikan dengan kondisi hunian. Jika seseorang menjual huniannya di lokasi yang kurang strategis dengan harga di atas rata-rata, maka akan sulit untuk laku, benar kan?

Sebelum menentukan harga, cek terlebih dahulu situs jual beli. Lihatlah harga hunian lain yang seukuran dan lokasinya berdekatan dengan hunian yang akan dijual. Yakinlah bahwa sebelum membeli, calon pembeli juga telah membandingkan beberapa hunian terlebih dahulu.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Aji Mumpung Menjaring Rupiah Lewat Bisnis Katering Rumahan di Bulan Puasa

Katering

Gak terasa bulan puasa sebentar lagi tiba, saatnya berlomba-lomba mengumpulkan kebaikan di bulan yang suci ini. Walau harus berpuasa menahan lapar dan dahaga, bukan berarti jadi alasan untuk bermalasan ya. Banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mewujudkan ide bisnis katering rumahan.

Misalnya, punya hobi memasak dan sudah lama ingin mewujudkan impian buka usaha katering? Mungkin bulan Ramadan bisa jadi momentum pas lho buat memulai.

Prospeknya bagus kok, Urbaners bisa mulai dengan menyediakan makanan untuk berbuka atau sahur misalnya.

Apalagi sekarang banyak yang gak mau ribet dengan urusan memasak, tapi di sisi lain mereka ingin makan masakan rumahan.

Setelah bulan Ramadan selesai pun bisnis katering rumahan gak akan mandek, masih bisa banget buat dilanjutin, bahkan malah bisa berkembang.

MODAL AWAL BISNIS KATERING RUMAHAN

1. Tempat

Namanya saja katering rumahan, jadi gak perlu sewa tempat dulu, manfaatkan dapur rumah sendiri agar menghemat biaya operasional.

Ditata saja sedemikian rupa agar saat menyiapkan order masakan jadi lebih mudah.

2. Peralatan memasak

Gak harus repot beli semua peralatan memasak, seperti kompor. Kan masih bisa menggunakan yang sudah ada. Mungkin untuk tambahan aja karena katering harus memasak dalam jumlah banyak.

Magic jar besar (20 liter) = Rp 1.000.000

Wajan memasak besar (40 cm) = Rp 150.000

Panci besar = Rp 150.000

Bujet: Rp 1.300.000

3. Fasilitas pendukung

Kalau memang sudah langsung menerima order dalam jumlah besar dan rutin, gak ada salahnya beli freezer kecil buat menyimpan bahan-bahan makanan, biar awet dan tetap terjaga kualitasnya seperti ikan, ayam dan sayuran.

Ini juga berguna supaya gak tercampur dengan bahan makanan buat sehari-hari.

Bujet = Rp 2.000.000

4. Biaya operasional

Namanya juga bisnis sampingan, kita bakal butuh bantuan. Gak ada salahnya mempekerjakan seorang asisten, apalagi kalau mau terima order nasi boks yang cukup banyak.

Pekerjakan asisten yang bisa memasak masakan sederhana.

Bujet = Rp 1 juta per bulan

Pikirkan juga biaya operasional, yaitu untuk membeli bahan-bahan masakan dan packaging. Misalnya selama bulan Ramadhan terima order makanan berbuka puasa untuk sebuah instansi sebanyak 50 boks per hari.

Harga satu boks katering modalnya Rp 20.000 dengan isi nasi, ayam goreng, sayur tumis, kerupuk, buah pisang atau jeruk dan sambal. Jangan lupa dus nasi harganya sekitar Rp 1.000!

Dengan begitu, modal untuk 50 boks nasi:

Rp 20.000 x 50 (box) = Rp 1.000.000

Modal produksi nasi boks per bulan = Rp 1.000.000 x 20 hari kerja = Rp 20.000.000

Total biaya operasional = Rp 1.000.000 + Rp 20.000.000 = Rp 21.000.000

Dengan begitu, total modal awal yang dibutuhkan adalah:

1.300.000 + 2.000.000 + 21.000.000 = Rp 24.300.000

SUMBER MODAL

Nah, saat sudah memperkirakan modal awal untuk bisnis katering rumahan, kini saatnya mencari solusi permodalannya. Bisnis katering rumahan ini bisa dimulai sebagai usaha sampingan sambil terus dikembangkan.

Kalau kamu belum ada modal sendiri, Urbaners bisa memulainya dengan mencari teman yang mau diajak berbagi hasil denganmu. Simak simulasi di bawah ini sebagai gambaran saat ingin mengajukan bagi hasil buat bisnis sampingan.

Karena perkiraan total perhitungan modal awal di atas Rp 24.300.000, kita bisa mengajukan bagi hasil dengan modal dasar sebesar Rp 25 juta dengan masa perjanjian kerjasama 12 bulan, misalnya.

Berikut perkiraan perhitungannya:

Simulasi profit selama bulan Ramadan

Dengan menjual 1 boks makanan seharga Rp 30.000, maka:

Omzet per bulan = Rp 30.000 x 50 (boks) x 20 (hari kerja) = Rp 30.000.000

Profit per bulan = Omzet – biaya operasional = Rp 30.000.000 – Rp 21.000.000 = Rp 9.000.000

Simulasi bagi hasil bulanan:

Modal dasar = Rp 25.000.000

Masa kerjasama = 12 bulan

Tingkat pengembalian investasi atau internal rate of return (IRR) yang diinginkan para pemegang saham = 17,88 persen

Jumlah pengembalian investasi bulanan = [target IRR + (modal dasar)] : 12 = [25.000.000 + (25.000.000 x 17,88% x 1)] : 12 = Rp 2.455.833

Profit sebulan setelah dipotong keuntungan untuk pemegang saham:

Rp 9.000.000 – Rp 2.455.833 = Rp 6.544.167

Dari simulasi di atas, jumlah modal dasar yang diajukan adalah sebesar Rp 25 juta dengan masa kerjasama 12 bulan.

Maka kewajiban pengembalian investasi per bulannya adalah sebesar Rp 2.455.833. Inilah jumlah yang harus disisihkan setiap bulannya.

Dengan perhitungan profit selama bulan puasa yaitu Rp 9.000.000, tentu jumlah modal dasar tersebut cukup aman. Tapi, dengan catatan setelah bulan Ramadan order gak berhenti dan bahkan bisa bertambah banyak.

Makanya jangan berhenti promosi usaha katering kita setiap saat lewat akun media sosial. Muatlah tampilan gambar yang mengundang selera dan tetap pertahankan kualitas rasa.

Usahakan juga sudah menemukan konsumen reguler untuk beberapa bulan ke depan, supaya kelangsungan bisnis kateringmu terjamin.

Kamu bisa nawarin jasa kateringmu lewat teman atau beriklan secara online maupun offline. Namun, buat dulu kalkulasi dan perencanaan bisnis kita dengan matang agar minim resiko rugi.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

KPR dengan Uang Muka 1% untuk Hunian Murah Ternyata Sangat Realistis, lho!

Hunian Murah

Beberapa waktu yang lalu Presiden Joko “Jokowi” Widodo bersafari meresmikan pembangunan hunian murah di sejumlah wilayah sebagai bagian program satu juta rumah.

Rumah-rumah murah itu dibanderol dengan harga mulai dari Rp 112 juta hingga Rp 141 juta. Uang muka yang disyaratkan untuk memiliki rumah ini pun tak besar, hanya 1 persen saja, dengan bunga tetap 5 persen.

Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo bahkan menyebut pengenaan DP sebesar 1 persen adalah hal yang ideal untuk saat ini, terutama dari segi psikologisnya.

“Ada rasa memiliki apabila ada uang muka. Berarti saya ada masa depan, ada harapan, saya bisa punya rumah untuk berlindung dan berteduh. Ini juga ada rasa psikologis walau jumlahnya berapa pun,” kata Mardiasmo, seperti yang dilansir KOMPAS.com, Selasa (16/5/2017).

Sebaliknya, pembelian rumah dengan tidak disertai DP dipandang Mardiasmo akan berpengaruh terhadap sisi psikologis calon pembeli rumah.

Mardiasmo mengatakan, pemberian uang muka memang merupakan salah satu terobosan pemerintah agar penyediaan rumah murah bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Namun, langkah ini diakuinya belum cukup jika tak diikuti oleh kebijakan lainnya.

Salah satu kebijakan lainnya adalah penyediaan bantuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

“Jadi, bagaimana setelah dikasih uang muka, bunganya sesuai, jangka waktu bisa dikejar panjang. Kami berikan relaksasi dari segi perpajakan, ada yang sifatnya (pajak) final,” sebutnya.

Kementerian Keuangan juga akan meminta perbankan, terutama bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut mengupayakan pemberian kredit bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mengakses kredit rumah.

Hingga saat ini, realisasi program sejuta rumah pada kuartal I 2017 mencapai 169.614 unit. Dari jumlah itu, rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 155.408 unit serta rumah untuk non MBR sebanyak 14.206 unit

Jumlah tersebut diklaim tak jauh berbeda dengan capaian 2016 yang hingga tutup tahun hanya 805.169 unit.

Aturan Uang Muka BI untuk Hunian Murah

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo sebelumnya sempat mempermasalahkan program uang muka KPR nol persen.

Sebab, kebijakan itu akan menyalahi Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 18/16/2016 yang dikeluarkan 29 Agustus 2016 tentang ketentuan pembiayaan loan to value (LTV) untuk penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR).

Dalam aturan itu, BI mengatur uang muka kredit perumahan minimal 15 persen dari harga rumah. BI punya tujuan, yakni melindungi konsumen dan industri perbankan, sekaligus mencegah terjadinya kredit macet.

Oleh karenanya, bank pemberi pinjaman umumnya lebih mengutamakan pemberian kredit dengan DP yang lebih besar, karena akan berpeluang untuk menjauhkan dari non-performing loan (NPL) atau rasio kredit bermasalah.

Namun, perlu diingat, untuk rumah tipe 22-70 dan tipe 21 (sesuai yang ditawarkan dalam program satu juta rumah), PBI tidak menentukan batas LTV-nya.

Oleh karenanya, tipe-tipe properti inilah yang bisa dijadikan celah untuk pembiayaan dengan uang muka yang sangat ringan.

Sasaran Hunian Murah

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengubah kriteria penghasilan masyarakat yang berhak mendapatkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan atau KPR subsidi.

Selama ini kriteria masyarakat berpenghasilan rendah penerima bantuan pembiayaan rumah berlaku secara nasional, yakni dengan gaji di bawah Rp 4 juta per bulan.

Dengan skema baru, masyarakat dengan penghasilan Rp 3,9 juta akan beda dengan penghasilannya Rp 2,2 juta. Bantuan uang muka akan diprioritaskan untuk MBR yang levelnya Rp 2 juta.

Ketentuan Masyarakat Berpenghasilan Rendah juga menjadi tidak hanya mencakup penghasilan pribadi namun untuk rumah tangga. Dengan demikian, MBR di Jakarta pun akan berubah menjadi sekitar Rp 7 juta.

Bagi pekerja kategori non-MBR, juga bisa menikmati fasilitas ini hanya dengan menunjukkan keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Untuk kategori ini, pemberian KPR maksimal adalah 95 persen dari harga rumah maksimal yang sebesar Rp 500 juta.

Salah satu bank BUMN yang telah menjalankan program ini adalah PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Pada pelaksanaannya, BPJS Ketenagakerjaan akan mengeluarkan rekomendasi bagi peserta aktif kepada BTN selaku penyalur kredit.

Sementara untuk persyaratan dan prosedur pengajuan, Anda bisa melihat catatan kami, “KPR bunga rendah untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan”.


Pada Selasa, 16 Mei lalu, UrbanLife.id melakukan kunjungan ke Beritagar.id. Konten ini bersumber dari media perusahaan tersebut.

5 Fatka Menarik Mekanisme Antikythera: Komputer Pertama di Dunia

Laman utama Google pada Rabu (5/16) dihiasi oleh doodle yang memperingati penemuan mekanisme Antikythera yang ke-115, dimana semua unsur mekanisme tersebut dibentuk menjadi tulisan “Google”. Lantas, sebenarnya apa itu mekanisme Antikythera?

Mekanisme Antikythera ditemukan di bangkai kapal era romawi yang karam di laut Aegean, namanya sendiri berasal dari pulau Kythera.

75 tahun semenjak penemuannya, tidak ada yang memahami betapa pentingnya temuan tersebut. Hingga akhirnya pada 1974, ahli fisika dan sejarawan Derek de Solla Price merilis publikasi pertama yang membahasnya. Namun hingga akhir hayatnya, Price masih belum dapat menerka bagaimana cara kerja alat tersebut.

Ilmuwan mulai memahami fungsinya 12 tahun lalu, yang terkait dengan tujuan astronomi. Google menuliskan bahwa mekanisme Antikythera digunakan untuk melacak posisi planet, memprediksi gerhana bulan dan matahari, bahkan memberi sinyal untuk olimpiade beriktunya.

Di dalam mesin berumur sekitar 2.100 tahun ini terdapat petunjuk penggunaan lebih dari 500 kata yang terdiri dari 3.500 karakter, masing-masing huruf terukir di bagian dalam dan hanya berukuran 1,2 milimiter.

Saat ini model rekonstruksinya dapat dilihat di museum yang terletak di Yunani. Ingin mengetahui lebih lengkap soal mekanisme Antikythera? Ini 5 fakta menarik yang perlu kamu ketahui:

1. Komputer Pertama dan Tertua di Dunia

Jauh sebelum ditemukannya komputer digital, peniliti lebih dulu menemukan komputer analog. Mekanisme Antikythera yang digunakan untuk mengkalkulasikan tanggal dan memprediksi fenomena astronomi, merupakan komputer analog pertama dan tertua di dunia.

Bahkan, saking canggihnya selama 1.500 tahun tidak ada teknologi yang mampu menandinginya.

2. Diperkirakan Dibuat pada Tahun 150 Sebelum Masehi

Masih belum ada yang mengetahui dengan pasti kapan dan siapa yang membuatnya. Menurut Google, “Mekanisme dibuat sekitar tahun 85 Sebelum Masehi, namun penelitian terbaru memperkirakan lebih tua lagi (150 sebelum masehi). Teknologi yang melampaui masanya – komponennya sama dengan yang digunakan di jam abad ke-18”

3. Digunakan Untuk Mengamati Fenomena Astronomi

Mekanisme Antikythera digunakan untuk mencatat penanggalan kalendar bulan, memprediksi gerhana, mencatat posisi bulan. Juga dapat mencatatkan musim dan festival seperti Olimpiade..

4. Juga Dimanfaatkan Untuk Meramal

Ilmuwan dari Universitas New York, Alexander Jones menemukan bahwa mekanisme Antikythera digunakan oleh bangsa Yunani Kuno untuk meramal. Mereka menerka bahwa bangsa Yunani Kuno mempercayai bahwa karakteristik sebuah gerhana terkait dengan hal buruk dan baik.

5. Mungkin Ada Dua Bangkai Kapal Yang Mengangkut Mekanisme Antikytera

Ratusan tahun berlalu dan belum ada usaha untuk melakukan pencarian kembali di lokasi penemuan mekanisme Antikythera. Namun pada tahun 2012, ahli arkeologi kelautan dari Woods Hole Oceanographic Institute dan Ephorate of Underwater Antiquities melakukan penyelaman ke lokasi tersebut.

Disana mereka menemukan artifak-artifak yang menyebar di daerah yang cukup luas. Yang dapat berarti, kapal Romawi yang membawa mekanisme Antikythera lebih besar dari dugaan atau ada lebih dari satu kapal.

8 Pekerjaan Yang Akan Digantikan Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan telah tumbuh pesat dan mengubah dunia selama sepuluh tahun terakhir. Mulai dari menerjemahkan bahasa hingga mencatat kegiatan kita, adalah salah satu bukti kesuksesan kecerdasan buatan.

Dalam sepuluh tahun yang akan datang, kecerdasan buatan diyakini akan lebih maju lagi dan memberikan lebih banyak pengaruh di kehidupan kita. Bukan tidak mungkin kecerdasan buatan akan menggantikan manusia untuk beberapa bidang pekerjaan.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 8 pekerjaan yang akan digantikan kecerdasan buatan dalam masa yang akan datang.

1. Koki

Memasak merupakan pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan buatan, karena pada dasarnya hanya dibutuhkan pengetahuan mengenai bagaimana daftar bahan baku, berapa takarannya, dan bagaimana cara memasaknya.

2. Konsultan Hukum

Kecerdasan buatan yang mampu memahami hukum buatan manusia? Mengapa tidak? Bahkan berbeda dengan manusia, kecerdasan buatan tidak akan mengalami kelelahan, teralihkan perhatiannya, dan tidak akan terpengaruh emosi.

3. Sekretaris Pribadi

Kecerdasan buatan seperti Siri dan Assistant besutan Google sudah mulai memperlihatkan seperti apa kira-kira sekretaris pribadi digital di masa yang akan datang. Saat ini juga tengah dikembangkan kecerdasan buatan yang mampu memahami tulisan dan percakapan untuk membuat jadwal penggunanya.

4. Pelatih Olahraga

Diyakini tidak lama lagi kecerdasan buatan akan mampu membuat strategi untuk olahraga, yang paling rumit sekalipun. Kecerdasan buatan akan mampu mengolah dan memahami, prinsip dasar sebuah permainan olahraga, dan menerapkan algoritmanya untuk meraih kemenangan pada tim yang dipimpinnya.

5. Petugas Imigrasi

Berkembangnya teknologi biometric yang dikombinasikan kecerdasan buatan diyakini akan meniadakan fungsi petugas imigrasi yang biasanya hadir di setiap gerbang perbatasan negara.

6. Penerjemah

Kecerdasan buatan yang dapat menterjemahkan beragam bahasa telah dibuat oleh beragam perusahaan teknologi Global seperti Google, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang akan ada kecerdasan buatan yang dapat menerjemahkan bahasa secara realtime dan memungkinkan semua orang saling memahami bahasa satu sama lain.

7. Petugas Layanan Keuangan

Petugas bank sudah mulai digantikan oleh mesin setor tunai, konsultan keuangan mulai digantikan kecerdasan buatan yang sanggup memberi rekomendasi finansial.

8. Direktur Perusahaan

Founder Alibaba, Jack Ma percaya dalam sepuluh tahun yang akan datang, Direktur terbaik di dunia mungkin adalah sebuah robot.

6 Mata Uang Digital Selain Bitcoin Yang Cocok Dijadikan Investasi

Bitcoin merupakan mata uang digital paling populer, tapi tentunya bukan satu-satunya di dunia.

Setidaknya hingga bulan Juli 2016 terdapat lebih dari 710 mata uang digital yang aktif diperdagangkan di dunia, namun hanya sedikit yang memiliki kapitalisasi pasar di atas 10 juta dolar AS.

Dengan harga lebih mahal dari 1 ounce emas, tidak dipungkiri lagi Bitcoin adalah yang paling tinggi nilainya.

Karena bisa digunakan untuk bertansaksi untuk membeli barang dan jasa seperti mata uang pada umumnya, serta potensi untuk terus bertambah nilainya, tidak sedikit orang yang menjadikan mata uang digital tersebut sebagai pilihan untuk investasi.

Nah, selain Bitcoin 6 mata uang digital ini juga cocok untuk dijadikan investasi.

1. Litecoin

Mata uang digital yang pertama kali diluncurkan pada 7 Oktober 2011 oleh Charlie Lee, mantan karyawan Google ini mampu mencapai kapitalisasi pasar sebesar 1 milyar dolar AS per November 2013.

Saat ini satu Litecoin diperdagangkan dengan nilai sebesar 22,81 dolar AS.

2. Ethereum

Gagasan untuk membuat Ethereum pertama kali dicanangkan pada akhir 2013 oleh Vitalik Buterin, seorang programer dan peniliti mata uang digital. Sistem Ethereum pertama kali menluncur pada tanggal 30 Juli 2015.

Saat ini Ethereum memiliki kapitalisasi pasar di atas 8 milyar dolar AS dan satu Ethereum diperdangkan dengan nilai 93,27 dolar AS.

3. Zcash

Zcash mulai dikembangkan pada tahun 2014, proyek tersebut merupakan kolaborasi antara peneliti di Universitas Johns Hopkins, Institut Teknologi Massachusetts, Institut Teknologi Israel – Technion, dan Universitas Tel Aviv.

Satu Zcash diperdangkan dengan nilai 93,66 dolar AS dan memiliki kapitalisasi pasar di atas 122 juta Dolar AS.

4. Dash

Dash merupakan jenama baru dari Darkcoin, mata uang yang memiliki kapitalisasi pasar 641 juta dolar AS ini diperdagankan dengan nilai 87,87 dolar AS.

5. Ripple

Dalam 24 jam terakhir nilai tukar mata uang digital ini naik lebih dari 30%. Hanya saja, berbeda dengan mata uang digital pada umumnya, Ripple tidak bisa ‘ditambang’.

Ripple memiliki kapitalisasi pasar di atas 11 milyar dolar AS, dengan satu Ripple diperdagangkan dengan nilai 0,3 dolar AS.

6. Monero

Mata uang digital yang diluncurkan pada bulan April 2014 ini telah memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 382 juta dolar AS. Satu monero diperdagangkan dengna nilai 26,47 dolar AS.