10 Fakta Menarik soal Michael Essien: Pemain Sepak Bola Dunia yang Melanjutkan Kariernya di Indonesia

Michael Essien

Resmi bergabungnya Michael Essien dengan Persib Bandung, memang menjadi hal yang cukup mengejutkan bagi pecinta sepakbola di Indonesia.

Soalnya, pemain asal Ghana itu, pernah memperkuat klub elit Eropa, diantaranya ialah Chelsea, AC Milan, dan Real Madrid. Michael Essien juga merupakan skuad timnas Ghana pada Piala Dunia 2006 dan 2014.

Kedatangan pemain asal Ghana tersebut diharapkan mampu tingkatkan atmosfir positif di sepak bola tanah air.

Untuk mengenal lebih jauh sosok Michael Essien, berikut kami hadirkan tujuh fakta menarik tentangnya.

1. Michael Essien nyaris dikontrak MU

Mengawali karier internasional sebagai salah satu bintang lapangan hijau di ajang Piala Dunia U-17 di Selandia Baru pada 1999 silam, pesepakbola kelahiran 3 Desember 1982 itu langsung dilirik oleh  banyak pencari bakat sepak bola Eropa.

Selang setahun kemduian, pada 2000, Essien sempat menjalani uji coba dengan klub Manchester United (MU) dan berhasil menarik hati klub berjuluk Setan Merah itu.

Sayang, tawaran kontrak untuk bermain di MU terhalang oleh masalah visa. Akibatnya, Essien memilih untuk merumput terlebih dahulu di klub Royal Antwerp di Beligia, baru kemudian bermanuver di banyak klub sepak bola Eropa, seperti di Batsia, Olympic Lyonnasi, Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan.

2. Berasal dari keluarga pesepakbola

Sang ayah, James Essien, pernah merumput membela tim nasional Pantai Gading di masa mudanya, sebelum kemudian pindah ke Ghana dan membina keluarga di sana.

Kakak laki-laki Essien juga sempat berprofesi sebagai pesepakbola, namun sayang cidera berat yang menimpanya membuatnya pensiun dini dari lapangan hijau.

3. Dijuluki sebagai Bison

Di luar lapangan, Essien dikenal sebagai pribadi yang pemalu. Namun tidak jika sedang mengolah si kulit bundar. Essien memiliki kekuatan serta kecepatan yang mengagumkan saat menggiring bola.

Ia juga dikenal luas memiliki kemampuan tackling yang ‘mengerikan’ di mata lawan, sehingga pencinta sepak bola pun menjulukinya sebagai bison, yakni hewan pendiam yang berubah membahayakan ketika agresif.

4. Memiliki dwi-kewarganegaraan

Perjalanan karier sepak bolanya di Prancis selama lima tahun, yakni di klub Bastia (2001-2003) dan klub Olympique Lyonnais (2003-2005), membuahkan stattus kewarganegaraan setempat.

Bahkan, performa mengagumkan yang ditunjukkan Essien saat membela  Olympique Lyonnais berhasil mengantarkan dirinya meraih gelar Pemain Terbaik dari Persatuan Sepak Bola Nasional Prancis (UNFP).

Essien juga pernah berhasil membawa Lyon mencapai babak perempat final pada Piala UEFA 2004/2005 berkat total lima gol yang dihasilkannya.

5. Pesepakbola Afrika pertama peraih gelar pemain terbaik di klub Chelsea

Pada 15 Mei 2007 silam, para penggemar klub Chelsea kompak menunjuk Essien sebagai Pemain Terbaik selama merumput di musim kompetisi 2006/2007.

Masih di musim yang sama, gol terakhirnya yang mampu menyeimbangkan skor dengan Arsenal juga disebut sebagai gol terbaik klub berjuluk The Blues kala itu.

6. Nomor punggung lima sebagai angka keberuntungan Michael Essien

Bersama Maung Bandung, julukan Persib, Essien akan mengenakan nomor punggung 5. Bisa dikatakan angka 5 menjadi nomor keramat bagi pemain asal Ghana tersebut.

Gimana gak, Essien merasakan kejayaan di tanah Eropa dengan mengenakan nomor kostum 5 bersama Chelsea. Bersama Chelsea, Essien meraih gelar Liga Primer pada musim pertamanya. Empat tahun berselang, gelar kedua dirasakan bersama pelatih Carlo Ancelotti.

Empat trofi Piala FA, satu gelar Piala Liga, satu Community Shield dan Liga Champions merupakan gelar lain yang diraih Essien bersama The Blues.

7. Dikontrak oleh Persib dengan nilai fantastis

Gelandang berusia 34 itu disebut menerima nilai kontrak sekitar Rp 9 miliar untuk masa kontrak setahun. Menurut Direktu Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahyono, durasi kontrak setahun tersebut masih memiliki peluang untuk diperpanjang.

8. Sosok yang dermawan

Michael Essien cukup sering menyelenggarakan pertandingan ekshibisi yang bertujuan menggalang dana untuk kegiatan sosial. Ia sendiri memiliki yayasan bernama Michael Essien Foundation.

Sebagai contoh, Essien sempat menggagas pertandingan bertajuk Games of Inspiration and Hope di Sports Stadium, Accra, 25 Mei 2011.

Semua pemasukan dari laga yang mengadu tim Africa XI dan Rest World XI tersebut disumbangkan untuk anak-anak Afrika korban perang saudara dan kelaparan.

9. Aktif di media sosial

Fans adalah segalanya bagi Michael Essien. Untuk bisa tetap berkomunikasi dengan penggemarnya, sang gelandang menggunakan media sosial.

Essien rajin menginformasikan kegiatan dan perkembangan dirinya melalui Twitter. Hingga saat ini, ia memiliki 587.000 pengikut.

10. Gak akur dengan ayahnya

Hubungan Essien dengan ayahnya, James Essien, kurang harmonis. Ia sempat dituduh mengabaikan sang bapak.

Dalam sebuah wawancara dengan media Ghana, James mengungkapkan bahwa dirinya dibiarkan tinggal di rumah tak layak huni. Hal itu langsung dibantah oleh Essien.

“Saya menangis saat mendengar sebuah kebohongan yang keji dari ayah saya setelah apa yang sudah saya berikan selama ini,” kata Essien dikutip Daily Mail pada 2010.

James bercerai dengan ibu Essien, Aba. Penyebab perpisahan itu dikarenakan James memiliki tiga istri lain.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

4 Cara Aman Beli Apartemen untuk Kaum Muda

Apartemen bisa jadi pilihan properti terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan akses mudah ke kampus atau kantor tempatmu bekerja. Tapi, kenali terlebih dahulu cara aman dalam pembeliannya.

Selain itu, apartemen juga punya banyak kelebihan antara lain cara merawat apartemen terbilang lebih sederhana dibandingkan jenis properti lainnya.

Itu sebabnya apartemen sangat cocok untuk kamu yang punya kesibukan tingkat tinggi tetapi tetap ingin menciptakan lebih banyak quality time bersama istri dan anak-anak.

Sayangnya, membeli apartemen juga terbilang gak mudah. Kalau kamu tidak teliti sebelum membeli, bisa-bisa kamu harus berurusan dengan pengembang yang bermasalah.

Bahkan, kamu bisa merasa gak betah tinggal di apartemen yang sudah kamu beli karena keamanannya kurang.

Oleh karena itu, Urbaners harus memperhatikan beberapa hal penting demi keamanan dan kenyamanan. Berikut ini beberapa cara aman beli apartemen untuk kaum muda.

Cara aman 1: Perhatikan latar belakang developer

Sebelum membeli apartemen, lihat dulu siapa pengembangnya. Pelajari latar belakang developer tersebut agar kamu tidak salah pilih.

Jangan sampai kamu berhubungan dengan developer yang bermasalah. Kamu bisa mendapatkan informasi dari Asosiasi Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSI).

Cara aman 2: Ketahui status lahan

Cari tahu bagaimana status lahan tempat apartemen berdiri. Pastikan bahwa lahan tersebut merupakan hak milik pengembang. Jika kamu menemukan status Build, Operate, Transfer (BOT), Urbaners harus waspada.

Apa itu BOT? Ini merupakan pemanfaatan aset milik negara atau daerah dalam jangka waktu tertentu. Ketika masa penggunaan habis, maka tanah dan bangunan harus diserahkan kembali ke pemerintah.

Cara aman 3: Perhatikan legalitas lainnya

Selain status lahan, perhatikan pula legalitas lainnya. Pastikan bahwa proses pembangunan apartemen telah memenuhi berbagai perizinan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Periksa juga keberadaan Izin Prinsip, Hak Guna Bangunan (HGB), dan Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT).

Saat Urbaners beli apartemen, mintalah salinan kepada yang bersangkutan. Jangan lupa memastikan sertifikat yang akan kamu terima yaitu Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

Cara aman 4: Perhatikan keamanan apartemen

Perhatikan keamanan apartemen mulai dari penjagaan di gerbang, di dalam dan bagaimana kondisi daerah sekitar apartemen.

Selain itu pastikan juga keberadaan fasilitas untuk meminimalisir risiko bencana seperti kebakaran atau gempa bumi.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

7 Tips Penting Bikin Surat Lamaran Kerja yang Bisa Menarik Perhatian HRD dalam Hitungan Detik

surat lamaran kerja

Waktu buka lowongan kerja, biasanya perusahaan akan meminta calon karyawannya buat mengirimkan CV dan surat lamaran kerja.

Kedua hal tersebut, bisa dibilang sangat menentukan apakah kamu dipanggil untuk wawancara kerja atau gak.

Bahkan, menurut riset yang dilakukan Times of India, pihak HRD hanya melihat surat lamaran maksimal selama 6 detik saja!

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana caranya membuat surat lamaran yang menarik perhatian HRD agar diundang interview atau wawancara kerja, simak saja langsung beberapa tips berikut ini.

1. Jangan pernah mulai surat lamaran kerja dengan “Yth. HRD Manager“!

‘Yth. HRD Manager’ terdengar sangat gak personal. Ketika kamu menuliskannya, yang terbersit di pikiran sang pembaca hanyalah, “Saya tidak cukup peduli dengan perusahaan ini untuk mau repot-repot meng-Google nama manajer personalianya.”

Jadi, selalu mulai suratmu dengan sapaan yang lebih langsung. Carilah nama manager HRD di perusahaan tersebut.

Gak tahu bagaimana caranya? Telepon saja perusahaan itu atau paling gak cari laman sang manajer personalia di LinkedIn.

Kalau memang kamu tidak bisa menemukan nama sang manajer, lewati saja bagian ini sekalian.

Langsung saja tuliskan isi suratmu setelah mencantumkan tanggal dan tempat pembuatan surat di bagian paling atas.

2. Fokuslah bercerita tentang bagian paling menarik dari CV-mu

Di surat lamaranmu, jangan hanya mengulang apa yang sudah tercantum di CV. Sebaliknya, fokuslah pada bagian paling penting dan menarik dari CV-mu.

Kamu melamar posisi penulis dan pernah menjuarai kompetisi esai tingkat mahasiswa? Di surat lamaranmu, ceritakan apa yang kamu tulis dan mengapa karyamu itu mengesankan para juri.

Urbaners melamar di posisi public relations dan pernah menjadi humas organisasi kemahasiswaan di kampusmu?

Ceritakan apa saja yang telah kamu pelajari dari pengalamanmu itu. Ingat: CV adalah tentang seberapa banyak dan penting pengalamanmu. Surat lamaran adalah tentang seberapa menarik cerita-cerita di baliknya.

3. Cantumkan kualitas spesifik yang dicari perusahaan

Perusahaan yang kamu lamar mencari pegawai yang pekerja keras? Sebutkan bahwa kamu sanggup bekerja di bawah tekanan dan di tengah jam kerja yang tinggi.

Tapi jangan cuma mengklaim saja, lho ya! Ceritakan juga pengalamanmu sebelumnya yang telah membentukmu menjadi seorang pekerja keras.

Kamu juga bisa kok mencantumkan di surat lamaranmu karakteristik-karakteristik lain yang dicari si perusahaan. Pastikan saja kalau kamu punya alasan yang mendukung klaim-klaimmu itu.

4. Jangan sembarangan bercanda dalam surat lamaran kerja!

Mungkin kamu ingin terlihat sebagai orang yang cepat beradaptasi, ramah, dan terbuka. Tapi bukan dengan bercanda caranya.

Surat lamaran adalah hal yang serius, dan kamu harus bisa terlihat profesional di atas kertas.

Berkonsentrasilah untuk membuat surat lamaran yang sempurna agar kamu mendapat panggilan wawancara. Baru habis itu pamer kekocakanmu itu di sesi wawancara kerja.

5. Please, jangan sebutkan nama temanmu yang bekerja di perusahaan itu…

Mungkin kamu berharap mendapat perlakuan sedikit istimewa karena punya teman yang sudah bekerja disana.

“Saya mendengar lowongan ini dari Annas Indra Buana,” tulismu. Pertanyaan pertama: kamu yakin semua orang yang akan membaca suratmu itu kenal dengan Annas Indra Buana?

Pertanyaan kedua: kamu yakin berharap diterima karena ada teman yang sudah bekerja disana adalah tindakan yang profesional?

6. Tunjukkanlah pengetahuan dan ketertarikanmu pada sang perusahaan

Ini adalah bagian yang sangat penting dari surat lamaran kerja.

Dengan menyebutkan kenapa kamu memutuskan melamar di perusahaan itu dan bukan yang lain, kamu sedang menunjukkan bahwa kamu sangat serius dengan lamaranmu.

Kamu bukan fresh graduate yang asal melamar ke perusahaan apapun dan menerima pekerjaan apapun yang pertama ditawarkan padamu.

Ceritakanlah kenapa kamu sepakat dengan visi dan misi perusahaan tempatmu melamar. Ungkapkan juga apa yang ingin kamu raih dengan bekerja di perusahaan itu.

Dengan dua poin ini, percaya deh, kamu sudah jauh lebih unggul dibandingkan para pelamar yang lainnya.

7. Sertakan juga kontakmu di kanan atas surat

Kalau CV-mu terpisah dari surat lamaran, jangan lupa sertakan kontakmu agar orang yang membaca surat lamaran tahu kemana mereka harus menelepon jika terpikat pada suratmu.

Dimana kamu harus menyertakan kontak? Di bagian atas kanan. Tuliskan email, alamat, serta nomor telepon genggam. Praktis. Profesional!

Nah, itu tadi tips yang bisa UrbanLife.id bagikan tentang hal-hal yang harus ada di surat lamaranmu. Mulai sekarang, jika pekerjaan yang ingin kamu lamar mengharuskanmu mengirim surat lamaran, jangan bingung-bingung lagi harus menulis apa, ya!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

Punya Uang Lebih, Mendingan Simpan di Deposito, Reksa Dana atau Unit Link ya?

Deposito

Terkadang rencana untuk memulai berinvestasi selalu tertunda karena berbagai pertimbangan. Ada yang menilai bahwa penghasilan sebagai pekerja muda sangat cocok untuk dipakai bersenang-senang daripada disimpan sebagai deposito, reksa dana atau bahkan unit link.

“Ada saatnya nanti untuk memulai berinvestasi,” begitu kata sebagian besar kaum muda. Sebenarnya, investasi harus dimulai sedini mungkin.

Semakin cepat dimulai, semakin besar nilai investasinya. Ada beberapa pilihan  investasi yang bisa masuk pertimbangan kamu.

Lantas, apa yang membedakan menyimpan uang dalam deposito, reksa dana, dan unit link ini? Berikut adalah ulasannya.

Deposito

Kini, sebagian besar masyarakat sudah cukup mengenal deposito perbankan sebagai tempat untuk menyimpan uang.

Deposito sendiri merupakan produk perbankan yang berupa simpanan berjangka dengan tingkat bunga tertentu. Menyimpan uang dalam bentuk deposito memiliki risiko yang rendah dan tingkat keaman yang cukup tinggi.

Pasalnya, dalam hal ini terdapat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin uang kita hingga jumlah maksimum Rp 2 miliar.

Dengan risiko yang rendah, tingkat keuntungan (bunga) yang dihasilkan deposito pun rendah bahkan gak lebih tinggi dari tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Hal ini sesuai dengan prinsip “low risk low return”. Kita dapat menggunakan deposito ini, untuk tujuan keuangan dalam jangka pendek (1-2 tahun).

Reksa Dana

Reksa dana, salah satu instrumen investasi pasar modal, juga telah mulai berkembang di masyarakat sebagai pilihan alternatif investasi.

Reksa dana ini sendiri merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut ditempatkan oleh manajer investasi ke dalam berbagai produk keuangan seperti saham, obligasi dan deposito.

Reksa dana terdiri dari beberapa jenis yakni reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap dan pasar uang. Setiap jenis reksa dana ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menghasilkan risiko dan keuntungan.

Dalam menyimpan uang pada reksa dana ini, kita dapat menentukan jenis reksa dana berdasarkan tujuan keuangan kita.

Misalnya saja untuk tujuan keuangan dalam jangka pendek, kita dapat memilih reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap yang berpotensi menghasilkan return (keuntungan) di atas bunga deposito tetapi memiliki risiko pasar yang rendah.

Untuk tujuan jangka panjang, kita dapat memilih reksa dana jenis campuran dan saham yang secara jangka panjang memiliki potensi menghasilkan return yang besar dan mampu melawan tingkat inflasi.

Unit Link

Saat ini, unit link sebagai salah satu produk asuransi yang memberikan manfaat lain yaitu investasi. Unit link ini memudahkan kita untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu produk.

Jadi, premi yang kita bayarkan sebagian untuk asuransi dan investasi sehingga pada akhir periode, kita dapat mencaikan dana investasi dari unit link.

Pada unit link terdapat dua portofolio yaitu portofolio asuransi dan investasi. Portofolio dalam unit link ini seperti reksa dana yang memiliki beberapa jenis sesuai dengan aset subdana yang dimilikinya. Selain itu, nilai unit link pun layaknya naik turun tergantung dari pergerakan aset subdananya.

Dalam menentukan pilihan untuk menyimpan uang pada deposito, reksa dana, atau unit link ini, kita menyesuaikan dana dengan tujuan dan kebutuhan serta profil risiko dari masing-masing.

Misalnya saja apabila kita memiliki tujuan menyimpan uang dalam jangka pendek dan tidak bersedia menerima risiko pasar yang tinggi, kita dapat memilih deposito atau reksa dana pasar uang yang memiliki risiko yang relatif rendah.

Lalu, apabila saat ini Urbaners belum memiliki asurasi jiwa (proteksi jiwa), kita dapat memilih unit link. Sebab selain jiwa kita diasuransikan, premi yang kita bayarkan secara rutin pun sebagian diinvestasikan. Sehingga dalam hal ini, kita dapat melakukan kegiatan berasuransi sekaligus berinvestasi secara bersamaan.

Apabila sudah memiliki asuransi (proteksi jiwa), kita dapat memilih reksa dana untuk berinvestasi. Sebab kegiatan investasi yang dilakukan dengan menggunakan produk investasi murni ini, hasil keuntungan (return) yang didapat bisa lebih maksimal.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Bermodal Rp 10 Juta, Ini 5 Tips Simpel Memulai Bisnis Busana Muslim untuk Pemula

busana muslim

Bikin usaha busana muslim merupakan salah satu solusi yang tepat bagi kamu yang menyukai fasion. Karena di zaman sekarang ini justru banyak sekali kaum muslim yang berbangga diri untuk memakai baju koko hingga jilbab.

Bahkan, saat ini bisa dibilang sudah banyak sekali model busana muslim yang keren, bagus dan sesuai zaman. Ini bisa jadi peluang yang bagus untuk memulai bisnis busana muslim, lho!

Sebelum memulai usaha busana muslim, Urbaners harus benar-benar mempersiapkan diri untuk dapat bersaing dengan orang-orang yang sudah sukses dan berhasil terlebih dahulu membuka usaha sejenis.

Tetapi kamu juga gak perlu khawatir, karena akan selalu ada peluang besar untukmu yang masih pemula agar dapat mencapai keuntungan yang besar dari usaha ini. Nah, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini dalam membuka usaha busana muslim ya!

Cari beberapa suppliers

Kontak beberapa suppliers untuk menanyakan apakah mereka bersedia untuk bekerja sama dengan kita. Selanjutnya, baru kita seleksi dan batasi jumlah suppliers.

Hal ini diperlukan untuk mempermudah proses pemesanan. Selain itu, Urbaners sebaiknya memilih suppliers yang telah memberikan tawaran biaya per unit dengan harga yang rendah. Tujuannya adalah membantu bisnis kita dalam meraih keuntungan setiap itemnya.

Sesuaikan bisnis busana muslim dengan bujet kamu secara baik

Jika kamu memilih untuk produksi sendiri, kamu bisa memiliki brand atau merk sendiri yang tentunya menjadi nilai jual lebih.

Dari total uang modal Rp 10 juta yang dimiliki kamu bisa menyisihkan hingga Rp 5 juta untuk membeli berbagai bahan. Lalu, sekitar Rp 3 juta untuk ongkos menjahit.

Ongkos menjahit tentu berbeda-beda, mulai dari jahit simpel untuk jilbab, sampai pasmina mulai dari Rp 7,5 ribu – Rp 15 ribu per potong. Lalu jahit atasan dan bawahan dimulai dari sekitar Rp 20 ribu – Rp 50 ribu sesuai tingkat kesulitan.

Kamu bisa gunakan sisa Rp 1 juta untuk biaya promosi. Utamakan promosi lewat dunia maya, mengingat saat ini transaksi online di dunia maya semakin meningkat. Lalu sisa uang Rp 1 juta lainnya bisa dimasukkan ke dana darurat.

Sebagai tambahan, untuk mempromosikan bisnis dalam penjualan via online, maka dapat membuat iklan singkat di media sosial pribadi juga dan ada baiknya membuat brosur untuk disebarkan di lingkungan sekitar rumah, kampus dan tempat-tempat lainnya.

Tentunya, setiap busana yang telah kamu buat mulai dari hijab hingga gamis harus kamu jual setidaknya 30% lebih dari ongkos produksi. Bahkan jika kualitasnya memang baik, menjual lebih dari 50% harga produksi juga gak jadi masalah.

Promosi di media sosial

Sosial media merupakan senjatah yang sangat ampuh untuk urusan branding saat ini. Kamu bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai aplikasi media sosial lainnya secara cuma-cuma untuk memperkenalkan produkmu ke masyarakat.

Sebagai tambahan, untuk mempromosikan bisnis dalam penjualan via online, maka dapat membuat iklan singkat di media sosial pribadi juga dan ada baiknya membuat brosur untuk disebarkan di lingkungan sekitar rumah, kampus dan tempat-tempat lainnya.

Mengingat kamu punya modal untuk promosi, manfaatkan uang tersebut untuk promosi di media sosial. Pilih akun-akun yang memiliki pengikut sesuai dengan bujet dan target pasarmu. Selebritis Instagram kekinian yang memiliki banyak pengikut anak muda bisa menjadi target utamamu.

Selain itu, jika memang bujet promosi besar maka gak ada salahnya untuk membayar buzzer demi mengangkat brand yang kamu miliki.

Meski banyak tantangan, tetaplah berusaha!

Tantangan mengembangkan usaha busana muslim memang banyak dan cukup berat, terutama karena banyaknya saingan.

Namun, kamu harus tetap berusaha dan menunjukkan keunikan serta kualitas dari produk yang kamu jual di pasaran.

Karena perlu diingat, dalam berjualan gak hanya melulu soal harga saja tapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi orang untuk mau membeli suatu produk. Itu sebabnya Urbaners harus berkreasi dan jeli melihat segala macam peluang.

Cari rekan bisnis

Hal ini sangat penting bagimu yang baru saja akan membuka bisnis busana muslim. Karena dalam proses pembuatan bisnis biasanya selalu ada kendala yang pasti akan membutuhkan tenaga orang lain.

Apalagi bisnis yang kamu jalani masih terbilang baru. Tentunya, pasti lebih baik memilih teman dekat terlebih dulu atau mungkin saudara daripada mencari orang lain yang mungkin belum dikenal.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

Ajukan KPR Online, Ini 6 Keuntungannya buatmu!

KPR online

Kamu ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR online? Gak perlu bingung, karena saat ini banyak layanan di internet yang dapat membantu kamu mendapatkan rumah atau apartemen impian dengan mudah.

Kamu bisa mengakses developer ternama Megakarya Propertyndo. Seperti halnya belanja barang-barang kebutuhan secara online, belanja produk properti secara online juga punya banyak keunggulan.

Khususnya KPR online, kamu harus memilih dengan cermat karena KPR adalah utang jangka panjang. Lewat KPR online, kamu akan sangat terbantu karena terdapat keunggulan sebagai berikut.

KPR online bisa menghemat waktu

Cukup duduk di hadapan komputer dan bermodalkan kuota internet, kamu bisa mulai mewujudkan keinginan memiliki rumah atau apartemen sendiri hanya dengan jari. Kamu bisa menyempatkan diri mengajukan KPR di tengah kesibukanmu.

Bisa pelajari dulu dan konsultasi secara gratis

Sebelum mengajukan KPR di suatu bank tertentu, pelajari dulu baik-baik produknya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Luangkan waktu untuk membaca dengan teliti detail produknya. Jika kurang jelas, kamu bahkan bisa konsultasi secara gratis langsung ke sales executive disana. Contoh salah satu produk properti yang telah mengembangkan sistem ini adalah Bintaro Pavilion Apartment.

Banyak pilihan produk, sehingga bisa membandingkan

Developer ternama seperti Megakarya Propertyndo menjalin kerja sama dengan bank ternama pula, sehingga kamu seakan-akan sedang mendatangi bank tersebut untuk mencari informasi KPR hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Kamu pun punya banyak pilihan produk KPR yang ditawarkan dan dapat membandingkannya satu sama lain.

Bisa cari bunga yang paling rendah

Ketika membandingkan produk, kamu dapat mencari produk KPR yang paling tepat untukmu. Misalnya, jika pertimbangan kamu adalah bunga, kamu dapat memilih KPR dengan bunga paling rendah agar tidak memberatkan.

Jika kamu mengajukan KPR secara konvensional, hal ini terbilang sulit dilakukan. Misalnya, Bintaro Pavilion Apartment yang telah bekerjasama dengan Bank Muamalat untuk memberikan KPR dengan bunga rendah.

Bisa coba kalkulator KPR

Kalkulator KPR akan sangat membantumu mengetahui estimasi besaran cicilan KPR per bulan. Sebelum mengajukan KPR, kamu tentu harus sudah memperhitungkan apakah pemasukanmu mencukupi untuk membayar cicilan bukan?

Masukan jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, serta suku bunga efektif di kolom yang tersedia, kemudian lihat hasilnya.

Cek status KPR via media sosial

Melalui media sosial Megakarya Propertyndo, kamu juga bisa bertanya tentang status pengajuan KPR. Selain itu, dengan mengikuti media sosial Megakarya Propertyndo, kamu akan lebih update tentang berbagai promo produk properti.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Hai Para Karyawan, Ini 8 Cara Cerdas Menabung untuk Beli Rumah Idaman

karyawan

Di masa kini makin susah rasanya bila seorang karyawan dengan penghasilan pas-pasan ingin mempunyai rumah atau apartemen. Selain memang susah mengalokasikan anggarannya, harga properti dari waktu ke waktu juga selalu meningkat.

Padahal properti juga merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat menguntungkan. Jelas, sebab harganya cenderung naik setiap tahunnya. Jadi gak mungkin rugi, kan?

Jadi apa yang membuat investasi rumah sering tertunda? Kerap kali, dana yang belum cukup menjadi alasan yang paling jamak diungkapkan.

Tapi coba deh dipikir-pikir lagi. Sekarang pembelian properti sudah jauh lebih mudah dengan adanya Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Belum lagi, pemerintah juga sudah menurunkan yang namanya uang muka (DP) minimum untuk beli properti yang satu ini. PR kamu tinggal mengumpulkan uang DP yang dibutuhkan.

Seperti kata pepatah, “Di mana ada niat, di situ pasti ada jalan!” Kalau memang niat beli rumah, ya nabung dong!

Gak perlu ditunda. Lakukan sekarang juga. Karena harga rumah pasti bakal tambah mahal ke depannya. Jadi kalau gak sekarang, kapan lagi?

Nah, biar usaha menabungmu lancar, simak nih delapan cara cerdas menabung yang jitu untuk bekal beli rumah impian.

1. Buatlah tujuan yang jelas dan terarah

Dengan adanya tujuan yang jelas, kamu akan semakin terarah, bersungguh-sungguh, dan tetap fokus mengejar impian.

Oleh sebab itu, kalau niatnya menabung buat beli rumah, sejak awal sudah tetapkan niatmu dan fokus untuk tujuan tersebut.

Tujuan yang ditetapkan juga harus dapat diukur pencapaiannya. Kamu bisa menuliskan tujuan yang terukur itu dan menempelkannya pada tempat yang mudah terlihat, misalnya di dinding kamar tidur.

Dengan begitu, tiap mau tidur dan bangun tidur, kamu selalu termotivasi untuk menabung.

2. Tentukan nominal

Penentuan jumlah nominal yang mau kamu tabung untuk membeli rumah haruslah jelas sejak awal. Perhitungkan angka nominal yang proporsional agar tidak mengganggu berbagai pos lainnya dalam keuangan bulananmu.

3. Target tabungan yang tepat

Buatlah sistem pengelolaan keuangan dengan menerapkan target berkala, seperti target mingguan, harian, dan seterusnya.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mengontrol keuanganmu dengan lebih mudah dan terencana.

Target yang ditetapkan juga jangan yang terlalu besar, supaya kamu tidak menjadi malas untuk menjalankannya di kemudian hari.

4. Lunasi semua utang

Lunasi utangmu segera, baik itu utang kartu kredit, KTA, atau utang ke teman da keluarga.

Kalau gak ada utang, hidup pastinya lebih tenang dan tenteram. Dengan begitu, kamu pun bisa menabung dengan lebih nyaman dan realistis.

5. Tabungan dalam bentuk emas

Harga emas cenderung stabil nilainya, mengingat investasi dalam bentuk ini tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk menabung dalam bentuk emas jika perkiraan waktu investasinya sejalan dengan rencanamu membeli hunian.

Tapi jika berminat, kamu perlu mempelajari dan mengetahui dengan jelas segala mekanisme dan prosedurnya secara detail dan menyeluruh. Ini penting, agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

6. Pantau setiap pengeluaran dengan cermat

Dalam hal pengeluaran, kita perlu lebih cermat dan perhitungan, namun bukan berarti pelit.

Dengan perhitungan yang cermat dan teliti, kita terhindar dari kebiasaan yang buruk untuk mengeluarkan sejumlah uang tanpa perhitungan yang jelas.

Ingat, bahkan satu sen pun adalah uang yang berharga, dan apabila dikumpulkan dalam waktu yang cukup lama dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

7. Miliki pola hidup hemat

Memiliki pola hidup yang hemat memang tidaklah mudah, apalagi ketika kita sudah terbiasa untuk menggunakan uang tanpa perhitungan.

Tapi dengan hidup hemat, kita akan terbebas dari masalah-masalah keuangan di masa mendatang.

Kita perlu membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup seperti ini supaya uang kita dapat dialokasikan untuk pos-pos pengeluaran atau belanja yang sesuai.

Dengan demikian, kegiatan menabung pun menjadi lebih optimal.

8. Karyawan harus cerdas dalam berbelanja

Mengingat pos belanja merupakan pos yang utama dalam memenuhi setiap kebutuhan karyawan sehari-hari, kamu perlu lebih cerdas dan cermat dalam mengaturnya setiap bulan.

Sebelum berbelanja, ada baiknya bila kamu menyusun daftar barang yang akan dibeli. Lakukan pembelian sesuai dengan catatan yang kamu buat itu. Jangan latah beli-beli yang gak penting ya!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

10 Tempat Makan Enak dan Murah di Yogyakarta yang Pas buat Nongkrong

Yogyakarta

Tahukah kamu bahwa Yogyakarta pernah menjadi ibukota Indonesia? Selain itu, kota ini juga merupakan pusat kebudayaan Jawa dan adalah tempat lahir dari banyak orang berpengaruh di Indonesia.

Yogyakarta memiliki banyak sebutan: Jogja, Yogya, dan tentu saja Yogyakarta. Kota cantik dengan aura tradisional yang kuat ini belakangan kian berkembang sebagai kota metropolitan.

Tak banyak tempat di Indonesia dimana bisa merasakan perpaduan suasana kuno dan modern. Kalaupun ada paling hanya di beberapa kota saja.

Tempat makan dan kafe-kafe yang ada di Jogja banyak terpengaruh oleh sentuhan seni serta budaya yang membuat mereka unik dan menarik.

Mari kita intip satu per satu, yuk!

Spesial Sambal Yogyakarta

Untuk Urbaners yang ingin makan enak dan murah di Yogyakarta, kamu bisa datang ke warung spesial sambal.

Yup, restoran satu ini memiliki nama yang tenar di kalangan mahasiswa. Gimana gak? Harga yang ditawarkan sangatlah murah yaitu sekitar Rp 10 ribu sampai dengan Rp 15 ribu kamu sudah bisa makan kenyang di sini.

Menu yang ditawarkan juga beragam, tetapi konsepnya tetap sama yaitu makanan dengan cita rasa pedas.

Bong Kopitown

Di jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta, kamu bisa menemukan sebuah tempat makan unik bernama Bong Kopitown. Disini kamu bakal disuguhkan nuansa ala penjara yang membuat tempat ini sangat terkenal di kalangan anak muda.

Bukan hanya menjual suasana, makanan dan minuman yang disajikan juga beragam dengan harga yang cukup murah. Harga menu disini sekitar Rp 6 ribu sampai dengan Rp 35 ribu.

Kedai Rakjat Djelata

Untuk kamu yang mau mencoba makan di restoran dengan nuansa masa lalu, kamu bisa mengunjungi Kedai Rakjat Djelata yang terkenal dengan konsep autentiknya ini.

Bukan hanya sekedar dekorasi, tetapi para pelayan pun berpakaian layaknya Djaman Doeloe dengan blangkon, singlet putih, bahkan kemeja hitam garis-garis coklat.

Menu disini lebih bernuansa lokal mulai dari es campur, nasi rames, roti bakar, sampai sayur lodeh. Harganya juga terbilang murah yaitu sekitar Rp 80 ribu kamu sudah bisa makan kenyang untuk dua orang.

Mie Persis Telap 12

Seperti namanya, Mie Persis Telap 12 menyajikan menu mie instan pesis seperti yang ada di tampilang bungkusnya.

Mulai dari daging, terlu, sayuran, dan lain-lain melengkapi mie instan yang disajikan. Selain persis dengan tampilan desain bungkusnya, mie disini memiliki rasa yang sangat aduhai!

Gak sampai Rp 50 ribu, kamu sudah bisa merasakan unik dan enaknya mie instan beserta hidangan lain dan minuman untuk dua orang.

Angkringan Bento

Kalau selama ini kamu makan di angkringan dengan menu yang itu-itu saja, cobain ke angkringan bento atau yang biasa dikenal dengan nama waza-waza.

Angkringan disini menyediakan menu ala jepang seperti katsu, chiken teriyaki, dan sebagainya dengan harga yang sangat murah.

Berada dekat Universitas Gajah mada, angkringan bento menjelma jadi tempat makan yang sangat bersahabat bagi kamu yang punya kantong tipis.

Disini, kamu bisa makan kenyang hanya dengan uang sekitar Rp 20 ribu untuk satu orang. kebayang dong murahnya?

Mie Jawa Warung Mbah Gito

Punya konsep yang unik dengan dekorasi yang cukup creepy, justru membuat Mie Jawa Warung Mbah Gito diminati banyak kalangan.

Menu andalan yaitu Bakmi Godhog dan Teh Poci Gula Batu sangat pas untuk santapan malam kalian yang sedang traveling.

Harganya tentu murah, yaitu sekitar Rp 70 ribu untuk dua orang untuk makanan dan minuman yang bisa memuaskan lidah dan perut.

Bale Ayu Resto

Terakhir, untuk kamu yang suka ayam, bebek, bandeng, hingga gurame goreng atau bakar, bisa mengunjungi Bayu Ayu Resto yang namanya sudah sangat terkenal di kota pelajar ini.

Restoran ini buka setiap hari dari jam 9 sampai jam 10 malam, penasaran harga menunya? Cukup dengan Rp 80 ribu dijamin kenyang dan puas makan di tempat ini untuk dua orang.

Gubug Makan Mang Engking

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan menjadi raja di kastil Mang Engking yang menakjubkan ini. Restoran dengan suasana kastil ini kan gak dilihat setiap hari.

Bagian yang istimewa dari hidangan mereka adalah ikan dan udang yang hidup di kolam sekeliling kastil. Kamu bisa bersantai di gubuk bambu yang menyerupai pondok, tapi berada di ujung air.

Kalau Urbaners lebih suka makan di dalam ruangan, maka suasana di dalam kastil tentu akan cocok menyejukkan terutama saat cuaca sedang gerah-gerahnya.

Semua yang pernah makan di sana bilang udang bakar madunya sangat lezat, segar dan rasanya manis dengan sedikit aroma gosong.

Kalau lebih suka makan ikan, maka Gurame Pesmol pasti cocok untukmu. Disajikan dalam porsi yang besar, menu ini pasti membuat kenyang. Makanannya mulai dari Rp 35 ribu saja kok.

Setelah menikmati santapan yang lezat, kita bisa mencelupkan kaki dan menikmati gigitan-gigitan kecil ikan-ikan di kolam. Pedicure gaya baru.

Restoran Mang Engking memang memiliki banyak cabang di kota lain di Indonesia. Tapi sepengamatan UrbanLife.id sih hanya yang di Jogja ini yang ada kastilnya.

ViaVia Jogja

ViaVia adalah tempat bertemunya para pelancong — terutama yang hobi backpacker-an — yang terkenal Jogja. Suasananya yang hangat lengkap dengan bantal-bantal nyaman dan lukisan dinding menjadikan atmosfer di ViaVia gak kalah nyaman dengan rumah sendiri.

Setelah capek berjalan-jalan ke sana ke mari ala backpackers, tak ada salahnya untuk  memanjakan diri dengan sarapan yang sehat dan lezat. Makanan disini mulai dari Rp 42 ribu saja.

Di ViaVia, Urbaners bisa menikmati sajian makan pagi lengkap dengan stoberi yang dicelup cokelat. Tak perlu memikirkan kalori saat liburan!

Bagi travelers yang merindukan roti, ViaVia juga memiliki bakery dengan banyak pilihan roti. Kalau menurut kamu rotinya enak, maka kamu juga harus mencoba sandwich-nya… Nyam!

Kalau kamu termasuk penyuka seni, makanmu pasti akan suka dengan karya seni yang dipajang di tiap sudutnya. ViaVia bahkan mendorong banyak seniman dari bidang apapun untuk memamerkan hasil karyanya disana.

Kalau kamu bepergian dengan anak-anak, ada pula satu area khusus anak-anak untuk mereka bermain.

Di ViaVia, kamu dapat bertemu dan bertukar pengalaman dengan pelancong lain, mengasah jiwa seni, serta menikmati makanan lezat dengan harga yang terjangkau. Sangat lengkap, kan?

The House of Raminten

The House of Raminten adalah tempat yang sangat unik dan khas. Restoran bergaya tradisional Jawa ini hadir dengan konsep yang tidak biasa.

Nama restoran ini berasal dari nama Hamzah Salaiman, sang pemilik yang terkenal dengan karakter yang diperankannya dalam pertunjukan bertajuk Raminten.

The House of Raminten adalah tempat di mana segala jenis perbedaan (agama, suku, ras dan lain-lain) dihargai. Semuanya serba menyenangkan, baik makanannya maupun suasananya.

Staf disana mengenakan pakaian tradisional berupa jarit dan melayani dengan tutur dan perilaku khas Jawa yang terkenal kalem.

Sampai-sampai, sang manajer mengatakan, “Kalau kamu sedang terburu-buru, kami gak dapat melayanimu.”

Menu yang direkomendasikan adalah Koteka, yaitu campuran suwiran ayam dan telur yang dibakar di dalam bambu. Makanan disini mulai dari Rp 14 ribu saja.

Urbaners akan dibuat terkejut dengan dekorasi yang ada disana. Ada banyak foto Raminten yang dipajang di dinding, serta dekorasi yang tidak biasa seperti andong asli (dalam ukuran sebenarnya), atau gelas dengan bentuk menyerupai payudara. Untuk membuktikannya, kamu harus datang sendiri ke sana.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

5 Cara Hemat Membeli Rumah Pertama

rumah pertama

Semua orang termasuk anak muda pasti semangat banget ya punya rumah pertama. Selain merupakan kebutuhan primer, rumah yang nyaman dan layak ditinggali juga bisa jadi investasi.

Namun, sayangnya uang yang harus dikeluarkan untuk bisa memiliki sebuah rumah gak main-main jumlahnya.

Perbankan melihat permasalahan tersebut dan menawarkan solusi kepemilikan rumah dengan sistem kredit. Akhirnya, mulai banyak orang yang berbondong-bondong mengajukan kredit kepemilikan rumah.

Antusiasme yang tinggi dari mereka yang sudah kebelet punya rumah pun seringkali berakhir dengan penyesalan dan kekecewaan. Gak sedikit juga dari mereka yang langsung menjual kembali rumah yang baru saja dibeli.

Kenapa bisa gitu ya? Hal itu terjadi karena masih banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan saat beli rumah pertama kali.

Nah, supaya gak salah langkah, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli rumah pertama.

1. Dapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai rumah pertama

Sebelum membeli rumah idaman, pastikanlah bahwa kamu telah mencari semua informasi dengan teliti dan detail, khususnya informasi mengenai pembiayaan yang akan dipilih untuk membiayai pembelian rumah.

Tips untuk melakukan hal ini adalah lihat dengan jeli dan cermat tabel cicilan selama periode kredit. Bandingkan berapa besar perbandingan utang pokok dan bunga di awal periode kredit, serta berapa lama bung tetap yang berlaku.

Tips ini disarankan untukmu, karena banyak orang yang membeli rumah pertama mereka dilandasi oleh keputusan rekomendasi dari teman dan kerabat.

Setelah mendapatkan semua informasi yang perlu diperhatikan, jangan lupa untuk menentukan anggaran. Sesuaikan dengan pendapatan dan tabungan yang dimiliki.

Perhitungkanlah biaya-biaya tambahan di masa depan seperti biaya renovasi, cukai, iuran komunitas penduduk ke dalam bujet. Kalau perlu, konsultasikanlah ke bank atau pihak properti.

Pertimbangan berikutnya adalah untuk melihat siapa dulu pengembangnya. Bagaimanakah track record pengembang tersebut selama ini?

Apakah ada pembeli rumah yang kecewa? Perhatikan komentar para pembeli di internet. Apakah developer sering terlambat dalam serah terima rumahnya? Cek kualitas pembangunan proyek-proyek perumahan terdahulu.

2. Tentukan cara pembayaran rumah

Umumnya cara-cara pembayaran rumah yang ditawarkan oleh pengembang adalah tunai keras, tunai bertahap, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Tunai keras mungkin bisa dilakukan jika kamu memiliki keuangan yang cukup. Para developer akan memberikan diskon besar bagi pembeli rumah dengan cara tersebut.

Namun sebaiknya dihindari jika kamu tidak mampu membayar sekaligus dalam nominal yang sangat besar, dengan kata lain jika kamu perlu membayarnya dengan cicilan.

Kalian yang memilih untuk menyicil dan kemampuan keuangannya pas-pasan, cara membayar dengan KPR dan tunai bertahap akan menjadi pilihan yang lebih aman.

Setelah menentukan cara membayar rumah, tentukan juga biaya tambahan diluar harga beli rumah itu sendiri, seperti PPn, KPR, biaya peningkatan BPHTB, dan lainnya.

Untuk kisaran harganya tidak dapat ditentukan secara pasti, karena tentunya beragam di setiap rumahnya, namun dapat dialokasikan sekitar 15–20 persen.

3. Rumah diserahkan dalam kondisi baik

Setelah mengecek kondisi rumah beserta biaya-biaya yang dibutuhkan, pastikan bahwa kondisi rumah yang ditawarkan adalah dalam kondisi baik, dengan kata lain rumah tersebut berada pada keadaan maksimal. Apakah terdapat kerusakan-kerusakan kecil?

Jika ternyata terdapat kerusakan, Urbaners harus memperbaikinya sendiri, tahukkah bahwa biaya untuk merawat dan memeperbaiki rumah yang baru dibeli adalah sekitar 1-3 persen dari harga rumah itu sendiri? Sepintas memang kecil, namun lebih baik teliti dalam membeli daripada mengeluarkan biaya yang bisa dicegah.

Jika ditemukan kerusakan, langkah yang harus dilakukan adalah minta kepada penjual untuk memperbaiki kerusakan, meminta jaminan atau garansi kerusakan untuk suatu periode, seperti 6 bulan atau 1 tahun. Jika terjadi kerusakan dalam periode itu, penjual harus membayar biaya perbaikan.

4. Perhatikan kawasan sekitar rumah

Selain memperhatikan biaya dan kondisi rumah itu sendiri, jangan lupa kalau kondisi sekitar rumah juga tak kalah penting.

Kamu tidak mau tinggal di dalam rumah idaman namun jalan keluar dan kondisi lingkungan sekitar tidak mendukung, bukan?

Perhatikan jalan utama yang mengubungkan rumah dengan pusat kota dan lokasi-lokasi penting, seperti rumah sakit, kantor, bandara, pusat perbelanjaan dan lainnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari rumahmu untuk ke sana? Apakah jalanan sekitar mudah diakses? Hal-hal ini sangat penting, apalagi jika target kamu untuk tinggal di rumah pertama ini adalah untuk jangka waktu yang lama.

5. Datangilah seminar atau pameran membeli rumah pertama

Tips-tips di atas ini dapat berguna bagi kamu yang mau membeli rumah untuk pertama kalinya. Namun tentunya permasalahan beserta pertimbangan yang dihadapi setiap orang berbeda dan mungkin banyak yang tidak diulas di dalam tips tersebut.

Ada baiknya jika Urbaners mendatangi seminar atau pameran rumah agar dapat bertanya secara langsung dan mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Kamu akan mendapatkan pilihan-pilihan rumah yang sesuai dengan kriteria, tips untuk membayar dan juga untuk merawat rumah setelah membelinya. Selamat membeli rumah pertama!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

KPR FLPP: Jawaban untuk Beli Rumah dengan Gaji Cuma Rp 4 Juta

FLPP

Bagi keluarga dengan penghasilan di bawah Rp 4 juta, gak perlu bimbang dalam membeli atau mendapatkan rumah dengan status kepemilikan pribadi, karena sekarang ada layanan khusus KPR FLPP.

Dengan KPR FLPP, maka keluarga dengan penghasilan menengah ke bawah bisa memperoleh rumah tanpa harus kontrak hunian lagi selama bertahun-tahun, lho!

Asyiknya, para penerima KPR FLPP hanya membayar uang muka yang sangat ringan yakni mulai dari 1 persen dari total harga rumah yang dibeli, semisal rumah yang dibeli dengan KPR FLPP itu berharga total Rp 350.000.000 maka calon pembeli cukup membayar uang muka sebesar Rp 3,5 juta saja.

Ingin tahu lebih jauh tentang KPR jenis ini? Simak artikel berikut.

Apa itu KPR FLPP?

KPR FLPP ialah kependekan dari program khusus yang bernama Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan.

Dengan program ini maka siapa saja yang bergaji di bawah Rp 4 juta bisa mendapat subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk membeli rumah.

Hal yang wajib diketahui para pengaju KPR FLPP, bahwa sistem persekot yang ditetapkan telah terjadi penurunan yakni pada periode sebelumnya persekot atau uang muka rumah KPR ini sebesar 5%, dan sekarang telah diturunkan menjadi 1% berkat perubahan yang terjadi pada peraturan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, asyik bukan?

Pemerintah Republik Indonesia memang mempunyai rencana untuk membantu kalangan menengah ke bawah dalam masalah kepemilikan hunian, karena diketahui bahwa harga tanah dan bangunan rumah sekarang melambung tinggi sehingga banyak keluarga merasa mustahil dapat membeli rumah bekas apalagi baru.

Tapi sekarang, kehawatiran itu sudah tidak ada lagi. Selain itu, jangan khawatir kehabisan rumah dari program KPR FLPP karena pemerintah sendiri menyatakan siap membangun 1 juta rumah sederhana yang ditujukan bagi keluarga kurang mampu.

Ditambah lagi, penurunan DP rumah rakyat menjadi 1 persen dianggap sebagai langkah besar untuk kepentingan kaum kecil.

Tidak sampai di situ saja! Pemerintah negeri ini menambahkan tambahan uang cash Rp 4 juta sebagai pembayaran uang muka atau DP.

Masyarakat masih berharap bunga kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ini dapat diturunkan atau harus dihapus supaya rakyat tidak terkena riba dan juga tidak memberikan kesulitan bagi masyarakat.

Karena itu, KPR FLPP bisa menjadi jalan alternatif terbaik untuk mendapatkan rumah murah di kawasan yang strategis semisal di sekitar Jakarta, Surabaya, Bogor, dan kota besar lainnya.

Penduduk perkotaan saat ini membutuhkan cara mudah membeli rumah KPR dan diharapkan program khusus KPR FLPP dari pemerintah ini menjadi solusi yang baik.

Kemudahan dan keuntungan lain KPR FLPP

Apakah kemudahan dan keuntungan program KPR FLPP cuma yang disebutkan di atas saja? Jangan khawatir, masih ada lagi kok!

Sebab, pemerintah yang tadinya menetapkan KPR FLPP mempunyai bunga per bulan sebesar 7,25%, sekarang sudah turun menjadi 5% dengan bunga berjenis flat atau tetap (tidak naik dan turun) dalam waktu maksimum 20 tahun!

Apa alasan pemerintah menurunkan bunga KPR jenis ini? Tidak lain ini merupakan wujud kewajiban pemerintah sebagai pengayom masyarakat, dan ke depan, wajib bagi pemerintah untuk tidak menarik bunga pada perumahan KPR karena bentuk pengayoman masyarakat itu tidak ada keuntungan seperti transaksi jual dan beli.

Dengan bunga flat 5% pada KPR FLPP, jelas semakin banyak lagi penduduk negeri ini yang ingin segera membeli rumah baik itu hunian model susun ataupun hunian model tapak.

Karena itu, tidak heran kalau peminat dari KPR jenis ini sangat membludak. Pertanyaannya, apakah orang kaya kebagian jatah sehingga bisa memonopolinya?

Tentu saja tidak, karena ada beberapa syarat dan ketentuan bagi para pengaju KPR FLPP, berikut penjabarannya:

Syarat pemberkasan dan syarat khusus KPR FLPP

Di atas disebutkan bahwa tidak ada orang kaya yang bisa membeli rumah via KPR FLPP, dan memang pemerintah sudah memberikan sejumlah syarat dan ketentuan khusus bagi para pengaju KPR murah ini.

Sehingga hal ini diharapkan bisa meminimalisir kemungkinan orang-orang kaya menggunakan fasilitas-fasilitas dari KPR mudah ini.

Jika orang-orang kaya yang membeli KPR FLPP, maka bisa dijadikan lahan investasi rumah yang pada tahun-tahun ke depan mempunyai potensi kenaikan harga yang menggiurkan.

Berikut beberapa syarat dan kelengkapan dokumen yang harus dilengkapi oleh calon penerima KPR FLPP, diantaranya yaitu:

Syarat pemberkasan KPR FLPP

Syarat yang berhubungan dengan pemberkasan diantaranya:

  1. Foto copy KTP suami-istri sejumlah 4 lembar (jika belum menikah hanya menyertakan foto copy data pribadi)
  2. Foto copy Kartu Keluarga sejumlah 4 lembar
  3. Foto copy Surat Nikah sejumlah 4 lembar (jika belum menikah tidak perlu menyertakan)
  4. Pas foto 3×4 berwarna suami dan istri sejumlah 2 lembar (jika belum menikah hanya menyertakan pas photo sendiri)
  5. Materai Rp 6.000 sejumlah 4 lembar
  6. Surat Keterangan asli 1 lembar dari kelurahan tentang tidak ada kepemilikan rumah
  7. Rekening Listrik (struk token) asli 1 lembar
  8. Surat Keterangan Domisili asli 1 lembar (Bagi pengaju KPR di luar kotanya atau dengan KTP luar kota tempat pengajuan berada)
  9. Foto copy NPWP Pribadi sejumlah 4 lembar
  10. Foto copy SPT Pajak Pribadi sejumlah 4 lembar (Apabila NPWP masa berlakunya telah lebih dari setahun)
  11.  Slip gaji asli 1 lembar (dapat juga menggunakan surat keterangan penghasilan dari perusahaan tempat bekerja)
  12. SK pengangkatan pegawai tetap asli 1 lembar (dapat juga menggunakan surat keterangan kerja)
  13. SIUP dan NPWP Perusahaan asli 1 lembar (dapat juga menggunakan surat keterangan keberatan dalam pemberkasan SIUP dan NPWP Perusahaan)
  14. Foto copy rekening tabungan BTN BATARA sejumlah 4 lembar
  15. Foto copy kartu pegawai (apabila punya) sejumlah 4 lembar

Syarat khusus KPR FLPP

Berikut ini syarat khusus bagi calon penerima KPR FLPP supaya dapat disahkan sebagai warga yang berhak menerimanya diantaranya yaitu:

1. Berstatus sebagai warga negara Indonesia dan masih mukim di negeri ini

2. Sudah genap berumur 21 tahun atau sudah menikah (mempunyai pasangan pernikahan)

3. Pengaju KPR FLPP sebagai individu ataupun pasangan suami-istri tidak memiliki hunian dan tidak pernah mendapatkan pemilikan rumah dari subsidi pemerintah

4. Gaji atau penghasilan pokok tidak melebihi:

  1. Rp 4 juta bagi calon penerima KPR PLPP yang menginginkan hunian jenis rumah sejahtera tapak
  2. Rp 7 juta bagi calon penerima KPR PLPP yang menginginkan hunian jenis rumah sejahtera susun
  3. Telah bekerja atau mempunyai usaha yang berjalan setidaknya 1 tahun
  4. Telah mempunyai NPWP dan SPT Tahunan PPh bagi perorangan atau pribadi yang telah sesuai dengan undang-undang dari pemerintah

Kelengkapan dokumen KPR FLPP

Dan untuk kelengkapan dokumen, yang dibutuhkan yaitu:

  1. Mempunyai memiliki riwayat kredit bank yang baik (tidak pernah ada permasalahan kartu kredit, cicilan motor yang molor)
  2. Tidak berpenghasilan besar atau lebih dari 4 juta rupiah dan total gaji tidak melebihi 3 kali jumlah angsuran bulanan
  3. Bersedia membubuhkan tanda tangan pada SPR dan formulir yang dari petugas
  4. Tidak mempunyai kredit atau cicilan kendaraan mobil (roda empat ke atas)

Aturan penghunian dan pengalihan kepemilikan KPR FLPP

Pemerintah telah menentukan aturan penghunian rumah KPR FLPP diantaranya yaitu:

1. Hunian yang dibeli harus menjadi tempat tinggal pemilik sendiri

2. Jika pemilik hunian KPR FLPP meninggalkan atau tidak menempati rumah yang dibeli selama setahun secara berkelanjutan dengan tidak mematuhi kewajiban dari perjanjian yang diputuskan pemerintah, maka pemerintah berhak untuk mencabut kepemilikan hunian itu. Inilah salah satu kerugian terbesar dari akad KPR FLPP, karena pada dasarnya setelah akad kredit diijab kabul, maka sudah terjadi pemindahan barang dan jasa kepada pembeli, di mana aturan KPR FLPP ini akan merugikan masyarakat secara sistemik.

3. Beberapa aturan sewa dan pengalihan pemilikan rumah KPR FLPP yaitu:

Pertama, hunian diwariskan.

Kedua, hunian telah ditinggali selama lima tahun lebih untuk jenis rumah tapak.

Ketiga, hunian telah ditinggali selama 20 tahun lebih untuk jenis rumah susun.

Keempat, pindah mukim ke tempa lain dikarenakan tidak kondusifnya sosial-ekonomi di lingkungan KPR FLPP.

Kelima, cicilan kredit KPR FLPP molor dilunasi dalam waktu panjang atau tidak berhasil dilunasi yang membuat pihak bank secara sepihak mencabut kepemilikan hunian itu.

Bank penyalur KPR FLPP

Sejauh ini, Bank Tabungan Negara telah menjadi mitra pemerintah sebagai bank penyalur KPR FLPP yang memudahkan orang berpenghasilan kurang dari Rp4 juta untuk membeli hunian.

Nantinya, pemerintah bakal menjadi banyak bank sebagai bank penyalur KPR FLPP yaitu:

  1. Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah
  2. Bank Mandiri
  3. Bank Mandiri Syariah
  4. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  5. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah
  6. Bank Negara Indonesia (BNI)
  7. Bank Artha Graha
  8. Bank Bukopin
  9. BPD Jawa Tengah
  10. BPD Jawa Timur
  11. BPD Jawa Timur Syariah
  12. BPD Sulawesi Tenggara
  13. BPD Kalimantan Timur
  14. BPD Kalimantan Selatan
  15. BPD Kalimantan Tengah
  16. BPD‎ Sumatera Utara
  17. BPD Sumatera Utara Syariah
  18. BPD Riau dan Kepulauan Riau
  19. BPD Sumatera Selatan dan Bank Belitung
  20. BPD Papua
  21. BPD Nusa Tenggara Barat
  22. BPD Nusa Tenggara Timur
  23. BPD Nagari

Jadi, tunggu apa lagi, segera cari rumah yang ingin dibeli. Dalam hal ini biasanya harga rumah berada di bawah Rp 200 juta. Setelah menemukan yang sesuai, segera ajukan KPR-nya. Tapi yang pasti, siapkan dulu uang mukanya dan beberapa biaya lain terkait dengan administrasinya. Jadi, memiliki rumah bukan sekadar impian lagi bukan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.