5 Kesalahan Renovasi yang Bikin Rugi Saat Jual Properti

kesalahan renovasi

Ketika berniat menjual rumah atau apartemen, biasanya orang melakukan berbagai perbaikan supaya nilai jualnya makin tinggi. Meski bangunannya luas, orang pasti malas bukan kalau melihat properti yang catnya kusam, genteng bocor atau kusennya sudah lapuk dimakan rayap? Tapi juga jangan sampai keliru, kesalahan renovasi berikut ini malah bisa bikin propertimu gak laku-laku saat dijual kembali!

Yuk, cek apa saja kesalahan renovasi yang dimaksud dalam penjelasan di bawah ini.

Kesalahan renovasi karena terlalu mewah

Saat hendak membeli rumah atau apartemen, ada tiga faktor utama yang menjadi pertimbangan. Pertama-tama harga, baru kemudian adalah luasnya dan ketiga lokasi.

Harga menjadi pertimbangan utama karena menentukan besar kecilnya cicilan. Bagi pembeli kelas menengah, properti gak harus mewah, asal layak dan harganya murah tentu menjadi pilihan.

Jadi jika kamu menyasar pembeli kelas menengah, gak perlu renovasi mewah-mewah. Misalnya, Urbaners menganti dengan lantai marmer, menggunakan kayu jati dan lainnya. Ini membuat ongkos renovasi membengkak.

Walhasil, renovasi mewah menjadi semakin percuma jika lokasinya memang berada di lingkungan kelas menengah ke bawah. Bukannya untung, kamu malah jadi buntung karena ditawar dengan harga murah.

Gak ada ruang terbuka

Coba perhatikan. Saat baru membangun komplek perumahan, developer pasti menyisakan sedikit ruang terbuka baik di depan rumah berupa taman maupun di belakang.

Pembeli terutama pasangan muda cenderung lebih suka dengan rumah seperti ini. Jadi gak semua bagian disemen dan ditutup.

Bahkan, apartemen dengan taman cantik dan ruang terbuka rapi di balkonnya diyakini bisa menaikkan jualnya kembali, dibandingkan dengan properti yang serba tertutup ditambah minim fentilasi.

Mengurangi jumlah kamar

Jumlah kamar dan kamar mandi menjadi standar umum dalam menentukan nilai. Mau berapa pun luasnya, jika kamar hanya ada satu, pastinya dianggap kecil.

Rumah atau apartemen dengan tiga kamar dan dua kamar mandi biasanya harganya sudah menyasar kelah menengah ke atas.

Jadi jika properti yang hendak kamu jual hanya memiliki satu kamar, kamu bisa merenovasi dengan menambahkan kamar. Gak perlu luas-luas kok, ukuran 2×3 meter juga sudah cukup.

Menempatkan kitchen set mewah

Selera kitchen set setiap keluarga gak selalu sama. Mungkin kamu berniat merenovasi dapur dengan harapan harga jualnya yang semakin tinggi.

Apalagi untuk merenovasi kitchen set dengan furnitur mewah, setidaknya kamu membutuhkan dana Rp 10-20 juta. Tapi bagaimana jika pembeli tetap menawar dengan harga rendah?

Rupanya semewah apapun kitchen set kita, gak akan membuat pembeli merasa harus menaikkan harga tawar mereka. Jadi, jangan buang-buang uangmu. Jika kitchen set harus direnovasi, renovasi seperlunya dengan wajar.

Menghilangkan garasi

Harga properti yang berada di dalam gang tentu berbeda dengan properti yang berada di pinggir jalan. Hal ini karena jika terletak di gang, mobil gak bisa masuk.

Pemilik rumah atau apartemen yang memiliki mobil harus mencari lahan parkir dan mungkin harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar biaya parkir.

Kalau properti yang hendak kamu jual berada di jalan yang dilalui mobil, jangan hilangkan keberadaan garasi.

Justru kalau gak ada garasi (misalnya hanya berupa taman), kamu bisa renovasi dengan membuat garasi baru untuk meningkatkan harga jual.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Selain Kasih Selamat Hari Ibu, Ayo Ajak Mamamu Pergi ke Tempat-tempat Menawan Ini sebagai Bukti Kamu Anak Berbakti!

hari ibu

Tiap tanggal 22 Desember, masyarakat Indonesia merayakan hari spesial untuk orang paling spesial dalam hidupnya, Hari Ibu.

Tanggal tersebut diresmikan Presiden Soekarno pada tahun 1958 untuk memperingati 25 tahun Kongres Perempuan Indonesia. Sesuai eranya, Hari Ibu pada tahun 50-an digunakan untuk merayakan semangat perempuan dalam mengisi kemerdekaan, berbangsa dan bernegara.

Namun sekarang Hari Ibu bukan soal perjuangan mengisi kemerdekaan, melainkan kasih sayang dan rasa terima kasih kita pada orang yang telah melahirkan kita.

Kamu bisa memberi ibumu hadiah, menjamunya dengan makanan yang kamu masak sendiri. Tapi kalau hadiah itu terlalu mainstream, ada cara lain yang bisa kalian lewati bersama ibu.

Jawabannya adalah traveling bersama ibu. Traveling bareng ibu akan menjadi kado paling indah buat ibu untuk menghabiskan liburan natal atau liburan tahun baru bersama. Iya, hanya kamu dan ibumu saja. Biarkan bapak di rumah sementara waktu dan kalian bersenang-senang bersama ibu.

Berpergian sama ibu tentunya kamu gak bisa berkelana ala backpacker (kecuali kalau ibumu backpacker juga).

Kamu juga harus punya jadwal yang jelas agar ibu beserta anggota keluargamu yang lain gak kelelahan. Selain itu kamu juga harus pandai memilih tujuan wisata yang kadar pemicu adrenalinnya minimal, supaya acara berlibur kalian bisa diisi dengan kehangatan dan bukan teriakan.

Jadi, kamu harus mengajak ibumu kemana? Tempat-tempat indah dalam daftar berikut ini bisa menjadi jawabannya.

Ajak mamamu untuk merayakan Hari Ibu di Bali

Bali memang selalu menjadi destinasi favorit untuk liburan. Sebab, Kota Seribu Pura ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang tak boleh dilewatkan.

Mulai dari objek wisata budaya yang masih kental dengan unsur tradisionalnya hingga yang modern mengikuti perkembangan zaman.

Tempat-tempat seperti Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Kuta, Tanah Lot, Ubud, Pura Besakih, Uluwatu dan Pasar Sukowati tak boleh dilewatkan oleh Urbaners dan ibunda saat berkunjung ke Bali.

Bandung

Bandung adalah tempat yang cocok untuk ibu kamu yang suka dengan kegiatan wisata kuliner. Terang saja, di Bandung memang banyak berjejer kedai hingga restoran dengan menu-menu unik dan lezat.

Tak hanya makanan yang sudah dijamin kelezatannya, restoran di Bandung pun menawarkan keindahan pemandangan Bumi Parahyangan yang bisa dinikmati dengan ibunda saat santap makan siang atau malam bersama.

Tempat wisata yang ada di sana pun dibuat dengan konsep family friendly agar para pengunjung yang datang bisa merasa nyaman berlama-lama di sana.

Beberapa tempat family friendly yang harus dikunjungi saat ke Bandung adalah Farm House Lembang, The Lodge Maribaya, Dusun Bambu atau Saung Angklung Udjo.

Yogyakarta

Yogyakarta memang menjadi paket lengkap untuk liburan bersama keluarga. Tak hanya wisata kuliner dan budaya, kota ini pun jadi destinasi favorit untuk wisatawan yang hobi berbelanja.

Kurang rasanya jika hanya berlibur di kota ini dalam waktu sehari sebab banyak tempat yang wajib untuk dijelajahi oleh Urbaners dan ibunda.

Jalan-jalan di Alun-alun , berbelanja dan wisata kuliner di Malioboro, berenang di Goa Pindul atau menikmati sejuk dan indahnya pemandangan di Hutan Pinus Mangunan adalah aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat berlibur ke Yogyakarat bersama ibu tercinta.

Singapura

Jika ingin berlibur ke luar negeri namun tak memiliki banyak jatah cuti, Singapura adalah tempat yang cocok untuk disambangi.

Berbagai fasilitas lengkap yang ada di sana membuat liburan bersama ibu menjadi terasa nyaman.

Mengunjungi objek-objek wisata seperti Flower Dome, Taman Burung Jurong, China Town, Little India, atau Orchard Road menggunakan MRT bersama ibu tersayang tentu menjadi momen yang menyenangkan.

Kuala Lumpur

Selain Singapura, Kuala Lumpur menjadi negara terdekat untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di luar negeri untuk merayakan Hari Ibu.

Ajak ibu ke tempat-tempat seru seperti Batu Caves, Merdeka Square, Twin Tower Petronas atau Petaling Street.

Jika mama kamu masih memiliki stamina yang kuat, ajak untuk menikmati pemandangan kota Kuala Lumpur dengan menggunakan transportasi umum seperti MRT atau GoKL.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan tersebut, kamu bisa menggunakan jasa penyewaan taksi atau mobil yang banyak tersedia di Kuala Lumpur.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice.

Punya Gaji Besar, Mendingan Cicil Beli Aset atau Investasi Jangka Panjang?

gaji besar

Saat ini sudah gak masuk akal kalau kamu hanya mengandalkan gaji besar untuk menopang kehidupan hingga hari tua. Untuk menjamin ketersediaan dana demi menjamin kesejahteraan hingga hari tua perlu memaksimalkan gaji bulanan untuk mendapat pengasilan lebih. Caranya, bisa dengan cicil beli aset atau investasi jangka panjang.

Nominal penghasilan yang besar sering mendatangkan godaan berupa pengeluaran yang besar pula. Dipikirnya, nanti bulan depan rekening keisi lagi apa?

Walhasil, segalanya dibeli. Bingung membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Apalagi kartu kredit ada dua lembar di dompet.

Kartu yang sejatinya sangat berguna untuk mengatur keuangan itu malah jadi senjata makan tuan. Ujungnya, susah menabung karena duit habis buat beli-beli dan bayar cicilan.

Gaji besar buat beli Aset

Memang, memanfaatkan gaji besar untuk membeli barang itu gak apa-apa. Tapi harus disertai dengan kebijaksanaan.

Barang yang dibeli pun sebaiknya bukan melulu yang bersifat konsumtif, seperti baju, gadget atau kendaraan. Akan jauh lebih baik jika ada aset yang masuk daftar pembelian.

Kendaraan memang bisa disebut sebagai aset. Namun ada sifat depresiasi alias penurunan nilai yang menempel padanya.

Misalnya, hari ini kita beli mobil Rp 300 juta, tahun depan harganya mungkin hanya Rp 250 juta.

Berbeda dengan aset seperti rumah, apartemen, emas, atau benda koleksi langka. Barang-barang itu punya sifat apresiasi, harganya cenderung naik dari tahun ke tahun.

Saat beli apartemen seharga Rp 300 juta tahun ini, tahun depan harganya mungkin jadi Rp 320 juta. Atau bahkan lebih.

Jadi jelas, mending bayar cicilan apartemen ketimbang handphone kan. Namun praktiknya gak semudah itu. Bayar cicilan aset dengan nilai tinggi mengandung risiko gagal bayar.

Contohnya, sudah ambil apartemen dengan kredit bertenor 5 tahun. Ternyata, pada tahun kedua, perusahaan tempat kita bekerja goyang. Saat ada keputusan PHK, kita kena.

Ini gawat. Cicilan apartemen mesti dibayar, sementara penghasilan rutin sudah gak ada. Memang ada pesangon, tapi siapa yang bisa jamin duit itu cukup untuk dipakai menutup kekurangan cicilan.

Meski begitu, ada solusi untuk masalah ini, yakni over kredit. Apartemen bisa dijual ke orang lain meski masih dalam cicilan.

Kita pun tetap bisa beroleh laba dari penjualan apartemen itu, meski prosesnya gak semudah membalikkan telapak tangan.

Gaji besar buat investasi

Alternatif memanfaatkan gaji besar adalah mengolahnya sebagai dana investasi. Beli aset memang bisa disebut sebagai investasi juga, tapi lebih bersifat jangka panjang.

Di sini, yang kita bahas adalah investasi jangka pendek-menengah. Salah satu contohnya adalah reksadana.

Sudah pernah dengar reksadana? Jenis investasi ini simpel, gak perlu banyak modal, namun potensi keuntungannya terbilang lumayan besar.

Sebagian dana dari gaji yang besar bisa dipakai buat berinvestasi reksadana. Dalam investasi reksadana, kita akan dibantu perusahaan manajer investasi.

Manajer itulah yang menjadi pengelola dana investasi. Kita hanya perlu menyetorkan modal dan menerima laporan investasi, juga berkonsultasi tentang instrumen investasi yang prospeknya lagi oke.

Memanfaatkan gaji besar untuk beli aset atau investasi semacam itu akan lebih berguna demi masa depan. Jika lebih banyak yang dialokasikan buat senang-senang, diperlukan kemampuan mengatur keuangan kelas tinggi.

Logikanya, gaji besar hanya akan numpang lewat jika sering dipakai untuk hal-hal konsumtif. Bahkan, malah bisa terjerat utang karena kebiasaan itu gak diimbangi dengan pengaturan finansial.

Sekarang pilihan ada di tangan kita-kita sendiri yang mendapat anugerah bergaji besar. Jika gak bijak mengelola keuangan, bukan mustahil mereka yang bergaji pas-pasan malah lebih sukses di masa depan karena lebih sadar akan pentingnya rencana finansial.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri dan itrade.

Daripada Habis Buat Pacaran, Mendingan Pakai Duit dan Waktu Luangmu untuk Jalan-jalan!

gak pacaran

Suatu dilema bagi anak-anak muda zaman sekarang di kala harus memilih antara menikmati masa pacaran atau fokus menikmati hidup dengan jalan-jalan.

Tapi, kalau boleh berkata jujur daripada membuang waktu yang berharga ini demi menjalin hubungan yang kamu sendiri gak yakin bakal bertahan hingga naik pelaminan, bukankah lebih seru dan lebih bermanfaat jika waktu luangmu digunakan untuk jalan-jalan?

Gak percaya? Alasan-alasan berikut ini akan meyakinkanmu bahwa jalan-jalan itu lebih seru daripada membuang waktumu hanya untuk menjalin hubungan semu.

Bebas menciptakan pengalamanmu sendiri yang gak bisa didapatkan di masa pacaran

Ketika traveling, Urbaners bebas membuat jadwal dan mengontrol berapa lama kamu akan tinggal di setiap tempat yang kamu kunjungi, semua berdasarkan keinginanmu sendiri.

Jika sudah berpasangan, kamu harus menentukan semuanya bersama pasanganmu, mulai dari berapa lama dan kemana kalian akan pergi.

Traveling meningkatkan kesehatan mental

Traveling membuka pikiranmu, mengukir pengalaman serta pola pikir yang positif dan memperlihatkan berbagai perspektif unik.

Sebuah hubungan bisa jadi memberikan manfaat yang positif, tetapi ada kalanya sebuah hubungan memerlukan “kerja keras”.

Punya ruang untuk memahami diri sendiri

Traveling harusnya jadi pilihan utamamu dalam mengisi waktu adalah karena traveling bisa membantumu memahami dirimu sendiri.

Saat jalan-jalan, kamu sendiri yang harus menentukan pilihan soal kemana kamu akan jalan, sama siapa aja, barang bawaanmu apa saja hingga berapa bujet maksimalnya.

Dari situ kamu bakal tau karakter pribadimu dan yang sebenarnya kamu inginkan. Beda jauh dengan kalau kamu memilih pacaran yang isinya hanya hidupmu bakal diatur orang.

Pengalaman yang kamu hadapi membuatmu menghargai diri sendiri. Kamu juga akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana kamu bereaksi dan beradaptasi dengan situasi yang berbeda dan bertemu bermacam-macam orang.

Kamu belajar bahwa sendiri bukan berarti kesepian

Sebuah hubungan bisa membuatmu bergantung pada orang lain. Kalaupun tidak, bisa menimbulkan perasaan kesepian.

Dengan traveling, kamu benar-benar belajar bagaimana melakukan sesuatu sendirian dan itu gak berarti kamu kesepian.

Belajar menyelesaikan masalah sendiri

Traveling menjadi ajang untuk belajar dan kadangkala kamu harus membuat keputusan di tempat atau memecahkan setiap masalah yang mungkin timbul di perjalanan.

Ini adalah cara yang mengagumkan untuk membangun rasa percaya diri. Ketika menjalani sebuah hubungan, seringkali kamu tergantung pada orang lain untuk menyelesaikan masalah.

Gimana? Masih lebih menguntungkan traveling kan daripada menghabiskan waktu luang dengan pacaran?

Tapi ini bukan berarti menyuruh kamu yang sudah pacaran untuk segera putus, tapi paling gak setelah membaca poin-poin di atas, kamu jadi paham bahwa waktu pribadi untuk traveling itu perlu. Selamat membuat rencana traveling-mu, ya!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Mcorp.

Hiburan Gratis nan Jenaka dari Jepara: Om Telolet Om, Begini Kronologisnya Bisa Viral di Media Sosial sampai di Kalangan DJ Dunia

Bila banyak anak sekarang mencari hiburan dari gawai yang mereka miliki, maka kejadian berbeda terjadi di Ngabul, Jepara. Setiap sore, semua orang terutama anak-anak, remaja dan orang tua berburu bunyi klakson dari bus-bus yang lewat di jalan lintas Jawa Tengah dan rutin mengirimkan videonya yang sedang berburu telolet ini.

Semua bus yang lewat akan diteriaki oleh anak-anak kecil agar bersedia untuk membunyikan klaksonnya. Kebanyakan bus yang diminta membunyikan klaksonnya adalah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan truk besar yang melintas.

Maklum aja, candaan khas Indonesia ini memang lagi viral banget, sampai-sampai para DJ dunia ikut-ikutan twit bahkan bikin remix lagunya. Apa sih sebenarnya Om Telolet Om ini? Begini kronologis Om Telolet Om viral di medsos sampai di kalangan DJ dunia.

Mulai banyak video parodi Om Telolet Om

Mulanya, video-video Om Telolet Om ramai dibagikan di Facebook. Video itu direkam oleh seseorang yang melihat kegirangan anak-anak di pinggir jalan menanti datangnya bus antar-kota.

Bunyi yang seakan menyebut kata “telolet” sendiri tak lain adalah bunyi klakson bus antar-kota. Anak-anak meminta si om sopir bus mengeluarkan bunyi “telolet” ketika melintas.

Maka dari itu, ujung-ujungnya fenomena ini disebutOm Telolet Om, mencontohkan permintaan anak-anak ke om sopir.

Pengunggah video Om Telolet Om hendak menyampaikan bahwa kebahagiaan bisa muncul dari hal-hal sederhana. Lama-kelamaan, banyak versi videoOm Telolet Om yang muncul dan jadi guyonan.

Setelah video-video ini ramai di YouTube, orang-orang pun mulai pada penasaran dan akhirnya bikin parodi Om Telolet Om ini.

Pelakunya bukan lagi anak-anak. Ada bapak-bapak, ibu-ibu sampai polisi yang sengaja bikin parodi. Bahkan sasarannya pun bukan cuma bus, ada yang minta Om Telolet Om sama kereta dan pesawat yang lewat segala. Ini dia beberapa video parodinya yang ramai di YouTube:

Mendadak trending dan viral

Setelah banyak netizen Indonesia yang bikin parodi video, Om Telolet Om pun makin merabah. Bahkan, sama ranah internasional dan akhirnya jadi trending di Twitter.

Entah dari mana dan kenapa bisa, pokoknya DJ Snake yang merupakan salah satu DJ terkenal yang sudah mendunia tiba-tiba twit tentang Om Telolet Om ini.

Hal ini mungkin gara-gara pertengahan Desember lalu sekitar tanggal 11 Desember, DJ Snake sempat manggung di Indonesia. Mungkin dia nonton video Om Telolet Om di YouTube yah waktu itu.

Walhasil terang aja, netizen Indonesia langsung heboh, dan ikut-ikutan twit bikin kata #telolet langsung trending di Twitter pada Selasa (20/12/2016) dan akhirnya Om Telolet Om pun makin viral di medsos.

Gak hanya itu, entah karen alasan apa, DJ Snake juga menuliskan komentar Om Telolet Om di akun Instagram Donald Trump, yang akhirnya bikin banyak netizen menuliskan hal yang sama. Minta Om Telolet Om sama Donald Trump.

telolet 1

Melanda para DJ EDM Dunia

FenomenaOm Telolet Om masuk ke ranah internasional. Selebritas dunia seperti DJ Snake, Oliver Heldens, Hardwell, Zedd, hingga Martin Garrix beramai-ramai mengicaukan frasaOm Telolet Om.

Bahkan, Hardwell membuatkan versiOm Telolet Om ala dirinya yang seakan-akan menjadi sopir bus. Kicauan para selebritas pun mengundang rasa penasaran dari netizen dunia yang tak paham maksudOm Telolet Om.

Mungkin gara-gara awalnya dua DJ terkenal, yaitu DJ Snake dan Zedd berkicau Om Telolet Om. Tentunya, netizen Indonesia pun langsung semangat kasih tahu apa itu Om Telolet Om dan bikin lelucon ini makin viral.

Ini dia beberapa DJ yang ikutan ngetwit tentang Om Telolet Om:

telolet 2

Jadi berita dunia

Gara-gara heboh dan viral di kalangan seleb dunia dan di medsos, akhirnya Om Telolet Om pun makin banyak menyita perhatian mata internasional.

Beberapa media internasional pun sampai sengaja bikin berita tentang fenomena Om Telolet Om ini. Di antaranya Billboard.com yang bikin berita Dance Music World Completely Confounded By Trending Indonesian Meme ‘Om Telolet Om’”.

Padahal di Indonesia sendiri, fenomena tersebut sudah mewabah sejak beberapa bulan lalu di internet. Namun, gara-gara masuk ranah global, netizen Twitter jadi lebih agresif membahasnya di dunia maya.

Walhasil, tanda pagar #telolet menjadi Trending Topic urutan pertama di wilayah Indonesia pada Rabu (21/12/2016) pagi. Banyak yang membuat guyonan soal video-videoOm Telolet Om yang beredar, tetapi tak sedikit pula yang menyisipkan kritik.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Mcorp.

Cara Mudah Cepat Sukses untuk Bisnis Pemula

bisnis pemula

Siapa bilang bikin bisnis itu serba enak. Sebelum sukses, bisnis pemula harus menjalani serentetan perjuangan yang mungkin bisa membuat nyaris putus asa untuk melanjutkan semuanya.

Namun, Urbaners yang berniat merintis usaha, jangan mundur teratur setelah mengetahui beratnya jalan menuju kesuksesan. Bila lebih dini mempersiapkan segala sesuatunya, jalan yang kamu tempuh bisa jadi jauh lebih ringan. Untuk itu, ikuti lima cara ini agar kamu cepat sukses dalam bisnis pemula.

Perkuat modal

Saat memulai bisnis, modalmu mungkin masih minim. Sayangnya ketika bisnismu mulai berjalan, kamu tetap enggan menambah modalmu.

Kamu merasa takut mengajukan pinjaman usaha ke bank. Padahal, jika kamu memiliki modal yang cukup, upaya mengembangkan bisnis akan jauh lebih mudah.

Oleh karenanya, jangan sungkan mengajukan pinjaman agar masa depan bisnismu cerah. Ada berbagai jenis pinjaman yang dapat kamu manfaatkan mulai dari Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Usaha rakyat (KUR) hingga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk kamu yang ingin memiliki ruko sendiri. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhanmu.

Ikuti selera pasar

Kamu harus updated dengan selera pasar agar konsumenmu tetap setia. Kamu tidak mau kan bisnismu terkesan kuno dan tidak menarik?

Oleh sebab itu, jangan sungkan mengobrol dengan pelangganmu, mengamati berita, mengamati sosial media atau kalau perlu kamu bisa menyebar angket untuk mendapatkan gambaran terbaru mengenai selera pasar.

Selektif pilih partner, jangan hanya mengandalkan keluarga

Bisnis pemula seringkali melibatkan keluarga sebagai rekan bisnis. Padahal, jika kamu lebih berupaya memilih partner, kamu berpeluang menemukan orang yang lebih cocok menjadi partner bisnis. Lagiupula, belum tentu keluargamu tertarik dan punya kemampuan yang relevan dengan bisnismu.

Konsisten

Kamu harus konsisten menjalankan bisnismu. Kamu jangan tergoda untuk membuka bisnis lainnya jika bisnis pertamamu masih berantakan. Keadaan akan semakin kacau kalau kamu mengurus beberapa bisnis sekaligus.

Jangan serakah

Kamu sebaiknya mengambil untung yang wajar saja dari bisnismu, jangan terlalu serakah. Apalagi kamu baru memulai bisnis. Kamu tidak mau kan kehilangan pelanggan hanya karena harga kemahalan? Ingat, konsumen modern biasanya akan melakukan perbandingan harga sebelum membeli.

Gunakan sosial media

Kamu bisa menjadikan sosial media sebagai alat promosi yang murah meriah.  Data US Census Bureau Serves America, dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 259,1 juta, terdapat 88,1 juta orang yang merupakan pengguna aktif internet. Dan, sebanyak 79 juta orang di antaranya adalah pengguna aktif sosial media. Buatlah akun khusus untuk bisnismu agar menciptakan kesan profesional.

Bisnis pemula wajib maksimalkan relasi

Pada awal membangun bisnis, maksimalkan relasi yang kamu miliki. Teman-temanmu tak akan keberatan saat harus menjadi pelanggan pertama bisnismu.

Harus serius

Kamu harus serius agar cepat meraih kesuksesan lewat bisnis yang kamu bangun. Coba bayangkan jika kamu membuka sebuah toko tetapi sering tutup. Dijamin, pelanggan yang sebelumnya tertarik akan malas datang untuk kesempatan berikutnya.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri dan itrade.

Rupiah Punya Bentuk Fisik Uang Baru, Ini 6 Fakta di Balik Pembuatannya…

uang baru

Sudah pada tahu kan, kalau rupiah ada fisik uang baru?

Menurut Gubernur BI Agus Martowardojo, makna dari peluncuran uang rupiah baru ini adalah perwujudan kedaulatan RI. Terus, makna kedua adalah sebagai alat pembayaran yang sah.

Ketiga adalah untuk menjaga ketersediaan uang. Sedangkan yang keempat, untuk jaga kualitas rupiah. Terakhir, untuk menghormati jasa pahlawan.

Nah setelah Urbaners paham sama maknanya, sekarang kita kenalan sama faktanya. Apa aja sih faktanya? Mari kita simak bersama.

Sistem pengaman uang rupiah yang baru merupakan salah satu terbaik di dunia

Ada 9 sampai 12 tipe pengaman di uang NKRI baru. Sistem pengaman itu ada yang bisa diketahui masyarakat awam, ada yang hanya diketahui oleh spesialis. Gubernur BI pun mengklaim, sistem ini salah satu terbaik di dunia.

Adapun uang NKRI baru terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan empat logam. Beberapa sistem keamanannya ada dari transisi warna, fitur pelangi, gambar tersembunyi, fitur ultraviolet dan teknik rectoverso.

Pertama dalam sejarah, BI luncurkan 11 uang baru secara serentak

Gubernur BI mengatakan, peluncuran uang NKRI baru kali ini adalah momen spesial. Lantaran, 11 uang NKRI baru itu diluncurkan secara serentak.

Peluncuran uang NKRI baru juga ditujukan untuk mewujudkan mata uang yang bermartabat dan berdaulat. Selain itu, Gubernur BI juga berpesan agar masyarakat mencintai rupiah dengan tidak mencorat-coret, melipat, atau merusaknya.

Pecahan Rp 200 ribu itu hoax

Kabar yang beredar mengenai adanya pecahan Rp200-ribu di uang NKRI baru telah dibantah oleh BI. Seperti diketahui kabar itu sudah beredar di media massa sebelum uang NKRI baru diterbitkan.

Untuk mengeluarkan pecahan baru, BI pun wajib mengeluarkan pernyataan resmi ke media. Jadi, jangan gampang percaya sama apa yang beredar di media sosial ya!

Kalau uang lama gak ditarik, rupiah melemah

Jika peluncuran uang NKRI baru tidak disertai dengan penarikan uang lama, akan timbul dampak negatif yaitu tingginya peredaran mata uang. Selain melemahkan rupiah, hal itu pun memicu peningkatan inflasi.

Makanya, yuk kita bantu pemerintah dengan menukarkan uang lama kita dengan yang baru. Sudah ada 45 kantor perwakilan BI yang melayani penukaran uang NKRI tahun emisi 2016.

Anggaran cetak uang baru mencapai Rp 3,5 triliun

BI menganggarkan dana untuk mencetak uang pertahun sebesar Rp 3,5 triliun. Biaya itu mencakup pencetakan uang dan pendistribusian ke  masyarakat.

Pengamat keuangan meramalkan bahwa biaya cetak diprediksi bakal naik tahun depan. Hal ini wajar sebenarnya, karena pada 2015 biaya cetaknya adalah Rp 2 triliun.

Ada 12 pahlawan di uang NKRI baru

Di dalam uang, udah pasti ada gambar pahlawannya dong. Nah ada 12 pahlawan yang muncul di uang NKRI baru.

Siapa saja mereka? Pastinya Soekarno dan Mohammad Hatta dipecahan Rp 100 ribu. Djuanda Kartawidjaja di pecahan Rp 50 ribu, Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi di pecahan Rp 20 ribu, Frans Kaisiepo di Rp 10 ribu, Idham Chalid di Rp 5.000, M.H Thamrin di Rp 2.000, Tjut Meutia di Rp 1.000, I Gusti Ketut Pudja di Rp 1.000 (logam), Letjen T.B Simatupang di uang logam Rp 5.000, Tjipto Mangunkusumo di Rp 200 dan Herman Johannes di Rp 100.

Nah gimana, sudah paham kan akan fakta uang NKRI baru. Yuk kita tukarkan uang lama kita di Mobil Kas Keliling BI yang mangkal di tempat-tempat tertentu, kemarin lagi mangkal di Blok M Square tuh. Atau pantau aja updatenya di https://twitter.com/bank_indonesia.

(Featured image courtesy of Kaganga.com)


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri dan itrade.

Sederet Moge Beken Koleksi Selebriti Dunia

Buat selebriti Hollywood mengoleksi barang mewah memang gak sulit. Dengan kekayaan hingga jutaan dollar AS, punya tunggangan motor gede alias moge sudah jadi suatu kewajiban.

Banyak selebriti Hollywood yang menjatuhkan pilihannya untuk mengoleksi perhiasan atau mobil mewah. Tapi, gak jarang juga yang lebih memilih mengoleksi motor-motor keren. Siapa saja? Berikut 5 selebriti hollywood terkenal yang mengoleksi sepeda motor:

Selebriti dengan Koleksi Moge 1: Tom Cruise

Aktor berusia 54 tahun memang selalu terlihat maco di setiap film yang dibintanginya. Peraih tiga Golden Globe Awards ini membintangi banyak film keren, salah satunya yang paling terkenal adalah Mission Impossible series.

moge tom cruise
FOTO: Daily Mail

Pria yang pernah menikahi Katie Holmes, Nicole Kidman, dan Mimi Rogers ini ternyata gemar mengoleksi motor. Salah satu koleksinya yang terkeren adalah Vyrus 987 C3 4V seharga 100 ribu dollar AS.

Selebriti dengan Koleksi Moge 2: Pink

Alecia Beth Moore atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Pink’ ini ternyata juga gemar mengoleksi motor di garasinya.

moge pink
FOTO: Daily Mail

Wanita asal Amerika kelahiran tahun 1979 tersebut memiliki beberapa motor besar seperti Harley Davidson Sportster XL Iron 883 N dan Trumph Bonneville T100.

Selebriti dengan Koleksi Moge 3: Keanu Reeves

Aktor kawakan berusia 51 tahun, Keanu Reeves dianggap sebagai selebriti Hollywood yang paling rendah hati. Dirinya terkenal dengan sifat yang sederhana dan dermawan.

Walau sudah terkenal dirinya masih suka berpergian menggunaan transportasi umum, selain itu Keanu juga pernah memberikan uang sebesar 80 juta dollar AS kepada kru film Matrix dari total pendapatannya sebesar 144 juta dollar AS.

moge keanu reeves
FOTO: Daily Mail

Hal yang menarik dari seorang Keanu Reaves, ternyata dirinya penggemar motor klasik. Salah satu yang motor yang dimiliki Keanu adalah 1973 Norton Commando. Beberapa motor lain termasuk Harley Davidson.

Selebriti dengan Koleksi Moge 4: Ryan Reynolds

Pemeran Green Hornet, Ryan Reynolds ternyata juga gemar mengoleksi motor. Bukan cuma itu, dirinya juga suka mengendarai motor ketika berpergian.

moga ryan reynolds
FOTO: Daily Mail

Beberapa koleksi motor yang dimiliki antara lain Ducati Paul Smart 1000 Sports dan Retro Triumph Thruxton Motorcycle.

Selebriti dengan Koleksi Moge 5: Orlando Bloom

Bagi kamu penggemar Lord of The Rings, pasti kenal dengan Orlando Bloom yang berperan sebagai seorang elf bernama Legolas.

moge orlando bloom
FOTO: Daily Mail

Pria yang kini berusia 39 tahun tersebut memiliki koleksi sepeda motor yang keren. Beberapa motor favorit miliknya antara lain Ducati Monster, Ducati Streetfighter, BMW R12000GS dan Ducati Sport Classic.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Mcorp.

2017, Investasi Properti Diprediksikan Bakal Lebih Bergairah Lagi

outlook 2017

Mulai terlihat adanya tren positif menjelang akhir 2016 menunjukkan sektor properti Indonesia yang diprediksikan akan kembali bergairah di tahun depan. Bahkan berkaitan dengan outlook untuk 2017, beberapa pengamat mengatakan bisnis properti akan lebih bergairah lagi di tahun tahun-tahun setelahnya.

“Tercatat adanya growth yang sangat baik dari sisi penjualan properti sesuai data kami. Total pertumbuhan penjualan pada 2016 naik mencapai 180% dibanding 2015,”ungkap Country General Manager Rumah 123.com, Ignatius Untung, dalam acara “Properti Outlook 2017” yang diselenggarakan oleh Rumah123.com di Jakarta, Rabu (15/12/2016).

Lebih dari itu, sepanjang 2016 ini transaksi penjualan di pasar sekunder untuk hunian seharga di bawah Rp 500 juta mengalami kenaikan tajam, baik untuk rumah tapak (landed house), maupun hunian vertikal (apartemen).

Data portal jual beli properti Rumah123.com mencatat peningkatan penjualan rumah sebesar 120 persen lebih tinggi ketimbang tahun lalu.

Sementara penjualan apartemen memperlihatkan lonjakan 213 persen atau terbesar dibanding segmen harga lainnya.

Sebaliknya, untuk apartemen serentang Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar justru mencatat transaksi terendah meski tumbuh 103 persen.

“Sedangkan rumah dengan kisaran harga yang sama meroket 202 persen,” tambah Untung.

Fenomena tersebut, kata Untung, menarik untuk dianalisis untuk tidak dikatakan anomali. Karena itu, dia optimistis tahun depan, sektor properti akan bangkit lebih cepat.

Hal ini mempertimbangkan tren transaksi sejak 2014 hingga tahun ini. Dalam kurun 2014-2015, rata-rata penjualan properti sekunder masih di bawah 100 persen.

Namun, angka itu meningkat menjadi menjadi 178 persen selama tahun 2015 ke tahun 2016.

“Saya melihat, ketika tren bisnis sedang lesu, semua mulai berhitung dan mencari channel apa yang lebih efisien dengan risiko lebih kecil. Ketika pasar properti berat, sementara e-commerce lagi meroket, itu yang membuat transaksi secara daring melonjak,” papar Untung.

Hal senada dikemukakan Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk Handayani. Menurut dia, pasar menengah ke bawah masih bergerak sekitar 40 persen.

“Prospek 2017 tentu saja akan positif. Postur APBN juga mendukung karena gesture-nya positif. Salah satunya komitmen pemerintah untuk fokus pada infrastruktur, dan perumahan,” kata Handayani.

Untuk perumahan, lanjut dia, kekurangannya hingga saat ini masih mencapai 13,5 juta, sementara potensi penyewa 7 juta orang. Jumlah ini sangat besar dan merupakan peluang bagi pengembang.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

Mana Lebih Menguntungkan: Susun Liburan Sendiri atau Gunakan Jasa “Travel Agent”

travel agent

Gak terasa sudah hampir akhir tahun ya, Urbaners. Itu artinya, kamu yang berstatus karyawan bakal liburan tutup tahun! Hari Natal dan tahun baru yang relatif berdekatan biasanya bikin kita gak sabar mau cepat-cepat tinggalin rutinitas sehari-hari. Kamu pastinya sudah mulai susun rencana liburan dong? Apa mungkin pakai jasa travel agent langganan?

Setelah menghabiskan hari–hari yang padat dengan rutinitas dan segala tuntutan hidup, pasti ingin rileks sejenak, toh!

Berlibur tuh banyak manfaatnya. Seperti, membuat otak kita beristirahat sejenak dari rutinitas harian yang sudah menumpuk lama.

Pergi liburan ke destinasi yang baru, kita juga menambah pengetahuan baru yang mungkin gak pernah terpikir sebelumnya. Manfaat lainnya, mungkin bisa menambah ide baru yang segar untuk bisnismu, lho.

Nah, saat menyusun rencana liburan, kadang ada pertanyaan yang muncul di kepala. Mana sih  yang lebih optimal, liburan sendiri atau menggunakan jasa travel agent?

Berikut keuntungan dan kerugiannya jika kita liburan sendiri dan menggunakan jasa travel agent.

Sendiri harga lebih murah, travel agent bisa jadi lebih mahal

Liburan sendiri selalu terasa lebih murah dibandingkan liburan dengan menggunakan travel agent. Emangnya benar gitu? Gak juga sih.

Kebanyakan orang yang memutuskan liburan sendiri, biasanya malah merogoh kocek lebih dalam dibandingkan orang yang liburan dengan menggunakan jasa travel agent.

Lalu mengapa banyak beredar fakta bahwa liburan sendiri lebih murah?

Liburan sendiri bisa lebih murah asalkan kita menggunakan akomodasi yang sangat murah seperti hostel atau rumah penduduk.

Nah, daripada menggunakan mobil pribadi, kita juga bisa ngirit biaya dengan menggunakan angkutan umum.

Jika menggunakan fasilitas yang lebih nyaman dan bagus liburan dengan menggunakan travel agent akan jauh lebih murah.

Kebanyakan jasa travel agent memiliki perjanjian atau kontrak ke beberapa hotel, tempat wisata bahkan alat transportasi.

Salah satu alasan liburan sendiri terasa lebih murah dibandingkan travel agent adalah karena perbedaan cara pembayaran.

Traveling dengan menggunakan travel agent biasanya wajib membayarkan uang muka sebesar 50 persen. Wajib dilunasi 2 minggu sebelum keberangkatan.

Sedangkan jika memilih liburan sendiri, kita bisa membayar sedikit demi sedikit. Sebelum berangkat mungkin kita bisa membayar hotel dan sewa mobil nya saja, sisanya dilunasi saat di lokasi.

Liburan sendiri tanggal bisa fleksibel, namun tidak dengan travel agent

Liburan sendiri akan lebih efektif jika rencana liburan disusun secara mendadak. Contoh, jika kita ingin pergi ke luar negeri minggu depan atau mungkin dua hari ke depan.

Namun jika kamu sudah menyusun rencana liburan dari jauh–jauh hari, maka jasa travel agent bisa dikondisikan sesuai kebutuhan.

Terlebih lagi jika kita ingin traveling bersama keluarga besar. Jasa travel agent akan memberi banyak kemudahan.

Sendiri bisa bebas menentukan destinasi, travel agent pakai jadwal

Mau bersantai di hotel atau membaca buku di pinggir pantai? Pilih saja liburan sendiri ke tempat yang tenang dan sepi.

Menikmati fasilitas hotel atau sekedar bersepeda mengelilingi pulau kecil juga bisa menyegarkan bagi sebagian orang. Tapi, ada juga sebagian orang yang merasa bosan jika hanya tinggal di hotel.

Mereka merupakan tipikal orang yang ingin tahu gaya hidup masyarakat di destinasi yang sedang mereka kunjungi.

Jika kamu merupakan orang yang penuh rasa ingin tahu, maka penggunaan jasa travel agent akan memuaskan rasa ingin tahu itu.

Hal ini dikarenakan pemandu wisata yang akan memandu perjalanan akan memberikan banyak informasi. Biasanya informasi yang mereka berikan gak ada di buku manapun dan gak banyak orang yang tahu.

Siap–siap repot menentukan destinasi kalau liburan sendiri, sementara dengan travel agent cukup duduk manis

Liburan sendiri juga mempunyai keuntungan yang gak dimiliki travel agent. Ada beberapa destinasi yang gak selalu dikunjungi jika kita menggunakan travel agent.

Dengan liburan sendiri, kita bisa menghabiskan waktu lebih lama di kafe ataupun di tempat yang diinginkan.

Kerugian dari liburan sendiri adalah kadang kita menghabiskan waktu hanya di beberapa tempat saja lalu lupa mengunjungi tempat–tempat yang unik.

Dengan menggunakan jasa travel agent, kita bisa mengunjungi dan mengabadikan foto di tempat tersebut.

Sendiri bisa memilih fasilitas yang sesuai keinginan, mungkinkah travel agent bisa?

Ada beberapa fasilitas yang gak semua travel agent mampu berikan kepada konsumen mereka. Biasanya travel agent akan mikir dua kali jika konsumen meminta penginapan yang sangat murah seperti hostel atau rumah penduduk.

Hal ini berdampak pada kepuasan konsumen yang mungkin gak bisa maksimal. Tentu saja hal ini berdampak buruk bagi travel agent. Jika  ingin menggunakan fasilitas yang sangat murah, lebih baik gak menggunakan jasa travel agent.

Kesimpulannya, jika kita sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas harian, akan lebih bijaksana menggunakan jasa travel agent. Pilihlah travel agent yang enak diajak berdiskusi supaya keinginan liburan kita bisa tersalurkan.

Sampaikan dengan jelas liburan seperti apa yang kita inginkan. Semisal, jika kita ingin bersantai di hotel, di pantai dan gak banyak aktivitas.

Atau mungkin, ingin ikut trip gabungan ke destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Jika kita memiliki waktu yang cukup banyak dalam menyusun rencana liburan, maka kita bisa memilih liburan sendiri atau tanpa bantuan jasa travel agent. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu ya!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Mcorp.