Ini 3 Trik Jitu Pilih Perhiasan Emas untuk Investasi

Perhiasan Emas

Biarpun perhiasan emas bukan investasi murni, tapi tetap saja banyak yang suka. Siapa sih yang gak bangga punya perhiasan emas?

Selain bisa dipakai dan bikin penampilan makin oke, emas yang berbentuk kalung, cincin, gelang atau yang lainnya itu tetap bernilai di masa depan. Perhiasan emas disebut investasi sebenarnya bikin pro kontra.

Mereka yang pro beralasan sudah membuktikan punya perhiasan emas tetap menguntungkan.
Sedangkan yang kontra beralibi perhiasan gak bisa disebut investasi karena perlakuan jual belinya gak ada standar seperti emas batangan.

Pasalnya, perhiasan ada kandungan selera dan seni sehingga cocoknya disebut produk fesyen.

Terlepas dari itu, perhiasan sejatinya adalah emas juga. Namanya saja emas, nilainya selalu naik setiap tahun. Beda sama nilai uang yang selalu kena depresiasi dari waktu ke waktu.

Lantaran sudah dalam berbentuk perhiasan, sudah pasti nilainya berbeda. Seni pembuatan, bahan campuran yang membentuk perhiasan, ikut disertakan dalam penentuan harga.

Untuk berat dan kadar karat yang sama, emas perhiasan pasti lebih mahal dibanding batangan. Pasalnya, dalam komponen harga perhiasan emas dimasukan pula ongkos pembuatan.

Maka itu penting banget buat menguasai ilmu membeli perhiasan emas. Pelajari dan aplikasikan. Tujuannya biar punya pengetahuan yang mumpuni biar gak gampang dikelabui saat transaksi perhiasan emas.

Mari bahas bareng-bareng biar beli perhiasan ini itu tetap aja bikin untung isi kantong.

Kenali kondisi fisik

Gak ada perhiasan emas yang terbuat dari emas murni. Ini dulu yang dicamkan. Mengapa? Ya, karena perhiasan emas yang berkadar kemurnian tinggi biasanya rawan rusak mengingat emas itu logam yang lunak.

Karena sifatnya yang lunak ini, emas kudu dicampur dengan logam lainnya biar jadi lebih kuat, bisa dibentuk dan bentuknya itu bisa bertahan lama. Pendek kata, makin tinggi kadar emas dalam perhiasan justru makin buruk.

Itulah mengapa memperlakukan perhiasan dengan 24 karat mesti ekstra hati-hati dalam penggunaan dan perawatannya. Ceroboh dikit, otomatis harganya bakal turun tajam.

Alhasil, kondisi fisik perhiasan seken bakal berpengaruh di harga tukarnya. Misal, perhiasan seken yang baru dan tanpa cacat harganya lebih bagus dari yang cacat. Selisihnya bisa lumayan.

Emas yang paling cocok untuk dibuat perhiasan adalah emas dengan kadar 75 persen. Sedangkan karatnya adalah 18-22 karat. Alasannya, emas 75 persen, 18-22 karat adalah kombinasi sempurna yang dapat mempertahankan bentuk perhiasan dalam jangka waktu lama.

Jenis perhiasan emas

Emas gak melulu berwarna kuning atau merah aja, tapi dikenal juga perhiasan dari emas putih. Emas putih sebenarnya juga bermacam-macam pula jenisnya. Ada yang warna putihnya hasil chrome aja tapi ada pula emas putih yang dalemannya berwarna putih.

Awalnya emas putih terbuat dari komposisi emas, nikel dan timah. Belakangan nikel diganti palladium karena gak ramah sama kulit yang cenderung bikin iritasi.

Nah, kadar emas putih pun bermacam-macam. Ada yang 6 karat, 8 karat sampai 24 karat. Rata-rata yang beredar di pasaran kadarnya 14 karat atau 18 karat.

Dari segi harga belinya, emas putih lebih mahal dari emas kuning atau merah meski kadar karat dan beratnya sama. Sebaliknya, harga emas putih kalau dijual lagi nilainya berkurang drastis karena dikurangi potongan yang tinggi.

Sebagai contoh, harga emas putih 18 karat mencapai 90 persen dari harga emas murni. Misalnya harga emas murni sekarang Rp 600 ribu per gram, maka harga emas putih adalah Rp 500 ribu. Ketika hendak menjual lagi maka pedagang hanya mau menghargai 70 persen dari harga emas murni atau Rp 420 ribu.

Lantaran harga jual kembalinya jatuh, emas putih kurang menguntungkan. Kelemahan lainnya dari perhiasan emas putih adalah warnanya yang akan kusam seiring berjalannya waktu.

Beda dengan emas kuning atau merah. Semakin tinggi persentase emas di perhiasan maka warnanya semakin kuning. Sebaliknya, makin rendah persentase emas maka warnanya agak kemerahan. Emas dengan warna kemerahan ini yang diistilahkan dengan emas muda.

Dari sini sudah bisa dilihat bila perhiasan emas warna kuning harganya lebih tinggi dari yang warna merah karena kadar persentasenya.

Baik emas kuning, merah, atau putih, semuanya tetap terbuat dari logam yang sama walau campurannya berbeda tapi gak berpengaruh terhadap kemurnian emas.

Model dan desain

Namanya saja produk fesyen, sudah pasti model dan desain perhiasan emas akan selalu ikuti selera pasar. Biasanya, makin baru model dan desainnya maka makin tinggi harganya.

Sayangnya, sebagai konsumen kadang buta banget mana yang baru mana yang lama. Apalagi kalau belinya di toko perhiasan emperan jalan. Urusan model dan desain ini praktis dibentuk sama persepsi.

Inilah yang membuat harga perhiasan emas sulit distandardisasi. Nilai taksiran perhiasan emas bakal berbeda-beda di tiap toko emas.

Bila memang perhiasan emas ditujukan untuk investasi hari esok, ada baiknya mencari model dan desain perhiasan yang simpel. Biasanya jenis perhiasan ini dibuat secara massal oleh pabrik. Maka pilihlah perhiasan model simpel tapi tetap up to date sehingga saat dijual lagi harganya tetap.

Sedangkan perhiasan emas dengan model atau desain rumit, biasanya dibuat secara khusus atau dipesan. Otomatis harganya cenderung lebih mahal.

Gak kalah penting lagi, teliti dalam melihat hasil produksi perhiasan emas. Ada toko emas yang teliti dalam membuatnya dan ada yang tidak menggunakan teknik dan cara yang kurang benar dalam produksinya.

Salah dalam proses pembuatan akan membuat perhiasan emas mudah kusam, berubah warna, dan mudah tergores. Tentu saja ini bakal membuat nilainya merosot drastis.

Itulah sedikit ulasan seputar perhiasan emas bila ingin diniatkan sebagai sarana berinvestasi. Setidaknya tiga hal itu bisa menambah pengetahuan dasar seputar perhiasan emas agar Urbaners terhindar dari kerugian.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

Mantan Presiden Kuba Fidel Castro Meninggal Dunia, Ini 10 Pernyataannya yang Terkenal Termasuk soal PSK

Pernyataan Fidel Castro yang Terkenal Termasuk soal PSK - UrbanLife.id

Kabar duka yang mengejutkan datang dari Kuba. Mantan Presiden negara tersebut Fidel Castro meninggal dunia.

Fidel Alejandro Castro Ruz mengembuskan napas terakhir pada usia 90 tahun pada 25 November 2016 kemarin waktu Kuba. Selain pernah menjabat sebagai presiden, Castro adalah pemimpin revolusi komunis Kuba.

Castro memerintah Kuba hampir setengah abad dari tahun 1958 sampai 2008. Ia menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul pada 2008 lalu karena kondisi kesehatannya yang mulai menurun sejak 2006.

Bagi para pendukungnya Castro dinilai sebagai pahlawan. Pasalnya, lewat revolusi komunis kekuasan Kuba lewat jasanya dikembalikan kepada rakyat.

Namun, untuk lawan politik dan penentangnya Castro disebut tak ubahnya dengan pemimpin Kuba sebelumnya. Ia memerintah dengan tangan besi dan represif.

Castro juga memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat (AS) dan lebih memilih berkoalisi dengan Rusia dan China.

Belakangan setelah dipimpin Raul Castro, hubungan Kuba dan AS mulai mencair dan mulai membuka hubungan diplomatik kembali.

Castro yang jarang tampil di depan umum sempat tampil di depan publik saat perayaan ulang tahunnya ke-90 pada Agustus lalu.

Fidel Castro tampil bersama Raul Castro di sebuah teater di Havana. Di acara yang disiarkan langsung oleh televisi Kuba itu Fidel Castro memakai pakaian olahraga.

(Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Bantu Turunkan Risiko Penyakit Jantung di Usia Muda)

Sosok Castro  juga tidak terlepas dari kontroversi terkait gaya kepemimpinannya yang otoriter dan terkenal dengan sejumlah ucapannya.

Dirangkum dari berbagai sumber oleh UrbanLife.id, berikut adalah beberapa pernyataan Fidel Castro yang paling banyak dikutip:

“Revolusi adalah perjuangan mati-mati antara masa depan dan masa lalu.”

“Revolusi adalah kediktatoran dari yang terjajah terhadap penjajah.”

“Kecam, Kutuk saya. Itu tidaklah penting. Sejarah akan membebaskan saya.”

“Saya memulai revolusi dengan 82 orang. Jika saya harus melakukannya lagi, saya akan melakukannya dengan 10 atau 15 orang dengan kepercayaan diri yang tinggi. Tidaklah masalah jika jumlah orangnya kecil sepanjang adanya keyakinan dan rencana yang matang,” kata Castro di tahun 1953 saat membela diri di pengadilan yang mengadilinya atas keterlibatannya di penyerangan terhadap barak militer Moncada.

“Saya tidak terpikirkan untuk mencukur jenggot saya, karena saya sudah terbiasa dengan jenggota saya. Jenggot ini berarti banyak untuk negara ini. Ketika saya memenhi janji untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, saya akan mencukurnya,” kata Castro ketika diwawancara Televisi Amerika CBS di tahun 1959, 30 hari setelah Revolusi Kuba.

“Saya sudah berkesimpulan bahwa pengorbanan terakhir yang harus saya lakukan untuk Kesehatan Publik Kuba adalah berhenti merokok. Saya tidak begitu merindukannya lagi,” kata Castro di tahun 1985 ketika dia mengumumkan berhenti menghisap cerutu.

“Salah satu dampak positif dari revolusi adalah bahkan PSK (Pekerja Seks Komersial) Kuba adalah lulusan perguruan tinggi,”ujar Castro ke sutradara Oliver Stone di film dokumenter Comandate yang dirilis tahun 2003.

“Saya sangat gembira saya menginjak umur 80. Saya tidak pernah mengharapkannya. Apalagi, ada tetangga (AS) negara paling kuat di dunia berusaha membunuh saya setiap hari,“ ujar Castro di tahun 2006 saat pertemuan Kepala Negara Amerika Latin di Argentina

“Saya tidak berkeinginan dan tidak akan menerima posisi Presiden atau Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata. Itu akan menjadi pengkhianatan terhadap hati nurani saya untuk menerima posisi yang memerlukan dedikasi dan kekuatan fisik yang tidak dapat lagi saya berikan,” kata Castro di bulan Februari 2008 ketika mengumumkan pengunduran dirinya.

“Kuba bukanlah negara kapitalis yang sedang dilanda krisis yang mana pemimpinnya panik mencari solusi di tengah depresi ekonomi, inflasi, dan pengangguran. Kuba adalah dan tetap harus menjadi negara sosialis,” tulis Castro di sebuah surat kabar Kuba di tahun 2008.

4 Tips Cara Membeli Rumah Sesuai Gaji

Cara membeli rumah

Apakah kamu termasuk kelas menengah yang sedang bingung tentang bagaimana cara membeli rumah sesuai gaji?

Menurut Diana Farrell, Wakil Direktur Dewan Ekonomi Nasional Amerika, seseorang dikatakan kelas menengah ketika sepertiga pendapatan yang tersisa digunakan untuk kebutuhan sekunder dan tersier setelah kebutuhan primer terpenuhi.

Seperti dikutip dari berbagai sumber oleh UrbanLife.id, Boston Consulting Group (BCG) merilis data kelas menengah di Indonesia. Sampai tahun 2012, kelas menengah mendominasi golongan ekonomi masyarakat Indonesia, yakni sebanyak 41,6% (41,6 juta jiwa) dari total populasi. Pada tahun 2020, diperkirakan persentase ini akan naik menjadi 68,2 persen (68,2 juta jiwa).

Berapa penghasilan kelas menengah? Kelas menengah (middle class) adalah mereka yang pengeluaran per bulannya antara Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 3.000.000.

Jika selama ini kelas menengah dianggap sebagai golongan mampu, saat ini kelas menengah juga dibuat pusing dengan kenaikan harga rumah dan cara membeli rumah. Mayoritas pasti setuju kalau cicilan rumah terasa mahal.

Salah satu masalah kelas menengah adalah mereka tak memiliki cukup dana untuk membeli dengan cara cash. Masalahnya, harga properti setiap tahun semakin bertambah tinggi dan pertumbuhannya lebih cepat daripada pertumbuhan gaji.

Jadi masalah kurangnya uang muka, kebingungan dan ketakutan untuk ajukan kredit pemilikan rumah (KPR) dan masalah lain yang membuat kamu menunda keputusan beli rumah, semuanya perlu dicarikan jalan keluarnya.

Satu hal yang pasti, setiap orang yang miliki penghasilan dan pekerjaan tetap, saat ini bisa beli rumah. Nah, jika menggunakan rasio cicilan tidak melebihi 30 persen penghasilan, ini gambaran harga rumah yang sesuai dengan gaji Urbaners.

cara membeli rumah sesuai gaji

Cara membeli rumah dengan gaji Rp 3.000.000

Kabar baik bagi kamu yang bergai standar UMP. Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan persentase kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2017 sebesar 8,25 persen dan mulai efektif pada 2017 nanti.

Untuk DKI Jakarta sendiri, upah naik Rp 255.750 dari Rp 3.100.000 menjadi Rp 3.355.750. Di tambah pemerintah baru saja menurunkan kebijakan DP rumah dari 20 persen menjadik 15 persen, peluangmu membeli rumah semakin besar.

Gaji                        : Rp3.000.000

Maks cicilan        : Rp1.000.000

Harga rumah      : Rp 150.000.000

Bunga flat            : 8%

Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 20 tahun dan DP 15% (Rp 22.500.000) adalah Rp 1.066.461.

Jika DP 20% (Rp 30.000.000) dan tenor 20 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp 1.003.728. Rumah seharga ini, yaitu sekitar Rp 150.000.000 banyak tersedia di wilayah Subang.

Misalnya, Wanakerta Residence persembahan Megakarya Propertyndo.

Wanarkerta Residence

Gaji Rp 4.000.000

Kamu yang bergaji Rp 4.000.000 bisa membeli rumah seharga Rp 150.000.000 dengan tenor yang lebih pendek, yakni 15 tahun. Berikut rinciannya.

Gaji                        : Rp 4.000.000

Maks cicilan        : Rp 1.300.000

Harga rumah      : Rp 150.000.000

Bunga flat            : 8%

Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 15 tahun dan DP 15% (Rp 22.500.000) adalah Rp 1.218.456.

Jika DP 20% (Rp 30.000.000) dan tenor 15 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp 1.146.783.

Gaji Rp 5.000.000

Kamu yang bergaji di angka Rp 5.000.000 bisa membidik rumah di harga Rp 200.000.000. Dengan nilai itu kamu sudah bisa mendapatkan rumah tipe 36 dan luas tanah 72. Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 15 tahun dan DP 15% (Rp 30.00.000) adalah Rp 1.624.609.

Jika DP 20% (Rp 40.000.000) dan tenor 15 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp 1.529.043.

Gaji Rp 7.000.000

Kamu yang bergaji Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000 bisa membidik rumah di kisaran harga Rp 200.000.000 – Rp 300.000.000. Berikut rincian cicilan untuk rumah dengan harga Rp 300.000.000.

Gaji                        : Rp 7.000.000

Maks cicilan        : Rp 2.300.000

Harga rumah      : Rp 300.000.000

Bunga flat            : 8%

Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 15 tahun dan DP 15% (Rp 45.000.000) adalah Rp 2.132.922.

Jika DP 20% (Rp 60.000.000) dan tenor 15 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp 2.007.456.

Dengan harga Rp 300.000.000, kamu sudah bisa mendapatkan harga rumah di pusat kota Bodetabeka untuk tipe 36. Bagaimana, masih takut beli rumah?

Gajimu tidak termasuk dalam rincian di atas? Gunakan Kalkulator KPA persembahan Megakarya Propertydo untuk menghitung besarnya pinjaman dan cicilan sesuai kebutukan.

Buatmu yang berniat membeli apartemen untuk pertama kalinya, ini panduan harga apartemen yang sesuai dengan gajimu

harga apartemen-yang-sesuai-untuk-dibeli-dengan-gajimu-urbanlife-id

Biarpun tinggal di hunian dengan harga apartemen murah, gak peduli sekecil dan sesederhana apapun tempat tinggal tetaplah istana bagi penghuninya. Tempat berlindung saat malam, tempat saling berbagi cerita dan cinta, tempat menikmati masa kini dan membangun masa depan.

Namun sayang tak semua keluarga dapat memiliki hunian pribadinya sendiri. Banyak alasan yang mendasari.

Salah satunya adalah mereka tak memiliki cukup dana untuk membeli dengan cara cash. Masalahnya, harga properti setiap tahun semakin bertambah tinggi dan pertumbuhannya lebih cepat daripada pertumbuhan gaji.

Oleh karenanya, jika kamu sudah memiliki cukup uang untuk membeli rumah atau apartemen, biarpun sekedar membayar uang muka, jangan tunda-tunda lagi untuk mengambil kredit.

Nah, supaya gak salah pilih, dalam artikel kali ini, UrbanLife.id ingin berbagi bagaimana tips memilih dan membeli apartemen pertama kamu sesuai dengan gaji saat ini. Menggunakan rasio cicilan tidak melebihi 30% penghasilan, ini gambaran harga apartemen yang sesuai dengan gaji kamu. Siap mendengarkan?

harga-apartemen-yang-sesuai-untuk-dibeli-dengan-gajimu-urbanlife-id (1)

Gaji Rp 3 juta untuk harga apartemen Rp 150 jutaan

Kabar baik bagi kamu yang bergai standar UMP. Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan persentase kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2017 sebesar 8,25 persen dan mulai efektif pada 2017 nanti.

Untuk DKI Jakarta sendiri, upah naik Rp 255.750 dari Rp 3.100.000 menjadi Rp 3.355.750. Di tambah pemerintah baru saja menurunkan kebijakan DP properti dari 20 persen menjadik 15 persen, peluangmu membeli apartemen semakin besar.

Gaji                        : Rp 3.000.000

Maks cicilan        : Rp 1.000.000

Harga rumah      : Rp  150.000.000

Bunga flat            : 8%

Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 20 tahun dan DP 15% (Rp22.500.000) adalah Rp 1.066.461.

Jika DP 20% (Rp30.000.000) dan tenor 20 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp 1.003.728. Apartemen mulai dari harga Rp 150 jutaan banyak tersedia di wilayah Ciputat seperti Ciputat Resort Apartment dan Kabupaten Bogor seperti Jakarta Pavilion.

Gaji Rp 4 juta

Urbaners yang bergaji Rp 4.000.000 bisa membeli apartemen seharga Rp 150.000.000 dengan tenor yang lebih pendek, yakni 15 tahun. Berikut rinciannya.

Gaji                        : Rp 4.000.000

Maks cicilan        : Rp 1.300.000

Harga rumah      : Rp 150.000.000

Bunga flat            : 8%

Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 15 tahun dan DP 15% (Rp 22.500.000) adalah Rp 1.218.456. Jika DP 20% (Rp 30.000.000) dan tenor 15 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp 1.146.783.

harga-apartemen-yang-sesuai-untuk-dibeli-dengan-gajimu-urbanlife-id-2

Gaji Rp 5.000.000

Kamu yang bergaji di angka Rp 5.000.000 bisa membidik apartemen di harga Rp 200.000.000. Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 15 tahun dan DP 15% (Rp 30.00.000) adalah Rp 1.624.609.

Jika DP 20% (Rp 40.000.000) dan tenor 15 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp1.529.043.

Gaji Rp7.000.000

Kamu yang bergaji Rp 6.000.000-Rp 8.000.000 bisa membidik apartemen di kisaran harga Rp 200.000.000-Rp 300.000.000. Berikut rincian cicilan untuk rumah dengan harga Rp 300.000.000.

Gaji                        : Rp 7.000.000

Maks cicilan        : Rp 2.300.000

Harga rumah      : Rp 300.000.000

Bunga flat            : 8%

Cicilan per bulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 15 tahun dan DP 15% (Rp 45.000.000) adalah Rp 2.132.922.

Jika DP 20% (Rp60.000.000) dan tenor 15 tahun, maka cicilan per bulan sebesar Rp 2.007.456.

Dengan harga Rp 300.000.000, kamu sudah bisa mendapatkan harga apartemen di wilayah bergengsi seperti Bintaro Pavilion yang terletak di Bintaro. Bagaimana, masih takut beli properti?

Gajimu tidak termasuk dalam rincian di atas? Gunakan Kalkulator KPA persembahan Megakarya Propertydo untuk menghitung besarnya pinjaman dan cicilan sesuai kebutukan.

Tips Sederhana Berkebun di Apartemen

tips-berkebun-di-apartemen-2

Sebagian orang beranggapan untuk bisa memiliki kebun atau tanaman di rumah harus memiliki lahan yang cukup luas. Namun apakah kondisi rumah yang terbatas atau tempat tinggal — seperti berkebun di apartemen — akan menyulitkan?

Tentu saja tidak, karena Urbaners bisa menggunakan pot dengan diameter minimal 17 cm sebagai area tanam baik sayur-sayuran, tanaman berdaun cantik ataupun yang berdaun indah. Alternatif lainnya, menggunakan pipa panjang dengan diameter minimal 7,5 cm.

Tips berkebun di apartemen 1

Agar lebih hemat dan ramah lingkungan, bisa juga menggunakan kaleng bekas. Caranya yaitu:

  1. Susun pot atau kaleng bekas pada penyangga besi sehingga menghasilkan taman vertikal mungil yang tak menghabiskan tempat. Balkon mungil pun jadi lebih hijau dan bermanfaat saat berkebun di apartemen.
  2. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pot gantung, baik di dinding atau di tempat lain.
  3. Berkebun dengan menggunakan pot yang disusun diatas rak juga bisa dijadikan salah satu alternatif, jika memang lahan kamu sangat terbatas. Bahkan ketika media tanah sudah mulai susah untuk didapatkan, masih ada teknologi hidroponik dan aeroponik.
  4. Cara lainnya yang juga mudah dan menarik yaitu dengan membuat vertical garden.

tips-berkebun-di-apartemen-3

(Baca juga: Membuat Taman Vertikal di Rumah, Mudah Kok!)

Sesuai namanya, vertical garden adalah kebun yang memaksimalkan lahan sempit dengan menyusun pot-pot tanaman secara vertikal, tidak seperti biasanya, dimana pot-pot tanaman dijejerkan di lantai/tanah secara horizontal.

Cara berkebun seperti ini juga sering disebut vertikultur (kebun vertikal). Kelebihan lainnya dari sistem ini adalah dalam bercocok tanam dengan membuat taman vertikal atau vertical gardening ini tak mesti menggunakan material mahal.

Urbaners bisa memanfaatkan barang-barang yang tersedia di rumah untuk membuatnya. Awalnya, ide ini lahir akibat kesulitan warga kota untuk menyalurkan hobi bercocok tanam yang seringkali disebabkan minimnya lahan perkotaan yang habis dijadikan sebagai rumah tinggal.

Nah, dinamika kehidupan masyarakat urban di kota-kota besar semacam ini nih yang mendorong kalangan pecinta tanaman untuk menciptakan alternatif cara bercocok tanam tanpa membutuhkan lahan yang luas.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

Ini Lima Perempuan Terkaya di Indonesia Versi Majalah “GlobeAsia”

wanita terkaya

Di zaman sekarang ini menjadi wanita gak lantas menjadi warga nomor dua. Bahkan, emansipasi telah telah melahirkan beberapa wanita terkaya di Indonesia ini.

Lebih dari itu, kaum Hawa sekarang ini sanggup lebih unggul dalam bidang tertentu, seperti bisnis. Gak sedikit perusahaan kece di Indonesia yang dipimpin oleh generasi Kartini.

Di luar negeri apalagi. Perusahaan sekelas Yahoo! pun bisa juga diarsiteki seorang perempuan bernama Marissa Mayer.

Kembali ke negeri sendiri, baru-baru ini majalah GlobeAsia merilis daftar wanita terkaya di Indonesia. Para ibu ini menjadi tajir bukan karena ketiban warisan orang tua atau suami mereka, melainkan berkat bisnisnya sendiri.

Berikut ini daftar 5 wanita terkaya di Indonesia versi GlobeAsia:

1. Kartini Muljadi, Wanita Terkaya Nomor Satu

befunky_kartini-muljadi2jpg
Lewat bendera Tempo Scan, Kartini Muljadi berhasil masuk jajaran wanita terkaya di Indonesia (Kartini Muljadi / Bisnis.com)

Lewat bendera Tempo Scan, Kartini Muljadi masuk daftar wanita terkaya di Indonesia bersama Handojo Muljadi. Sebenarnya Kartini adalah sarjana hukum yang berprofesi sebagai hakim.

Ia banyak menangani kasus perdata, misalnya yang berhubungan dengan jual-beli lahan. Setelah suaminya meninggal, dia lalu menjadi notaris. Dan, akhirnya, dia memutuskan menjalankan usaha sendiri.

Usaha itu ia operasikan bersama anak-anaknya. Kekayaannya diperkirakan sekitar 1,4 miliar dollar AS.

2. Sri Hartati Murdaya

Memang, wanita pengusaha yang satu ini terbelit masalah hukum. Namun itu gak membuatnya terlempar dari daftar wanita terkaya di Indonesia.

siti-hartati-murdaya
Walau terbelit masalah hukum, Sri Hartati Murdaya tetap maju ( Sri Hartati Murdaya / Forbes)

Hartati bersama suaminya, Murdaya Poo, mendirikan sejumlah perusahaan yang sukses. Salah satunya, pabrik sepatu dengan manajemen dari pabrik sepatu Nike di Korea Selatan yang gulung tikar.

Dia merekrut pekerja Nike yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di sana untuk dijadikan karyawan di perusahaannya. Kekayaan keduanya ditaksir mencapai 1,4 miliar dollar AS.

3. Desi Sulistio Hidayat

Desi Sulistio Hidayat adalah orang di balik kejayaan pabrik jamu Sido Muncul. Di zaman modern seperti ini, menarik untuk mencermati bagaimana jamu tradisional masih punya prospek bisnis cerah di tangan Desi dan keluarganya.

Dia mengaku kunci kesuksesannya adalah belajar langsung dari sang ayah dalam mengelola bisnis. Kini, usaha yang ia kembangkan bersama Yahya Hidayat, suaminya, itu diturunkan ke anak dan cucu-cucunya.

kirim-sido-2
Desi Sulistio Hidayat adalah orang di balik kejayaan pabrik jamu Sido Muncul (Desi Sulistio Hidayat / Tribunnews.com)

Bahkan dia sengaja membuka bisnis baru di bidang kuliner khusus untuk cucunya. Kekayaan keluarga Desi sekitar 640 juta dollar AS.

4. Elizabeth Sindoro

Bisnis Elizabeth Sindoro yang membuatnya masuk daftar wanita terkaya di Indonesia adalah Dan Liris. Perusahaan tekstil, khususnya batik, ini punya pangsa pasar hingga mancanegara.

Perusahaan lainnya adalah Paramount Group, yang bergerak di bidang properti. Bisnis itu ia jalankan bersama keluarganya. Kekayaan Elizabeth Sindoro tercatat sebesar 255 juta dollar AS.

ourheritage
Elizabeth Sindoro sudah terbukti kepiawaiannya dalam bisnis (Elizabeth Sindoro / Danliris)

5. Siti Hardianti Rukmana

Putri mantan presiden Soeharto ini juga tercatat sebagai wanita terkaya di Indonesia. Perkembangan perusahaannya memang tak bisa dilepaskan dari campur tangan sang ayah.

Namun tanpa tangan dingin dari wanita yang akrab disapa Mbak Tutut ini, perusahaan itu pasti layu sebelum berkembang. Bisnis yang melambungkan namanya adalah Citra Lamtoro Gung Persada.

Dia sempat terlibat sengketa bisnis, namun kekayaannya tak tergoyahkan. Total kekayaan Mbak Tutut diperkirakan 190 juta dollar AS.

siti-hardiyanti-rukmana-alias-tutut-_140825114212-176.jpg
Putri mantan presiden Soeharto ini juga tercatat sebagai wanita terkaya di Indonesia (Siti Hardianti Rukmana / Republika Online)

Itulah 5 wanita terkaya di Indonesia menurut versi GlobeAsia. Dalam daftar keseluruhan orang terkaya di Indonesia, memang  posisi 10 besar masih dihuni pria.

Namun keberadaan para business woman ini gak bisa dipandang sebelah mata. Adanya mereka di dalam daftar membuktikan bahwa wanita pun bisa memegang kendali perusahaan dan sukses.

Itulah yang bisa dijadikan inspirasi. Kesuksesan bisnis gak melihat gender pengelolanya. Mau pria atau wanita, kalau pengelolaannya bagus bisnis pastinya bisa berkembang.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

Mau jalan-jalan ke Raja Ampat dengan bujet kurang dari Rp 10 juta? Cek tipsnya disini!

raja ampat

Raja Ampat adalah salah satu tujuan wisata yang diimpikan oleh banyak orang, khususnya orang Indonesia. Namun, sering kali impian jalan-jalan ke wilayah tersebut terhambat akibat biaya liburan ke sana yang mencapai puluhan juta.

Nama Raja Ampat sudah mendunia. Bahkan, tempat ini dijadikan sebagai surganya pecinta snorkeling dan diving. Namun, biayanya yang gak murah bikin banyak orang berpikir ulang untuk liburan ke sana.

Masalah pertama yang harus dihadapi tentu saja tingginya biaya transportasi. Namun kamu bisa mengakalinya kok, Urbaners! Simak ya tips dari UrbanLife.id di bawah ini.

Transportasi ke Raja Ampat

Skenarionya adalah berangkat dari Jakarta menuju Sorong, Papua Barat. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ini antara lain Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air.

Harga tiket penerbangan ke Sorong fluktuatif, dengan kisaran Rp 1,5 juta – Rp 3 juta sekali jalan. Dari hitungan terendah, maka ongkos pesawat pergi-pulang membutuhkan bujet Rp 3 juta.

(Baca juga: Jangan Cuma Jadi Rencana Doang, Ini 6 Cara Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Akhir Tahun)

Sampai di Sorong, wisatawan harus menyeberang ke Raja Ampat. Pilihannya menggunakan kapal laut atau pesawat Susi Air.

Untuk menekan biaya, kapal laut adalah pilihan tepat. Kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam dari Sorong menuju Waisai (ibu kota Kabupaten Raja Ampat) dihargai Rp 130.000.

Tarif wajib masuk

Untuk berwisata disana, wisatawan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) yang dipatok Rp 500.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.

Akomodasi

Di Raja Ampat ada banyak pilihan jenis akomodasi seperti hotel, resor, dan homestay. Untuk backpacker, homestay jadi pilihan yang tepat karena harga per malamnya paling rendah.

(Baca juga: Hai, Para Backpackers! Jangan Menginap di Sembarangan, Berikut Tips Memilih Penginapan yang Sesuai buatmu…)

Kisaran harga homestay di Raja Ampat dimulai dari Rp 250 ribu per malam. Saran UrbanLife.id, pilihlah homestay yang dekat dengan tempat wisata atau situs selam yang ingin dikunjungi. Ini akan berpengaruh pada biaya transportasi.

Untuk mencari homestay di Raja Ampat, Anda dapat membuka situs resmi Asosiasi Usaha Homestay Kabupaten Raja Ampat di http://www.stayrajaampat.id/.

Transportasi

Bisa jadi, inilah pengeluaran terbesar kamu selama disana. Perlu diketahui, Raja Ampat adalah daerah kepulauan, dengan total 1.864 pulau. Jika ingin berwisata alam di Raja Ampat, kamu membutuhkan kapal motor island hopping.

Mahalnya harga BBM disana sangat berpengaruh terhadap harga sewa kapal motor. Contohnya untuk menuju Wayag dari Waisai, diperlukan bujet Rp 13 juta PP.

Menuju Pianemo dari Waisai diperlukan bujet Rp 8 juta PP. Ke Teluk Mayablibit dari Waisai dibutuhkan bujet Rp 6 juta rupiah PP. Satu perahu motor biasanya dapat diisi 10-12 orang.

Oleh karena itu, untuk menekan bujet transportasi, pergilah secara berkelompok. Kemampuan tawar-menawar ongkos kapal motor juga sangat diperlukan.

Konsumsi

Bujet makan disana sebenarnya tidak besar. Umumnya, penginapan seperti homestay sekalipun menyediakan makan tiga kali sehari. Ini sudah termasuk harga kamar.

Sayangnya di luar itu, penjual makanan sedikit sulit kecuali kamu berwisata di daerah Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Harga makanan dimulai dari Rp 20.000 per porsi.

Sebelum makan, ada baiknya tanya dahulu kepada penjual berapa harga makanannya. Juga jangan lupa bawa bekal makanan sebelum island hopping atau menyelam karena lokasi wisata akan cukup jauh.

(Baca juga: 5 Alternatif Lokasi Wisata bersama Pasangan yang Cocok untuk di Akhir Tahun)

Dari informasi di atas, mari berhitung bujet ke Raja Ampat ala backpacker. Pemandu wisata lokal menyarankan, durasi paling tepat menjelajah adalah empat hari tiga malam.

Berikut uraian bujetnya:

1. Tiket Pesawat Jakarta-Sorong PP        Rp 3 juta

2. Tiket kapal capat Sorong-Waisai PP   Rp 260.000

3. TLPL                                                           Rp 500.000

4. Akomodasi tiga malam                           Rp 750.000

5. Transportasi di Raja Ampat (Wayag)  Rp 1,3 juta

6. Konsumsi di luar homestay                   Rp  100.000

TOTAL                                                          Rp 5.910.000

Jadi, Urbaners butuh sekitar Rp 6 juta liburan dari Jakarta ke Raja Ampat selama empat hari tiga malam, dengan catatatan rute wisata hanya ke daerah Wayag dan sekitarnya. Bujet tersebut belum termasuk sewa alat selam jika ingin diving.

7 Pilihan Kota di Dunia untuk Rayakan Malam Tahun Baru

malam tahun baru

Gak terasa ya sudah berada di pengujung tahun 2016. Apa Urbaners sudah punya rencana untuk merayakan malam tahun baru nanti?

Kalau kamu berniat melihat keindahan kembang api di kota-kota populer di negara lain, daftar berikut ini bisa jadi pilihanmu.

Pilihan kota pertama untuk rayakan malam tahun baru 2017: New York

New York menjadi salah satu kota terpopuler untuk menikmati malam pergantian tahun. Sejak tahun 1900-an, suasana tahun baru di Times Square, New York, sudah meriah.

(Baca juga: Mau Traveling di Akhir Tahun? Jangan Menginap di Sembarang Hotel, Berikut Tips Memilih Penginapan yang Sesuai buatmu!)

Ketika matahari terbenam, akan ada sebuah bola raksasa yang ditarik ke atas tiang. Pada detik-detik pergantian tahun, bola tersebut akan diturunkan.

Tentu saja, wisatawan juga akan melihat kemegahan kembang api di langit saat tahun berganti.

Urbaners harus menyiapkan bujet Rp 12 jutaan untuk membeli tiket pesawat Jakarta-New York sekali jalan dan menyiapkan setidaknya Rp 1,5 juta untuk menginap satu malam di hotel yang layak di New York.

Jika bujetmu terbatas, kamu bisa kok menemukan tempat menginap di bawah Rp 1 juta.

Hong Kong

Suasana malam pergantian tahun di Hong Kong persis seperti di New York, yaitu terdapat prosesi bola jatuh.

Hong Kong yang penuh dengan gedung-gedung tinggi yang selalu menyala akan semakin terang benderang saat pesta kembang api. Penduduk juga akan berpesta di atas kapal di Victoria Harbour.

Tak sedikit travel agent yang menawarkan paket tahun baru di Hong Kong.

Urbaners bisa menikmati kemeriahan malam tahun baru di sana dengan biaya sekitar Rp 15 juta untuk 4 hari sudah termasuk tiket pesawat.

Sidney

Kamu bisa melihat pesta pergantian tahun yang tergolong termegah di dunia di Sidney. Pemda Kota Sidney bisa menghabiskan miliaran rupiah untuk menghadirkan kembang api yang indah.

Kembang api akan meluncur dari Sidney Harbour Bridge. Siapkan ongkos pesawat Rp 3 jutaan sekali jalan untuk akhir tahun ini.

Paris

Perayaan untuk menyambut tahun baru di Paris bisa mencapai satu bulan penuh dengan berbagai cara. Kamu akan melihat Menara Eiffel yang berhias cahaya gemerlap kembang api saat malam pergantian tahun.

(Baca juga: Jangan Cuma Jadi Rencana Doang, Ini 6 Cara Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Akhir Tahun)

Pilihan lainnya, kamu bisa berlayar di atas Sungai Seine sembari makan malam. Biasanya, paket wisata ke Paris ditawarkan sekaligus dengan kota-kota di negara lain di sekitarnya. Misalnya untuk paket tour Paris-Amsterdam selama 7 hari di akhir tahun, kamu harus mengeluarkan bujet hampir Rp 30 jutaan.

London

Pesta tahun baru di London juga tak kalah spektakuler dengan kota-kota lainnya di dunia. Pestanya berpusat di tiga tempat yaitu Sungai Thames, London Eye, dan Big Ben.

Tak hanya pesta kembang api, wisatawan juga bisa melihat parade akhir tahun. Siapkan bujet untuk membeli tiket pesawat Rp 5 jutaan sekali jalan, untuk hotelnya kamu masih bisa mendapatkan tempat menginap dibawah Rp 1 juta.

Singapura

Negara yang satu ini menjadi favorit wisatawan Indonesia. Jika kamu ingin menikmati kemeriahan malam tahun baru di Singapura, ada beberapa spots yang bisa kamu pilih seperti One Fullerton, Bay East Gardens by the Bay, Merlion Park, dan Marina Barrage.

Untuk lebih praktis, kamu bisa ambil paket wisata untuk menikmati akhir tahun Rp 6 jutaan sudah termasuk tiket pesawat.

Tokyo

Perayaan tahun baru di Tokyo akan terlihat lebih dari satu hari. Jutaan orang akan datang ke Meiji Shrine di Tokyo dan letusan kembang api akan terdengar hingga 4 Januari.

(Baca juga: Tips Keuangan buat Kamu yang Mau Traveling Akhir Tahun Ini)

Jika kamu penasaran, datanglah ke Jepang. Travel agent biasanya menawarkan paket wisata lebih dari Rp 10 juta tetapi belum termasuk tiket pesawat.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Mcorp.

Hindari bikin status ‘Rush Money’ di FB atau sebar di WhatsApp, ini alasannya…

Hindari bikin status 'Rush Money' di FB atau sebar di WhatsApp, ini alasannya...

Urbaners mendapat kiriman pesan di Facebook (FB), Instagram (IG), WhatsApp (WA), atau Twitter berisi “terjadi penarikan uang besar-besaran di bank menjelang demo 25 November”, jangan disebar! Pasalnya, Kepolisian Republik Indonesia terus mencari pelaku penyebar informasi bohong atau hoax soal penarikan uang dari bank (rush money) secara besar-besaran yang akan dilakukan masyarakat.

Kini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sedang memburu penyebar pesan tersebut di media sosial. Jika ikut menyebarkannya, bisa saja Tim Cyber Patrol Polri akan menemukan dan memperkarakan kamu.

(Baca juga: Daripada Stalking Mantan Doang di Media Sosial Mending Sekalian Jadi Buzzer, Nih 5 Ide Bisnis Sampingan Menghasilkan Lewat Gadget)

Tim Cyber Patrol Polri bertekad menemukan pembuat isu rush money atau penarikan uang besar-besaran pada 25 November.

Polisi menyatakan akan menindak tegas orang-orang yang membuat informasi yang mengarah ke kerusuhan.

“Pengusutannya masih berjalan. Mereka-mereka yang menebarkan isu-isu hoax ini dijalankan, yang pasti satu per satu nanti akan diungkap siapa tersangkanya,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di Kwitang Senin, Jakarta Pusat, Minggu, 20 November 2016, seperti dikutip dari Viva.co.id.

Boy mengatakan, informasi itu bohong atau hoax. Menurutnya, informasi bohong itu bertujuan mengganggu perekonomian masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Dengan sengaja menimbulkan kepanikan, dengan sengaja menimbulkan rasa kecemasan dalam masyarakat, yang memiliki tabungan kemudian beramai-ramai untuk mengambil tabungan, itu jangan diikuti,” katanya.

Dengan demikian, Boy menegaskan, nantinya pelaku penebar berita hoax bakal dijerat dengan pasal 28 ayat 2 undang-undang Informasi Transaksi dan Elektronik (ITE) nomor 11 tahun 2008.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Polri, Kombes Rikwanto, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/11/2016) menjelaskan isu gerakan rush money termasuk informasi yang provokatif.

“Di medsos sekarang banyak info rush money. Saya ingatkan, siapa pun yang membuat info yang arahnya ke kerusuhan, kami akan tindak secara pidana,” kata Rikwanto, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/11/2016), seperti dikutip dari Tribunnews.com

Polri menilai, ajakan tersebut berpotensi membuat keresahan dalam masyarakat.

“Kalau rupiah anjlok, rakyat yang susah. Kalau etnis tertentu diprovokasi, pasar bisa rusak,” katanya.

Harapan agar rush money tak terjadi disampaikan Bank Indonesia. Sejauh ini, tim cyber patrol Polri terus memantau jalannya lini masa di dunia maya.

Rikwanto menegaskan bahwa ada sanksi pidana yang bisa menjerat para penyebar informasi tersebut.

“Kalau kami temukan adanya unsur pelanggaran undang-undang ITE, kami telusuri, kami tangkap,” katanya.

Ingin tahu caranya agar startup kamu bisa bernapas panjang? Nih, kiatnya…

GoJek

Kesuksesan startup di Indonesia, seperti GoJek, ikut memancing maraknya usaha serupa di kalangan anak muda. Namun, banyak juga startups yang muncul lalu sulit berkembang hingga akhirnya bubar di tengah jalan.

Semua perusahaan besar pernah mengalami fase startup — masa dimana mereka baru pertama kali memulai bisnisnya dengan modal dan sumber daya yang sangat terbatas — termasuk GoJek.

Menjalankan sebuah startup layaknya GoJek sangatlah menguras tenaga, waktu dan pikiran serta beresiko tinggi untuk gagal.

Data menunjukan hanya 20% startups yang dapat bertahan dan menjadi sebuah perusahaan besar. Sisanya, gugur dalam 5 tahun pertama sejak startups itu didirikan.

Agar Urbaners sebagai seorang entrepreneur dalam membuat bisnis bisa melewati masa startup ini menjadi sebuah perusahaan yang besar pertama-tama ada baiknya kita mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang selama ini menyebabkan kegagalan tersebut.

Pengajar mata kuliah “Business Financing” di Prasetiya Mulya Business School, Nico Fernando Samad, mengidentifikasi kelemahan-kelemahan startup dari tiga sudut pandang.

“Pertama, dari startup sendiri,” katanya.

Dari sisi startup, Nico menjelaskan, kelemahannya adalah  kurangnya daya juang para pendirinya. Selain itu, model bisnis yang dijalankan kurang sesuai, serta minimnya kemampuan eksekusi.

Kedua, dari kekuatan yang ada di pasar. Nico menjelaskan, para pendiri perusahaan perintis seharusnya memperhatikan berbagai aspek di lingkungan industrinya untuk memperkuat usaha.

Aspek itu meliputi para pesaingnya, pembeli produk atau jasanya, serta para pemasok atau vendor yang bermain di industri tersebut.

Selain itu, memantau para pendatang baru startup yang mengincar peluang masuk, serta mengamati substitusi dari produk yang ditawarkan industri tersebut.

Ketiga, dari sisi pendanaan dan penetrasi pasar.

Menurut Nico, ketepatan memilih waktu masuk ke pasar (timing to market)  menjadi penting, terutama saat pasar sedang rentan.

Jika produk memasuki pasar ketika calon pembeli belum membutuhkannya, maka akan terjadi kegagalan pemasaran produk. “Namun, keterlambatan memasuki pasar juga membuat semua kue sudah habis terbagi,” ujarnya.

Ia pun mengingatkan pentingnya peran akses pada pendanaan agar pemilik startup bisa mendongkrak skala (scale up)  penjualan produk atau jasanya.

Misalnya, ada startup dengan model bisnis yang bagus, seperti membuat perhiasan perak dari pengolahan kembali bahan limbah industri. Produk ini kemudian dipasarkan kepada pembeli yang peduli pada seni dan lingkungan.

Startup ini memiliki diferensiasi produk, selain dari pemuliaan limbah, juga tidak mengandung nikel seperti pada perhiasan lainnya,” kata Nico.

Pembeli produk seperti ini umumnya berasal dari luar negeri, yang memang mensyaratkan model bisnis tersebut. Selain itu dari sisi timing to market, model seperti ini tepat karena tren daur ulang, konsep hijau dan semacamnya sedang berkembang.

Skema permodalan startup seperti GoJek

Meski begitu, para pendiri startup masih sering menghadapi kesulitan dalam menggalang dana untuk meningkatkan usahanya, membangun jaringan pemasaran, serta merekrut sumber daya manusia.

Permasalahan itu akan timbul ketika para pendiri sudah menemukan waktu yang tepat untuk masuk ke pasar.

Nico memaparkan berbagai pilihan permodalan yang bisa dimanfaatkan startup. Ada pendanaan dengan model boot strapping, family-friends-and-fools, grants, prizes, hingga angel investor dan venture capital, serta perbankan.

Sayangnya, sering terjadi salah kaprah karena startup ingin mendapatkan pendanaan dari perbankan.

Nico menilai, hal ini nyaris tidak mungkin dilakukan karena startup, baik dengan basis digital maupun nondigital, tidak layak pendanan bank (bankable).

Banyak persyaratan perbankan yang gagal dipenuhi startup. Misalnya, jaminan. Secara umum, startup belum memiliki aset yang dapat diagunkan untuk menggaet pinjaman bank.

Selain itu, karakter maupun profil pendiri startup juga belum dikenal perbankan, sehingga sulit mendapatkan kredit.

Karena itu, para pendiri sebaiknya fokus dahulu pada pendanaan lain yang tersedia sebelum mengembangkan startup agar bankable.

Menurut Nico, ada secercah harapan ketika pemerintah membuka kesempatan bagi startup kategori Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2016 tentang permodalan perseroan terbatas.

Melalui peraturan tersebut, bentuk perseroan terbatas bisa didirikan dengan modal di bawah Rp 50 juta.

Dengan begitu, bentuk badan hukum ini memungkinkan startup memperoleh akses pendanaan ke perbankan.

Di sisi lain, Nico memberikan catatan terhadap permodalan dari angel financing atau venture capital.

Ada bermacam-macam tipe angel atau malaikat, mulai dari yang sekadar chip in atau patungan modal, hingga memberikan dukungan penuh pendanaan bagi startup tersebut.

“Mulai dari seperti malaikat penyelamat, hingga ‘setan pencabut nyawa’. Demikian pula pada modal ventura atau venture capital,” ujar Nico.

Ia juga mengungkapkan potensi tarik-menarik kepentingan antara pendiri dan pemilik modal utama dalam hal imbalan, kontrol, risiko, serta besaran dana.

Para pendiri perlu pandai-pandai memilih sumber pendanaan dan jejaring tentang aturan hukum, agar tidak terberlit masalah dalam pendanaan pihak ketiga.

Memahami pasar

Deputi Bidang Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fajar Hutomo juga mengingatkan pentingnya permodalan bagi startup.

“Terkait permodalan, sangat berlaku adagium cash is the king,” ujarnya.

Ia mengibaratkan arus kas atau cashflow dalam suatu entitas usaha sebagai darah dalam tubuh manusia.

Jika darah habis, maka manusia akan mati. Begitu pula yang terjadi dalam bisnis. Karena itu, kemampuan pengelolaan keuangan penting dimiliki oleh para founder startup.

Ia menilai  ketidakmampuan startup bertahan selama ini karena sudah gagal mendatangkan pendapatan operasional dan hanya mengandalkan pemasukan dari pemodal.

Padahal, selain permodalan, market validation merupakan tahap yang harus senantiasa dilakukan, bukan hanya di masa awal pendirian.

Fajar menjelaskan, pasar memiliki sifat dinamis, dengan permintaan dan persoalan yang selalu berubah.

“Apakah produk kita selalu meet on demand (dibutuhkan) dan solving the problem (menjawab permasalahan)?” katanya.

Pertanyaan seperti ini harus terus diulang agar produk maupun layanan bisnis yang dijalankan bisa berjalan langgeng.

Dalam tahap ini, proses penelitian dan pengembangan (research and development / R&D) berperan untuk memperoleh masukan dalam mengambil keputusan untuk pengembangan usaha.

Fajar pun mengingatkan, para founders harus membekali diri dengan kekuatan mental serta mindset.

Kesuksesan dalam menjalankan usaha rintisan bukanlah one night success, melainkan dibangun dari jerih payah, jatuh bangun, serta kegagalan demi kegagalan.

Ketika kesuksesan sudah diraih, kata Fajar, jangan pernah merasa sukses. Ia menjelaskan, ketika para pendiri merasa telah mencapai puncak kesuksesan, di situlah awal kegagalan dimulai.

Ada kemungkinan para pendiri yang merasa sudah berada di puncak, kemudian berhenti melakukan pengembangan.

Padahal terkadang ketika sudah merasa di atas puncak kesuksesan, sebuah bisnis dengan tiba-tiba ditinggalkan pengguna dan pada akhirnya mengalami kebangkrutan.

Dalam kondisi semacam itu inovasi merupakan harga mati, meski bukan satu-satunya cara untuk mempertahankan bisnis.

Berada di puncak kesuksesan seperti GoJek bukan jaminan sebuah bisnis dapat bertahan dan dan berada di puncak secara terus menerus.

Pada akhirnya waktu akan mengantarkan pada masa-masa sulit seperti kehilangan pelanggan, omset turun hingga pada akhirnya gulung tikar.

Dalam perjalanannya bisnis tidak bisa stagnan. Langkah dan keputusan-keputusan krusial perlu diambil untuk menjaga bisnis tetap bertahan, begitu juga dengan startup.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber oleh urbanlife.id, berikut adalah tiga hal yang bisa dilakukan untuk setidaknya menjaga startup tetap dalam jalur yang benar untuk bertahan dalam persaingan bisnis.

Terus mengembangkan brand

Berinovasi dalam tubuh startup seperti GoJek bukan berarti semata mengubah nama atau brand secara keseluruhan.

Sebaliknya, harus memanfaatkan keunggulan brand yang sudah ada untuk mendapatkan perhatian untuk kemudian berevolusi dan berinovasi untuk tetap menjaga bisnis tetap diminati pengguna.

Inovasi tidak harus memulai dari awal atau melakukan perombakan ulang. Sentuhan kecil pun bisa mempengaruhi keberlangsungan sebuah bisnis asal sesuai dengan kebutuhan dan minat pasar.

Mengumpulkan feedback

Cara terbaik untuk mengetahui dengan pasti bisnis akan terselamatkan dengan inovasi adalah melihat apa yang orang lain pikiran.

Sebelum memutuskan melakukan peluncuran produk baru atau melakukan desain ulang terhadap produk yang pastikan Urbaners mendapat masukan dari keluarga, teman, kenalan, bahkan pelanggan setia untuk mendapatkan gambaran seperti apa sebaiknya inovasi dilakukan.

Terkadang kita hanya kekurangan sudut pandang, mendapatkan feedback sebanyak mungkin bisa menjadi salah satu jalan untuk memperbanyak sudut pandang.

Menjalin hubungan dengan pemimpin di industri lainnya

Kunci sukses melakukan perubahan dalam bisnis adalah memastikan orang lain tahu. Terhubung dengan para pemimpin industri di sektor lain akan membantu Urbaners untuk melakukan hal tersebut, terlebih jika mereka memiliki saran yang membangun untuk bisnis kita.

Pada akhirnya semua bermuara pada keberlanjutan sebuah kreativitas dan inovasi pada tubuh startup.

Sambil terus berbenah dengan ide-ide baru dan segar, memperhatikan masukan dari pihak-pihak lain adalah cara yang tepat untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan produk. Jadi, jangan berhenti berinovasi!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.