5 Ide Bisnis Sampingan Menghasilkan Lewat Gadget

5 Ide Bisnis Sampingan Menghasilkan Lewat Gadget

Sudah bukan hal baru lagi kalau orang manfaatkan gadget jadi ladang kreatif sebagai sumber income sampingan. Bahkan, anak ingusan pun sudah banyak yang praktikkan.

Contohnya nih, jualan di media sosial. Pasti gampang nemuin orang buka lapak di sosmed. Entah itu Facebook, Instagram sampai Twitter.

Nah, biar dagangan bisa nampang di situ, gadget berupa ponsel atau tablet jadi senjatanya. Tinggal jepret-jepret pernak-pernik barang yang mau dijual, terus upload saja ke sosmed. Berikutnya tinggal tunggu respon penduduk jagad maya. Simpel kan?

Mau tahu ide-ide kreatif lainnya jadikan gadget kesayangan sebagai modal bisnis sampingan yang menghasilkan?

Daripada Stalking Mantan Doang Lewat Gadget, Mending Sekalian Jadi Buzzer

Buat Urbaners yang akrab sama dunia sosmed pasti kenal dengan istilah buzzer. Yup, ini adalah netizen yang punya jamaah di dunia maya. Mereka ini sering dimintai bantuan buat promosikan produk tertentu.

(Baca juga: Kenalan dengan Mi Mix, Produk Ponsel Masa Depan dari Xiaomi)

Asyiknya usaha beginian adalah gak berasa lagi kerja. Bikin celotehan di sosmed biar viral bisa dilakukan kapan aja. Mau lagi di toilet, di pinggir jalan, di halte, atau malah di tengah kuburan.

Cuma jadi buzzer bukan perkara gampang. Rekrut jamaah yang jumlahnya sampe ratusan ribu bahkan jutaan butuh waktu dan menuntut kreativitas tinggi.

Pakai Gadget Buat Jasa Delivery Order Online

Jasa delivery order online. Itu istilah kerennya. Jenis usaha ini berkaitan dengan jasa antaran apapun baik berupa makanan, dokumen, pembelian tiket kereta atau bioskop, barang, dan lain sebagainya.

Ya mirip-mirip dengan Go-Jek atau GrabBike, tapi skalanya lebih kecil aja dan bukan untuk angkut penumpang.

Gak usah berpikir bikin aplikasi macam ojek online itu. Cukup manfaatkan aja aplikasi sosial media macam Line, WhatsApp, atay BlackBerry Messenger. Aplikasi itu lebih efektif karena bisa berkomunikasi dua arah langsung.

Di beberapa daerah ada yang sudah mengaplikasikan bisnis ini. Sebut saja di Solo dengan nama Bang Jali. Pengelolanya menggandeng restoran maupun jasa pembelian tiket transportasi.

Jual Produk Ritel

Ini yang sudah banyak yang lakoni para freelancer. Ponsel jadi medium paling efektif buat yang berniat rintis jualan online. Gara-gara ponsel, sudah gak perlu lagi jualan door to door kayak orang berdagang era sebelum tahun 2000-an.

(Baca juga: Cara Beli Properti untuk Freelancer)

Produk ritelnya macam-macam. Mulai  dari fashion, aksesori, mainan, makanan, sampai barang bekas pun tetap laku kok. Apalagi banyak platform yang siap nampung bagi yang berniat jualan online begini.

Misalnya saja platform e-commerce, sosmed, situs marketplace, dan lain-lain.

Jualan Pulsa Elektronik

Enaknya jualan pulsa pakai ponsel adalah gak perlu tempat atau buka counter pulsa. Cuma yang perlu diketahui sejak awal, keuntungan tiap transaksi sangat tipis. Paling dapat seribu atau 500 perak tiap kali transaksi.

Tapi jangan anggap remeh. Meski marginnya tipis tapi kalau frekuensi transaksinya banyak tetap aja gede. Sudah begitu lakoninya gampang banget.

Begitu ada yang minta pulsa, tinggal layani sambil pencet-pencet ponsel. Asyiknya lagi gak perlu meluangkan waktu secara khusus.

Bisnis beginian cocok ama yang kerja kantoran. Jadikan teman-teman di kantor sebagai pelanggan setia. Dapat 50 pelanggan aja udah lumayan hasilnya.

Jadi Agen Properti

Agen properti atau istilah kerennya broker, bisa menjadi salah satu daftar pekerjaan yang patut digeluti lewat gadget.

(Baca juga: Urbaners Mau Beli Properti Lewat Broker? Ajukan Dulu Pertanyaan Ini!)

Untuk pemula, Urbaners bisa mulai dengan gabung sama agensi properti yang sudah established. Keuntungan menjadi bagian dari agensi properti adalah bisa mendapatkan bimbingan dari senior dan database klien yang bisa dikembangkan sendiri nantinya.

Selain bisa mendatangkan keuntungan besar, awalnya juga kita gak butuh modal besar, hanya memerlukan kuota internet di ponsel pintar. Jejaring sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan listing properti Anda meliputi Facebook, Twitter, atau bahkan Path.

Minimal lima itu dulu deh buat bahan inspirasi ide usaha sampingan yang menghasilkan lewat gadget. Meski sebenarnya, yang namanya ide itu gak terbatas. Kalau perlu contek aja ide orang lain yang dinilai masuk akal dijalani.

Misalnya, mempublikasikan aktivitas menarik di sosial media. Contohnya ketika lagi traveling ke Singapura. Buru-buru jepret selfie ketika posisi lagi di lokasi belanja oleh-oleh.

Pasang status siap menawarkan diri belanja oleh-oleh ke teman-teman. Jangan lupa pasang harga yang sudah di marked up dengan keuntungan. Siapa tahu ada yang tertarik.

Terbukti kan gadget bisa jadi aset ekonomi yang berguna buat mempertebal isi dompet. Rata-rata sudah banyak yang sadar sama hal ini.

Bukan itu saja. Gadget bisa mengubah persepsi orang yang ingin berbisnis sampingan terkait dengan modal.

Modal gak melulu berkaitan sama duit tapi apa pun yang ada di tangan saat ini pun bisa jadi ‘modal’. Dalam kasus ini, gadget!

Kenalan dengan Mi Mix, Ponsel Masa Depan Dari Xiaomi

Gak cuma meluncurkan Mi Note 2, Xiaomi juga meluncurkan lini Mi Mix yang digadang sebagai ponsel masa depan pada acara yang berlangsung di Beijing, China pada hari Selasa (25/10/2016).

“Kami percaya masa depan smartphone adalah desain seperti Mix,” kata CEO Xiamoi, Lei jun, seperti dikutip dari KompasTekno.

Menurut VP Global Xiaomi, Hugo Barra, Mi Mix merupakan proyek yang sangat dirahasiakan, bahkan CEO Lei Jun tidak menggunakan presentasi asli ketika melakukan gladi resik acara.

mi-mix-2

Ponsel berukuran 6,4 inci ini memiliki bingkai super tipis dengan rasio bodi dan layar mencapai 90 persen yang diwujudkan lewat penggunaan material keramik pieaoelectric.

Untuk mewujudkan ponsel ini Xiaomi bekerja sama dengan desainer terkenal asal Perancis, Phillipe Starck. Saat berbicara di atas panggung bersama Lei, Starck menggunakan kesempatan itu untuk membahas material yang digunakan Xiaomi untuk membuat Mi Mix dan edisi keramik dari Mi 5.

mi-mix-3

Tidak cuma tampilannya yang mewah, elemen-elemen premium tampak dalam spesifikasi Mi Mix, mulai dari prosesor Snapdragon 821, baterai 4.400 mAh, kamera utama 16 megapiksel dan selfie 5 megapiksel, audio HD dan Quick Charge 3.0.

Sedangkan RAM dan memorinya tersedia dalam dua varian, yaitu RAM 4 GB dengan memori internal 128 GB dan RAM 6 GB dengan memori internal 256 GB.

Mi Mix akan tersedia di China pada tanggal November. Harga varian pertama dibanderol 3.499 RMB (Rp 6,7 Jutaan) sedangkan varian kedua dibanderol dengan harga 3.999 RMB (Rp 7,6 Jutaan).

Ponsel ini memang menawarkan harga yang lebih tinggi daripada yang biasa ditawarkan oleh Xiaomi, namun dikarenakan desainnya yang unik dan spesifikasinya, harga ini terbilang lebih terjangkau dibandingkan ponsel lainnya.

Belum diketahui apakah Mi Mix akan dijual secara ekslusif di China atau juga akan dijual secara global di berbagai negara oleh Xiaomi.

Sumber: Engadget.com, KompasTekno

Jangan Cuma Jadi Rencana Doang, Ini 6 Cara Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Akhir Tahun

6 Cara Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Akhir Tahun - UrbanLife.id

Libur akhir tahun sudah menanti. Bagi kalian pencinta traveling pastinya sudah tidak sabar melewatkan liburan ini.

Namun, ada beberapa hal yang perlu disiasati dalam mempersiapkan traveling di akhir tahun nanti. Beberapa siasat untuk liburan di akhir tahun ini.

Urbaners harus ingat liburan di akhir tahun identik dengan serba mahal seperti, ongkos yang mahal. Nah, berikut tipsnya.

Cari Tiket Promo untuk di Akhir Tahun

Untuk mensiasati kemahalan ini, kamu harus pintar-pintar mencari promo-promo tiket berlibur jauh-jauh hari. Tiket promo pasti ada, makanya harus sesering mungkin mencari promo tiket ini baik untuk traveling menggunakan transportasi darat, udara, kereta, hingga laut.

(Baca juga: Tips Hemat “Traveling” untuk Pasangan Muda)

Bila sudah menemukan UrbanLife.id sarankan ambil langsung tiket promo itu entah tujuan traveling di dalam negeri ataupun di luar negeri. Hal ini sangat membantu menghemat ongkos pulang dan pergi.

Beli Tiket Pesawat Pergi-pulang

Jika kamu ingin pergi liburan ke luar negeri, lebih baik langsung memesan tiket pesawat pergi dan pulang. Maskapai penerbangan biasanya akan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan membeli tiket pesawat sekali jalan.

Beli pada Waktu Shoulder Season

Selain istilah high season dan low season, ada satu istilah lagi untuk menentukan musim liburan. Istilah itu adalah shoulder season.

(Baca juga: Mau Musim Liburan Kali Ini Jadi Berkah? Mampir Saja ke 11 Masjid Terindah dan Termegah di Dunia Ini!)

Shoulder season adalah musim yang berada di antara high season dan low season. Biasanya shoulder season berkisar sebelum tanggal 20 Desember dan relatif lebih murah.

Perhatikan Online Travel Agent (OTA)

Setiap OTA-nya biasanya memiliki tawaran promo tiket-tiket pesawat yang berbeda. Jelang akhir tahun, sebaiknya Urbaners mulai memperhatikan OTA yang menawarkan tiket-tiket pesawat.

Pilih Penerbangan Setelah Pukul 14.00

Jam keberangkatan juga turut memengaruhi harga tiket pesawat. Penerbangan setelah pukul dua atau tiga siang biasanya cenderung lebih murah.

(Baca juga: 5 Tips Traveling Hemat ala UrbanLife.id untuk Urbaners)

Tiket penerbangan biasa dijual mahal seperti pada pagi hari seperti pukul 09.00. Hal itu karena orang-orang ingin pergi pada waktu tersebut.

Pilih Waktu Kerja

Selain waktu yang terbilang sore, penerbangan saat hari kerja atau weekdays umumnya menawarkan harga yang lebih murah.

Maskapai biasanya memberikan harga yang tinggi pada akhir pekan. Pada akhir pekan biasanya permintaan tiket pesawat tinggi sehingga harga menjadi lebih mahal.

Akhir Pekan, IHSG Ditutup Melemah Disertai Perkiraan Melemahnya Dollar AS

Jumat Ini, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Melemah - UrbanLife.id

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup memerah di akhir perdagangan penghujung pekan ini, Jumat (28/10/2016) disertai kemungkinan melemahnya dollar AS.

Di awal perdagangan, IHSG sempat bergerak menguat. Akan tetapi, hal itu tak berlangsung lama seiring dengan beringsutnya indeks ke zona merah. Aksi ambil untung oleh pemodal domestik menyebabkan IHSG melemah.

Selain itu, memerahnya saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) turut menyumbang terhadap pelemahan indeks. Turunnya indeks juga mengikuti trend bursa regional, yang pada akhir pekan ini sebagian besar memerah.

Pukul 16.00 Indeks Harga Saham Gabungan ditutup melemah sebesar 6,56 poin atau 0,12 persen di posisi 5.410,27. Sebanyak 134 saham diperdagangkan menguat, 173 saham melemah dan 100 saham stagnan.

Volume perdagangan mencapai 12,9 miliar saham senilai Rp 5,65 triliun. Di seluruh pasar, investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp 338,8 miliar. Sementara itu di pasar reguler, pemodal asing mencatatkan net sell Rp 42,7 miliar.

Saham-saham yang membebani pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan yakni BUMI (Rp 171), TLKM (Rp 4.230) dan MYRX (Rp 138). Sementara itu, saham-saham yang menahan indeks dari pelemahan lebih dalam yakni WSBP (Rp 630), PPRO (Rp 1.310), BBCA (Rp 15.600) dan SRIL (Rp 256).

Dari 10 indeks sektoral, hanya dua sektor yang menguat dan selebihnya melemah. Sektor-sektor yang menguat adalah industri dasar (-0,75 persen) dan keuangan (-0,15 persen).

Adapun sektor yang melemah adalah agribisnis (-1,25 persen), pertambangan (-0,14 persen), aneka industri (-0,7 persen), konsumer (-0,17 persen), properti (-0,19 persen), infrastruktur (-0,19 persen), perdagangan (-0,45 persen) dan menufaktur (-0,09 persen).

Dari regional, bursa di kawasan Asia Pasifik sebagian besar ditutup melemah. Indeks Hang Seng di bursa Hong Kong berakhir turun 0,77 persen menjadi 22.954,81. Sementara itu bursa Shanghai melemah 0,26 persen di level 3.104,27 dan bursa Seoul turun 0,23 persen menjadi 2.019,42.

Adapun indeks Nikkei 225 di bursa Tokyo berakhir menguat sebesar 0,63 persen menjadi Rp 17.446,41.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada sore hari ini ditutup melemah. Mengutip Bloomberg, rupiah di pasar spot berada di Rp 13.051 per dollar AS.

(Baca juga: Dollar AS Menguat, IHSG Bergerak Bervariasi)

UrbanLife.id akan menantikan data dari US GDP kuartal 3 yang bertumbuh sebesar 2.5%, lebih tinggi dari kuartal sebelumnya pada 1.4%, dan juga Core PCE Expenditures yang akan dirilis pukul 19.30 WIB, yang dapat berimbas pada penguatan atau pelemahan dollar AS, yang bergantung pada data yang lebih rendah atau lebih tinggi dari perkiraan.

Namun bila data yang dirilis lebih rendah dari estimasi, dapat menunda ekspektasi kenaikan tingkat bunga tahun ini yang dapat berakibat pada pelemahan dollar AS di masa mendatang.

Sementara beberapa kalangan memperkirakan US GDP kwartal 3 ini dirilis bertumbuh lebih dari 3% kali ini. Hal itu juga berakibat pada posisi IDR yang tertekan pada 2 hari belakangan ini yang menembus level 13.055 sebelum siang namun menguat tipis ke 13.040 dan ditutup pada 13.045/13.055 sore ini.

Sumber: Kompas.com dan Bank Panin

Dollar AS Menguat, IHSG Bergerak Bervariasi

Dollar AS

Dollar AS mengalami penguatan terhadap hampir seluruh mata uang kembali, diikuti oleh IHSG yang bergerak bervariasi.

Seperti yang dialami oleh JPY yang menyentuh 3 bulan terakhir pada 105,35 (123,73 per IDR) semalam dan dibuka pada 105.20 (123,9 per IDR), di tengah ekspektasi kenaikan Fed yang akan diselenggarakan pada akhir tahun ini, US Index dibuka menguat pada 98,9 setelah diperdagangkan flat pada 98,6 pada sesi penutupan Asia.
Revisi data Durable Goods Orders dirilis lebih baik dan juga data US Pending Home Sales untuk bulan September yang keduanya mengarah pada potensi kenaikan Fed semakin besar.

Sementara itu data UK GDP dirilis leibh tinggi dari perkiraan membuat posisi GBP menguat ke 1,2272 (15.996 per IDR), dan aksi profit taking setelahnya dan dibuka di 1,2170 (15.863 per IDR). Pembukaan USD/ IDR pada level 13.035/13.045 dan telah diperdagangkan pada 13.040-13.045 pada pagi ini.

Indikasi harga USD seperti pada pukul 08.07 WIB di level 13.045-13.055.

Sedangkan di sisi lain, sektor aneka industri, perdagangan dan properti dibuka melemah pada pembukaan perdagangan saham Jumat (28/10/2016). Sementara tujuh sektor lain dibuka menguat.

Dengan demikian pembukaan perdagangan saham di Jumat ini dibuka bervariasi. IHSG dibuka di zona merah di level 5,414,50 pada pukul 09.00 WIB, dan sempat turun di level terendah di 5.414,37.

Namun tak lama kemudian IHSG naik ke level tertinggi di zona hijau di 5.424,68.

Pada pukul 09.17 WIB, IHSG berada di level 5.425,19 atau naik 8,35 poin atau naik 0,15 persen.

Dari data RTI, sebanyak 94 saham dibuka naik sementara 41 saham dibuka turun dan 65 saham dibuka tetap.

Walaupun alami kenaikan, namun aksi lepas portofolio oleh investor asing masih marak. Net foreign sell di semua papan perdagangan tercatat Rp 3,0 miliar sementara di pasar reguler, net foreign sell juga Rp 3,0 miliar.

Sejumlah saham pendorong bursa yakni BMRI, MPPA, MAPI, EKAD. Sedangkan saham pemberat bursa yakni PWON, LPPF, AISA, PSAB.

Dari pasar spot Bloomberg, terpantau rupiah dibuka melemah terhadap dollar AS. Rupiah dibuka di level 13.046 per dollar AS sementara level penutupan di Kamis yakni 13.033 per dollar AS.

Sumber : Bank Panin dan Kompas.com

Euro Menguat, IHSG Ditutup Naik 17,16 Poin

Euro Menguat, IHSG Ditutup Naik 17,16 Poin

Walaupun sebagian besar dari mata uang Eropa — Euro menguat ke 1,0918 / 14.231 per rupiah sore ini — mengalami penguatan terhadap dollar AS, mata uang Asia di lain pihak mengalami pelemahan cukup drastis.

Selain Euro menguat, dimulai dari CNY yang diperdagangkan menyentuh level terendah sejak 6 tahun terakhir ke 6,7921 (terendah sejak bulan Oktober 2010), dan juga obligasi outflow dari Korea, IDR menyentuh 13.035 menjelang sore setelah berada di 13.020 di sesi awal.

Posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih menguat sebesar 0,32% namun gagal menyokong IDR yang dibebani dengan kebutuhan USD menjelang akhir bulan dari sektor korporasi dan ditutup di 13.030/13.035.

Berbagai kalangan yang khawatir akan adanya pelemahan CNY yang dapat berimbas pada outflow global dan akhirnya dapat melemahkan mata uang negara tetangganya.

Untuk malam ini, UrbanLife.id akan menantikan data US GDP kuartal 3 yang akan dirilis pukul 19.30 WIB malam ini.

Di sisi lain, IHSG yang ditutup menguat 0,32 persen atau naik 17,16 poin ke level 5.416,83 pada penutupan perdagangan saham Kamis (27/10/2016) pukul 16.00 WIB, ditopang kenaikan tujuh indeks sektoral, terutama rebound sektor konsumer. Sedangkan sektor yang ditutup tertekan yakni perkebunan, perdagangan, dan properti.

Berdasarkan data RTI, sebanyak 143 saham ditutup naik, 166 saham ditutup turun dan 96 saham ditutup tetap.

Walaupun IHSG ditutup dengan kenaikan, tetapi aksi lepas portofolio investor asing tetap marak. Net foreign sell di semua papan pedagangan mencapai Rp 655,8 miliar. Sedangkan di pasar reguler net foreign sell mencapai Rp  33,2 miliar.

Sejumlah saham top gainer berdasarkan persentase yakni BMRI, BBNI, UNTR, CTRA, RALS, ITMG, ARNA, dan TLKM.

Sementara itu dari pantauan pasar spot Bloomberg, rupiah ditutup melemah ke level 13.033 per dollar AS. Rupiah pagi tadi dibuka melemah ke level 13.019 per dollar AS sementara di Rabu, rupiah ditutup di level 13.004.

(Baca juga: Harga Minyak Turun, Posisi US Index Dibuka Lebih Rendah)

Sumber: OCBC NISP Wealth Management dan kompas.com

Mau Liburan Murah Meriah? Nih, Tips Berburu Aneka Promo di Travel Fair

Mau Liburan Murah? Nih, Tips Berburu Promo di Travel Fair - UrbanLife.id

Mau liburan murah meriah? Jangan hanya bengong nunggu kabar dari teman atau keluarga. Gerak dong ke travel fair! Biar rezeki gak dipatok ayam.

Info soal liburan murah banyak tersedia di internet. Namun agak ribet kalau hanya mengandalkan internet, sebab keterangannya kadang kurang lengkap.

Gak perlu khawatir tapi. Sebab, banyak travel fair alias pameran wisata yang rutin digelar di Indonesia, khususnya kota besar seperti Jakarta.

Di travel fair, kita bisa ketemu langsung dengan pihak agen. Dengan begitu, kita bebas mau tanya-tanya apa saja. Jadi informasi liburan murah pun bisa didapat dengan gampang di travel fair.

Nah, biar kunjungan Urbaners ke travel fair efektif dan gak sia-sia, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut daftarnya seperti dihimpun UrbanLife.id.

Cari Tahu Kapan Digelarnya Travel Fair

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui waktu-waktu digelarnya travel fair. Biasanya informasi ini datang dari travel agent peserta pameran.

Selain itu, info promosi paket liburan ini juga bisa datang dari supporting bank dan kartu kreditnya, serta pihak maskapai.

(Baca juga: 6 Cara Jitu Liburan Dadakan dengan Bujet Minim)

Bulan-bulan travel fair adalah Maret-Mei untuk musim liburan sekolah dan Lebaran. Kemudian ada September-Oktober untuk musim liburan akhir tahun.

Datang Lebih Pagi di Hari Pertama

Jika travel fair digelar pada hari kerja — karena biasanya bersinggungan dengan akhir pekan, alangkah baiknya Urbaners datang pada hari kerja. Datanglah pada hari pertama digelarnya pameran. Pasalnya, di hari pertama masih banyak seat available, juga bonus-bonus seperti cash back.

Alangkah baiknya jika kamu datang lebih pagi sehingga punya lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan tiket promo. Terlebih lagi, kita akan terhindar dari keramaian pengunjung di akhir pekan.

Booking Tiket Langsung di Travel Agent

Gak banyak yang tahu, kamu bisa booking tiket promo terlebih dahulu lewat travel agent peserta pameran.

Jika pameran buka pukul 09.00, maka satu jam sebelumnya cobalah telepon kantor travel agent untuk booking tiket promo biar makin hemat.

(Baca juga: Tips Traveling Hemat ala UrbanLife.id)

Dengan begitu, kamu gak perlu berdesak-desakan dengan ribuan pengunjung lainnya untuk mendapatkan tiket promo.

Bahkan terkadang, tiket bisa langsung ditukar di cabang travel agent yang bersangkutan jika kamu gak sempat mampir ke travel fair.

Tentukan Destinasi Sebelum Tiba di Pameran

Sebelum mengunjungi travel fair, ada baiknya Urbaners menentukan destinasi terlebih dahulu. Ini akan memudahkan transaksi dan menghindarimu dari ‘lapar mata’ ingin mengunjungi banyak destinasi sekaligus.

Liburan dengan Grup

Liburan dengan grup adalah salah satu cara agar bujet traveling semakin murah. Ajaklah teman, sahabat atau keluarga ikut serta dalam perjalanan kali ini. Biasanya, travel agent menetapkan kuota 20 orang untuk satu grup.

Cari Kenalan Travel Agent

Setelah bertransaksi dengan travel agent, lakukanlah interaksi lebih dari sekadar berkonsultasi mengenai liburan. Baiknya Urbaners berkenalan dan meminta nomor handphone penjual yang diajak transaksi.

(Baca juga: 5 Trik biar Rumah Aman Saat Ditinggal Liburan)

Simpanlah nomornya dan mintalah dia untuk menghubungi kamu jika ada agenda travel fair lainnya, berikut harga-harga promosi yang dijual di travel fair tersebut. Dengan hal ini, kamu bisa mendapat informasi lebih cepat tentang promo harga di travel fair mendatang.

Harga Minyak Turun, Posisi US Index Dibuka Lebih Rendah

Harga Minyak Turun, Posisi US Index Dibuka Lebih Rendah

Posisi US Index turun terhadap mata uang regional setelah pecah posisi 99 hari Selasa kemarin dan lagi-lagi posisi USD kembali rentan akan ketidakpastian menjelang pertemuan Fed dan pemilu US yang akan diselenggarakan bulan depan.

Posisi US Index pagi ini dibuka lebih rendah di 98.6 pada pagi ini setelah sebelumnya sempat ke 98.5 kemarin malam. Data German business morale yang membuat para pelaku pasar untuk mengurangi posisi short EUR-nya yang membawa EUR ke 1.0911 setlah sempat menyentuh 1.0945 kemarin malam.

Sementara itu GBP menguat hingga ke 1.2236 di sesi awal setelah komentar Gubernur BoE Carney yang menyatakan bahwa kebijakan moneter yang longgar belum akan diterapkan dalam waktu dekat.

Harga minyak (turun ke USD 49.24/ barrel) sebagai bagian dari persediaan minyak yang bertambah seiring dengan keraguan beberapa kalangan bahwa OPEC akan menurunkan tingkat produksinya.

Pembukaan USD/ IDR pada level 13015/13025 dengan kisaran yang diperdagangkan pada 13020-13025

Indikasi harga USD sampai saat ini jam 08.17 WIB di level 13015-13025.

Di pasar domestik sendiri, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka dengan kenaikan pada pembukaan perdagangan Kamis (27/10/2106). IHSG terdorong kenaikan sektor pertambangan yang menguat 1,93 persen.

Berdasarkan data RTI, IHSG dibuka di jalur hijau pada level 5.405,69 pada pukul 09.00 WIb. Sekitar 11 menit kemudian, IHSG sudah naik ke level 5.414,48 atau naik 15 poin (0,27 persen).

Sementara pada penutupan perdagangan Rabu (26/10/2016) IHSG ditutup di zona hijau di level 5,399,67.

Selain sektor pertambangan, enam sektor lain juga dibuka menguat. Sektor yang dibuka melemah yakni perkebunan, aneka industri dan properti.

Pada pembukaan perdagangan saham pagi ini, sebanyak 89 saham dibuka naik. Sedangkan 74 saham dibuka turun dan 90 saham dibuka tetap.

Tekanan aksi jual masih bisa menyeret indeks kembali ke zona merah. Net foreign sell di semua papan perdagangan mencapai Rp 24,3 miliar. Sedangkan net foreign sell di pasar reguler mencapai Rp 37,2 miliar.

Sejumlah saham pendorong bursa yakni CTRA, BMRI, ADRO, SULI, ITMG, dan RALS.

Sebelumnya, dari pantauan pasar spot Bloomberg, rupiah dibuka turun di level 13.019 per dollar AS setelah pada Rabu ditutup di level 13.004.

(Baca juga: Peluang Usaha yang Paling Cocok untuk Kamu yang Ingin Menyasar Pasar Anak Muda)

Sumber: OCBC NISP Wealth Management dan kompas.com

Berinvestasi dengan Pendapatan Pas-pasan, Bisa Kok! Simak 6 Cara Investasi Berikut Ini

Berinvestasi dengan Pendapatan Pas-pasan, Bisa Kok! Simak 6 Cara Investasi Berikut Ini

Masih banyak anggapan bahwa investasi itu butuh modal yang gak sedikit. Ini nih yang bikin banyak orang gak pede terjun di investasi. Memangnya ada cara investasi jika pendapatan per bulannya masih pas-pasan? Ada kok, masa sih gak ada!

Semua orang pasti ingin memiliki tingkat kesejahteraan hidup yang terus meningkat dan membaik secara keuangan.

Peningkatan kesejahteraan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya meningkatkan pendapatan.

Banyak orang beranggapan investasi itu dilakukan jika nanti sudah memiliki uang atau investasi hanya dominasi orang-orang kaya.

Padahal investasi itu adalah kendaraan kita untuk mencapai kesejahteraan dan mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Urbaners sudah tahu belum kalau investasi dapat dimulai dari Rp 1 juta?

Yep betul, investasi bisa di mulai dari Rp 1 juta, lho! Nah, jika saat ini pendapatan kita masih belum besar, kita bisa lho mulai berinvestasi pada produk-produk pasar modal atau beli properti secara kredit.

Selain untuk menambah penghasilan, investasi sejak dini bertujuan untuk melatih mindset kita agar menjadi pola pikir orang kaya, gak bergantung pada pendapatan aktif.

Saatnya mengubah pendapatan aktif menjadi pendapatan hasil investasi dan pendapatan pasif. Begini nih caranya.

Tentukan Waktu dan Tujuan dari Cara Investasi yang Dipilih

Apa yang kita harapkan dari investasi tersebut? Coba jawab dulu pertanyaan itu sebelum mulai berinvestasi.

(Baca juga: Beli Properti buat Mulai Investasi dari Saat Usia 20-an, Bisa Banget!)

Urbaners tentu memiliki tujuan dalam investasi yang akan dijalani, seperti mungkin mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, membeli hunian baru atau lainnya.

Masing-masing tujuan tentu memiliki jangka waktu yang berbeda.

Ketika sudah bisa menentukan tujuan investasi di awal, maka kamu akan mendapatkan gambaran mengenai berapa lama investasi tersebut akan dijalankan dan apa jenis instrumen investasi yang cocok.

Langsung atau Gak Langsung

Secara umum, investasi terbagi dua jenis yaitu investasi langsung dan investasi tak langsung.

Sebagai seorang investor, kita akan memegang bukti fisik pada investasi langsung. Misalnya, kantor saat membuka bisnis, apartemen ketika membeli properti atau emas batangan waktu membeli logam mulia.

Sedangkan pada investasi tak langsung, kita sebagai investor tidak akan memegang bentuk fisik dari investasinya.

Contohnya adalah saham dan reksa dana. Kita hanya dapat memiliki tanda bukti atau sertifikat kepemilikan investasi.

Pilih Instrumen yang Sesuai

Dalam investasi dikenal istilah “high risk, high return”. Dengan kata lain, hasil investasi yang tinggi akan sebanding dengan risiko yang tinggi pula. Begitu pula sebaliknya.

(Baca juga: Investasi Properti, Cara Mudah Raup Untung sekaligus Mendulang Rezeki)

Sebagai investor, kita perlu tahu setiap risiko yang ada pada produk investasi yang dipilih.

Cobalah mencari tahu sebanyak mungkin tentang informasi keuangan yang tersedia untuk publik. Ingat, investasi itu adalah harta dan modal masa depan kita.

Bila perlu, carilah penasihat keuangan yang bisa membantu kita dalam mengetahui portofolio pribadi dan mengenali jenis-jenis investasi.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui profil risiko dari masing-masing investasi yang dilakukan secara mendetail.

Memprioritaskan Minimal 20 Persen Pendapatan untuk Diinvestasikan

Hal berikutnya dari cara investasi yang paling penting dilakukan adalah memprioritaskan minimal 20 persen penghasilan untuk diinvestasikan.

Contoh, Lady, seorang karyawan swasta dengan penghasilan sebesar Rp 5 juta per bulan. Idealnya, Lady berinvestasi sebesar 20 persen x Rp 5 juta = Rp 1 juta per bulan.

Banyak orang yang masih merasa berat dengan investasi sebesar 20 persen dari penghasilan. Itu karena mindset ini: investasi sebagai beban pengeluaran dan hasilnya gak dapat langsung dinikmati.

Lain cerita dengan seseorang yang membeli handphone terbaru hingga rela berutang. Orang tersebut dapat langsung merasakan manfaatnya. Pegang hape baru.

Gak salah sih dengan pemikiran bahwa investasi adalah pengeluaran yang harus kita lakukan saat ini. Tapi, coba pikir lagi deh, nilai uang kita gak akan menyusut. Justru nilai uang kita memiliki potensi untuk bertumbuh.

Contoh, kira-kira berapa uang yang didapat jika kita mengurangi biaya minum kopi bulanan dan uangnya kita alihkan ke investasi?

Gimana kalau beli handphone? Sudah pasti nilainya cenderung akan menurun. Semisal nih, kita membeli handphone seharga Rp 8 juta saat ini. Apa yang terjadi jika tahun depan keluar handphone seri terbaru dan lebih canggih? Tentu saja handphone kita saat ini nilainya akan turun kan?

Memilih Produk Investasi Sesuai dengan Tujuan Keuangan dan Profil Risiko

Cara selanjutnya adalah mulai memilih produk investasi sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko kita.

(Baca juga: Beli Rumah atau Apartemen di Usia 30-an? Ini Pertimbangan Risikonya…)

Mulailah dengan menghitung kebutuhan dana untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan kita. Semisal untuk kebutuhan menikah, dana pendidikan anak atau dana hari tua.

Setelah itu baru kita melanjutkan mencari produk yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko kita.

Investasi dengan Sistem Autodebet

Terakhir adalah cara investasi yang otomatis, yaitu sistem autodebet. Untuk teman-teman Urbaners yang susah disiplin, saat ini kita dapat berinvestasi secara otomatis dengan sistem autodebet.

Kita cukup mengatur berapa jumlah yang didebet setiap bulannya dan kapan waktu pendebetan. Sisanya akan dikerjakan oleh sistem.

Sistem autodebet ini sebenarnya adalah implementasi dari strategi investasi DCA – Dollar Cost Averaging.

Gak ada lagi dong alasan gak bisa menabung atau berinvestasi. Seberapapun gaji atau penghasilan, selama ada niat dan kemauan semuanya pasti bisa.

Kita juga pasti bisa melakukannya, karena investasi kini sudah semakin mudah.

Kamu Termasuk Orang yang Susah Kaya? Nih, 7 Alasannya!

Kamu Termasuk Orang yang Susah Kaya? Nih, 7 Alasannya! - UrbanLife.id

Siapa sih yang gak mau jadi orang kaya? Semua orang mau punya uang untuk memenuhi kebutuhannya. Sayangnya, gak semua orang pula bisa mewujudkannya. Bukan karena terlahir sederhana, terkadang kebiasaan yang membuatmu jadi susah kaya.

Padahal, seperti kata salah satu orang terkaya di dunia Bill Gates, “Terlahir miskin, itu bukan salah kamu, tetapi mati dalam keadaan miskin itu sudah pasti salah kamu.”

Jadi orang kaya itu berkah sedangkan jadi orang miskin, ya itu musibah. Tanamkan dulu dalam-dalam di bawah alam sadar jadi kaya atau miskin itu sebenarnya pilihan.

Iya pilihan karena jadi orang kaya atau miskin adalah takdir yang bisa diubah. Ini ada hubungannya sama sikap dan mental.

Selama masih memelihara sikap dan mental orang miskin, ya susah jadi orang kaya. Enggak salah kan kalau akhirnya jadi kaya itu tergantung banget sama pola pikir.

So, yang pertama-tama mesti diubah itu, yakni pola pikir. Bisa jadi masalah utama kenapa sering dihinggapi kecemasan mengalami “madesu” alias masa depan suram gara-gara itu.

Gak usah panjang-panjang intronya. Kenalan dulu saja sama pola pikir yang bikin susah gapai status jadi orang tajir.

Belum Punya Rencana Matang Bikin Kita Susah Kaya, Lho!

Urbaners mungkin mengalami kesulitan untuk jadi kaya karena kurangnya perencanaan yang matang. Hanya karena kamu sudah memiliki investasi pas-pasan, bukan berarti kamu bakal sukses otomatis bisa jadi kaya dari situ.

(Baca juga: 4 Cara Mudah untuk Memulai Investasi Properti dengan Gaji Pas-pasan)

Ingat, sebelum berinvestasi sebaiknya pelajari terlebih dahulu ilmu investasi sederhana. Caranya mudah dan murah kok. Cukup rutin membaca portal berita atau blog informasi keuangan, kamu bisa lebih melek finansial.

Terlalu Fokus buat Perbesar Tabungan

Kalau pernah merasakan bangku sekolah dasar, pasti kenal dengan pepatah menabung pangkal kaya. Gak ada yang salah sih dengan pepatah itu. Cuma perlu dikritisi, pepatah itu lebih menekankan pada aspek memotivasi diri buat jadi kaya.

Sayangnya, terlalu fokus pada niat perbesar tabungan malah justru menjauhkan diri dari harapan hidup mapan. Justru yang dilakukan kaum miliarder bukan perbesar tabungan tapi perbesar pendapatan.

Jadi Susah Kaya karena Kebanyakan Mikirin Cara Cari Active Income ketimbang Passive Income

Habis-habisan kerja di kantor agar naik gaji atau pangkat. Yakin itu bisa menjamin kenaikan kesejahteraan? Urbaners yang masih punya paradigma beginian berarti kurang up-to-date isi kepalanya.

(Baca juga: 7 Tips Buat Urbaners yang Mau “Resign” dari Kerja Kantoran dan Memulai Bisnis Sendiri)

Menggantungkan masa depan sama pekerjaan sekarang itu bunuh diri. Gak ada garansi kalau tempat bekerja sekarang umurnya panjang. Lha, kalau di tengah jalan ada gonjang-ganjing? PHK di depan mata.

Betul sih punya active income menghadirkan rasa nyaman di bidang finansial. Tapi, kalau mau hidup tajir, pikirkan passive income.

Itu artinya kamu harus bisa mendapatkan uang dengan sedikit waktu atau malah tanpa usaha sama sekali dari aset-aset yang telah kamu miliki. Punya apartemen terus disewakan kembali, misalnya.

Ingin Terlihat Kaya Juga Bikin Kita Susah Kaya

Masih berharap mendapat pengakuan jadi orang kaya. Yah, alamat susah masuk daftar miliarder. Beneran susah. Pasalnya, demi obsesi itu kadang kala memaksa hidup konsumtif layaknya orang sugih. Beli barang branded, nongkrong di restoran kelas atas, join membership di club ini itu dan lain-lain.

Beda banget sama orang kaya. Mereka paling jago menahan diri untuk konsumtif meski secara teori bisa banget. Lihat deh gaya hidup miliarder dunia. Misalnya, Bos Facebook Marc Zuckerberg yang kemana-mana pakai mobil VW.

Bisa juga kamu tengok mendiang Steve Jobs yang tiap tampil di publik lebih suka pakai sweater dan celana hitam ketimbang jas bermerek.

Suka Andalkan Utang

Hidup mengandalkan utang sudah cukup jadi sinyal bakal susah jadi orang kaya. Utang bisa menjadi tembok penghalang kemerdekaan secara finansial.

(Baca juga: Kiat Sukses Memiliki Apartemen di Usia 20-an, Tanpa Mengandalkan Utang Bank)

Utang bikin seseorang gagal punya rumah, beli tanah, apartemen atau susah berbisnis. Apalagi masih punya kebiasaan membeli barang-barang yang sebenarnya tak dibutuhkan lewat utang.

Ketika punya utang, praktis isi kepala hanya fokus bagaimana membereskan utang sehingga abai pada yang lain.

Kebanyakan Tagihan

Tagihan adalah kewajiban yang mesti dilunasi. Begitu kan? Nah gimana mau bisa kaya kalau penghasilan bulanan habis untuk melunasi tagihan.

Entah itu tagihan kartu kredit, tagihan listrik, telepon, cicilan ini itu, dan lain-lain. Tumpukan tagihan yang datang rutin tiap bulan sudah cukup menahan seseorang untuk jadi kaya raya.

Gak Menghargai Waktu

Pernah baca tulisan waktu adalah uang? Mereka yang gagal mengatur waktu sama saja gagal jadi orang kaya. Kehilangan waktu maka tak ada sesuatu hal di dunia ini yang bisa menggantikannya.

(Baca juga: Kapankah Waktu yang Tepat untuk Ajukan Kredit Properti?)

Waktu adalah aset terbesar dalam hidup. Jika ingin kaya, maka hargai waktu dan optimalkan semaksimal mungkin.

Orang kaya selalu menghargai waktu karena paham betul bakal kehilangan banyak hal bila itu disia-siakan.