6 Langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Membeli Apartemen “Over” Kredit

Ada bermacam usaha dilakukan orang untuk memiliki apartemen, baik itu membeli secara tunai atau melalui Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Khusus KPA, ada pula cara membeli apartemen second, yaitu take over kredit atau oper kredit.

Take over kredit atau oper kredit KPA adalah proses pengalihan kredit dari debitur lama (penjual) ke pihak debitur baru (pembeli). Berbeda dengan proses jual beli unit apartemen pada umumnya, proses resmi take over kredit harus melibatkan pihak bank atau kreditur pemberi loan to value (LTV).

Idealnya, take over KPA harus resmi dilakukan secara legal. Meskipun terkesan rumit karena banyak tahap dan syarat harus dipenuhi, take over KPA secara legal sebenarnya dirancang agar tak ada pihak yang dirugikan, baik pembeli maupun penjual.

Secara praktis, setelah mencapai kesepakatan soal harga, penjual dan pembeli dapat menghubungi pihak bank atau kreditur untuk melakukan oper kredit.

Sebelum menyetujui permohonan alih kredit, pihak bank atau kreditur akan mengecek sejarah pembayaran debitur lama sekaligus meneliti kemampuan bayar calon pembeli dalam meneruskan angsuran KPA.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan oper kredit KPA:

6 Langkah Membeli Apartemen OVER KREDIT-09

Cek 7 Hal Penting Ini Sebelum Rencanakan Liburan dengan Mobil

Bekerja keras setiap harinya dan melakukan rutinitas yang sama setiap minggunya tentu akan membuat kita bosan dan mudah terserang stres bahkan sakit. Untuk itu, kita perlu memiliki waktu untuk liburan, traveling atau jalan-jalan sekedar untuk menyegarkan pikiran.

Dalam persiapan liburan panjang yang dinanti-nanti, seluruh semangat mungkin tertuju untuk menyaksikan atraksi wisata, mencicipi hidangan khas daerah dan menikmati berbagai jenis kegiatan menyenangkan bersama keluarga lainnya. Bayangan yang terlintas di dalam benak kita: liburan kali ini akan menjadi perjalanan paling menyenangkan!

Untuk kamu yang berencana liburan dengan mobil, pastinya ingin menikmati suasana perjalanan daratnya yang menyenangkan, apalagi bersama teman-teman atau keluarga. Oleh karena itu, perjalanan darat yang panjang harus direncanakan dengan baik dan jauh hari.

Bagi kamu yang sedang merencanakan, perhatikan tujuh hal penting berikut ini agar liburan dengan perjalanan darat tersebut tetap nyaman dan tak terganggu.

Pilih Mobil yang Sesuai

Sebelum berangkat, pastikan jumlah orang yang ikut, baik berapa banyak orang dewasa, anak-anak dan bayi. Kita harus memilih kendaraan yang nyaman dan sesuai sehingga semua orang mendapat cukup ruang selama perjalanan. (Baca juga: Tips Hemat “Traveling” untuk Pasangan Muda)

Tersedia Ruang Penyimpanan yang Baik di Dalam Kendaraan

Penting untuk memiliki cukup ruang penyimpanan di dalam kendaraan, termasuk untuk makanan dan persediaan air. Tempat khusus untuk tisu, kertas toilet, pembersih tangan, handuk dan sebagainya juga harus tersedia.

Jangan lupakan kotak penyimpanan obat dan disimpan di tempat yang mudah dijangkau, sehingga bila terjadi sesuatu, tak sulit untuk mencarinya.

Kendaraan dalam Keadaan Baik

Sebelum benar memulai perjalanan, periksa dan pastikan apakah kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang baik dan sehat. (Baca juga: Untuk Kamu yang Sibuk, Ikuti Kebiasaan Simpel Ini agar Hidup Tetap Sehat)

Misalnya, bahan bakar cukup, ban dan cadangannya tersedia dan lain sebagainya. Bila perlu, bawa kotak khusus yang berisi alat bantu, seperti tali, plastik dan lakban.

Map dan Catatan Manual

Siapkan selalu map dan catatan manual yang berisi instruksi tempat yang akan dikunjungi. Alamat dan nomor telepon dari orang yang akan ditemui atau tempat yang akan kita huni sementara.

Tak hanya itu, memiliki nomor telepon dokter juga dapat menjadi bantuan bagi kita jika terjadi sesuatu dalam perjalanan.

Persediaan Makanan dan Air

Meski di sepanjang perjalanan banyak kedai makanan, namun membawa makanan dan air yang cukup selama di perjalanan harus dilakukan, terlebih camilan. (Baca juga: Ini 5 Tempat Kongkow yang Wajib Dicoba Anak Nongkrong Jakarta)

Yang menjadi lebih penting adalah adalah ketika membawa bayi, maka makanan mereka harus tersedia dalam jumlah yang cukup.

Kamera dengan Kualitas Baik

Perjalanan darat membuat kita berada di luar dan menikmati pemandangan yang ada. Kamera untuk mengabadikan foto serta video tentunya tak boleh dilewatkan.

Informasikan Perjalanan Kita ke Orang Terdekat

Perlengkapan untuk liburan dengan perjalanan darat yang terakhir adalah terkait orang lain yang tak ikut dalam perjalanan. (Baca juga: Selain “Venture Capitalist”, Ini 5 Investor yang Bisa Diajak untuk Memodali “Startup” Kamu)

Selama perjalanan darat yang panjang, pastikan salah seorang keluarga, teman atau tetangga dekat kamu mengetahuinya sehingga dalam keadaan darurat pun kita akan tetap saling terhubung satu sama lain.

3 Kiat Efektif Membeli Apartemen Bekas

Membeli apartemen tak mesti baru. Nyatanya, apartemen bekas bisa menjadi pilihan tepat. Selain bisa menghemat bujet, kamu juga dapat menentukan lokasi dengan seksama.

Namun, tunggu dulu! Sebelum memutuskan membeli apartemen seken, ada baiknya ikuti strategi berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari.

Cek Kondisi Apartemen

Jangan percaya begitu saja dengan tampilan fasad apartemen atau promosi penjualnya. Sebagai bahan pertimbangan, ajak teman atau arsitek yang mengerti tentang layak tidaknya bangunan tersebut. (Baca juga:Punya 5 Ciri-ciri Ini? Artinya, Kamu Sudah Siap Punya Apartemen)

Perhatikan ketahanan dinding, adakah retakan atau kelembaban akibat saluran air yang bocor? Penting juga bagi kita untuk melihat adakah serangan rayap dengan mengenali tanda-tandanya. Jangan terbuai dengan interior bangunan, cek usia bangunan, kapan terakhir dilakukan renovasi.

Jeli melihat usia bangunan berhubungan dengan keselamatan kamu dan anggota keluarga lainnya. Perhatikan juga sirkulasi udara yang keluar masuk ruangan. Cek kelengkapan ventilasi dan pencahayaan.

Ruang yang kurang memperhitungkan kecukupan ventilasi dan pencahayaan akan menimbulkan kelembaban. Kelembaban sangat disukai rayap dan jamur, hasilnya ruangan berbau dan tidak sehat.

Cek keberadaan sumber air. Seperti diketahui, air sangat penting bagi kebutuhan keluarga. Pastikan sumber air seperti sumur yang memiliki jarak ideal dengan septic tank yakni 10 meter persegi.

Jika jarak ideal tak dipenuhi, bisa ditebak air akan tercemar dan tentunya tak layak dikonsumsi. Periksa juga daya penunjang listrik. Apakah si pemilik apartemen sebelumnya bermasalah dengan segel meteran atau tidak. Jangan sampai kita harus menanggung denda tinggi karena meteran bermasalah.

Cek Status Kepemilikan Apartemen

Setelah memeriksa kondisi fisik bangunan, mari jeli memeriksa status kepemilikan unit apartemen. Lihat dan pastikan unit tersebut memiliki surat izin dan sertifikat kepemilikan. (Baca juga: Beda Biaya Rutin Penghuni Apartemen dan Rumah Tapak)

Periksa apakah apartemen tersebut memiliki masalah sengketa karena permasalahan warisan. Unit apartemen warisan umumnya memiliki banyak ahli waris, ketahui apakah semua ahli waris menyetujui penjualan sebelumnya. Jika ternyata bersengketa, lebih baik kamu berpikir ulang untuk membelinya.

Survei Harga Apartemen

Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan kalau membeli unit apartemen tersebut. Cek juga patokan harga apartemen seken di sekitarnya atau lokasi lain dengan jarak yang sama dari tempat kamu bekerja.

Bila kamu harus melakukan renovasi, pastikan besaran anggarannya tidak melebihi rencana awal. (Baca juga: Berniat Renovasi Hunianmu? Perhatikan Dulu Beberapa Detail Ini)

Perhatikan juga lingkungan sekitar, apakah aman, bagaimana dengan para tetangga, atau jauh dekatnya apartemen dengan tempat kerja, serta akses jalan menuju apartemen patut kita pertimbangkan.

Bila memakai jasa broker dalam membeli apartemen seken, kamu tetap harus jeli. Pilih broker yang memiliki sertifikat, kalau perlu kita dapat mengecek keabsahannya dengan menelepon kantor ia bekerja atau asosiasi broker di Indonesia.

Ini 4 “Superhero” Paling Tajir yang Wajib Diketahui Penggemar Marvel dan DC

Saat masih kanak-kanak, sebagian dari kita pasti pernah berkhayal menjadi superhero atau pahlawan super karena kekuatan yang dimilikinya. Bahkan, karakternya sendiri seperti Bruce Wayne alias Batman pun digemari karena punya peralatan dan senjata yang keren dan canggih.

Selain itu, Batman juga seorang pengusaha kaya yang sangat dermawan. Sebagai anak-anak, kita sudah biasa mengenalnya sebagai pahlawan yang kaya raya. Namun, kamu tentu salah duga jika masih berpikir seperti itu.

Sebab, masih ada pahlawan yang lebih kaya dibanding Batman dalam sejarah Marvel dan DC. Lantas siapa saja sih pahlawan super yang lebih kaya dari dia? Berikut ini peringkat pahlawan super berdasarkan kekayaan seperti dikutip dari time.com:

Emma Frost: US$ 1 juta-US$ 3 miliar

Penggemar komik Marvel pasti kenal dengan karakter satu ini. Kekuatan Emma adalah kemampuan telepati yang dapat memengaruhi pikiran musuhnya. Seperti diceritakan dalam komik dan filmnya, Emma adalah anak seorang pengusaha kaya raya yang dilahirkan pada tahun 1600-an. (Baca juga: Tips Beli Apartemen untuk Investor Muda)

Karena sebagai mutan Emma sanggup hidup lebih lama, dia pun menjadi pewaris dari harta kekayaan orang tuanya. Emma pun mengembangkan perusahaan elektronik raksasa bernama Frost International sebagai CEO.

Professor Charles Xavier: US$ 3,5 miliar

X-Men memang mendominasi peringkat pahlawan super terkaya di dunia. Selain Emma, karakter Professor Charles Xavier sebagai pemimpin kelompok mutan juga merupakan orang yang sangat kaya.

Tidak heran dia bisa menjalankan sebuah sekolah khusus mutan dan melengkapi pasukan mutan miliknya dengan peralatan super canggih dan mahal. Kekayaannya mencapai US$ 3,5 miliar.

Bruce Wayne: US$ 9,2 miliar

Tokoh yang satu ini memang dikenal sebagai miliarder sukses yang menjalankan Wayne Enterprises, sebagai perusahaan paling berpengaruh di Gotham City. (Baca juga: Ini 3 Cara Ampuh Usir Cemas dan Depresi untuk Kaum Muda yang Aktif)

Forbes yang menganalisa kekayaan Bruce Wayne memperkirakan pahlawan super ini memiliki kekayaan US$ 9,2 miliar.

Tony Stark: US$ 12,4 miliar

Tony Stark yang juga dikenal sebagai Iron Man adalah miliarder eksentrik. (Baca juga: Selain “Venture Capitalist”, Ini 5 Investor yang Bisa Diajak untuk Memodali “Startup” Kamu)

Meski tokoh ini digambarkan memiliki kekayaan luar biasa, banyak orang yang kaget saat Forbes memberi rangking kekayaan yang jauh melebihi Bruce Wayne. Tony Stark merupakan pendiri perusahaan teknologi dan persenjataan terkemuka bernama Stark Enterprises.

Berniat Renovasi Hunianmu? Perhatikan Dulu Beberapa Detail Ini

Hunian kamu sudah berumur sehingga rusak, kusam dan tak nyaman lagi untuk ditempati? Atau mungkin, kamu bosan dan sekedar ingin memberi suasana baru pada tempat tinggal lama, seperti mengubah warna cat dan mengganti wallpaper?

Jika iya, tentunya renovasi bisa menjadi jalan keluarnya. Renovasi merupakan salah satu cara membuat hunian menjadi sesuai selera dan kembali terlihat baru. Namun sebelum kamu memanggil desainer interior atau kontraktor untuk mengubah hunian, ada beberapa tips yang patut dicatat.

Ketahui Cacat dan Kekurangan Hunian Kamu

Jika kamu pindah ke hunian yang baru dibangun seperti apartemen, berbicaralah bersama dengan pengembang untuk melihat kekurangan apa saja yang ada di dalamnya. (Baca juga: Punya 5 Ciri-ciri Ini? Artinya, Kamu Sudah Siap Punya Apartemen)

Setelah mendapatkan kunci, kamu bisa menyoroti kekurangan atau cacat apa saja yang ada. Langkah selanjutnya adalah melaporkan kekurangan atau cacat tersebut ke pengembang dan berikan mereka waktu satu bulan untuk memperbaikinya.

Cek Larangan atau Batasan yang Telah Ditetapkan oleh Manajemen Pengembang

Kebanyakan pengembang yang memiliki proyek apartemen melarang pemilik unitnya untuk merenovasi secara besar-besaran karena dikhawatirkan memengaruhi fasad bangunan yang ada secara keseluruhan. (Baca juga: Cara Murah Meriah Dekorasi Hunian Idaman)

Untuk itu, kamu harus mendapat persetujuan dahulu dari manajemen pengembang sebelum melakukan renovasi. Kemudian kamu juga harus memastikan untuk mengerjakan hanya yang bisa dikerjakan untuk menghindari kesia-siaan dalam mengembangkan rencana dan terhambatnya renovasi.

Pikirkan Bagaimana Kedepannya

Para pemilik hunian, terutama mereka yang pindah ke unit apartemen dua kamar tidur, biasanya memilih mengambil unit tersebut tanpa dinding permanen dengan tujuan bisa meningkatkan ukuran ruang tidur mereka atau ruang keluarga. (Baca juga: Tips Bikin Apartemen Kamu Terlihat Lebih Luas)

Jika kamu merupakan pasangan muda yang pertama kali memberi hunian atau berniat mengembangkan keluarga dalam jangka menengah, kamu bisa menjual unit tersebut atau menyewakannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat pindah ke unit lebih besar.

5 Fakta Penting Seputar Perayaan Hari Bumi yang Wajib Kamu Ketahui

Peringatan “Hari Bumi” jatuh pada Jumat (22/4/2016) ini. Pada hari ini pula pemimpin dari 160 negara secara resmi akan menandatangani Perjanjian Iklim Paris untuk tahun 2016.

Latar belakangnya, kesepakatan ini dibentuk untuk membendung pemanasan global. Penandatanganan kesepakatan inilah yang membuat Hari Bumi pada 2016 menjadi salah satu momen yang paling penting dalam beberapa tahun belakangan.

Sejarahnya, sejak pertama kali dirayakan pada 1970, Hari Bumi sudah memiliki tujuan untuk mendorong perbaikan di sektor lingkungan hidup.

Nah, demi menyambut perayaan Hari Bumi ke-46 yang dirayakan pada tahun ini, UrbanLife.id merangkum beberapa fakta penting seputar peringatan ini. Yuk, kita simak bersama penjelasannya!

Diawali oleh Amerika Serikat

Hari Bumi dicanangkan pertama kali pada 22 April 1970 oleh Senator Amerika Serikat sekaligus pengajar lingkungan hidup Gaylord Nelson. Sebelumnya, ide itu telah dikemukakan oleh aktivis kedamaian John McConnell pada 1969. (Baca juga: Tambahkan Beberapa Hal Ini di Balkon agar Hunianmu Tampil Lebih Keren!)

Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari peringatan internasional. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet satu-satunya tempat manusia tinggal.

Uniknya, tanggal 22 April bertepatan pula dengan musim semi di belahan Bumi Utara dan musim gugur di belahan Bumi Selatan.

Gembar-gembor di Komunitas Dunia Maya

Google menghadirkan grafik spesial Hari Bumi di laman mesin pencarinya untuk menyambut peringatan “Hari Bumi” ini. Ini merupakan fitur yang Google tiap kali peringatan Hari Bumi.

Selain itu, kata kunci “Selamat Hari Bumi” terpantau menduduki puncak Tren Twitter Indonesia belakangan ini. Ajakan menjaga lingkungan terlihat mendominasi hasil pencarian atas kata kunci itu.

Kesepakatan Paris dan Antisipasi Perubahan Iklim

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyambut Hari Bumi 2016, dengan seremoni penandatanganan Paris Agreement (Kesepakatan Paris), di New York, AS, Kamis (22/4/2016) waktu setempat. (Baca juga: Ingin Relaksasi Murah Meriah? Coba Spa Air Garam di Hunian Kamu!)

Kesepakatan Paris merupakan naskah akhir kesepakatan global untuk mengatasi perubahan iklim. Naskah itu disepakati saat Konferensi Perubahan Iklim ke-21 di Paris (COP21 Paris), Desember 2015.

Indonesia akan turut mengambil bagian dalam perjanjian itu. Pemerintah akan diwakili oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya. Setelah penekenan, Kementerian LHK juga bersiap mengambil langkah untuk mendukung kesepakatan itu, termasuk menyiapkan rancangan undang-undang untuk meratifikasi perjanjian itu.

Hari Raya Non-Agama Terbesar

Hari raya biasanya erat kaitannya dengan kegiatan keagamaan seperti Lebaran atau Hari Natal. Hari Bumi ternyata juga tergolong sebagai hari raya karena dirayakan oleh banyak orang di dunia. Namun demikian, Hari Bumi bisa dibilang sebagai hari raya terbesar di dunia yang tak ada sangkut pautnya dengan agama.

Punya Lagu Perayaan Sendiri

Supaya orang-orang semakin ingat pentingnya menyelamatkan bumi, kini dibuatlah lagu khusus dengan lirik yang meminta manusia menjaga planet bumi ini. Meskipun nadanya diambil dari lagu Ode to Joy-nya Beethoven, tapi liriknya tentang melindungi planet ini. (Baca juga: Tips Hemat “Traveling” untuk Pasangan Muda)

Sebagai kaum muda, mari kita selamatkan bumi kita dari cara yang paling mudah dan sederhana, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan penebangan liar.

Ini 3 Cara Ampuh Usir Cemas dan Depresi untuk Kaum Muda yang Aktif

Gaya hidup modern yang dipenuhi dengan kesibukan dan tuntutan, rentan membuat kaum muda merasa cemas dan depresi, terlebih bila masalah yang dihadapi tak kunjung reda dan semakin menumpuk.

Oleh sebab itulah, kini sebagian kaum muda yang aktif bekerja memutuskan untuk mengusir cemas dan depresi dengan berbagai cara. Tujuannya, tak lain adalah mendapatkan perasaan nyaman, bahagia dan berkecukupan.

“Pendapat lama yang menyatakan kalau kesehatan tubuh dan kesehatan mental tak saling terhubung sudah tidak relevan lagi,” kata Ben Michaelis PhD, seorang psikolog klinis evolusioner dan penulis buku Your Next Big Thing: 10 Small Steps to Get Moving and Get Happy.

“Tubuh adalah pikiran dan pikiran adalah tubuh. Ketika kamu mengurus tubuh dengan baik, maka semua sistem yang kamu miliki, termasuk pikiran, akan terpelihara dengan baik pula,” tambah Michaelis, seperti dikutip dari artikel “Olahraga Terbaik untuk Redakan Cemas dan Depresi” yang dimuat oleh Kompas secara online.

Penelitian menunjukkan, bahwa aktivitas fisik bisa membantu meringankan gejala depresi atau kecemasan. Berikut adalah beberapa cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa cemas dan depresi.

Jalan-jalan Santai

Berjalan adalah salah satu bentuk kegiatan fisik yang baik untuk kesehatan kita, mulai dari membakar kalori, mengurangi keinginan makan hingga menurunkan risiko penyakit jantung. (Baca juga: 5 Cara Mudah Dapatkan Berat Badan Ideal untuk Kamu yang Super Sibuk)

Berjalan selama lima menit sehari bahkan bisa membantu kita hidup lebih lama, menurut penelitian.

“Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan mood dalam berbagai cara,” kata Michaelis. “Seperti neurotransmiter serotonin dan norepinefrin, baik selama dan setelah berolahraga, yang menimbulkan rasa bahagia,” ia menjelaskan.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience, peneliti menemukan bukti bahwa olahraga dapat bekerja mirip dengan antidepresan, mengurangi gangguan depresi mayor dengan mempromosikan pertumbuhan neuron baru di otak.

Hiking

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan mental, pertimbangkan untuk pergi ke alam. “Alam memiliki efek menenangkan pikiran,” kata Michaelis. (Baca juga: Tips Dapatkan Tubuh Idaman Tanpa Harus Pergi ke “Gym”)

“Ada bukti bahwa berada sekitar tanaman dan pohon dapat membantu mengurangi kecemasan karena tanaman memancarkan bahan kimia untuk memperlambat proses pembusukan mereka, yang tampaknya memperlambat kita juga,” jelasnya.

Dalam sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Environmental Health and Preventive Medicine, peneliti Jepang mengirim peserta ke daerah berhutan maupun perkotaan.

Mereka menemukan, bahwa peserta yang telah menjalani 20 menit “mandi hutan” (alias berjalan di hutan), memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah ketimbang peserta yang berada di kota.

Yoga

Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2007 diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, semua peserta studi yang telah mengambil kelas yoga mengalami pengurangan depresi, kemarahan, kecemasan, dan gejala neurotik yang signifikan. (Baca juga: Ingin Relaksasi Murah Meriah? Coba Spa Air Garam di Hunian Kamu!)

Sehingga, temuan tersebut membuat peneliti merekomendasikan yoga sebagai pengobatan komplementer untuk depresi.

“Hal yang hebat tentang yoga adalah bahwa selain penguatan inti otot, ada fokus yang luar biasa pada pernapasan, yang membantu untuk memperlambat dan menenangkan pikiran,” kata Michaelis.

Para ahli percaya, bahwa fokus yoga pada nafas sangat bermanfaat untuk kesehatan mental kita. Alasannya, kita akan sulit untuk menjadi cemas saat sedang bernapas dalam-dalam.

Untuk merasakan keuntungan dari manfaat pernapasan, Michaelis menyarankan kita untuk mencoba trik yoga yang dipopulerkan oleh Andrew Weil, MD, yang disebut teknik pernapasan 4-7-8.

Dalam melakukan teknik pernapasan 4-7-8, pertama-tama kita harus mengembuskan napas melalui mulut dengan membuat suara “whoosh”. Kemudian tutup mulut kita dan tarik napas tanpa suara melalui hidung dalam hitungan empat detik.

Lalu tahan napas kita dalam hitungan tujuh detik. Setelah itu, keluarkan napas sepenuhnya melalui mulut dengan kembali membuat suara “whoosh” selama delapan detik. Kemudian, kembali menarik napas dan ulangi metode ini sebanyak tiga kali.

Triknya, kita harus selalu menarik napas tanpa suara melalui hidung dan mengeluarkannya dengan suara keras melalui mulut. Ujung lidah kita tetap pada posisi yang sama saat melakukan itu.

Punya 5 Ciri-ciri Ini? Artinya, Kamu Sudah Siap Punya Apartemen

Siapa yang tak mau punya hunian idaman? Apalagi buat kamu yang sibuk dan butuh tempat tinggal dengan perawatan yang praktis. Solusinya, wujudkan mimpi untuk memiliki apartemen pribadi.

Meskipun dana acapkali bisa menjadi kendala dalam mewujudkan keinginan kita untuk memiliki apartemen pribadi, sebenarnya itu bukan masalah utama. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama apa saja ciri-ciri yang perlu dimiliki untuk memiliki apartemen pribadi!

Infografis: Punya 5 Ciri-ciri Ini? Artinya, Kamu Sudah Siap Punya Apartemen

5 Cara Mudah Dapatkan Berat Badan Ideal untuk Kamu yang Super Sibuk

Siapa pun tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Namun sayangnya, menurunkan berat badan hingga ke tahap ideal memang tak mudah bagi banyak orang, terutama yang super sibuk.

Meskipun demikian, sebenarnya ada cara mudah untuk kamu yang kesulitan menurunkan bobot tubuh berlebih. Apa rahasianya?

Tak perlu menebak-nebak. National Weight Control Registry (NWCR) mengevaluasi kebiasaan sehat klien-klien mereka yang sukses menurunkan berat badan.

Data evaluasi itu akhirnya digunakan oleh para peneliti di berbagai negara sebagai bahan pembelajarannya untuk menjaga berat badan ideal.

Individu yang masuk ke dalam daftar tersebut adalah orang yang sudah berhasil menurunkan berat badannya, sebesar minimal 30 pon (13,6 kilogram).

Selain itu, subjek penelitian ini juga wajib menjaga berat badanya tersebut selama setidaknya satu tahun.

Meskipun demikian, subjek penelitian yang terdiri lebih dari 10.000 perempuan dan laki-laki tersebut sebenarnya telah kehilangan rata-rata 66 pon (30 kilogram) dan menjaga berat badannya tersebut selama rata-rata enam tahun.

Penasaran dengan cara mudah yang mereka lakukan demi mendapatkan berat badan ideal? Yuk, kita simak bersama penjelasannya!

Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Mengambil KPA Sedini Mungkin

Pasokan apartemen terus bertambah seiring tingginya kebutuhan hunian dan instrumen investasi di perkotaan. Sebagai calon penghuni ataupun investor, Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) merupakan solusi yang patut menjadi rekomendasi bagi warga Indonesia yang ingin memiliki apartemen.

Pasalnya, harga apartemen pada umumnya memang tak semurah kendaraan bermotor. Wajarnya, nilai apartemen mulai dari ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, pengambilan KPA sedini mungkin merupakan langkah terbaik untuk mewujudkan impianmu memiliki hunian idaman sendiri.

Namun, mengapa kita perlu mengambil KPA sedini mungkin? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak bersama penjelasan berikut ini.

Harga Apartemen Kian Hari Kian Tinggi

Harga apartemen dari hari ke hari semakin membumbung tinggi. Meskipun jumlah pasokannya meningkat, permintaan yang tinggi dan tak sebanding dengan ketersediannya membuat harga apartemen terus melonjak. (Baca juga: Tips Beli Apartemen untuk Investor Muda)

Oleh sebab itu, makin cepat kita membeli apartemen, makin cepat juga kita dapat menghindari kerugian yang mungkin terjadi akibat kenaikan harga properti.

Triknya, mulailah menabung dari sekarang untuk uang down payment atau DP yang kisarannya biasanya sekitar 20 persen hingga 30 persen dari harga unit apartemen yang ditawarkan. Dengan begitu, kamu pun sudah bisa memiliki hunian idaman. Sisalnya, hanya tinggal melunasi cicilannya saja.

Sulit Beli Apartemen secara Tunai

Jika kita mau membeli apartemen secara tunai, maka mungkin penghasilan kita harus sudah mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya. Artinya, sebagian kita yang berprofesi sebagai karyawan kantoran akan sulit atau mungkin tak bisa memiliki apartemen idaman.

Untuk itu, KPA jadi solusi yang paling masuk akal. Bayangkan, apabila harga apartemen senilai Rp 300 juta, artinya kamu hanya perlu mengumpulkan uang muka Rp 60 hingga Rp 90 juta saja.

Sedangkan, kalau mau beli secara tunai, butuh waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkannya. Selain itu, dalam beberapa tahun ke depan harga apartemen yang tadinya Rp 300 juta tersebut akan jauh meningkat bahkan bisa berkali-kali lipat.

Masih Menjadi Instrumen Investasi yang Menjanjikan

Berhubung harga properti selalu meningkat dari tahun ke tahun maka bisa dibilang apartemen masih menjadi instrumen investasi yang menjanjikan. (Baca juga: Tips Memiliki Hunian Idaman dalam Waktu Kurang dari Tiga Tahun untuk Pasangan Baru)

Belum punya uang banyak? Ajukan saja KPA dan jadikan apartemen yang kamu beli sebagai instrumen investasi. Dengan begitu, dalam beberapa tahun ke depan harganya bisa melonjak tinggi.

Biar Tak Melulu Tinggal Bareng Orang Tua

Kalau saat ini kamu masih tinggal di tempat orang tua atau mertua, cobalah untuk belajar lebih mandiri dengan keluar dari hunian mereka dan punya tempat tinggal sendiri.

Dananya belum cukup? Ajukan saja KPA. Pasalnya, selama uang yang kamu punya cukup untuk uang muka, maka beranikan diri untuk mengambil langkah ini.

Belajar Mengatur Anggaran Pribadi

Dengan mengambil KPA, kita dituntut disiplin dalam mengatur uang. Pasalnya, cicilan KPA harus dibayar tepat waktu jika kita tak ingin kena penalti. (Baca juga: Ini Tanda-tandanya Kalau Kamu Harus Segera Pindah Kerja)

Dengan begitu, lambat laun kamu akan semakin lihai dalam mengatur duit.